TUBA EUSTACHIUS, TELINGA BERDENGUNG

TUBA EUSTACHIUS TELINGA BERDENGUNG, saluran telinga pada manusia yang sangat dipengaruhi batuk pilek. Tuba eustachius ini sangat penting bagi manusia.

dok, saya batuk hampir 1 bulan. seminggu terakhir ini telinga saya (pertama kiri kemudian 2-3 hari kemudian kanan juga) berdengung, seperti penuh gt dok. saya sudah ke dokter umum, dan diberikan obat untuk menyembuhkan batuk+flu. batuk saya agak mendingan, meskipun belum sembuh total. seiring batuk yg membaik dengungan pun berkurang. nah, td pagi saya masuk keruangan ber ac dan dengungan telinga datang lagi. hal ini benar2 membuat saya stress karna saya harus bekerja. apakah berbahaya jika saya menutup hidung kemudian mengeluarkan napas dengan terpaksa, sehingga telinga saya terasa plong lagi? saya mencoba 1 kali, berhasil (dengungan hilang) dan sakit sekali.

dok,kemarin saya flu tp kok telinga saya sekarang mengalami gangguan,susah mendengar&seperti ada air tp tidak ada,kenapa ya dok?&bagaimana cara mengatasinya?

UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT, SAYA TAMPILKAN GAMBAR BERIKUT

telinga tuba eustachius

Penyebab telinga terasa berdengung atau telinga sulit mendengar adalah karena adanya perbedaan tekanan antara telinga bagian dalam dengan lingkungan luar. Penyebab adanya perbedaan tekanan ini adalah tersumbatnya saluran udara yang menghubungkan telinga dalam dengan lingkungan luar (hidung). Sumbatan saluran ini kebanyakan disebabkan oleh naiknya ingus/ lendir yang berasal dari hidung dari seseorang yang menderita batuk pilek beberapa hari sebelumnya.  Keluhan yang dirasakan penderita adalah telinga terasa penuh, telinga berdengung, pendengaran menurun, telinga bindeng.

Apabila gangguan ini dibiarkan maka lama kelamaan perbedaan tekanan ini akan mengakibatkan gendang telinga mengembung. Selain itu, sumbatan saluran ini akan memudahkan pertumbuhan kuman hingga timbul infeksi di dalam telinga. Akhirnya, karena tidak diobati dengan pengobatan yang adekuat, gendang telinga akan pecah diiringi dengan keluarnya nanah yang berasal dari infeksi telinga.

Mengapa menghembuskan nafas secara tiba-tiba dengan mulut dan hidung ditutup bisa menimbulkan rasa nyaman di telinga?

Udara mengalir dan keluar dari tuba eustachi saat menelan, menguap atau mengunyah. Selain itu, dapat dilakukan dengan valsava manuver. Valsava manuver adalah tarik napas dalam-dalam. Lalu, coba untuk membuang napas dengan mulut tertutup dan menjepit hidung. Dengan cara ini, kita dapat mendorong udara masuk ke dalam tuba eustachi dan saluran tuba eustachius ini akan terbuka seketika sehingga telinga akan terasa nyaman, namun setelah kita berhenti melakukan manuver ini, tuba eustachius ini kembali menutup dan keluhan akan kembali lagi.

Bagaimana mengobatinya?

  • Kadangkala, tidak ada pengobatan khusus yang dilakukan, karena tiga empat hari akan segera hilang sendiri dengan meredanya keluhan batuk pilek.
  • Obat-obatan antihistamin dan dekongestan. Obat antihistamin dan dekongestan seperti CTM biasanya sudah tergabung dari obat batuk pilek yang biasa diberikan oleh dokter. Antihistamin dan dekongestan terbukti membantu membersihkan dan menghilangkan sekresi dan sumbatan di sinonasal.
  • Antibiotik. Obat antibiotik diperlukan jika dicurigai ada gangguan tambahan seperti nyeri pada daerah telinga yang disertai dengan demam.

178 thoughts on “TUBA EUSTACHIUS, TELINGA BERDENGUNG”

  1. malem dok saya surya 21 tahun.
    saya mau tanya.. hampir seminggu ini telingah saya terasa penuh..pertama telingah kiri yg penuh tp telingah kanan tidak setelah 2-3 hari telingah kanan yg penuh dan telingah kiri udah g penuh lagi..
    tiap saya bersuara terdengar seperti memantul di area telingah yg terasa penuh. suara yang saya klwrkan itu sudah kerasa tp terdengar kecil di diri saya.. sebelum nya saya terkena flu..
    masalah yg saya hadapi apa yah? dan solusi nya apa dok..

