Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB)

Gambaran Umum.
Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB) adalah penyebab tersering terjadinya perdarahan rahim abnormal pada wanita di usia reproduksi. Diagnosa Dysfunctional Uterine Bleeding dapat ditegakkan bila tidak ditemukan kelainan organ.

PENGERTIAN

Dysfunctional uterine bleeding (DUP) atau perdarahan uterus disfungsional adalah perdarahan abnormal yang dapat terjadi di dalam siklus maupun di luar siklus menstruasi, karena gangguan fungsi mekanisme pengaturan hormon (otak-indung telur-rahim), tanpa kelainan organ.

SIKLUS NORMAL
Siklus menstruasi normal terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung sekitar 2-7 hari.
Pada saat menstruasi, jumlah darah yang hilang diperkirakan 35-150 ml, biasanya berjumlah banyak hingga hari kedua dan selanjutnya berkurang sampai menstruasi berakhir. *Nedra Dodds, MD, 2006*

BAGAIMANA TERJADINYA ?
Secara garis besar, kondisi di atas dapat terjadi pada siklus ovulasi (pengeluaran sel telur/ovum dari indung telur), tanpa ovulasi maupun keadaan lain, misalnya pada wanita premenopause (folikel persisten).
Sekitar 90% perdarahan uterus difungsional (perdarahan rahim) terjadi tanpa ovulasi (anovulation) dan 10% terjadi dalam siklus ovulasi.

Pada siklus ovulasi.
Perdarahan rahim yang bisa terjadi pada pertengahan menstruasi maupun bersamaan dengan waktu menstruasi. Perdarahan ini terjadi karena rendahnya kadar hormon estrogen, sementara hormon progesteron tetap terbentuk.

Pada siklus tanpa ovulasi (anovulation)
Perdarahan rahim yang sering terjadi pada masa pre-menopause dan masa reproduksi. Hal ini karena tidak terjadi ovulasi, sehingga kadar hormon estrogen berlebihan sedangkan hormon progesteron rendah. Akibatnya dinding rahim (endometrium) mengalami penebalan berlebihan (hiperplasi) tanpa diikuti penyangga (kaya pembuluh darah dan kelenjar) yang memadai. Nah, kondisi inilah penyebab terjadinya perdarahan rahim karena dinding rahim yang rapuh. Di lain pihak, perdarahan tidak terjadi bersamaan. Permukaan dinding rahim di satu bagian baru sembuh lantas diikuti perdarahan di permukaan lainnya. Jadilah perdarahan rahim berkepanjangan.

G E J A L A
Perdarahan rahim yang dapat terjadi tiap saat dalam siklus menstruasi. Jumlah perdarahan bisa sedikit-sedikit dan terus menerus atau banyak dan berulang.
Kejadian tersering pada menarche (atau menarke: masa awal seorang wanita mengalami menstruasi) atau masa pre-menopause.

FAKTOR PENYEBAB
Hingga saat ini penyebab pasti perdarahan rahim disfungsional (DUB) belum diketahui secara pasti. Beberapa kondisi yang dikaitkan dengan perdarahan rahim disfungsional, antara lain:

  • Kegemukan (obesitas)
  • Faktor kejiwaan
  • Alat kontrasepsi hormonal
  • Alat kontrasepsi dalam rahim (intra uterine devices)
  • Beberapa penyakit dihubungkan dengan perdarahan rahim (DUB), misalnya: trombositopenia (kekurangan trombosit atau faktor pembekuan darah), Kencing Manis (diabetus mellitus), dan lain-lain
  • Walaupun jarang, perdarahan rahim dapat terjadi karena: tumor organ reproduksi, kista ovarium (polycystic ovary disease), infeksi vagina, dan lain-lain.

D I A G N O S A
Untuk menegakkan diagnosa, langkah-langkahnya dalah sebagi berikut:

Wawancara atau anamnesa (sudah dibahas, masih ingat kan?).
Wawancara harus cermat nih. Pertanyaan yang perlu diajukan: kapan usia mulai menstruasi (menarche), siklus setelah mengalami menstruasi, jumlah dan lamanya menstruasi, dan … maaf, sambil menilai status emosinya. oleh karena itu, bagi wanita yang mengalaminya dianjurkan untuk menceritakan apa adanya. Wis to, jangan malu-malu.

Pemeriksaan (masih ingat juga kan, jenis-jenis pemeriksaan?) *kayak ujian aja*

  • Pemeriksaan umum. Ditujukan untuk mengetahui berbagai kemungkinan penyebab terjadinya perdarahan rahim.
  • Pemeriksaan organ reproduksi (ginekologis)

Pada pemeriksaan khusus ini, ditujukan untuk:

  • Menyingkirkan kemungkinan kelainan organ sebagai penyebab perdarahan abnormal, misalnya: perlukaan, polip leher rahim, infeksi, abortus, tumor, dan lain-lain.
  • Menegakkan diagnosa dengan kuret (gadis TIDAK lho)

P E N G O B A T A N
Setelah menegakkan diagnosa (diagnosis?, mohon koreksi) dan setelah menyingkirkan berbagai kemungkinan kelainan organ, teryata tidak ditemukan penyakit lainnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan prinsip-prinsip pengobatan sebagai berikut:

  1. Menghentikan perdarahan.
  2. Mengatur menstruasi agar kembali normal
  3. Transfusi jika kadar hemoglobin (Hb) kurang dari 8 gr%.

