GENDANG TELINGA

gendang telinga sakit Gendang telinga adalah salah satu organ di dalam rongga telinga, istilah medis untuk gendang telinga adalah membrana timpani. Fungsi dari gendang telinga ini sangat penting dalam sistem pendengaran manusia. Banyak sekali pertanyaan yang menyangkut tentang gendang telinga ini. Hal ini mungkin disebabkan diri kita tidak pernah bisa melihat gendang telinga kita sendiri.

Anatomi Gendang telinga

 Gendang telinga adalah membran tipis yang menyerupai selaput yang memisahkan telinga dalam dan luar, berfungsi untuk memisahkan telinga dalam dan luar juga berfungsi untuk menghantarkan getaran suara melalui tulang-tulang pendengaran.

Gendang telinga dibagi menjadi dua; pars tensa (tegang) dan pars flaksida,

  1. Pars tensa, sebagian besar gendang telinga merupakan pars tensa yang terdiri dari 3 lapisan. Bagian terluar lanjutan kulit liang telinga, bagian tengah adalah jaringan ikat, dan bagian dalam  merupakan lanjutan mukosa telinga tengah.
  2. Pars flaksida yaitu yang berada pada bagian atas gendang telinga (daerah atiq), erdiri dari dua lapis tanpa jaringan ikat di bagian tengah.

gendang telinga anatomi

Kerusakan pada gendang telinga dapat menyebabkan tuli konduktif. Penderita tidak dapat lagi mendengar bukan karena kerusakan pada saraf-saraf pendengaran tetapi karena tidak tersampaikannya getaran suara.

Seperti pertanyaan salah seorang pasien saya:

2 hari yang lalu saya dipukul suami, karena kerasnya hingga telinga sebelah kiri saya agak sedikit terganggu dalam mendengar, setelah 2 hari tidak kunjung sembuh, akhirnya saya pergi ke dokter THT, ternyata gendang telinga saya pecah. saya berharap bisa kembali sembuh seperti semula.

Sepertinya pasien saya ini mengalami KDRT ia mengalami gangguan pendengaran, setelah berobat ke dokter spesialis THT diketahui jika gendang telinganya pecah. Istilah untuk penyakit ini adalah ruptur membrana tympani traumatica, artinya adalah gendang telinga seseorang itu pecah akibat terkena pukulan atau benda keras.

Saya sudah menderita c0nge’an pd telinga kiri saat usia mash bayi karna sering jatuh dr ayunan bayi. Kini umur saya hmpir 19 thn tp belum smbuh2 juga, pd hal sudah bnyak cara peng0batan yg sya lakukan, apa telinga saya msih bs sembuh d0k,?

Congek-an, dalam bahasa medisnya adalah Otitis Media Suppurative Kronis, yang dimaksud dengan penyakit ini adalah, bahwa telah terjadi infeksi kronis pada telinga bagian tengah sehingga mengakibatkan organ telinga, gendang telinga robek dan terinfeksi terus- menerus sehingga mengeluarkan nanah terus menerus. Telinga anak anak berbau busuk dan mengeluarkan cairan putih kental berbau. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena terjatuh, atau trauma, bisa hanya karena batuk-pilek yang lama dan tidak diobati.

gini dok,,,
telinga saya kaya congean gt,,,,,
trus di periksa ke tht kata doter gendang telinganya bolong di karnakan infeksi…
sudah b’obat 4 hari b’jalan g ada cairanya,,,
pas hari ke 5,6,7 cairan itu ada lg….
padahal waktu saya mandi dll lubang telinga saya suka di tutup dok
kenapa dok ya….

draft_lens14938081module130223771photo_1288598130TelingaHidungTenggorokan Bisa, karena antara rongga hidung-mulut, kemudian mulut-telinga saling mempunyai hubungan. Hidung-mulut melalui rongga faring dan mulut ke telinga melewati suatu saluran kecil yang disebut dengan tuba eustachius. Tuba eustachius ini sangat penting karena ia berperan untuk menjaga tekanan udara di dalam gendang telinga selain sebagai saluran cairan bagi telinga. Pada penderita influenza alias ISPA berat, saluran pernafasan tersumbat oleh cairan kental yang kita sebut dengan ingus. Cairan ini dapat berpindah dan pada akhirnya masuk ke dalam tuba eustachius. Pada akhirnya, udara yang berada di dalam telinga bagian dalam terperangkap dan tidak dapat keluar, akibatnya seseorang tersebut akan merasa bindeng dan telinga seperti terisi. Karena tuba eustachiusnya buntu, maka cairan dan udara akan mencari jalan lain untuk bisa keluar dari dalam tubuh, sebagai akibatnya, gendang telinga akan menjadi bengkak kemerahan sebelum akhirnya menjadi robek dan keluarlah cairan-cairan tersebut dari dalam gendang telinga.

Kemudian ada pasien lagi yang bertanya seperti ini

Kenapa ya doc? Aku kemarin naik pesawat dari Jakarta ke Balikpapan, tetapi setelah tiba di Bandara, kedua telingaku mendadak berdenging, dan pendengaranku mendadak menurun. Setelah aku berobat ke dokter THT, katanya gendang telingaku memerah dan tampak ada robekan kecil. Tapi kata dokter ku, insya allah gendang telingaku masih normal lagi, kira-kira apa ya dok, kok sampe satu bulan ini pendengaranku belum pulih-pulih?

Penyakit yang diderita oleh teman kita ini disebut Barotrauma.

