PUTRAJAYA MALAYSIA, YANG MEMBUAT IRI INDONESIA

PUTRAJAYA MALAYSIA membuat para pelancong dari Indonesia menjadi terpukau sekaligus iri dan sedih bercampur jadi satu.

Hal ini bermula saat saya melancong, ke Malaysia, saat itu travel guide kami tidak mengajak kami ke menara kembar petronas, malah mengajak kami ke kawasan pemerintahan Malaysia, kami pun segera berkomentar:

DSCN9853ngapain ke pusat pemerintahan, mending ke twin tower sajalah.”

(Nb: Maklum saja, yang kita tahu hanyalah menara kembar, saat teman kita kembali dari Malaysia, pasti oleh-olehnya si Menara Kembar)

“Iya, ngapain ke kantor-kantor kayak gitu, kayak gak ada tempat lain saja di sini.”

Keesokan harinya, kami benar-benar tidak pergi ke menara kembar, kami hanya melihat dari jauh dan menunjuk-nunjuk saja ke arah menara itu.

“Yahh.. kita nggak kesana yahh.. waduh.. jadi kemana kita? benar mau ke pusat pemerintahan? Ntar macet lagi.”

Setiba kami di sana, kami dibuat takjub seketika. Ternyata tempat yang kami kunjungi yang bernama Putrajaya ini dibangun dengan sangat cantik, modern dan futuristik. Ada Kompleks Pemerintahan Putrajaya, Putrajaya International Convention Centre dan Masjid Biru yang terkenal. Saat itu, kompleks pemerintahan ini sudah selesai, lengkap dengan danau buatan yang unik bentuknya, berkelok-kelok mirip sungai, dan menjangkau hampir seluruh wilayah di Putrajaya.

Hal yang menjadi daya tarik pula adalah beberapa bangunan dapat dikunjungi turis termasuk rumah dinas Perdana Menteri Malaysia. Di Putrajaya juga terdapat 12 taman, 10 di antaranya sudah bisa dikunjungi. Daya tarik utama adalah danau buatan seluas 650 hektar. Turis pun bisa berkeliling Putrajaya melalui danau. Tur cruise atau kapal, tersedia dalam kapal kecil dan kapal besar, dan melewati beberapa jembatan ikonik di Putrajaya.Sebagian besar lampu telah menggunakan lampu hemat energi dengan penggunaan panel-panel tenaga surya.

putrajaye Putrajaya berada dekat dengan Kuala Lumpur, ibu kota negara Malaysia dan menjadi “rumah” bagi kantor-kantor pemerintahan. Kawasan ini memang dikembangkan untuk menjadi daerah kantor-kantor pemerintahan. Walaupun begitu pihak Kementerian Pariwisata setempat dengan apik menjadikan daerah ini sebagai destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara. Konsep yang mereka tetaskan disini adalah tiga macam konsep yaitu; manusia-manusia, manusia-alam, manusia-tuhan.

“Di Putrajaya ada 1.000 gedung, tetapi tidak ada yang sama. Masing-masing memiliki arsitektur yang unik,” tutur Nov Azhar dari Perbadanan Putrajaya, pada saat ajang Malaysia Tourism Hunt 2012, di Putrajaya, Malaysia, Rabu (19/9/2012) malam.

Apa beda Putrajaya dan Kuala Lumpur? Kuala Lumpur sisi maskulin, dan kota tua. Sementara Putrajaya kota feminim dan kota baru, kota masa depannya Malaysia yang akan menjadi kiblat bagi negara-negara lain yang ingin melakukan MICE (meeting, incentive, convention, event). Beberapa event internasional maupun pertemuan tingkat internasional diselenggarakan di Putrajaya.

Putrajaya hanya berjarak tak sampai satu jam perjalanan darat dari Kuala Lumpur. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan dapat menyewa mobil maupun menggunakan shuttle bus. Sementara untuk berkeliling di Putrajaya bisa pula dengan sepeda yang disediakan di Dataran Putra, tepat di depan kantor Perdana Menteri Malaysia.

YANG MEMBUAT IRI

Saat Indonesia masih terus-terusan berpikir buat monorel atau tidak, Malaysia & Thailand memutuskan membangun monorel tanpa perlu memikirkannya. Saat Indonesia berpikir untuk memindahkan Ibukota pemerintahan, Malaysia sudah memindahkan ibukota pemerintahan mereka terlebih dahulu.

Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957, atau 12 tahun setelah Indonesia. Namun, pembangunan dan perekonomian di Malaysia berkembang sangat pesat, khususnya dalam pembangunan infrastruktur.

masjid merah Dahulu, Kuala Lumpur juga mengalami masalah dalam mengatasi kemacetan. Sejumlah strategi dikembangkan untuk mengatasi kemacetan yang ada di Kuala Lumpur termasuk monorel. Solusi akhir yang mereka ambil adalah dengan daerah Putrajaya. Jarak Putrajaya ke Kuala Lumpur sekitar 22 kilometer. Kawasan Putrajaya berdiri di wilayah Kerajaan Selangor. Pemerintah membeli lahan ini dari Selangor seluas 4.931 hektar.  Memindahkan ibu kota pemerintah dari Kuala Lumpur ke Putrajaya adalah sebuah langkah berani. Putrajaya adalah sebuah kawasan pusat pemerintah di mana bangunan Kantor Perdana Menteri dan seluruh kementerian berada dalam satu kawasan terpadu. Dengan memindahkan pusat pemerintahan ke Putrajaya, tentu saja membuat konsentrasi kemacetan terurai dan Kuala Lumpur tidak disibukkan oleh urusan administrasi. Sebaliknya, wilayah itu fokus pada pusat bisnis dan wisata.

Di samping itu, Pemerintah Malaysia membangun transportasi kereta api dan bus secara terintegrasi. Untuk transportasi kereta api ada berbagai jenis, Kereta Tanah Melayu (KTM) yang berbentuk komuter kereta listrik yang bisa mengangkut ribuan penumpang setiap harinya. Juga ada LRT, kereta api yang berjalan sesuai dengan program komputer tanpa pengemudi. Selain itu, ada juga starline dan Kereta Ekspress ke Kuala Lumpur International Airporth (KLIA).

Untuk transportasi bermotor, pemerintah menyediakan bus yang dinamakan Rapid KL yang terintegrasi dengan kereta api dalam setiap terminalnya. Untuk menyatukan semua sistem, pemerintah membangun pusat terpadu yang dinamakan Kuala Lumpur Sentral (KL Sentral) yang menjadi terminal pusat pertemuan semua jenis transportasi.

Dan untuk mengurai kemacetan, Pe merintah Malaysia juga membangun jembatan layang dan jalan tol yang dapat membebaskan kemacetan. Pada 2010, Pemerintah Malaysia berhasil membangun jalan bawah tanah yang bisa digunakan multifungsi sebagai jalan bebas hambatan sekaligus pengendali banjir. Jalan ini dikenal dengan “smart way“.

pemimpin dan pemikir Indonesia tampaknya perlu banyak belajar ke Malaysia, jangan malu dong, banyak kok saudara tua yang rejekinya kalah sama yang lebih muda.

Loading...

10 Comments

  1. iya bener, saya org Malaysia , jikalau ga ada buruh2 indonesia ga akan sebegini majunya malaysia, thanks negara tertangga indonesia,

  2. Yaaa… setuju, sebagai orang Indonesia jangan sombong apalagi cuma gara2 gengsi tidak mau mengakui kelebihan orang lain (dalam hal ini negara lain)..

    Kita harus bisa belajar dr kelebihan mereka, dan introspeksi apa kekurangan mereka…

    salah satu yg bikin saya agak sedih ya gara2 kita beda negara trus sering konflik, akhirnya saling membenci sehingga menjadi gengsi mau mengakui kelebihan negara lain…

    saya sendiri punya kawan orang Malaysia dan kami berteman baik, tidak ada itu saling mengejek, ga ada gunanya, lebih berguna kalau saling belajar dr kelebihan dan kekurangan masing2…

  3. jangan bilang begitu bangsa kita ini di putrajaya seperti di tindas saja kami berangkat kerja jam 5 pagi trus pulang jam 8 malam kalian mau tahu air yang kami gunakan untuk kerja itupun air longkang air penuh tai air kencing bekas air cucian piring menuruti kalian pantaskah kita iri

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*