Wasir, Ambeien, Hemoroid

Wasir terkadang disebut juga dengan ambeien dan dalam bahasa kedokterannya disebut dengan hemorrhoid. Pada dasarnya ada dua macam hemorrhoid, yaitu hemorrhoid interna dan hemorrhoid eksterna. Hemoroid sebenarnya hanyalah pelebaran pembuluh-pembuluh darah di daerah anus. Pelebaran pembuluh darah inilah yang kadang-kadang terlihat seperti benjolan daging yang menyembul keluar dari dalam anus.

   Kok bisa berdarah?

Tentu saja bisa, karena gumpalan daging itu sesungguhnya adalah pembuluh darah. Pada saat kita buang air besar dan jumlah volume feses yang dikeluarkan banyak dan atau keras, maka kotoran tersebut akan bergesekan dan menekan pembuluh darah yang berakibat pecahnya pembuluh darah tersebut dan BAB akan disertai dengan darah yang menetes keluar setelah BAB. Jumlah darah yang keluar tergantung dari besar kecilnya wasirnya tersebut.

wasir ambeien hemoroid

Kenapa terasa nyeri?

tentu saja, luka lecet kecil di ujung jari saja akan terasa sakit, apalagi luka di dalam anus, akan sangat terasa perih.

Mengapa nyerinya bisa sampai satu minggu?

Hal ini normal sesuai dengan lamanya pergantian sel-sel kulit, ditambah lagi daerah dubur yang lembab dan sering terkena air juga turut memperlambat proses penyembuhan luka tersebut.

Penyebabnya apa sih?

Penyebab bisa banyak, bisa faktor keturunan, pekerjaan, konstipasi, usia ataupun psikologis.

Bagaimana Mengobatinya?

Pengobatannya tergantung gejala. Jika benjolannya belum besar atau masih bisa masuk sendiri ke dalam dubur, cukup dengan diet dan pemberian obat yang dimasukkan langsung dari dubur, tetapi itu saja tidak cukup. Harus juga disertai dengan perubahan gaya hidup; perbanyak makan sayur, kurangi makan daging, banyak minum. Untuk Wasir yang menyembul keluar tersebut dan tidak bisa dimasukkan lagi, maka terapi terbaik adalah dengan pemotongan wasir tersebut, ada banyak cara, misalnya dengan menyuntikkan zat pembeku, pengikatan wasir, dan operasi.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*