Barotrauma adalah kerusakan pada bagian dalam telinga terutama gendang telinga disebabkan karena perbedaan tekanan udara antara udara diluar gendang telinga dengan bagian dalam gendang telinga. Gendang telinga adalah pemisah antara saluran telinga luar dan saluran telinga dalam. Jika terjadi perbedaan tekanan udara, maka udara akan saling berpindah ke tempat yang tekanannya kurang untuk mempertahankan keseimbangan tekanan. Perubahan tekanan secara mendadak dapat menyebabkan robekan pada gendang telinga. Siapa saja yang paling mungkin mengalami gangguan ini? Pendaki, pilot, penyelam adalah yang paling rentan terkena sakit ini.

Ada pertanyaan lainnya sebagai berikut:

Saya dari kecil sudah menderita conge’an.hingga umur saya skrg 29 thn pendengaran jd budeg.teman ngomong biasa tp saya ga dengar. gendang telinga saya pecah kanan dan kiri kata dokter tht.berapa biaya operasi untuk 2 telinga dok.saya ga pede apalagi dengan suami dan susah cari kerjaan.mohon jawabannya dok? Dok, apa sih istilahnya operasi telinga itu? Kapan dilakukan? Masak saya disuruh operasi oleh dokter…

Waduh, kalo masalah biaya operasi gendang telinga saya juga kurang tahu bu, karena setiap rumah sakit pasti menetapkan tarif yang berbeda-beda, tetapi kalo ibu pake Jamskesmas mudah-mudahan banyak gratisnya, hehe

Operasi untuk memperbaiki gendang telinga itu disebut dengan Tympanoplasty.

Operasi ini penting untuk merekonstruksi atau membentuk ulang membrana timpani alias gendang telinga kita. Ada dua cara yang dilakukan, bisa dengan menggunakan bius lokal ataupun dengan bius umum atau ditidurkan, tetapi kebanyakan pasien gendang telinga memilih bius total. Jika perforasi atau nanah alias congek-nya cuma sedikit, maka operasi bisa dilakukan menggunakan anastesi lokal saja.

 

Dokter, telinga saya kok mengeluarkan darah, banyak sekali, memang semalam saya habis membersihkan telinga saya dan keluar darah sedikit dari telinga, sekarang kok bertambah banyak, kenapa ya dok?

 

Sebenarnya, anda tidak perlu cemas,  belum tentu gendang telinga anda robek, pertolongan pertama saat telinga anda berdarah adalah anda mencari kapas atau kassa, lebih bagus lagi jika ada cairan alkohol 70%. Lumuri kapas atau kassa dengan alkohol terlebih dahulu kemudian masukkan ke dalam telinga, jangan terlalu dalam! Cukup menutup lubang telinga bagian luar dulu. Ingat, jangan coba-coba mengorek atau mencungkil isi telinga karena kita tidak tahu apa yang ada dalamnya. Setelah telinga ditutupi, cepatlah pergi ke dokter spesialis THT atau cukup ke dokter umum. Dokter kemudian akan memasukkan alat yang disebut dengan otoskop untuk melihat kondisi di dalam telinga. Ingat! Biasanya gendang telinga tidak berdarah apabila robek, justru permukaan yang berada di rongga bagian luar yang sering robek dan mengeluarkan darah.

Dokter saya menyebut jika telinga dan gendang telinga saya mengalami perforasi, apa maksudnya dok?

Perforasi Gendang Telinga adalah suatu keadaan dimana ditemukan adanya suatu lubang di dalam gendang telinga.  Perforasi biasanya ditandai dengan adanya gangguan dalam proses pendengaran. Bolongnya gendang telinga ini mengakibatkan bakteri dengan mudah bisa masuk kebagian dalam telinga dan akhirnya menimbulkan infeksi.

Pada awal prosesnya, perforasi gendang telinga akan mengakibatkna rasa nyeri yang sangat hebat pada telinga bagian dalam dan akan hilang tiba-tiba diikuti dengan berlubangnya dan penurunan pendengaran pada telinga. Kehilangan pendengaran akan bertambah buruk jika disertai dengan kerusakan pada tulang-tulang pendengaran atau cedera pada telinga bagian dalam.

301 thoughts on “GENDANG TELINGA”

  1. assalamu alaikum wr wb
    dok,sudah 3x saya ke dokter THT dan kata dokter saya gendang telinga saya robek. katanya robek sudah agak lebar. walau begitu tapi kalau buat mendengar masih seperti biasa. tapi terkadang telinga rasanya seperti penuh air. apakah gendang telinga saya bisa normal kembali?????
    dan apakah harus operasi?????

    1. wah, mentari udah tanya blom ke dokter thtnya? menurut dokter tht mentari harus operasi nggak? masih bisa normal tanpa operasi?

  2. kata dokter THT saya robeknya sudah agak lebar. kalau tidak menutup lagi harus di operasi. saya takut kalau di operasi. bagaimana caranya dok supaya telinga saya tidak di operasi????

  3. selamat pagi dok..saya mau tanya.. akhir2 ini teliga saya kurang jeles mendengar di sebalah kanan… setelah bagun tidur pagi.. setalah siang tau malam itu normal seperti biasa… awalnya karna saya tidur miring.. .. dan sampai sekarang masih berdengung mau mendengar pun susah… mohon pencararahnya dok… .. terimaksih dok..

