TEKNIK MANCING CASTING

TEKNIK MANCING CASTING. Pasti kita pernah melihat di televisi tentang teknik mancing casting. Teknik ini adalah memancing dengan cara melempar dan menarik kail secara terus menerus seolah-olah umpan berenang sehingga ikan tertarik dan memakanumpan tersebut. teknik memancing castingUntuk mendapatkan hasil terbaik, pemancing harus selalu melatih teknik ini agar tidak terjadi kesalahan. Umpan yang digunakan adalah umpan palsu yang didesain untuk bisa bergerak cepat menyerupai ikan kecil sungguhan. Teknik memancing seperti ini sangat cocok untuk ikan-ikan seperti hampala, bawal, toman, barracuda dan kuwe.

Carilah spot ikan setelah itu lemparkan umpan ke arah spot yang menjadi target. Selain bentuk umpan palsu, warna dan ukuran sangan mempengaruhi berhasil atau tidaknya kita dalam menarik perhatian ikan. Selain itu, kemahiran dan kelihaian kita dalam memainkan umpan tersebut sangat berpengaruh.

Teknik mancing casting ini tidak hanya bisa kita lakukan di lautan, tapi bisa juga di sungai, kolam maupun muara kolam. Lain rumput lain belalang, lain tempat lain pula peralatan yang digunakan. Jika anda memancing di sungai maka joran, senar dan umpan yang digunakan akan lebih kecil dibandingkan dengan yang digunakan di laut.

Perlengkapan: Joran yan dipakai untuk teknik mancing casting adalah joran dengan panjang 1,2-2 meter, untuk daerah muara bisa lebih panjang lagi. Reelnya adalah tipe spinning atau baitcasting yang berukuran 1000-2000, sehingga tidak memerlukan senar yang panjang dan terasa lebih seimbang. Gunakan senar dengan ukuran 0,25 untuk monofilament atau untuk benang braided bisa menggunakana ukuran 20lbs. Para raja casting biasa menyebut PE1, PE2 dan PE2. Leader sebaiknya dipasang di ujung benang PE untuk diikatkan pada umpan palsu yang sangat bermanfaat sebagai pengarah PE saat casting sekaligus sebagai shock saat akan strike. Umpan yang digunakan adalah jenis minow, mini popper, spoon, stickbait, pencil bait, crankbait, frogi dll, sesuai bentuk masing-masing. Umpan palsu ini ada yang diperuntukkan di permukaan (top water lure) atau ada yang di kedalaman air (sinking), untuk umpan di permukaan contohnya mini popper, stickbait, dan pencil bait serta frogi yakni umpan tiruan mirip katak.

Baca Juga:

teknik mancing ikan kakap merah.psdteknikmemancingikandilaut_thumb

Loading...

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKNIK MEMANCING DI SUNGAI ALIRAN DERAS « klikharry
  2. CARA MEMILIH JORAN TONGKAT PANCING « klikharry
  3. JENIS UMPAN PANCING « klikharry
  4. TEKNIK MEMANCING IKAN LAUT « klikharry
  5. CARA MANCING IKAN KAKAP MERAH « klikharry

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*