Irreversible Shock, Syok yang ireversibel

irreversible shock.psdIrreversible shok, syok ireversibel, syok kardiogenik, syok hipovolemik, syok septik, syok hemorhagic

Irreversible shock adalah suatu kondisi di mana syok tidak dapat lagi merespon pengobatan apapun sebagai akibat kerusakan sel yang sangat banyak, akibatnya pemulihan pasien tidak mungkin lagi terjadi [1]
Syok adalah keadaan fisiologis yang ditandai dengan penurunan perfusi jaringan sehingga pengiriman oksigen ke jaringan menurun.

Ada tiga mekanisme penyebab syok yang utama:

  • Hypovolemic shock yang disebabkan karena penurunan volume cairan intravaskular (darah)
  • Syok kardiogenik yang disebabkan oleh penurunan curah jantung
  • syok distributif adalah karena resistensi pembuluh darah sistemik rendah

Syok berkembang melalui serangkaian tahapan yang jika sesegera mungkin diobati, dapat berujung pada kerusakan akhir organ, (irreversible shock) dan berujung dengan kematian. Patogenesis irreversible shock ditinjau di sini.

PATOGENESIS

Syok distributif (misalnya sepsis) ditandai dengan vasodilatasi. Sebaliknya, syok hipovolemik dan syok kardiogenik pada awalnya ditandai dengan vasokonstriksi (mekanisme kompensasi untuk mempertahankan perfusi jaringan yang memadai). Tetapi vasodilatasi hasil akhir dari syok berkepanjangan jika mekanisme kompensasi gagal. Sebab itulah, vasodilatasi mungkin jalur akhir yang umum irreversible shock, terlepas dari apakah syok tersebut adalah adalah distributif, hipovolemik, atau kardiogenik.

Gagasan bahwa syok hipovolemik atau kardiogenik dapat menjadi ireversibel karena vasodilatasi jika penyebab yang mendasari shock tidak diperbaiki sejak awal.

Bahkan dari sebuah studi pada hewan, pemasangan cairan infus dalam waktu dua jam pertama syok perdarahan dapat segera mengatasi perdarahan, sebaliknya, pemberian cairan yang terlambat (lebih empat jam) hanya akan meningkatan tekanan darah sementara pada hewan tersebut [2,3]. Kejadian yang sama juga terjadi pada manusia meskipun mungkin diperlukan waktu lebih dari empat jam sebelum penggantian cairan tubuh menjadi tidak efektif [3].

 

  1. anonymous. Mosby’s Medical Dictionary, 8th edition. http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/irreversible+shock.
  2. Rose, BD, Post, TW. Clinical Physiology of Acid-Base and Electrolyte Disorders, 5th ed, McGraw-Hill, New York 2001. p.439-443.
  3. Zweifach BW, Fronek A. The interplay of central and peripheral factors in irreversible hemorrhagic shock. Prog Cardiovasc Dis 1975; 18:147.

.

Loading...

2 Comments

  1. Siang dok.
    nama saya tya umur 20thun belum menikah.
    bulan ini menstruasi saya berbeda dengan menstruasi sebelumnya.
    Dipembalut saya cuma ada sedikit darah berwarna merah muda dan kecoklat2n.
    Tapi disaat saya buang air kecil, segumpalan darah, dan darah baru keluar banyak.
    Tidak di hari pertama saja, tpi dihari berikutnya pun seperti itu.
    itu disebabkan kenapa iya dok?
    berbahaya tidak?
    saya takut.
    tolong jelaskan dok.
    terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*