Menghentikan perdarahan.
Langkah-langkah upaya menghentikan perdarahan adalah sebagai berikut:

Kuret (curettage).
Hanya untuk wanita yang sudah menikah. Tidak bagi gadis dan tidak bagi wanita menikah tapi “belum sempat dicicipi”. *halah, mesum* (begini lho, misalnya sudah dijadwalkan menikah, ndilalah sebelum menikah koq ya datang menstruasi dan berkepanjangan. Apa ya rela dikerok pakai sendok istimewa eh kuret ding)

O b a t (medikamentosa)
1. Golongan estrogen.
Pada umumnya dipakai estrogen alamiah, misalnya: estradiol valerat (nama generik) yang relatif menguntungkan karena tidak membebani kinerja liver dan tidak menimbulkan gangguan pembekuan darah. Jenis lain, misalnya: etinil estradiol, tapi obat ini dapat menimbulkan gangguan fungsi liver.

Dosis dan cara pemberian:

  • Estrogen konyugasi (estradiol valerat): 2,5 mg diminum selama 7-10 hari.
  • Benzoas estradiol: 20 mg disuntikkan intramuskuler. (melalui bokong)
  • Jika perdarahannya banyak, dianjurkan nginap di RS (opname), dan diberikan Estrogen konyugasi (estradiol valerat): 25 mg secara intravenus (suntikan lewat selang infus) perlahan-lahan (10-15 menit), dapat diulang tiap 3-4 jam. Tidak boleh lebih 4 kali sehari.

2. Obat Kombinasi
Obat golongan ini diberikan secara bertahap bila perdarahannya banyak, yakni 4×1 tablet selama 7-10 hari, kemudian dilanjutkan dengan dosis 1×1 tablet selama 3 hingga 6 siklus. *wuih, lamanya*

3. Golongan progesteron
Obat untuk jenis ini, antara lain:

  • Medroksi progesteron asetat (MPA): 10-20 mg per hari, diminum selama 7-10 hari.
  • Norethisteron: 3×1 tablet, diminum selama 7-10 hari.

Mengatur menstruasi agar kembali normal
Setelah perdarahan berhenti, langkah selanjutnya adalah pengobatan untuk mengatur siklus menstruasi, misalnya dengan pemberian:
Golongan progesteron: 2×1 tablet diminum selama 10 hari. Minum obat dimulai pada hari ke 14-15 menstruasi.

Transfusi jika kadar hemoglobin kurang dari 8 gr%.
Yang ini, mau tidak mau nginap di Rumah Sakit atau klinik. Oya, hampir ketinggalan, sekedar diketahui, sekantong darah (250 cc) diperkirakan dapat menaikkan kadar hemoglobin (Hb) 0,75 gr%. Ini berarti, jika kadar Hb ingin dinaikkan menjadi 10 gr% maka kira-kira perlu sekitar 4 kantong darah.

PRAKIRAAN HASIL PENGOBATAN (Prognosis)
Hasil pengobatan bergantung kepada proses perjalanan penyakit (patofisiologi)

  • Penegakan diagnosa yang tepat dan regulasi hormonal secara dini dapat memberikan angka kesembuhan hingga 90 %.
  • Pada wanita muda, yang sebagian besar terjadi dalam siklus anovulasi, dapat diobati dengan hasil baik, or sukses.

Istilah seputar perdarahan abnormal
Beberapa istilah penting terkait Perdarahan abnormal rahim, antara lain:

  • Menorrhagi: perdarahan rahim lebih 7 hari atau jumlah perdarahan yang berlebihan (lebih dari 80 ml per hari)
  • Metrorrhagia: perdarahan rahim (biasanya dalam jumlah normal) yang terjadi dengan interval waktu tidak teratur atau lebih panjang.
  • Menometrorrhagia: perdarahan rahim yang berlebihan dalam jumlah dan lamanya perdarahan, dapat terjadi dalam periode menstruasi maupun di antara periode menstruasi.
  • Intermenstrual bleeding (spotting): perdarahan rahim yang bervariasi dalam hal jumlahnya (biasanya sedikit) pada periode menstruasi.
  • Polymenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval kurang dari 21 hari.
  • Olygomenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval antara 35 hari hingga 6 bulan.
  • Estrogen: hormon reproduksi wanita, yang selama siklus menstruasi menghasilkan lingkungan yang sesuai untuk fertilisasi, implantasi dan pemberian zat makanan pada permulaan embrio.
  • Progesteron: hormon yang berfungsi mempersiapkan rahim untuk menerima dan mengembangkan sel telur.