  4. dok saya mau tanya
    pagi tadi saat saya bangun tidur , saya merasa ada yang aneh dengan telinga saya yang sebelah kiri .
    telinga saya mendengung-dengung . kalau boleh tau , saya ini kenapa ya dok ?
    lalu jika memang gendang telinga saya bermasalah , apakah ada cara untuk bisa enyembuhkannya ?
    terima kasih dok

  5. Dok telinga saya sering terasa basah dan pas di korek pakai tangan ada aroma bau.. Itu knapa yah dok? Saran orang2 pake tetes propolis.. Apakah ada efekny dok? Terima kasih

    1. @yoga
      berarti telah terjadi sumbatan di dalam liang telinga karena adanya cairan di dalam telinga akibatnya aliran suara terganggu dan pendengaran yoga menjadi kurang baik,
      saran saya jangan pakai obat tetes apapun, karena justru mengakibatkan liang telinga bertambah basah, dan obat tetes telinga tersebut malah akan menjadi tempat perkembangbiakan kuman. Segera bersihkan liiang telinga dengan cara berobat ke dokter THT dan dokter tht akan memberikan obat antibiotik agar telinga tidak berbau dan keluar cairan lagi. terima kasih

  6. dok telinga kanan saya sejak lahir tidak ada lubangnya karena daun telinga saya menyatu/bergulung hingga tidak ada lubangnya. apakah bisa di operasi dan brapa biayanya operasi bedah telinga

  7. slmt sore dok, telinga kiri saya keluar cairan,wktu SD telinga kiri sy prnh mngalami keluar cairan jg,skrng usia sy 27th, kmrn dokter tht bilang gendang telinga kiri saya robek besar dan ad infeksi di bagian telinga tengah..sy dksh obat tetes tarivid ofloxacin, antibiotik, sm Loratadine..
    Pd hri ke3 telinga kiri saya sprti ketutup nanah, jd wktu ditetes obat kira2 obat tetesnya smpe ke tmpt infeksinya ga dok?

    Gendang telinga kiri yg sdh robek bsar bsa smbuh sndiri ga dok? Ap harus operasi?

    Mohon petunjuknya dok, kmrn sy dberhentikn kerja dan smp skrng blm dpt lg…terima kasih.

    1. @kiky. tujuan dokter memberikan obat tetes telinga dan obat antibiotik makan bukanlah untuk mengobati gendang telinga namun untuk mengobati infeksi pada telinga bagian tengahnya.
      telinga seperti ketutup, bisa saja memang ketutup oleh nanah atau justru ketutup oleh obat tetes telinga yang kiky gunakan tersebut
      Gendang telinga yang robek besar biasanya sulit untuk disembuhkan namun bisa diremodeling (dibentuk kembali) dengan cara operasi, tapi itu juga tidak serta merta memulihkan pendengaran kiky

  8. Ooh gt…
    Dok,kupingnya ktutup lndir, jd wktu ditetes obatna kya ga smpe ke telinga tengah yg infeksi itu, kta doktr tht kmrn jangn diapa2in selain netesn obat. Ap yg hars sy lakukan dok? 😦

    Tarivid oflxacin itu fungsinya ap ya dok?
    Ap bs mengikt lendirnya biar keluar?
    Trs hidung saya ko jd mampet trs ya dok, pdhl ga flu?

    1. tarivid adalah antibiotik buat membunuh lendir,
      ada baiknya kiky kontrol ulang ke dokter THTnya, karena lendirnya mungkin sudah terlalu banyak sehingga antibiotik tidak sampe ke sasaran

  9. Dok gendang telinga saya pecah karena kena pukul. Saya sudah ke THT, kt dokter nya pecah tp gk terlalu besar lobangnya . Apakah gendang telinga bisa kembali utuh ?

  10. istri saya habis operasi pengeluaran cairan pada gendang telinga, jadi dokter membuka gendang telinganya trus di berikan obat tetes dan obat untuk di minum, namun setelah seminggu sakit lagi telinganya dan di dalam telinga ada gumpalan seperti lemak warna putih, apakah itu bisa di bersikan dan tidak berbahaya?

    1. @bapak kumis tebal..
      biasanya dokter tht setelah melakukan tindakan operasi pengeluaran cairan di telinga, beliau akan menganjurkan untuk kontrolu ulang yg tujuanny melihat perkembangan pasca operasi. Apakah bapak dan istri bapak sudah kontrol lagi?

  11. Siang dok, sekarang saya lagi sakit batuk disertai filek, tapi kenapa telinga saya sakit dan kayak penuh gitu ya dok, gak bisa denger,bisa denger tapi deket banget dari telinga saya. Tapi kalo kepala saya saya tundukan kebawah, telinga saya bisa denger walaupun sedikit, mohon pencerahannya dok

  12. siang dok..
    saya mau tanya dok,di telinga kiri aq keluar cairan warna kuning dan berdarah..pendengaran pun berkurang dan terasa sakit telinga saya dok…saya juga sudah berobat ke puskesmas dan klinik dok,. di anjurkan untuk di rujuk k RS..menurut dokter apakah bagaimana telinga saya dok..????

    1. menurut saya, warna kuning tersebut adalah tanda adanya proses peradangan di dalam telinga, dan darah itu tanda ada bagian telinga yang terlukan, biasanya cairan + darah di dalam telinga akan menjadi tempat berkembangnya kuman dan jika menumpuk akan menganggun sirkulasi udara maupun masuknya suara. Ada baiknya ibu segera ke dokter THT saja, di RS atau puskesmas, mudah-mudahan tidak terkena gendang telinganya, terima kasih

  13. dok aq mau minta rekomendasi doketr tht yang bagus,coz aq pake jamsostek..aq sudah ke RS tapi cuma di kasih obat sperti yang di puskesmas dok…aq kira setelah aq minta rujukan dari klinik ke RS..aq kira ad penanganan tetapi cuma d cek d beri obat saja..aq gak kuat rasa sakitnya dok..

