MUNTAH DARAH DAN BIBIR MEMBIRU

muntah darah teman saya mengalami muntah darah saat tidur, sering mual,bibirnya pucat kebiruan. gejala penyakit apakah ini?

sepertinya apa yang ditanyakan ini cukup ‘menakutkan’, tetapi harus diiingat-ingat dulu poin yang saya berikan dibawah ini.
Apakah teman anda ini:
1. ada memakan/ termakan atau minum/ terminum zat kimia tertentu?
2. Ada memakan makanan yang masam atau asin?
3. Bagaimana warna muntahannya, apakah warna merah hitam atau merah seperti darah segar?
4. Mempunyai penyakit darah tinggi sebelumnya?
5. Punya riwayat sakit jantung sebelumnya?
6. Punya riwayat sakit perut berulang atau sakit maag?

Mengapa saya tanyakan hal ini, karena berdasarkan apa yang anda ceritakan tersebut ada banyak kemungkinan penyakit yang mendasarinya.
Organ yang terganggu pun bermacam-macam, jika berwarna merah hitam disertai nyeri ulu hati hebat bisa jadi terjadi perlukaan pada lambung, biasanya terjadi pada orang yang mengalami penyakit maag kronis.
Jika berwarna merah segar, bisa jadi berasal dari pencernaan bagian atas sebelum lambung atau saluran pernafasan yang biasa disebabkan oleh trauma, benturan atau kelainan darah.

Harap diketahui juga, orang-orang yang memakan obat-obatan tertentu dan obat-obat kemoterapi tertentu juga bisa mengakibatkan perdarahan pada lambung. Minuman keras serta jamu-jamuan juga banyak yang mengakibatkan muntah darah.
Selain itu orang-orang yang mempunyai darah tinggi sangat rentan mengalami pecah pembuluh darah lambung.

Mengenai bibir yang kebiruan, hal itu menjelaskan bahwa aliran darah ke bagian ujung dari tubuh tidak mendapat cukup asupan oksigen, bisa jadi disebabkan karena gangguan jantung atau gangguan pernafasan.

Saran
Jika benar, maka penyakit teman anda ini termasuk berat, saya anjurkan untuk segera berobat ke dokter terdekat dan untuk pemeriksaan pasti ada tidaknya luka pada lambung bisa dilakukan dengan endoskopi

Loading...

1 Trackback / Pingback

  1. MUAL, MUNTAH DAN KESEMUTAN « klikharry

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*