PERMASALAHAN
Mengingat perdarahan rahim bagi wanita muslim berkaitan erat dengan masalah peribadatan, khususnya dalam hal fiqih (hukum), maka perlu keterlibatan berbagai pihak terutama kalangan medis dan ahli fiqih untuk membahasnya.
Perlu diingat bahwa pembahasan fiqih akan memunculkan khilafiyah (perbedaan pendapat), terkait soal waktu suci. Maksudnya, “waktu” (kapan sih?) seorang wanita dengan perdarahan rahim sudah dianggap wajib melaksanakan ibadah kendati yang bersangkutan masih mengalami perdarahan.
Sengaja penulis mengangkat masalah ini agar kita dapat saling memahami jika terjadi perbedaan soal masa suci (waktu mandi wajib). Bukankah hal ini adakalanya ditanyakan pasien ? Monggo dibahas.
Bagaimana soal berhubungan intim ? Silahkan dibahas juga ya …

Kepada segenap pembaca wanita (pria juga), silahkan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Monggo tanya jawab sendiri.
Kepada mbak Mina, dr Lakshmi Nawasasi yang ahli bedah, drg Evy SpBM, mbak Dwi Susanti, mbak Graz, mbak Mei dan semua para blogger wanita dari kalangan kesehatan atau pemerhati kesehatan yang belum tersebut namanya, dimohon berbagi.
Pria boleh juga lho, bebas aja koq.
Penulis akan menyaksikan jalannya talkshow online diskusi sebagai peserta saja.

Selamat berbagi, semoga bermanfaat.

Bacaan:

  • Pedoman Diagnosis dan Terapi Lab Ilmu Kebidanan dan Kandungan, RSUD dr. Soetomo, Surabaya
  • Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB), Nedra Dodds. MD, Emory Adventist Hospital, 2006
Loading...

71 Comments

  1. Dok nama saya Sri sy 31 thn sdh menikah, sy menggunakan kb suntik yg 3 bln sudah 2 Kali suntik, pertama habis bulan agustus ini, lalu saya langsung lanjut utk yg ke dua kalinya, selama dlm periode kb suntik yg pertama sy ada keluar flek coklat tp tidak sering, namun setelah suntik kb yg kedua agustus ini kmrn flek sy tdk berhenti Sudah hampir dua bulan sampai skrng, kira2 knp ya dok ? Apakah berbahaya ?.sbg info juga Sblm sy ambil suntik kb, siklus mens sy tidak normal,tetapi stlh sy berobat sdh kembali normal, lalu saya ambil kb suntik tersebut dok, kira2 kenapa yah dok mohon bantuannya dok , terima kasih banyak

    • Flex coklat tersebut adalah tanda adanya gangguan sistem hormonal dalam tubuh ibu, bisa jadi karena kb suntik tersebut mengingat kb suntik merupakan obat hormonal. Saran saya, sebaiknya ibu tidak memakai kb suntik jenis itu lagi dan tunggu apakah siklus mens ibu kembali normal lagi atau tidak, jika masih juga tetap mengeluarkan flex coklat, ada baiknya ibu berobat ke SpOg agar siklus mens ibu kembali normal

  2. dok saya wnta umur 21 thn,belum menikah dan belum pernah berhubungan seksual, siklus mens saya 24 hari dan teratur,lama mens 3-4 hari dan hari ke 5-7 hanya flek2 setelah itu brhnti. gnti pmblut hanya 2-3x shri.
    Kemarin saya mens tanggal 25 sept dan seharusnya tanggal 8 saya sdh brhnti mens tp smpai sekarang saya masih kluar flek2 coklat sdkit.da2 msh terasa sedikit nyeri dan emosi saya labil seperti saat mens.
    Saya mau tanya apa ini normal?sebelumnya saya belum pernah mengalaminya. Apa ada hubungannya dengan stres?karna saat ini saya sering stres krna bnyk mslh,kegiatan dan tugas shngga jarang tidur.
    Terimakasih sebelumnya

  3. Dok saya usia 25th, belum menikah dan pernah berhub sex dgn pacar saya 2bln lalu, bulan lalu saya tidak mens dan bulan ini saya mens tp hanya keluar darah sedikit dan itu berlanjut sampai lebih dr 15 hari, saat ini saya baru lulus kuliah dan sedang sibuk mencari kerja, kegiatan saya 3 bln blkngn hanya dirmh, dan hampir selalu tidurr pagi (begadang). Yg ingin saya tanyakan apakah siklus haid saya tidak teratur karena saya stres mencari pekerjaan atw ªda̲̅ keadaan tidak normal?