  14. assalamu’alaikum, dok saya mau tanya 3 hari yang lalu tepatna senin malam telinga saya sakit sekali dan hidung mampet sampai ga bisa tidur. besoknya saya ke dokter tht katanya saya kena radang telinga dan diberi obat augmentin 500 dan telfast. nah pertanyaan saya:
    1.radang telinga sembuhnya berapa lama?
    2.apakah telinga mendenging itu efek obatnya atau gimana dok?
    mohon balasanna. terima kasih.

    1. 1masa sembuhnya antara 3-5 hari,
      2bukan efek dari obat, tapi memang dari gangguan penyakit tersebut,
      Terima kasih kembali ^^

      1. justru berdengung itu tanda gendang telinga annisa masih bagus, karena kalo gendang telinga udah rusak, dengungan telinga nggak terdengar lagi

  15. Dok…
    Telinga saya berdenging terus2an, awalnya saya mendengar bunyi dari pukulan palu yang keras, trus tiba2 telinga saya berdenging sampai sekarang. Itu knp ya dok, trus masih bisa disembuhkan atau tidak, saya blm periksakan ke THT. Terima kasih dok…

    1. bisa kok pak… hal itu disebabkan karena intensitas bunyi yang terlalu keras sehingga mengakibatkan trauma halus pada sel-sel gendang telinga. dalam beberapa hari, telnga bapak akan pulih seperti biasa, dengan catatan bapak tidak mendengar bunyi2an keras lagi, karena jika bapak terus paksakan bekerja sambil mendengar suara keras, bisa bisa bapak sudah tuli satu tahun dari sekarang, saran: jika memang itu adalah pekerjaan harian dan tidak bisa ditinggalkan ada baiknya bapak memakai earplug

      1. Untuk skrg kondisi saya lagi flu & batuk, untuk periksa ke dokter THT perlu nunggu flu & batuknya sembuh atau ga dok…???
        Terima kasih banyak dok atas infonya….

  16. oo alhamdulillah okeh dok kalo gituh. takut soalna dok -.-“v hehehe. makasih dok info na.🙂 oiyah dok kalo pas mengeluarkan ing*s terus ada campuran darahna ga banyak tapi itu bahaya atau ga?

  17. Assalamualaikum..
    Dok, sya mau konsultasi, sudah 2 hari telinga kanan saya berdengung n agak budeg sperti ada kotoran yg tersumbat, hal ini dsebabkan karena sya terlalu sering membersihkan telinga dngan cotton buth,sya penasaran mungkin karena kotorannya keras n masuk kedalam, akhirnya sya pakai tetes telinga mycetin chloramphenicol namun kotoran serasa msih ada n telinga sya masih budeg,soalnya 4 bulan yg lalu sya pernah mengalami sprti ini namun pas dtetesin dngan obat telinga tersebut pendengaran sya sembuh, tapi sudah 2 hari ini belum sembuh. Pas sya periksa kata dokter telinga sya terinfeksi jamur lalu sya d berikan obat antibiotik n tetes telinga yg serupa. Telinga sya tidak mengeluarkan cairan hanya budeg n berdengung. Menurut dokter apa pendengaran sya masih bisa sembuh? N kira2 berapa lama pendengaran sya bisa pulih kembali? Apakah bahaya dok infeksi jamur tersebut?Mohon jawabannya ya dok🙂

    1. waalaikum salam bu dewi
      Jika hanya infeksi jamur insya allah bisa disembuhkan ibu, asal tetap rajin pakai obat anti jamurnya. Budeg itu akibat masih adanya jamur yang mnempel di liang telinga dan mungkin gendang telinga sehingga mengganggu proses pendngaran. Biasanya dalam jangka waktu dua minggu pendeengaran akan segera membaik. saran sya; stop pakai cotton bud ya bu

  18. Ya terimakasih dok🙂

    tapi apkah obat tetes mycetin chloramphenicol tu bagus tuk proses penyembuhan/sya mesti ganti obat lain?apkah anda ada saran mungkin?sya pakai shari 3x dngan pemakaian 3 tetes dlm 1x pakai,apkah obat trsebut gpp dok? Oya dok dngan kurangnya pendengaran sya ini, apa perlu bagian liang telinga sya tuh dibersihkan k specialis THT? Soalnya sya periksa bkan k specialis khusus THT tapi dokter pribadi/keluarga. sya takut terjadi sesuatu terhadap telinga sya ;(

    1. obat tetes chlorampenicol tidak bisa dipakai untuk membasmi jamur. Iya, ada baiknya ibu berobat ke dokter spesialis THT karena dokter THT mempunyai kompetensi yang lebih dibandingkan dokter umum. Saran saya, daripada ibu pake bulu ayam, sebaiknya ibu langsung saja berobat ke tht ibu ya>
      Oh iya, mohon sharingnya setelah konsultasi ke dokter tht, terima kasih ibu ^^

  19. Oya dok sudah 2 hari ini slama telinga sya agak budeg sya belum mencoba tuk membersihkannya karena takut, dokter pribadi sya menyarankan tuk dbersihkn dngn bulu ayam, sblm d pakai bulu ayam harus d sterilkan, namun sya bner2 tkut tuk mecobanya, jadi dlam 2 hari ini sya hanya meneteskan obat tetes mycetin trsebut. Sya hanya meneteskan rutin shari 3x stelah di teteskan serasa gatal liang telinga sya n agak kurang menembus kedalam obat tetesnya, infeksi jamurnya jg cuma putih sedikit doang cie dok, jadi tetap sja sya tidak berani tuk membersihkannya? Lantas pendapat/saran anda gmna dok mslah pembersihan telinga ini? Perlu/tdk tuk di bersihkan/d diamkan sja hanya memakai obat tetes? Mohon dbalas ASAP ya dok🙂

