STETOSKOP SEBAGAI ALAT KEDOKTERAN

Stetoskop berasal dari bahasa Yunani: stethos dada dan skopeein, memeriksa.  Stetoskop adalah sebuah alat medis  akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh, digunakan untuk mendengar suara jantung, pernafasan dan suara darah dan jantung. Stetoskop adalah alat kedokteran yang paling banyak dipakai oleh dokter, bidan dan perawat. Tahukah kamu jika tanpa stetoskop maka seorang dokter harus menempelkan telinga mereka ke dada seseorang untuk mengetahui detak jantung  dan bunyi nafas?

berapakah harga stetoskop

Alat kedokteran stetoskop ini mempunyai banyak macam warna, bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.  Stetoskop adalah alat kedokteran yang diciptakan untuk mempermudah dokter dan tenaga kesehatan untuk menegakkan diagnosis. Stetoskop ini terdiri dari selang kosong yang berisi udara, bagian kepala yang terdiri dari dua sisi, diafragma atau bell. Bila bagian diafragma ini diletakkan ke pasien, maka akan tercipta gelombak akustik yang menjalar dari selang ke telinga. Inilah yang menjadi dasar dari teknologi stetoskop ini.  Sekarang ada banyak sekali teknologi yang berusaha untuk menciptakan stetoskop yang  mampu menangkap gelombang suara semaksimal mungkin.

Saat ini telah mulai digunakan stetoskop baru yang mempunyai microphone didalam diafragmanya yang  disebut sebagai stetoskop elektronik. jual stetoskop littmann Stetoskop elektronik ini adalah jawaban sebagai alat kedokteran terbaik untuk menangkap suara yang rendah dari dalam tubuh manusia. Saya yakin, dalam jangka waktu beberapa tahun lagi, stetoskop elektronik ini akan semakin umum digunakan.

Saat ini, seperti halnya asesoris perempuan, stetoskop bukan hanya menjadi alat, tetapi menjadi lambang prestise dan kesuksesan dari sebuah pekerjaan. Stetoskop yang mahal menunjukkan bahwa pekerjaan seseorang tersebut sangat spesialistik. Terkadang juga, seorang dokter yang mengalungkan stetoskop ke lehernya menunjukkan bahwa dokter tersebut sangat pintar dan hebat dalam hal ilmu kedokteran.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*