KELEBIHAN BLOGGING DI WORDPRESS.COM

Beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan tentang kekurangan ngeblog di wordpress.com. Sekarang saya akan memberikan beberapa kelebihan ngeblog di wordpress.com

Monetize-WordPress-blog

1.Hosting gratis. Kita tida perlu membayar penyedia hosting gratis. Tidak perlu repot memaintenance cpanel; berisiko kecil kena hack karena blog wordpress mempunyai tingkat keamanan yang tinggi.

2. Tidak perlu ribet mencari plugin optimatisasi dan membuat blog kita menjadi SEO-friendly.  Karena blog kita sudah di optimatisasi oleh Tim Automattic.Tim inilah yang membantu blog kita mencapai posisi puncak di SERP tanpa kita perlu keringatan susah payah membangun blog kita apalagi jika blog kita adalah blog yang sudah dikenal dan dicatat di buku mereka.

3. Tidak perlu takut lambat loading, kelebihan bandwitch dan lain sebagainya. Lengkapnya, mari kita baca testimoni omduto berikut ini:

Dan sekadar untuk diketahui saja bahwa kalau kita bayar hosting sendiri, maka untuk menampung database besar dan traffic yang tinggi akan besar sekali dana yang harus kita keluarkan. Sebagai contoh saja, saya pernah membayar wp.com untuk minta bantuan memindah database blog saya, omkicau.com, ke hostgator (melalui guided transfer upgrade) sebesar sekitar Rp. 1 juta. Untuk menampung dan menjalankan database omkicau.com di hostgator itu saya membeli paket yang harganya kisaran Rp. 450.000/bulan.
Sempat jalan sekitar 2 pekan, omkicau.com dengan traffic di kisaran 20.000 pageview per hari saat itu (sekarang kisaran 25.000-30.000 per hari) macet-macet melulu dengan berbagai sebab. Berkali-kalai usaha manitenance yang saya lakukan dibantu pihak hostgator tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya hostgator pun “buka rahasia” bahwa untuk menampung database omkicau.com (di dalamnya ada sekitar 5.000 artikel dan ribuan file gambar, audio dan video) dengan traffic harian sebesar itu saya harus menggunakan dedicated-server. Berapa biayanya? Kisaran 4 juta/bulan. Ya tentu saja hal itu membuat saya ngacir dan minta bantuan staf wp.com untuk memindahkan lagi arah omkicau.com ke database yang ada di wp.com (masih merupakan bagian dari layanan guided transfer upgrage).

4. Monetizing blog. Banyak yang menyangka bahwa menulis di blog wordpress.com sama saja dengan menutup pintu rejeki kita, namun tidak demikian menurut saya, apalagi jika blog anda berbasis bahasa inggris, buktinya blog wordpress saya yang menggunakan Bahasa Inggris menjadi sumber penghasilan pertama yang saya dapatkan dari menulis review Blogvertise.com dan menjual link di TextLinkAds. Apalagi setelah wordpress.com memberikan kita peluang untuk menambah pundi uang kita melalui program WordAds mereka. Jadi, yakin saja, jika blog kita cukup tenar di mata google dan banyak pengunjungnya, pasti para advertiser akan datang sendiri. 🙂

Baca Juga:

menghasilkan uang dari wordads

Loading...

1 Trackback / Pingback

  1. KEKURANGAN NGEBLOG DI WORDPRESS.COM « klikharry

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*