LEMARI ES YANG BERJASA

refrigerator Lemari es kini merupakan kebutuhan dalam rumah utama tangga. Dengan lemari es kita dapat menikmati dinginya es dalam cuaca yang paling panas sekalipun. Dengan lemari es, ibu tak lagi membuang sayur-mayur karena tak tahan disimpan terlampau lama.

Sudah sejak dahulu orang memikirkan bagaimana cara menyimpan makanan agar tidak rusak Kemudian dikenal dengan tehnik pengeringan di panas matahari, pengasapan, pengasinan, dan pemasakan dengan air panas. Akan tetapi cara seperti ini tenyata banyak mengurangi keaslian bahan pangan itu. Kesegaran, kesedapan dan nilai mutunya berkurang.

Sejarah lemari es yang pertama dimulai dengan penemuan lemari es yang sederhanayang menggunakan pendingin es alam dari air yang membeku atau salju yang dimampatkan. Kemudian tehnik pendinginan yang lebih baik diperkenalkan Dr. William Cullen pada tahun 1755 dan kemudian disempurnakan oleh beberapa ahli lainnya.

Pada tahun 1845, munculah mesin pendingin yang dapat mendinginkan sebuah kamar kecil dalam waktu yang cukup lama. Peristiwa tersebut terjadi di New Orleans, Louisiana. Kemudian mesin pendingin tersebut dicobakan pada sebuah kapal pengangkut daging yang hendak berangkat ke Australia menuju Inggris. Hasilnya sangat memuaskan.

Secara sederhana, prinsip kerja lemari es adalah apabila gas yang dingin tersebut dimasukan kedalam lemari es. Dengan cara ini dapat dicapai suatu keadaan yang dapat membuat air menjadi beku.

Kini tehnik pendinginan tidak hanya sekedar untuk pengawetan bahan makanan saja. Tetapi sudah merambah ke dunia industry susu bubuk, mentega, fotografi, bahan peledak, hingga pembuatan sutra. Pendinginan rupa-rupa cairan merupakan bagian penting untuk berjenis-jenis industry mesin dan kimia.

Pemanfaatan tehnik pendinginan, maka kini dapat dihindarkan terbuangnya secara mubadzir dalam jumlah yang besar barang makanan dan minuman. Juga kian bertambah luas perkembangan usaha pertanian dan peternakan karena pemasarannya dapat menjangkau daerah yang sangat jauh.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*