  4. dok, saya rita 24thn n sdh 2thn menikah tp blum pny anak,
    saya tetep dapat haid tiap bulannya tetapi di5bulan terakhir tiap penghabisan mens selalu timbul flek cokelat..
    pada tgl 25 oct saya mens tgl 30 oct sudah bersih n tgl 2nov saya melakukan hubungan dengan suami dan besoknya sampai hari ini saya keluar darah kadang merah kehitaman n kadang merah seger.
    apa itu bahaya dok, atau cuma sisa mens yg blum bersih, atau karena kecapean (karena ga da pembantu jd tiap hari saya naek turun tangga sampai 6x kadang lebih, tangga saya 4lantai, n melakukan pekerjaan rumah lainnya)
    mohon dijawab dok trims b4…

    • untuk bisa memastikan apakah ada gangguan pada rahim ibu adalah dengan melakukan USG dan cek hormon, namun jika dilihat dari aktifitas yang ibu kerjakan, sepertinya stress fisik sangat berpengaruh pada siklus hormonal ibu

  5. btw dok, saya dulu pernah di usg dan hasilnya salah satu tuba saya tersumbat with hydrosalping, dan dokter itu nyaranin saya utk melakukan operasi utk memotong tuba yg tersumbat..
    memangnya ga ada cara lain selain operasi y dok..n apakah setelah dioperasi saya bs hamil?tq

    • operasi adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki saluran tuba yang tersumbat tersebut, dengan memperbaiki saluran tuba, maka sel telur bisa mengalir ke rahim, apakah dengan operasi sudah pasti bisa hamil? belum tentu juga, operasi yang dilakukan adalah untuk memperbaiki saluran telur saja, namun akan percuma jika tidak ada telur di tempat penghasil telurnya (ovarium)

  6. assalamualaikum,
    dok,saat ini sy 23 th,punya ank 14bln dan masih menyusui,lepas nifas sy kb suntik 3bln smp skrg,dan sy tdk menstruasi!sy kb sdh 1th(4x suntik),6bln trakhir sy sring mgalami spotting,kdg byk kdg sdikit,nmun hmpir stp hr,
    bln desmber dpn jwdl sy utk kmbli suntik,,sy brencana utk brhnti suntik kb agr kondsi dan siklus haid sy kmbli normal,tp sy msi bingung stlh it kb ap yg hrus sy pilih,,dan slm mgalami spotting sy ttp sholat dan berhubungan intim,krn sy memahami ini sbg darah istihadah,bgaimana mnrut dokter?mohon penjelasannya,terima kasih

    • gejala yang ibu ceritakan itu umum terjadi pada pengguna kb suntik. pada dasarnya, suntikan kb itu adalah suntikan hormonal yang mengganggu siklus hormonal (menstruasi) ibu yang normal. Beberapa wanita mengeluh mens tidak teratur dan timbul flex setelah lepas suntik kb, hal ini wajar, karena tubuh belum merespon secara baik hilangnya intervensi hormonal sebelumnyaa. ada baiknya ibu berobat ke SpOG untuk diberikan obat hormonal yang bertujuan menormalkan kembali siklus mens ibu seperti sediakala

      • Dok saat ini saya 27 th,sekitar 1 thn yang lalu haid saya ga teratur kadang 2bln baru datang dan pernah sampei 3bln,,tapi kenapa sekarang sering ada bercak darah,,walaw pun tdk lagi datang bulan???memang sekarang saya gemuk apakah pengaruh berat badan,,bercak darahnya sedikit bgt??

  7. assalamualaikum,
    dok,saat ini sy 23 th,punya ank 14bln dan masih menyusui,lepas nifas sy kb suntik 3bln smp skrg,dan sy tdk menstruasi!sy kb sdh 1th(4x suntik),6bln trakhir sy sring mgalami spotting,kdg byk kdg sdikit,nmun hmpir stp hr,
    bln desmber dpn jwdl sy utk kmbli suntik,,sy brencana utk brhnti suntik kb agr kondsi dan siklus haid sy kmbli normal,tp sy msi bingung stlh it kb ap yg hrus sy pilih,,dan slm mgalami spotting sy ttp sholat dan berhubungan intim,krn sy memahami ini sbg darah istihadah,bgaimna mnrt dokter?
    trimakasi ats pnjelasannya.

  8. Assalamu’alaikum
    Dok, sy berumur 20th sdh mnikah. Anak sy bru berumur 2bln. Bulan kmaren sy ikut kb suntik yg 3 bln. Stelah suntik kb, dpt 3hr lgsg menstruasi slama 2 mnggu. Dn mkin bnyak darah yg kluar itu di minggu trakhir.
    Di minggu pertama, darah yg kluar normal sperti haid biasanya .
    Itu sy mens ny tgl 24 okt, dn tgl 17 nov mens lg .
    Apakh ini efek dari kb dok ?
    Ato krn kcapekan? Akhr2 ini emg sering berasa capeek bgt krn aktftas berat.
    Kalo utk lamanya mens, dr dlu emg biasanya lbh dari sminggu dok, tp darah yg kluar bnyak cm sampai hr ketiga, stelah itu brkurang terus smpai jd flek coklat aja.
    Mhon jwbanny y dok.
    Apa ini msh dkatakn normal ?
    Ato brbhaya ?
    Mkasih .