  20. Dokter, apakah beda penanganan infeksi pada gendang telinga dengan infeksi pada liang telinga? Anak saya usia 5 bulan sudah seminggu mengeluarkan nanah berwarna kuning kehijauan, kalau kering jadi mengerak. Kemarin saya bawa ke tht, terindikasi radang telinga, dikhawatirkan gendang telinganya sampai sobek. Tapi saya tidak diberitahu apakah infeksi itu pada gendang telinga atau hanya pada liang telinga. Lalu diberi 3 macam obat, yaitu Amoxsan, obat racikan tetes telinga, dan Intrizin. Kalau memang gendang telinganya sampai sobek atau pecah, apakah bisa sembuh total dok? Terima kasih atas jawabannya dok..

    1. diilihat dari terapi yang diberikan dokter, maka yang terinfeksi adalah liang telinganya saja.
      Beda infeksi pada gendang telinga dan liang telinga, infeksi pada gendangtelinga, artinya infeksi itu mengenai gendang telinga, nmun infeksi pada liang telinga, artinya infeksi itu terjadi di sepanjang saluran telinga dan blum tentu mengenai gendang telinganya.

      Gendang telinga yang pecah atau robek bisa sembuh total asal cepat diterapi atau makan obat dan rajin kontrol.

  21. pak dokter, semoga amal baik bapak diterima yang diatas. Bapak dengan sabar dan serius menjawab pertanyaan2 di web ini. Telinga saya seperti ada bisul sudah 2 hari, hari ini saya ke dokter tht krn sy baca disini pak dokter selalu sarankan periksa ke dokter tht supaya lebih jelas kondisi telinganya tapi dokter tht di rs yg sy datangi, dokter thtnya arrogant menurut saya karena beliau marah2 waktu saya tanya macam2. awalnya sy cuma tanya gendang telinganya kena ga. kata beliau mudah2an gendangnya engga. Karena jawabannya begitu (padahal jawaban yang saya harapkan antara ya atau tidak.) jadi pertanyaan saya semakin banyak, mungkin karena itu dokternya kesal sampai bilang “ngerti ga? dengan suara tinggi juga terakhir bilang “makanya lu minum ini obat” padahal saya tanyanya pakai bahasa sopan. Sampai sekarang saya masih khawatir masalah gendang itu dokter. Kalau saya periksa ke dokter tht lain bisa benar2 diperiksa gendangnya tidak ya? karena saya seperti trauma sama dokter tht ini, takut dokter lain juga sama sikapnya. kondisi telinga saya sekarang berdengung, sudah tidak begitu sakit sprt kemarin, tidak keluar cairan/nanah, diberi resep cefat 500 mg, analsik, tanpa obat tetes. cefat itu antibiotik keras kah dokter? (baru minum 1 tablet perut kanan saya sakit) karena pengalaman dulu dokter sy pernah stop 1 jenis obat karena liver saya ga kuat (obat bkn penyakit ini). Mhn jwbnya krn sy skrg benar2 bingung harus periksa ke dokter tht lain atau bagaimana. trm kasih

    1. mengenai dokter tht yg ibu kunjungi:
      saya tidak setuju dengan ibu loh bu mengenai sikap dokter seperti ini, maksud saya begini loh bu: biasanya dokter yang arrogan seperti itu cuma ada tiga macam: (1)dokter yang pasiennya sepi, (2)dokter yang sudah tua/ pikun, (3) dokter yang bekerja di rumah sakit perusahaan atau rumah sakit umum yg pasiennya banyak dan manajemen rumah sakit tidak membayarkan jasa dokter yang seharusnya karena banyak korupsi plus ditekan oleh kepentingan politik daerah.

      Saran saya ibu: cobalah berobat ke dokter praktek swasta, yang walaupun ibu keluar banyak uang namun ibu akan dibrikan waktu untuk bertanya. bahkan ada loh dokter tht yang memakai kamera kecil saat memeriksa gendang telinga pasiennya sehingga pasien bisa melihat sendiri keadaan gendang telinganya melalui layar monitor.

      Yups, ibu, obat cefat itu hanyalah antibiotik biasa, gk apa2 kok

  22. pak dokter, semoga amal baik bapak diterima yang diatas. Bapak dengan sabar dan serius menjawab pertanyaan2 di web ini. Telinga saya seperti ada bisul sudah 2 hari sakit sekali lalu saya tetesi mycetin sakit berkurang tapi telinga seperti penuh. hari ini saya ke dokter tht krn sy baca disini pak dokter selalu sarankan periksa ke dokter tht supaya lebih jelas kondisi telinganya tapi dokter tht di rs yg sy datangi, marah2 waktu saya tanya macam2. awalnya sy cuma tanya gendang telinganya kena ga. kata beliau mudah2an gendangnya engga. Karena jawabannya mudah2an begitu (padahal jawaban yang saya harapkan antara ya atau tidak.) jadi pertanyaan saya semakin banyak, mungkin karena itu dokternya kesal sampai bilang “ngerti ga? dengan suara tinggi juga terakhir bilang “makanya lu minum ini obat” padahal saya tanyanya pakai bahasa sopan. Sampai sekarang saya masih khawatir masalah gendang itu dokter. Kalau saya periksa ke dokter tht lain bisa benar2 diperiksa tidak ya? karena saya seperti trauma dgn dokter tht ini, takut dokter lain juga sama sikapnya. kondisi telinga saya sekarang berdengung, tidak keluar cairan/nanah, diberi resep cefat 500 mg, analsik, tanpa obat tetes. Cefat itu antibiotik keraskah dok? liver saya suka tidak kuat obat keras. tadi baru minum 1 tablet perut kanan saya sakit. aman diterusi minum cefatnya dok? sy bingung skrg. Mhn jawabannya. terima kasih.

