UPIN & IPIN (Ind)

UPIN & Ipin
UPIN IPIN

Upin and Ipin adalah sebuah film serial animasi anak yang diproduksi di Malaysia. Dalam perkembangannya, ternyata film animasi ini mendapatkan tempat, tidak hanya di hati anak Malaysia, tetapi juga anak-anak di Indonesia bahakan di Asia tenggara.

Bahkan film ini telah didubbing ke dalam beberapa bahasa, bahkan menjadi tontonan anak-anak di negara Turki.

Film yang dibuat dengan pencitraan komputer (computer generated image) itu bahkan mendapatkan rating yang sangat baik untuk golongan film anak-anak.

Apa yang membuat Upin dan Ipin menjadi begitu mudahnya diterima. Penyebabnya adalah alur ceritanya yang sederhana dan jauh dari sifat ‘menggurui’. Selain itu, film serial Upin dan Ipin ini sarat dengan nilai dan norma kebaikan. Pembuatnya benar-benar berhasil mengemas film anak bertema agama ini dalam bahasa anak-anak yang lugu. Kelucuan, keluguan dan kepolosan bergabung menjadi satu dalam tiap karakter anak-anak dalam Upin dan Ipin. Film animasi jenis ini juga berhasil memotret pluralisme etnis di Malaysia tanpa perlu berbicara tentang persatuan dan kesatuan. Keberagaman itu dicontohkan dengan adanya tokoh Jarjit yang berdarah India, Mei-Mei yang berdarah Cina, dan Upin Ipin yang berasal dari Melayu.

Selain itu, budaya kultural Melayu berhasil digambarkan dengan baik oleh pembuat film animasi ini. “Betul-betul-betul”

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*