    • untuk bisa mengatakan berbahaya atau tidak harus diperiksa langsung oleh dokter, namun ada ibu2 yang menderita anemia karena menstruasi memanjang selama lebih dua minggu. Saran saya ada baiknya ibu tunda dulu penggunaan KB suntik 3 bulan itu. Coba menggunakan spiral aja bu, karena spiral tidak mengganggu siklus menstruasi normal dalam tubuh ibu

  9. dok usia saya 23 tahun saya blm mnikah tp sya pernah berhubungan dgan pacar saya. mulai tahun 2011 bulan agustus saya menstruasi sampe bln november prnh priksa kata dokter krna hormonal trus sempet sembuh. skg 2012 dibulan yg sama sya mens dan pendarahan lgi trs priksa lg diberi obat regumen Norethisteron sampai obatnya habis kok saya blm smpuh dan akhirnya saya mncoba obat kalnex. menurut dokter pnyakit yg saya derita berbahaya atau tidak? dan obatnya apa ya dok? klo mnum obat kalnek mnurut dokter gmn ya? soalnya saya bru minum sekali..

  10. salam. Dok saya Julia 24 thn, menikah dan punya anak1 (10 bln), saya baru menggunakn KB pil setelah menstruasi hr terakhir,karena sebelumnya ASI saya berkurang dan saya stop. Menstruasi saya normal dan selesai tgl 25 pagi, dan pagi itu juga saya mulai minum pil, setelah itu malamnya saya berhubungna, tgl 26 nya saya lupa minum, tgl 27 nya saya minum pas malam hari dan subuh nya berhubungan. tgl 26 -27 kluar flek coklat gitu, tgl 28 subuh setelah berhubungan saya kluar darah sedikit tapi tetap keluar hingga malamnya( sekarang). apakah itu termasuk menstruasi karena saya minum PIL dan siklus homon saya yg berubah? apakah saya harus stop minum pil KB nya? makasi dok 🙂

  11. dok saya berumur 23 tahun,setiap kali menstruasi saya ada flek coklat 2 hari sebelum dan sesudahnya.apa itu tidak apa-apa dok?
    Apa itu tidak mengganggu kesuburan saya?
    Terimakasih dokter

  12. dok sy 35th menikah blm py anak. Siklus teratur 28 hr, mey 2012 LO krn kista endometriosis. Dr saranin tapros tp krn mahal second opinion suntik kb 1bln sekali, suntik pertama tgl 25sept stlh mens hr ke5. Tgl 20okt suntik ke2 tp tgl 18 sy keluar flek. Tgl 17nov hrsnya suntik ke3 tp sy blg ma dr ga mau suntik lg krn dr tgl 18 okt smpe skrg pendarahan ga berhenti, kadang byk kdg sdkt. Dr ksh kalnex 500mg+antibiotik, dah hbs obat tp flek pendarahan ga berhenti jg. Sy bingung krn sbgai muslimah ada kewajiban n diharamkan sholat. Apakah flek pendarahan itu akan b’hnti dgn sndri kl hormon sy dah normal? Tp ko lama dah 2bln lum brhnti jg, apa hrs minta resep dr obat penyeimbang hormon spy bs scptnya bs normal kmbli

    • yupp,,, benar sekali ibu, kemungkinan flek tersebut timbul karena adanya gangguan di siklus hormon alami ibu, kemungkinan, sekali lagi kemungkin disebabkan karena KB suntik tersebut. ada baiknay ibu konsultasi ulang ke dokter Ibu karena biasanya kalnek tidak dapat menghentikan perdarahan yang disebabkan gangguan hormon

  13. dok,saya eka umur 32th.menikah dan punya anak umur 15 bln.bln oktober saya haid selama 15hari,berupa flek coklat.Dan bln november dr tgl 20 sampai sekarang sudah 22 hari saya juga keluar flek coklat cuma sekali yg warna merah spt biasa.menurut dokter saya sakit apa ya?trimakasih

  14. Dok,saya wanita 24 tahun dan sudah menikah. Seminggu ini,saya mengalami bercak coklat yg keluar seperti keputihan dan kmrin ada darah merah kecoklatan yang luruh ketika suami saya dan saya melakukan hubungan intim. Siklus menstruasi saya memang akan datang minggu2 ini. Sebelum berhubungan saya sudah merasa seperti akan mengeluarkan darah ketika akan haid. Beberapa Bulan ini siklus darah haid saya tidak teratur. Selain itu,saya dan suami baru 2 bulan menikah dan selama berhubungan,saya menghindari kehamilan,karena saya masih menyelesaikan studi saya,jdi belum ada sperma yang jatuh di rahim saya. Siklus haid saya biasanya hanya 5 hri,2 hri ada pendarahan yg banyak,3 hri setelahnya hanya flek. 4 blan terakhir saya dua kali opname di rs karena permasalahn asam lambung,dan bulan kemarin,saya harus melakukan ct-abdomen dan harus menggunakan obat kontras yg dialirkan langsung ke pembuluh darah saya. Kira-kira kenapa ya dok?apakah konsumsi obat-obatan oral maupun yg suntik berpengaruh?

