BANG MAMAN DARI KALI PASIR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kisah ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ dalam buku Lembar Kerja Siswa (LKS) kelas 2 SD, cukup membuat terkejut para orangtua. Kisah tersebut bercerita tentang istri simpanan yang sebenarnya tidak lazim dibaca anak-anak

Salah seorang murid kelas 2 SD Angkasa IX, Jakarta Timur berinisial S (8), mengaku baru menerima materi LKS muatan lokal ‘Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta’ di sekolahnya kemarin, Rabu (11/4/2012).

Menurut S, kisah ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ juga sudah dipelajari, termasuk kisah tentang istri simpanan yang terdapat di dalamnya.

"Saya tahu cerita itu, ada Salim, Padmey, Bang Maman. Itu baru dibahas hari Rabu," ujar S saat ditemui wartawan di sekolahnya, Kamis (12/4/2012).

Apen, orangtua S, mengaku resah bila ada salah satu materi mengenai istri simpanan di dalam buku pelajaran milik anaknya.

"Khawatir juga kalau memang benar ada materi seperti itu, takut nanti anak dewasa sebelum waktunya," cetus Apen.

Damanik (40) yang memiliki putri berinisial F, juga bersekolah di SD yang sama, mengaku kaget saat mengetahui isi LKS anaknya ada kisah tentang istri simpanan.

"Kurang bagus, ini cerita untuk usia dewasa, jadi jelas enggak pantas!" Tegas Damanik saat ditemui di kediamannya di kawasan Dirgantara III, Halim, Jakarta Timur.

Bagi Anda yang penasaran dengan isi kisah ‘Bang Maman dari Kali Pasir’, berikut ceritanya.

Bang Maman adalah pedagang buah di Kali Pasir. Bang Maman punya anak perempuan bernama Ijah, dan dijodohkan dengan Salim, anak Pak Darip, orang kaya dari Kali Pasir.

Tak lama setelah Salim dan Ijah menikah, Pak Darip meninggal dunia. Pak Darip meninggalkan harta warisan berupa kebun yang sangat luas kepada Salim.

Karena Salim tidak bisa mengurus kebun peninggalan ayahnya, ia meminta Kusen untuk mengurusnya. Namun, istri Kusen punya rencana jahat, dia meminta suaminya menjual kebun Salim. Setelah dijual, Salim jatuh miskin, harta warisan ayahnya habis dan akhirnya Salim berjualan buah di pasar.

Mengetahui Salim jatuh miskin, Bang Maman meminta Ijah bercerai dengan Salim, karena Salim telah jatuh miskin. Namun, Ijah tidak mau, karena biar miskin Ijah tetap setia kepada Salim.

Karena tak mau bercerai, Bang Maman meminta bantuan kepada Patme supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim. Patme pun setuju atas permintaan Bang Maman.

Kemudian, Patme datang ke rumah Salim dan berbicara dengan Ijah. Patme mengaku sebagai istri Salim. Patme dan Ijah bertengkar. Ijah merasa kecewa dan marah kepada Salim. (*)

http://www.tribunnews.com/2012/04/12/kisah-bang-maman-dari-kali-pasir-bikin-orangtua-resah

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*