KEKURANGAN NGEBLOG DI WORDPRESS.COM

Untuk seorang yang masih baru mengenal dunia blogging, ngeblog di wordpress.com adalah cara termudah untuk belajar menjadi seorang blogger. Mengapa? Karena wordpress memberikan banyak sekali kemudahan-kemudahan. Terbukti dengan ada lebih dari 60 juta blogger yang menggunakan platform wordpress.com. Namun tidak demikian jika anda telah beranjak mahir dan mulai bosan dengan tampilan dan dashboard wordpress yang itu-itu saja. Lambat laun kita akan mencoba blog dengan platform berbeda dan bisa menemukan hal yang lebih mengasyikkan dari sekedar ngeblog, apa saja itu? saya coba merangkumnya di beberapa poin di bawah ini:

wordpress_com_my_dashboard 1. No CSS edit. Para blogger wordpress.com tidak pernah mempunyai tampilan website atau blog yang mereka sukai atau yang mereka inginkan kecuali mereka mengupgrade blog mereka (dalam artian membayar dalam jumlah yang tidak sedikit). Tampilan blog wordpress akan terkesan itu-itu saja, monoton! Kadang kala kita menemukan tampilan tema yang lumayan aktraktif, namun apa yang terjadi? Blog-blog lain juga memakai tema itu! Agak rada maleskan kalo blog kita tidak kelihatan beda dari yang lain? Akibatnya kita akan mulai iri dengan teman kita yang mempunyai blog gratisan dengan platform blogspot. Mereka diberikan banyak sekali kemudahan dan diberikan keleluasaan untuk mengubah bentuk desain dan meracik gaya blog mereka sendiri dengan banyak sekali plugin-plugin yang membantu mereka menciptakan blog gratisan yang mereka impikan.

2. Less Optimization. Tiap blogger menginginkan blog mereka dikunjungi oleh para blogger lainnya, namun apa yang terjadi kala anda menggunakan wordpress.com? Para webmaster mengenal istilah SEO (Search Engine Optimization). Apa itu? Itu adalah sekumpulan teknik atau cara yang digunakan para webmaster agar web mereka akan lebih ‘terlihat’ di mata google. Apa akibatnya? Blog seseorang tersebut akan kebanjiran pengunjung. Sebenarnya menggunakan wordpress.com bukan berarti kita tidak bisa melakukan optimisasi blog. Kita masih bisa mengandalkan navigasi, kesamaan nama blog dengan keyword  yang inginkan dan lain sebagainya. Namun saat para webmaster berbicara tentang ‘plugin-plugin SEO yang hebat’. Kita tidak bisa melakukan apa-apa selain menonton dan gigit jari.

3. No SCRIPT and FLASH allowed. Salah satu kekurangan utama dari wordpress.com adalah tidak membiarkan para usernya untuk menggunakan kode script pada platform mereka. Akibatnya kita tidak memasang script-script tertentu yang kita sukai. Sebenarnya kita diperbolehkan kok memasang script di blog wordpress kita, namun kita harus mengupgrade blog kita, dan harganya sama sekali nggak worth-it lah buat para blogger kelas kacang seperti kita saya.

4. So hard to monetize it. Saya tidak bilang sama sekali jika blog wordpress.com tidak dapat menghasilkan uang, bahkan saya mendapatkan dollar pertama saya dari berjualan link melalui blog gratisan ini. Namun, terkadang kita ingin yang lebih dari itu, seperti memasang script google adsense. Harus diakui, google adsense adalah idola dari online marketing.

Baiklah teman, itu saja rangkuman tentang kekurangan ngeblog di wordpress.com, tapi jangan sedih dulu, masih banyak kok kelebihan-kelebihan ngeblog di wordpress.com, tunggu tulisan saya selanjutnya ya 🙂

Baca Juga:

WordPress Monetizing (WordAds)

Loading...

1 Comment

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. KETIKA WORDADS MENJADI PILIHAN UNTUK MENGHASILKAN UANG (PART I) « klikharry
  2. KELEBIHAN BLOGGING DI WORDPRESS.COM « klikharry

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*