MAU OPERASI GENDANG TELINGA

Muhammad Yamin:

kepada dokter. aku ingin menanyakan masalah telinga . karena sudah lama tidak mendengar dari kecil . cuma bisa dgn apa bila suara kuat dalam % aja . danaku mohon tolong di jelaskan berapa biyaya oprasinya? dua dua nya begitu. dan aku minta alamat nya di mana

Miskat

dok maaf seperti comen yang lainya saya punya permasalahn yang sama, kalau oerasi mahal ga dok!…? dan kira kira berapa soalnya .

JAWABAN

Terima kasih banyak untuk pertanyaannya Bapak Yamin dan Bapak Miskat. Mungkin testimoni dari bapak Kasmir, salah satu teman blog kita bisa menjawabnya

Selamat malam dokter;
Saya mau sharing khusus pengalaman saya sendiri mengenai gendang telinga sobek/bolong.
Saat ini saya berusia 43 tahun. Telinga saya sudah bolong sejak sebelum SD karena sering pilek yg akhirnya infeksi dan bolong.

Dalam rentang waktu 4 s/d 42 tahun pilek, sakit kuping, kuping bernanah terjadi sili berganti.setelah usia menginjak 43 tahun saya mulai serius mengatasi masalah ini.

Sejak awal 2012 saya rajin mencari informasi mengenai gendang telinga ini di google dan akhirnya setiap minggu sejak awal April 2012 saya selalu berobat/kontrol di THT RSCM.
Sejak minggu pertama Mei 2012 semua kerak/kotoran terkikis habis dan lubang telinga terlihat jelas di cctv. Dokter mengatakan bolong tersebut bisa ditambal saja dgn kertas atau dgn mengambil sedikit daging di daul telinga, biaya hanya berkisar Rp. 400 ribu. Dokter buat jadwal agar operasi ringan tersebut dilakukan pd minggu kedua Mei 2012.
Pada minggu kedua Mei 2012 saya kontrol lagi dan ternyata lubang tersebut telah menutup sendiri 20% dan dokter memutuskan utk menunda operasi dgn harapan akan bisa menutup sendiri 100% dan diminta kontrol lagi awal Juni 2012. Minggu depan saya akan kontrol lagi.

Oh iya, penyebab pilek saya dari hasil tes alergi di RSCM adalah alergi tungau (kotoran binatang2 kecil, biasanya di rumah/kamar tidur)

Bagi yang mau ngobrol2 mengenai gendang telinga ini bisa hub saya/Kasmir di kasmirob@yahoo.co.id atau 08158856785

Saran : sebelum memutuskan utk operasi, pertimbangkan biaya, tingkat keberhasil dari bbrp metode operasi)

Loading...

5 Comments

    • wahh.. pak herwin, untuk masalah ini saya tidak bisa memberikan jawaban pasti, namun yang harus bapak herwin pahami, telinga yan bolong sejak kecil, biasanya bukan hnya gendang telinganya saja yang bolong, tapi sudah sampai ke tulang-tulang telinga

  1. Mau tanya dokter.

    Telinga saya ada mengeluarkan cairan macam nanah tp ianya tidak berbau

    Setelah di cek katanya ada sedikit lobang dlm telinga saya..apa kiranya telinga saga bisa normal kembali seperti biasanya dok ..trimakasih

  2. Mau tanya dokter.

    Telinga saya ada mengeluarkan cairan macam nanah tp ianya tidak berbau

    Setelah di cek katanya ada sedikit lobang dlm telinga saya..apa kiranya telinga saga bisa normal kembali seperti biasanya dok ..trimakasih

  3. kuping saya terasa kyak ada airnya dok, saat kpala saya dimiringkan didalam kuping saya terasa ada grubek grubeknya. apakah gendangnya robek dok?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*