  23. Saya baru menderita flu Dan batuk kurAng lebih sudah satu minggu. Akan tetapi saya juga sudah mengkonsumsi obat flu batuk. kemarin saya terbAng dari tarAkan ke jakarta, ketika pesawat akan turun telinga saya sakit tdk karuan. Setelah trun pun saya masih mersa telinga kanan saya ydk dapat mendengar secara sempurn. Ada seperti rasa bindeng hingga sekarang.

  24. Alhamdulillah dok, sya baru saja pulang dari RSUI specialist THT ktmu dr.reno yg baik n ramah. sya jelaskan apa adnya tentang keluhan sya, ternyata sya ga terkena infeksi jamur dok, cuma kotoran serumen z, stelah d semprot dngan cairan telinga saya xsung plong dok sembuh total. Alhamdulillah snang bgt dok stelah 1 minggu sya rasakan n berkat saran serta balasan posting ini sya bisa bernafas lega, do’a sya tuk anda smoga allah/tuhan melindungi anda agar anda slalu diberikan kesehatan n apa yg anda harapkan tercapai.amiennn…

    Saran saya tuk anda jangan pernah jera tuk membalas coment2/share smua kawan2..chheerrsss🙂

  25. Assalamualaykum dok,
    Ingin mnanyakan jika sesudah mbersihkan kotoran telinga yg mngeras dgn forumen lantas badan agak meriang itu knapa ya? Tidak ada cairan yg kluar ataupun nyeri dll. hanya sskali gatal didlm telinga yg biasanya hilang timbul. Perlu diketahui bhw dari kecil memang kotoran telinga sy sblh kanan sgt keras dan sblh kiri dulu sktr 10 thn yg lalu prnh ada jamurnya tp krn tdk ada keluhan lg ya tdk sy tindak lanjuti. Mohon sarannya dok. Krn kbetulan rs jauh dan dana cukup trbatas. Terima kasih.

    1. tidak ada keluhan bukan berarti sembuh, kotoran di dalam telinga harus dibersihkan, bahkan harus rutin, darimana riri tahu kalo kotoran telinga riri keras?

      1. Dokter,, bln oktober lalu saya ke dokter tht, dokter bilang tidak boleh berenang dan tidur miring. Waktu itu keluhan saya telinga kiri tiba2 sakit sekali dankeluar cairan darah, dan telinga kanan saya memang sakit mengeluarkan cairan bening. Setelah dari dokter itu sembuh dok, tp sampai kapan ya saya ga boleh berenang dan tdr miring? (Kalau tidur miring, aga sakit. Atau hanya sugesti aja)? Makasih dokter, tolong dijawab yaaa..🙂

        Powered by Telkomsel BlackBerry®

      2. @iteunx, tetap boleh berenang kok, dgn syarat kepala tidak boleh masuk ke bawah air karena bisa meningkatkan tekanan telinga dan tlinga akan kembali terganggu, batasannya bisa antara 6 bulan smpai 1 tahun, tergantung dari berat ringanny penyakit.

      3. ok riri. Berarti benar Riri punya kotoran telinga yang keras, dan tetap ada baiknya riri rutin mmbersihkan tlinga secara rutin ke dokter tht. mengenai dana, saya rasa tidak akan terlalu besar, karena kontrol membrsihkan telinganya
        hanya paling tiga bulan sekali

  26. Mlm dok maaf mau konsul. Saya dulu 2,5 tahun yg lalu pingsan dan jatuh menatap tiang. Akibatnya tlinga kiri sy wkt tu mngluarkan darah dan cairan terus mnerus slm bbrp hri. Pd akhirna pndgaran sy mnurun skali hingga saat ini. Dan slalu brdenging. Sy udah ke sp.THT bolakbalik, tp katanya tulang pndgran nya yg kena shingga mmg tdk bs dilakukan apa2 krn bkn membran nya yg sobek. Toh tlinga kanan masih normal. Dkternya mmberi obt tp sy sudah lupa apa jnisnya,yg psti slh satunya ada vit Bomplex. Oh iya sbg tmbhn post trauma itu sy jg smpt trkena bell’s palsy,tp skr bells palsynya sdh smbuh. Tnggl mslh telinga ini saja. Dengingnya pun masih,dan makin brtambah trutama klo sy capek/tdk fit. Yg ingin sy tnyakan apa mmg tdk ada solusi utk kasus sy dok? Trimakasih sblmnya

    1. malam juga ibu, pasti terjadi benturan yg hebat pada kepala bagian belakng pada saat kejadian tersebut. Sayangnya ibu tidak menyebutkan tulang apa yang rusak tersebut agar saya bisa memberikan jawabannya

  27. dok saya bertanya,, telinga saya koq mengeluarkan cairan ya dok, setelah keluar dr liang telinga pada saat di daun telinga cairan itu mnjadi kering bisa dikelupas tipis gtu,,rasanya gatal sekalii, apa telinga saya sudah infeksi dok krna sering saya bersihkan hampir setiap harii, dan di dalam telinga saya sudah tidak ada serumennya??
    apa bahayanya dan bagaimana solusinya dan harus saya berikan obat apa agar cepat sembuuh
    terimakasih