    • ibu diana, menurut pendapat saya, penyebab gangguan ini bukan semata-mata gangguan pada rahim. Dari apa yang ibu utarakan, penyebabnya lebih banyak disebabkan penyebab luar, seperti permasalahan pada lambung, studi atau penyakit lain yang saya tidak tahu. Secara tidak langsung, stressor penyakit dan stressor pekerjan akan berpengaruh besar pada siklus menstruasi ibu.

  15. dok, saya dian 27 th. sudah menikah. menstruasi saya akhir2 ini terganggukarena sya sering flek. oleh dokter saya di beri diane 35 untuk di konsumsi selama 3 bulan. tapi 1 bulan pemakaian.kenapa flek2 itu masih ada ya dok? apakah itu normal?

  16. Pagi Dok,,,
    Saya ita 21 thn,blm menikah,,saya ada masalah dengan menstruasi.siklus haid saya normal tiap bulan dapet.tp sekarang haid saya udah 12 hari,,biasanya kalo haid paling lama 7 hari.knp ya dok apa ada masalah dengan rahim saya????

  17. Selamat Sore Dok.. saya Fera Usia
    21 tahun belum menikah dan blm
    pernah berhubungan juga. saya
    menstruasi pd tgl 27 januari – 1
    februari.. pd tgl itu darah mens saya
    normal seperti biasa namun saya
    sempat mengkonsumsi obat demam
    pd tgl2 sekitar itu. lalu tgl 3 feb
    saya mengalami diare dn saya
    mengkonsumsi obat sampai tgl 6
    feb.. saya kira saya sudah tidak
    mens. namun dr tgl 7 sampai skrg
    darah coklat dengan gumpalan
    coklat keluar terus dok jika saya
    beraktivitas banyak ia akan lgsung
    keluar.. ada apa ya dok.. apa ada
    gangguan Dok dengan keadaan saya..
    lalu apakah itu darah menstruasi? mohon saran dan jawabannya
    dok. Terimakasih selamat sore

  18. Asslmkum dok,sy gadis 28thn blm prnh berhub intim.mens sy kacau dok ;'(.sdh bbrp kali periksa,2x USG hasilnya rahim sy normal bagus. Tp,kmrn smpt terapi hormon pakai pil kb,mens sy normal.tp setelah terapi selesai mens sy baru dtg 6bln kemudian.dan 2bln stlhnya normal.tp kmbli tdk mens 6bln.setelah itu sy mens tp sdh 7bln lebih blm suci (pendarahan abnormal).cairan yg keluar spt saat mens hari ke 4(tdk terlalu bnyk).terakhir periksa,dokter memberi sy obat utk menghentikan pendarahannya dan vit utk rahim. Dan disarankan utk rajin olah raga.berat badan sy 50kg dan tinggi bdn 150cm. Trima kasih dok
    Wassalam…

  19. Asslmkum dok,sy fera gadis 28thn blm prnh berhub intim.mens sy kacau dok ;'(.sdh bbrp kali periksa,2x USG hasilnya rahim sy normal bagus. Tp,kmrn smpt terapi hormon pakai pil kb,mens sy normal.tp setelah terapi selesai mens sy baru dtg 6bln kemudian.dan 2bln stlhnya normal.tp kmbli tdk mens 6bln.setelah itu sy mens tp sdh 7bln lebih blm suci (pendarahan abnormal).cairan yg keluar spt saat mens hari ke 4(tdk terlalu bnyk).terakhir periksa,dokter memberi sy obat utk menghentikan pendarahannya dan vit utk rahim. Dan disarankan utk rajin olah raga.berat badan sy 50kg dan tinggi bdn 150cm. Trima kasih dok
    Wassalam…

  20. @walaikumsalam… yesi.. gangguan yang dialami oleh yesi banyak dialami oleh wanita lainnya. gangguan menstruasi ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada hormonalnnya. Penyebabnya ada banyak, bisa yesi baca di sini: siklus menstruasi wanita

  21. @walaikumsalam… yesi.. gangguan yang dialami oleh yesi banyak dialami oleh wanita lainnya. gangguan menstruasi ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada hormonalnnya. Penyebabnya ada banyak, bisa yesi baca di sini: siklus menstruasi wanita

  22. saya suntik kb 28 januari 2012.21 januari 2013 saya mens sampai saat ini belum berhenti,keluar flek2.trus saya periksa ke dokter dikasih obat kalnex.itu efektik menghentikan perdarahan ga dok ?

  23. saya suntik kb 28 januari 2012.21 januari 2013 saya mens sampai saat ini belum berhenti,keluar flek2.trus saya periksa ke dokter dikasih obat kalnex.itu efektik menghentikan perdarahan ga dok ?

