GELOMBANG RADIO

Penemuan Gelombang Radio

gelombang radio Orang pertama yang memberi petunjuk tentang kemungkinan adanya gelombang lain yang lebih panjang dari gelombang inframerah adalah James Clerk Maxwell, ahli lisika dari Skotlandia. Pada tahun 1864 ia menerbitkan beberapa makalah yang membahas tentang sifat cahaya dan menunjukkan secara teori bahwa sifat tersebut merupakan suatu gerakan gelombang magnet dan gelombang listrik. Maxwell berpendapat bahwa gelombang-gelombang tersebut dapat meluas jauh di luar gelombang lnframerah. la juga mengemukakan bahwa muatan listrik yang bergetar dapat menimbulkan gelornbann seperti tersebut di atas dan gelombang itu berjalan melintasi angkasa dengan kecepatan cahaya lebih dari 300.000 km/dt.

Orang yang penama kali mertemukan gelombang tersebut secara percobaan adalah Elihu Thomson. Dia adalah seorang guru di Sekolah Menengah Central Philadelpia. Pada tahun 1871, Elihu mengadakan percobaan dengan percikan listrik tegangan tinggi yang dapat meloncat melintasi celah beberapa cm. Elihu rnenyambung salah satu dari ujung yang dilewaii arus listrik ke sebuah pipa air dan uiung yang lain ke bagian atas meja logam. Pada waktu percikan-percikan timbul, ia mernbuktikan bahwa ia dapat pergi ke bagian-bagian gedung yang lebih jauh, memegang mata pisau dekat benda logam, dan menarik peicikan-percikan darinya. Setelah dilakukan beberapa percobaan lain akhirnya ia sadar bahwa ia telah mempertegas teori Maxwell. Energi yang menghasilkan percikan-percikan pada ujung pisau dipindahkan dari percikan asal oleh gelombang yang bergerak melintasi angkasa. Dengan menggunakan peralatan yang serupa pada tahun 1887, Heinrich Hertz memperoleh efek yang sama. llmuwan Jerrnan tersebut disarnbut gembira oleh dunia dan gelombang temuannya dinamakan gelombang Hertz yang akhirnya dikenal sebagai gelombang radio.

Penggunaan Gelombang Radio

Dengan adanya gelombang radio tersebut dimungkinkan pengiriman berita antara berbagai tempat yang berjauhan tanpa kawat penghubung. Orang yang pertama kali berhasil adalah Guglielmo Marconi dari ltalia. Setelah beberapa kali dilakukan percobaan pendahuluan untuk mengirimkan sinyal melewati kebun sayur dekat rumahnya, ia menyempurnakan peralatannya dan akhinrya pada tanggal 12 Desember 1901 ia mengirim huruf “S” dengan kode telegraf Morse melalui Samudera Atlantik dari lnggris ke Newfoundland. Dari awal yang sederhana tersebut kemudian timbul perkembangan yang semakin sempurna seperti televisi, radar, dan siaran radio.

Gelombang yang dipakai dalam siaran panjangnya kira-kira 300 m. Gelombang-gelombang yang panjangnya lebih dari 1 krn kadang-kadang dipakai untuk meneruskan pesan-pesan radio lewat samudera. Gelombang tertentu yang panjangnya mencapai beberapa kilometer dipancarkan dari rangkaian pembangkit yang digunakan untuk transmisi arus bolak-balik,

Loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*