    1. bisa jadi telah terjadi infeksi di dalam telinga ibu,
      tentu ada bahayanya, ditakutkan infeksi ini bisa mengenai gendang telinga. mengenai obat, ada baiknya ibu berobat ke dokter terlebih dahulu untuk melihat jenis infeksinya, infeksi karena jamur atau karena kuman

  28. Assalamualaikum dok…bayi saya usia 7 bulan wt tanggal 29 des sy bawa kakanya ke dr tht karna kakanya 6 tahun mengeluh sakit telinga…begitu diperiksa dr telinga kakanya baik2 saya gk ada infeksi ato pun kotoran…besoknya bayi saya agak rewel…dan tanggal 31 des badannya panas tinggi…besoknya tgl 1 reda panasnya…namun keesokan harinya muncul merah2 di kulitnya orang tua bilang tampek…dan hari kamisnya keluar cairan putih…setelah itu yg keluar cairan ijo…sy periksa ke dr tht katanya gendang telinga bayi saya sudah jebol…beliau menyarankan agar tidak masuk cairan…yg mau sy tanyakan berapa lama gendang telinga pada bayi bisa menutup kembali? trus dr melarang saya menyusui sambil tiduran…hal tersebut apa ada efeknya? ato karna takut asi nya masuk ke telinga? dan semalam bayi saya muntah terus…tidur sebentar2…itu pun posisi agak duduk…jam 5 pagi keluar pup…banyak lendirnya…dan baunya busuk(kt orang sunda mah bau kacingcalang) apa muntahnya pengaruh obat? sama dr tht dikasih obat Aclam(amoxillin 125mg,clavulanic acid 31.25mg) u kasus muntahnya apa bisa sembuh sendiri ato harus segera dibawa ke rs mengingat muntahnya semalam ada kira2 10x..badannya aga anget… sorry kepanjangan dok…sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

    1. ada yg lupa dok…apa penyebab keluarnya cairan putih itu ketularan orang? karna setelah pulang dari tht? ato ada penyebab lain? makasih dok

    2. Gendang telinga bisa menutup kembali dalam jangka waktu yg bervariasi 2mgg-1 bulan tergantung berat ringan penyakitnya ( itu jika rutin memberikan obat)
      Yup, karena air susu yang ibu berikan ke anak bisa mengalir ke dalam tlinga yang bolong tadi
      Muntah-muntah ada gejala yang biasa timbul pada anak mengalami demam, ada baiknya ibu segera bawa anak ibu k rumah sakit untuk dirawat dan langsung dipasang cairan infus, karena ditakutkan anak ibu akan kehilangan banyak cairan jika terus menerus muntah
      Cairan putih itu berasal dari diri anak ibu sendiri, bukan ketularan orang lain

      1. udah ke rs td pagi dok…tp kt dokternya kondisinya masih bagus….dikasih obat anti mual,klo setelah minum obat itu masih muntah 6x harus di rawat…muntah2nya berenti,panasnya masih dan rewel pisan…bo2nya cuma mau di gendongan…klo asi sy dikit boleh ditambah air putih? klo air kelapa muda u bayi 7 bulan apa boleh?

  29. dok, nih saya mau tanya telinga saya ada cairan dari hidung, seperti sinus, tapi sudh di cek buakn sinus dok. telinga saya sudh di terapi sinar, dan cairannya bisa keluar dari mana ya dok?

    1. @nicolas, cairan masuk dari hidung, keluarnya pun dari hidung, terapi sinar tujuannya untuk membuka saluran tersebut

  30. Assalamu alaikum dok.smoga rahmat Allah senantiasa terlimpahkan pada qta smua.
    gini dok.beberapa hari yang lalu aku membersihkan telinga dengan memasukkan air lalu mengorekx pakai jari,ktika aku korek terasa sakit n efekx pendengaran sya terganggu.hingga air yg tdi msuk ngk bisa kluar.parahx bbrpa hari stelah itu telinga sya kok terasa bengkak n nyeri.juga slalu disertai kluarx air brwrna merah.saat ini telinga sya terasa penuh dngan air n cuma berdengung aja.apa yg terjadi pada telinga sya dok?mohon solusix.lbih dan kurangx mohon maaf n thanks a lot

    1. waalaikumsalam bapak heri. Telinga bapak telah mengalami infeksi yang disebabkan oleh tindakan atau cara membersihkan liang telinga yang salah, menggunakan air yang tidak steril plus dikorek menggunakan jari sudah cukup bagi kuman-kuman untuk msuk dan menyebabkan gangguan pada pendengaran. Efek berikutnya akan terjadi infeksi yang ditandai dengan rasa nyeri, pembengkakan plus keluar cairan infeksi
      cara mengobatinya< berobat ke dokter, makan obat antibiotik, gunakan antibiotik tetes, dan jangan ulangi lagi perilaku tersebut

  31. dok baby saya jd nya di rawat 3 malem di rs….tp sepulang dari rs dia gk mau menyusui…beberapa isap lalu di lepas lagi…jd nya asinya sy campur dengan makanan nya ato pake sendok…apa mau tumbuh gi2…sehingga ketika ngisap asi dia sakit? ato pengaruh dari infusan? kt dokter ada bakteri yg temakan…hasil lab nya hb 11.4, lecosit 14200 trombosit 562000, ht(sy gk tau kepanjangan nya apa) 35

    1. hasil lab tersebut menunjukkan ada infeksi kuman bakteri (leukosit 14,200).
      Anak ibu bukan tidak mau menyusui, tapi masih lemes sehabis infeksi tadi dan sedang dalam proses pemulihan fisik, yang penting ibu tetap telaten memberi makan dan menyusukan anak ibu. tidak ada pengaruh infusan, krena infusan itu justru sangat penting untuk menjaga kondisi cairan anak ibu.