  2. malem dok saya surya 21 tahun.
    saya mau tanya.. hampir seminggu ini telingah saya terasa penuh..pertama telingah kiri yg penuh tp telingah kanan tidak setelah 2-3 hari telingah kanan yg penuh dan telingah kiri udah g penuh lagi..
    tiap saya bersuara terdengar seperti memantul di area telingah yg terasa penuh. suara yang saya klwrkan itu sudah kerasa tp terdengar kecil di diri saya.. sebelum nya saya terkena flu..
    masalah yg saya hadapi apa yah? dan solusi nya apa dok..

  3. asalamualaikum dok.
    mau tanya simpel aja. telinga saya pendengarannya nggk seimbang dok. yg sebelah kanan kayak ketutup gimana gitu..baru kemaren dok. .gra2 kemaren habis di bersihin pakek katenbat. tapi setelah bersihin nggk papa dok. terasanya baru sekarang.. apa telinga saya nggk di obatin bisa sembuh sendiri dok.. gimana dok.

  4. Asalamuallaikum.dok saya mau tanya kenapa setiap saya beraktifitas banyak atau capek telinga saya kaya tersumbat..penyebabnya ap ya dok.tlg penjelasannya

  5. malam dokter. Umur saya 16 tahun. Saya mau bertanya ttg sakit pd telinga. jadi ceritanya wktu hari senin saya dan teman saya lagi bercanda. Tiba2 dia nabok saya di muka bagian sampiing. Lalu kena kuping sebelah kiri saya, dok. Kuping saya lgsg berdengung dan sakit. Kalo dnger suara kebcang lansung sakit gitu. Skrg malah kalo nelen air liur atau nguap sakit dok. Kayak diitusuk gt. Kira2 kuping saya kenapa ya? Apakah itu berbahaya atau tidak? Trimakasih sebelumnyaa..

  6. Salam..mau nanya..
    Setahun lalu telinga kiri saya tertusuk coutton bad dan belubang sudah tidak untuh lagi gendang telinganya lalu saya berobat kedokter tht kemudian sembuh tapi setelah setahun ini telinga kiri saya kadang berbunyi tek tek tapi orang luar tidak dengar..itu apa ya dong apa ada kelainan didalam telinga dalam saya karena gendang telinga sudah bolong. Makasih infonya

  7. Dok saya siswa kelas 3smp,saya mau nanya kok setelah saya ke THT untuk mencabut kotoran kuping yang mengeras rasa nya kuping nya penuh dan gak plong yah dok. Itu kenapa ya dok? Bisa sembuh kan dok??? Aku ke tht tanggal 15 Mei 2015 terus i kasih cairan penetes untuk melembekan kotoran aku balik lagi tanggal 19 Mei 2015 kok sampe sekarang kuping aku masih kaya penuh gitu yah? Itu kenapa sih dok,aku minta jawaban dokter makasih

  8. Nama saya mellia , umur saya 20 tahun.
    dok , teliga saya yang sebelah kiri seperti berbunyi nging dan bagian mata dan kepala saya seolah2 ikut nyeri . Itu terjadi sudah hampir 7 hari ini. adakah masalah yang serius ditimbulkan ?
    sekian terimakasih

  9. dok telingaku nyeri, terus kalau daun telinga itu ditarik nyeri makin parah, dan esoknya aku demam. tolong jelaskan itu kenapa??

  10. saya ulfa, umur 16th. telingaku nyeri dok kalau daun telinga ditarik tambah nyeri, esoknya saya demam, demam saya udah mendingan tapi telinga saya tetap nyeri gimana itu dokter, tolong jelasin

  11. Slamat malam dok .
    Saya mau tanya .
    Setiap saya mengunyah makanan atau berbicara , ada bunyi kresek2 di bagian telinga kiri .
    Itu kenapa ya dok ?
    Ada masalah di telinga atau bgmn? Thx

  12. Dok saya ingin bertanya dari awal SMP saya mengalami kesakitan dalam telinga sudah 4 kali ke THT tetap saja tidak ada perubahan,docternya bilang ditelinga saya tidak ada apa2 dan bilang elergi tetapi setelah beberapa tahun saya rasakan semakin hari telinga saya sakit dan trakhir saya berobat tetap sama saja sakit malahan ketika sedang tidur miring sebelah kanan telinganya sakit dan apabila balik ke sebelah kiri telinga saya ikut sakit juga dan telinga saya sebelah kiri ini berdenging terus dan ngerasa sakit cenut2. terimakasih dok

  13. pagi dok.,nama aku muna umur 14 thn. dok saya mau tanya kamarin pda hari senin saya membersihkan telinga pakae korek telinga setelah saya bersihkan telinga sebelah kanan eh ternyata telinga saya berdengung sampae hari ini masih ngga sembuh-sembuh tu karna ap ya dok..tolong jawabannya ya dok terimakasih

