LASKAR PELANGI: THE MOVIE (LPTM)

laskar-1
Tokoh-tokoh asli LP

LASKAR PELANGI THE MOVIE
lskar-2

laskar-pelangi-3

laskar-pelangi-5
laskar-pelangi-6
Setelah beberapa kali menonton film Laskar Pelangi, mungkin teman-teman yang sudah membaca novel Laskar Pelangi (LP) sebelumnya pasti sepakat bahwa LPTM berbeda dengan Novel Laskar Pelangi (NLP).
Walaupun dengan latar yang sama, tetapi beberapa perwatakan/penokohan pemainnya boleh dikatakan tidak sama, selain itu juga, di LPTM ini kita menemukan tokoh baru yang pada NLP sama sekali tidak ada. Perbedaan karakter setiap tokoh dan alur cerita menegaskan bahwa LPTM bukan NLP!!!
Di dalam film ini, kita sama sekali tidak menemukan sifat para tokoh yang meledak-ledak dan hiperbolis ala Andrea Hirata. Riri Reza sebagai sutradara LPTM ini membuat LP lebih membumi dan lebih masuk akal.
Tak dapat dipungkiri, dengan alur cerita yang berbeda seperti ini maka para pembaca NLP yang sudah khatam berkali-kali dibuat kecele oleh Riri Reza. Dengan kata lain, it’s totally different
Harus diakui juga sih, jika alurnya dibuat sesuai novel maka LPTM pasti udah gak asik lagi.

Saya telah membuat beberapa catatan yang mungkin perlu teman-teman simak:

1. Bapak Guru laki-laki di SD muhammadiyah, siapakah ia? he…he.. ayo tebak
2. Bapak Zulkarnain (slamet rahardjo) seorang yang tokohnya ‘concern’ terhadap dunia pendidikan dan dihadirkan dengan alasan untuk memperkuat jalannya cerita
3. Kepala Sekolah Muhammadiyah, Pak Harfan dibuat meninggal disekolah…. {coba dibuat dinovelnya ya… pasti tambah sedih}
4. Ibu Mus gak mau ngajar gara-gara patah semangat setelah ditinggal pak Harfan
5. Tokoh-tokoh lain seperti syahdan dan trapani sama sekali tidak mendapat jatah ngomong, kacian ya…cuma nyetor wajah doang..
6.Di NLP, perjalanan menemui Atuk Bayan Tula adalah klimaks dari cerita, tetapi di LPTM, klimaks cerita adalah ketika lomba cerdas cermat antar sekolah
7. Lintang hampir telat mengikuti lomba cerdas cermat.
8. Paling keren tuh ada hubungan yang khusus sepertinya antara Pak Guru Tora Sudiro dan Bu Guru Cut Mini….
9. Guru sekolah PN (Tora Sudiro) membela anak SD muhammadiyah
10… lainnya, cari sendiri ya… soalnya masih banyak sih…..

BACA JUGA:
NOVEL LASKAR PELANGI=SEBUAH MISTERI
LASKAR PELANGI: SETELAH DIBACA

Loading...

9 Comments

  1. um.. um..saya fans berat novel LP!!! saya belum nonton filmnya!! sengaja!! takut kecele ma filmnya!! coz imajinasi yang terlanjur melekat di dirir saya ttg LP terlalu indah dan dahsyat!! saya takut semua itu jadi kacaw karena nonton filmnya!!
    ntar aja setelah saya dapet banyak tanggapan dari para penonton filmnya, baru saya berani baca!! biar saya lebih siap mengahdapi filmnya!! hewhewhew!!!

  2. selamat ya LASKAR PELANGI dah jadi pemenang FILM TERFAFORIT di AMI

    duh bner2 emang keren banget tu laskar pelangi…………

    sumpah keren banget Andrea Hirata bner2 jadi inspirasi q………

    pokokx selamat deh buat LP ya………….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*