  24. Assalamualikum. Wr. Wb.
    Dok, usia saya 22 tahun punya ank 1. Saya selama ini mengunakan suntik 1 bulan. Setiap suntik 3 hari pertama bdn trsa sakit bgt dan cemderung emosonal tinggi dan setiap waktu suntik kb haidnya ga tratur tpi saya tetap suntik wlpun lepas waktu kb. Pda tanggal 13 maret 2013 tepat waktunya suntik tapi saya tidak suntik, kemudian setelah 1 tw 2 minggu berikutx saya halangan sampai 1 bulanan. Saya ke dr. Tgl 8 april 2013. Kata dr lngsung di suruh hari itu sepiral krna ga cocok hormon, dan di kasih obat amoksilin, asamfenamat, bikomse. Saya minum sampe 1 mingguan tapi gada perubahan sampai tanggal 11 april 2013 saya kembali krena gada perubahan masih pendarahan dan di ksh obat yg sama, sampai saat ini yg ke tigakalinya saya balik ke dr tgl 24 april dan dokter lngsung memutuskan minum obat pil cyclo-progynova. Ini saya sdh komsumsi 3 hari tapi ko masih pendarahan. Hri pertama berkurang sampai hari ke dua, hri ke 3 berhenti siang mlmnya setelah berhubungan pendarahan, hari ke4 masih pendarahan. Aduh dok… Bingung nhi jdinya. Makasih penerangannya.

  25. Assalamualikum. Wr. Wb.
    Dok, usia saya 22 tahun punya ank 1. Saya selama ini mengunakan suntik 1 bulan. Setiap suntik 3 hari pertama bdn trsa sakit bgt dan cemderung emosonal tinggi dan setiap waktu suntik kb haidnya ga tratur tpi saya tetap suntik wlpun lepas waktu kb. Pda tanggal 13 maret 2013 tepat waktunya suntik tapi saya tidak suntik, kemudian setelah 1 tw 2 minggu berikutx saya halangan sampai 1 bulanan. Saya ke dr. Tgl 8 april 2013. Kata dr lngsung di suruh hari itu sepiral krna ga cocok hormon, dan di kasih obat amoksilin, asamfenamat, bikomse. Saya minum sampe 1 mingguan tapi gada perubahan sampai tanggal 11 april 2013 saya kembali krena gada perubahan masih pendarahan dan di ksh obat yg sama, sampai saat ini yg ke tigakalinya saya balik ke dr tgl 24 april dan dokter lngsung memutuskan minum obat pil cyclo-progynova. Ini saya sdh komsumsi 3 hari tapi ko masih pendarahan. Hri pertama berkurang sampai hari ke dua, hri ke 3 berhenti siang mlmnya setelah berhubungan pendarahan, hari ke4 masih pendarahan. Aduh dok… Bingung nhi jdinya. Makasih penerangannya.
    Wasalamualaikum. Wr. Wb.

  26. Assalamualikum. Wr. Wb.
    Dok, usia saya 22 tahun punya ank 1. Saya selama ini mengunakan suntik 1 bulan. Setiap suntik 3 hari pertama bdn trsa sakit bgt dan cemderung emosonal tinggi dan setiap waktu suntik kb haidnya ga tratur tpi saya tetap suntik wlpun lepas waktu kb. Pda tanggal 13 maret 2013 tepat waktunya suntik tapi saya tidak suntik, kemudian setelah 1 tw 2 minggu berikutx saya halangan sampai 1 bulanan. Saya ke dr. Tgl 8 april 2013. Kata dr lngsung di suruh hari itu sepiral krna ga cocok hormon, dan di kasih obat amoksilin, asamfenamat, bikomse. Saya minum sampe 1 mingguan tapi gada perubahan sampai tanggal 11 april 2013 saya kembali krena gada perubahan masih pendarahan dan di ksh obat yg sama, sampai saat ini yg ke tigakalinya saya balik ke dr tgl 24 april dan dokter lngsung memutuskan minum obat pil cyclo-progynova. Ini saya sdh komsumsi 3 hari tapi ko masih pendarahan. Hri pertama berkurang sampai hari ke dua, hri ke 3 berhenti siang mlmnya setelah berhubungan pendarahan, hari ke4 masih pendarahan. Aduh dok… Bingung nhi jdinya. Makasih penerangannya.
    Wasalamualaikum. Wr. Wb.

  27. dok saya sudah kb 3 bulan hampir 3 tahun. saya juga mempunyai putri usia 4thun. saya baru lepas kb sekitar 6 bulan. selama KB saya tidak pernah Haid. dan tanggal 5 agustus saya baru Haid. haidnya berlangsung sudah hampir 1 bulan tapi tidak kunjung usai. selama hampir 1 bulan haid saya mengeluarkan flek dan kadang berwarna merah.mohon bantuanya ya dook. Terima kasih

  28. dok saya sudah kb 3 bulan hampir 3 tahun. saya juga mempunyai putri usia 4thun. saya baru lepas kb sekitar 6 bulan. selama KB saya tidak pernah Haid. dan tanggal 5 agustus saya baru Haid. haidnya berlangsung sudah hampir 1 bulan tapi tidak kunjung usai. selama hampir 1 bulan haid saya mengeluarkan flek dan kadang berwarna merah.mohon bantuanya ya dook. Terima kasih

  29. Dok…saya juga mengalami DUB dan diberi oleh dr.S.Pog obat kalnex,dan Protynra kalo ga salah yang ada progesteronnya..pendarahnnya stop…tapi kog bulan berikutnya saya ga haid cuma ada flek merah 1 tetes dan cuma 1 hari aja??apa saya boleh minum diane 35 karna dokter saranin saya pake Pil aja selama 2 bulan?

