ALISHA GRAVES OTHIS & LIFT CIPTAANNYA

Lift yang kita kenal adalah sebuah alat yang digerakkan dengan lsitrik yang bisa naik-turun secara otomatis guna mengangkut barang atau orang. Lift yang kita kenal adalah sebuah alat yang digerakkan dengan lsitrik yang bisa naik-turun secara otomatis guna mengangkut barang atau orang.

Alat ini ditemukan oleh Alisha Graves Othis pada awal tahun 1854. Otis sendiri dikenal sebagai pembuat gerbong kereta api dan kereta kuda. Ketika ia berusia 27 tahun, ia berhasil menemukan rem kereta api yang lebih baik dari rem kereta api yang ada pada saat itu. Penemuan itu ia patenkan.

Bisa kau bayangkan bagaimana pegalnya kaki kalau harus naik ke tingkat paling atas dari gedung bertingkat 25!. Untunglah Alisha Graves Othis, yang lahir di Halifex, Vermont, Amerika Serikat pada tahun 1811 menemukan lift sehingga kita tidak perlu berkeringat dan pegal kaki jika hendak naik ketingkat tertinggi dari gedung pencakar langit.

Enam tahun kemudian, ketika Othis bekerja sebagai operator mesin di New Jersey, ia menciptakan tungku pemanggang roti dan kemudian disusul dengan ciptaan berikutnya, yaitu mesin bajak bertenaga uap.

Otis pindah pekerjaan sebagai pengawas pembangunan pabrik di Yonkers, New York. Disaat timbul ide untuk menggunakan katrol yang digunakan untuk mengangkut barang untuk dapat dipakai mengangkut orang.

Akan tetapi jika katrol digunakan untuk mengangkut orang, akan sangat berbahaya jika tali penariknya putus. Hampir setahun ia memikirkan cara yang aman, artinya bagaimana menemukan cara jika tali katrol putus, lift masih dapat turun dengan perlahan-lahan. Akhirnya ditemukan semacam alat yang dikenal dengan ratched and pawl.

Pada tahun 1857, lift dipasang dipusat pertokoan Haughwout, New York. Pusat pertokoan yang berlantai lima ini merupakan gedung yang pertama didunia yang menggunakan lift.

Otis kemudian mengadakan pameran dan demonstrasi hasil karyanya. Pada waktu demonstrasi otis masuk kedalam lift ciptaannya dan ditambah beban yang berat, kemudian dari ketinggian 30 meter tali lift diputuskan. Apa yang terjadi? Lift tersebut turun perlahan-lahan.

Otis meninggal pada tahun 1861. Hak paten untuk lift diberikan kepada kedua anaknya. Lift ciptaan Otis sampai kini banyak digunakan pada gedung bertingkat dan sangat membantu kita untuk naik turun di lantai gedung-gedung bertingkat. (kak martono)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*