  14. pagi dok,kenalkan nama saya muna umur 14thn.dok saya mau tanya kemarin pada hari senin saya membersihkan telinga pakae korek telinga setelah selesai saya bersihkan telinga sebelah kanab eh ternyata telinga saya berdengung sampae sekarang belum sembuh itu gimana ya dok

  15. Siang dok. Dok saya mau konsultasi. saya udah sakit telinga 3 bulan an. Gejala awal waktu pertama sakit telinga badan saya panas dan di sertai pilek. lalu saya berobat trus sembuh sakit telinganya. Lalu 2 minggu kemudian kambuh lagi sakit telinga saya nyeri dan berdengung dan bengkak di dalamnya. lalu saya berobat lagi,nyerinya hilang tapi brdengungnya yg blum hilang smpek sekarang udah 3 bulan an. Lalu sekarang nyeri lagi dan masih berdengung. Sebenernya sakit telinga jenis apa ya dok ini dan parah apa tidak ya.

  16. Siang dok.sya mau tanya sdh dlu hri ini telinga kanan sya berdering trus.kmren berderingnya hilang.tpi skrang berderingnya dtang lgi.pendengaran sya sedikit berkurang.sya baca di internet.ini tanda2 dri struk telinga.itu bener nggak si dok.gmana cra pengobatanya.mhon penjelasanya

  17. sore dok. maaf saya mau tanya dok. telinga saya tiba2 berasa dengung. tadi malam habis tidur miring kanan dok tapi waktu bangun tiba2 sudah terasa dengung sekali. kira2 kenapa y dok dan bagaimana cara penyembuhannya.??

  18. Perkenalkan saya Gina berumur 12 tahun. Saya mau nanya dok, saya kan lagi batuk dan pilek terus telinga saya itu terdengar bunyi nging nging gitu tapi sayanya masih bisa dengar dok dan waktu saya membersihkan telinga menggunakan cottonbud tiba-tiba telinga saya budek dok tapi itu yang sebelah kiri nya aja, kalo sebelah kanan nya enggak dok,
    Itu kenapa ya dok? Mohon dijawab… Trims

  19. Maaf pak.. saya ingin bertanya.. saya setelah berenang , telinga kiri saya kemasukan air dan pendengaran saya menurun.. keesokan harinya pun malah telinga saya semakin parah dan berdengung, bagaimna cara mengatasinya dok,, saya sangat takut terjadi sesuatu pada yelinga saya nantinya kalau dibiarkan

  20. Maaf pak.. saya ingin bertanya.. saya setelah berenang , telinga kiri saya kemasukan air dan pendengaran saya menurun.. keesokan harinya pun malah telinga saya semakin parah dan berdengung, bagaimna cara mengatasinya dok,, saya sangat takut terjadi sesuatu pada telinga saya nantinya kalau dibiarkan

  21. Malam dokk, saya mau nanya . saya terkena sinusitis dari sebelum operasi sinusitis didalam telinga saya berdengung seperti bunyi air sesudah operasi pun bunyi tidak mau hilangg ,apa penyebabnya dok? terimakasih

  22. Sore dok …2 hari yg lalu saya lg krja dan jam 11 siang saya merasakan sakit telinga yg luar biasa saya ijin pulang dan langsung cari obat cecer yaitu vital dan lumayan gk terlalu sakitt …dan esok harinya saya pergi ke tht pasundan bandung . Dan dokter bilang trjadi infeksi telinga gara2 flu yg trlalu lama….saya mau tanya apa kalo flu itu sembuh telinga pun akan sembuh juga ? Bner2 mnyiksa saya sampai gk bisa bangun berat kepala saya dok

  23. Dok, saya 18 tahun, sudah 3 hari ini telinga kiri saya kalo mendengar suara dari luar maupun saya yang ngomong jadinya kayak nada sumbang gitu dok, kenpa ya ? Mohon bantuannya ya dok..

  24. Mlm dok nma sya hida umur 28,.z mw tanya sdh lbh dri 4 tahun telinga sebah kiri sya berdengung.terus menerus dan itu membuat sya stress tp klo sya tindis nadi yg ada di leher suara itu hilang , sya bingung dok ini penyakit apa ya

  25. Mat malam dok.
    Saya mau nanya mengapa telinga saya yg kanan kalau menjelang siang sy bisa mendengar.tp kalau sdh menjelang sore mulai tdk dpt mendengar.awalnya telinga
    Terasa gatal lalu saya cablek malah sampai sekarang jadi sakit.mhn penjelasan cara mengobati.trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s