  32. Dok ….
    Dan telinga saya seperti tertutup apakah berbahaya ? Padahal saya tidak sedang pilek atau batuk !
    Dan apa obatnya ?

    1. coba kompres dengan air hangat dulu pada bagian belakang telinga selama beberapa hari, jika tidak ada perubahan baiknya segera berobat ke dokter

  33. Dok ….
    Dan telinga saya seperti tertutup apakah berbahaya ? Padahal saya tidak sedang pilek atau batuk !
    Tapi saya pernah pilek tapi itu sudah lama sekali kira kira sudah 1/2 tahun lebih dan saya menghembuskan ingusnya terlalu kuat sehingga telinga saya rasanya aneh…
    Lalu apa obatnya ?

  34. Siang dok🙂
    sya hadir lagi d blog anda. Dok 20 hari yg lalu telinga sya agak budeg n pergi k THT d sedot kotorannya sembuh. N sekarang ko tiba2 telinga sya gatel2, lalu sya korek dngan korekan kuping hanya d luarnya aja ada kotoran putih (serumen) stlah tu sdh tdk gatel lalu sya mandi keramas n sepertinya serasa masuk sdikit air n sya tidurn miring serasa sakit bgt n bunti blebek..blebekk.., stlah stngah jam tiba2 telinga kanan sya keluar cairan bening n encer, sya kira tu air yg tadi masuk keluar. Tapi ko sampai sekarang sudah 17 jam masih mngeluarkan cairan tersebut n sdkit2 kluarnya, law cairan tuh mw keluar telinga sya sakit dok n sambil bunyi seperti gelembung gtu. Kira2 kenapa ya dok? Apkh msh bisa dsembuhkn? Sya tkut congekn dok, help me ;(

    1. kemungkinan telah terjadi infeksi di dalam liang telinga ibu, kemungkkinana besarnya disebakan oleh kuman yang menempel pada cotton bud tersebut. Saran saya : kontrol ke tht untuk segera diobati infeksinya, takutnya nanti gendang telinganya ikut terinfeksi dan akhirnya jadi bolong

  35. Siang dok… saya dewi,,, sebelumnya saya pernah dirawat inap karna vertiga dan sudah 1 bulan sakit telinga sebelah kiri, dah sudah berobat ke 3 dokter Spesalis THT. dokter yg pertama dan kedua blg kalo telinga saya infeksi dan ada sedikit luka di gendang telinga sedangkan dokter ketiga blg kalo telinga saya infeksi, sedikit berlubang dan berjamur. oleh dokter pertama saya diberi obat tetes, antibiotik, dan obat pusing. dokter kedua obat tetes, anti biotik, dam anti nyeri sedangkan dokter ketiga saya di beri antibiotik, anti jamur dan obat tetes yg rasanya kalo diteteskan ke telinga sakitnya setengah mati (saya sampai nangis2, ga tahan sama sakitnya😥
    sampai saat ini masih keluar cairan seperti nanah tp tdk berbau, hanya berbau obat. gmn dengan telinga saya dok, apa bisa seperti semula??? saya takut pendengaran saya berkurang/ malah tdk dengar sama sekali (budeg) (naudzubillamindzaliiikkk…amit…amit… *ketok meja 3x :)) obat yg diteteskan yg sakit itu memang seperti itu ya dok, saya takut malah akan memperparah sakit telinga saya??? ini bukan dari gejala conge-an kan dok? ditunggu jawabannya dok,,, terima kasih sebelum dan sesudahnya🙂

    1. @ibu dewi
      jangan ketok2 meja dong bu🙂
      ibu, apa yang ibu lakukan dengan brobat itu sudah benar, namun ada baiknya untuk berobat di satu dokter saja, ibu pergi ke tiga dokter spesialis, akibatnya obat yang diberikan itu sama-saja dan ibu berobat kembali dari 0. Seharusnya seperti ini: ibu berobat ke dokter tht X, setelah menggunakan obat tersebut beberapa waktu dan tidak ada perubahan, ibu kontrol kembali ke dokter X untuk dilakukan pmeriksaaan lebih lanjut, dokter akan mengganti obat atau menaikkan dosis obat, terus begitu hingga nantinya telinga ibu sembuh. Dengan berobat ke dokter X, lalu Y, kemudian Z secara tidak langsung ibu sendiri yang memperparah penyakit ibu.

  36. dok, saya sudah lama membawa penyakit telinga bernanah dan rasa sakit, saya tidak tau kemana lagi untuk berobat, saya pernah berobat kedokter, telinga bapak harus dioperasi katanya, mendengar kata operasi saya sangat takut sekali dok? sudah hampir 20 tahun penyakit ini belum sembuh, saya malu sekali, apabila jumpa denga teman mereka merasa kebauan dan tidak ingin dekat dengan saya sehingga semangat hidup enggak ada lagi, tolong saya dok saya harus bagaimana, berapa kah biaya operasi dan apakah masih bisa disembuhkan. tolong……tolong dok

    1. @pulungta, sebenarnya saya hanya menguatkan diri anda bahwa operasi adalah satu2nya jalan untuk mengatasi masalah bapak, mengenai biaya operasi itu sangat tergantung dari seberapa parah kerusakan pada telinga bapak, namun mengingat gangguan tsbut tlah berlangsung puluhan tahun, pastinya biaya untuk operasinya juga bisa sampai puluhan juga,🙂

Comments are closed.