      • Dok saya mengalami DUB biasanya 4 hari menstruasi saya sdh mulai berkurang volum darahnya . Tapi untuk bulan ini smoe hari ke 5 masih banyak ya , terus saya d saranin bdn mnum pill KB setelah saya minum kok masih tetap ya , terus saya kan belum menikah dan sebelumnya blum pernah konsumsi pil KB . Karna pendarahan saya jd minum deh gmnaa ini dok . Terimakaaksih

  30. Dok saya yani,umur 25,sudah punya anak 2,baru 1bulan saya ikut kb yg 3bulan,tapi knpa ya baru dpet 2minggu stlah suntik kb,saya mengeluarkan darah dan smpai skrg masih kluar darah’nya,apa’kah tu berbahya atau ada penyakit lain’nya dok,,mohon penjelesannya dok
    Trima kasih

  31. dok. saya 3 kali menggunakan kb suntik yang 3 bulanan. setelah itu saya berhenti karena berencana punya momongan lagi.; masalahny sejak awal bulan februari sampai tanggal 9 maret haid saya tidak berhenti. pakah ini pengaruh lepasny kb

  32. dok saya tdnya saya kb iud ..lepas iud tgl 15 januari,2 februari haid bln berikutnya 4maret haid slma 7 hari sblmnya d tandai flek coklat.tgl 17 maret sy berhubungn dg suami kluar darah..nympe skrng flek warna merah terang d bau..apakah pnyakit dok.mohon saranya..mksh

  33. Siang Dok,sy yeni umur 39th baru menikah dan pengen pnya dedek, sy Mens 1mgg,bersih 3hari keluar darah men’s lgi tpi sedikit, hasil USG kemarin ada darah flek di dinding rahim, untuk menghentikan perdarahan di beri obat Primolut,darah berhenti,skrng nunggu mens lgi untuk mengetahui fleknya bsa luruh dngn darah mens yg akan datang ato tidak, jika tidak harus kuret, apa penyebab flek itu Dok?dan obat apa untuk meluruhkan darah itu tanpa kuret?

  34. dok saya adinda umurnya masih 17 tahun kurang.
    saya itu kalau haid gak teratur,saya juga sering keputihan gitu dok..saya awal haid itu ada bercak kecoklatan gitu dok tapi baunya bukan darah haid itu penyakit atau bukan ya? terima kasih

  35. dok saya mau tanya
    saya dinda umur 17tahun kurang,
    kenapa saya saat awal haid ada bercak kecoklatan gitu ya dok, baunya bukan seperti darah haid, dan haid saya juga tidak teratur.

    kira kira itu penyakit atau bukan ya dok?

  36. malam dok, sy nisa. 20 th blm menikah. haid sy tdk lncar dok, plg sering 2 bln sekali. saat ini sy mngalami flek coklat yg berkepanjangan sjk 24 agt. Sy sering sekali stress hingga bb sy turun sekitar 5 kg. Apakah ini yg disebut dgn DUB?

  37. Dok saya usia 22 taun, sudah menikah dan punya anak. Sehabis melahirkan saya pakai KB IUD. Sejak gadis memang tidak normal siklus haidnya. Setelah 3 taun, saya mulai sering keluar flek, setelah/saat dipakai hubungan intim berdarah dok. Saya sudah periksa ke dokter dan di beri terapi hormonal.
    Kalo sedang terapi gini, dan dalam kondisi yg saya ceritakan bisa dipakai hubungan intim ngga ya dok ? Trims smoga sempat menjawab 🙂

  38. ma,af ya dok saya sudah usia 56 th sudah 2th manipause, boleh tidak ya kalau saya minum pil kb lagi supaya hormon saya nambah lagi hehe

  39. Assalamualaikum Dok, saya mau tanya dok saya seorang wanita yg berumur 23th baru menikah 3bln yg lalu. Setelah menikah saya memutuskan untuk melakukan kb suntik 1bulanan tapi tidak berlangsung lama cuma 3x hàbis itu sayà tidak kb lagi, tapi setelah saya berhenti kb kenapa ya hàmpir setiap minggu saya mendapatkan haid. Baru seminggu berhenti haid lg dan begitu seterusnya sampai 4x. Mohon penjelasanya ya dok. Tq

  40. Dok saya mengalami DUB biasanya 4 hari menstruasi saya sdh mulai berkurang volum darahnya . Tapi untuk bulan ini smoe hari ke 5 masih banyak ya , terus saya d saranin bdn mnum pill KB setelah saya minum kok masih tetap ya , terus saya kan belum menikah dan sebelumnya blum pernah konsumsi pil KB . Karna pendarahan saya jd minum deh gmnaa ini dok . Terimakaaksih

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. FLEX COKLAT DAN MENSTRUASI « klikharry
  2. SIKLUS MENSTRUASI WANITA « klikharry

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*