ADVANCED CARDIOVASCULAR LIFE SUPPORT (ACLS) – PELATIHAN ACLS

ADVANCED CARDIOVASCULAR LIFE SUPPORT (ACLS)

Catatan Pelatihan ACLS bersama PERKI – AULA RUMAH SAKIT MUHAMMAD HOESIN PALEMBANG
27-20 Maret 2008
dr. Nizam SpJP
dr. Onny SpJP
dr. Fahrial SpJP

Bagi teman sejawat yang belum pernah dan berencana untuk mengikuti pelatihan ACLS, maka sebaiknya segera persiapkan fisik dan mental anda saat pelatihan ACLS yang hanya 3 hari tersebut. Saya akan memberikan gambaran bagaimana saya mengikuti pelatihan ACLS tersebut
als_product.jpg

Hari ke-1
Pretest-> untuk nilai pertama ini terserah mau diisi bener semua atau salah semua, yang pastinya saya sedikit sekali yang ngerti “maklum, fakir ilmu
INGAT:NILAI TERTINGGI PRETEST DIUMUMKAN PADA AKHIR ACARA
setelah pembukaan maka para pembimbing akan mulai memberikan teori tentang:
1. BLS algoritme
2. ACS (acute coronary syndrome)
3. ECG (electrocardiography)
4. VT (Ventrikel tacchyarritmia)/ VF (Ventrikel fibrilasi), asystole, PEA (Pulseless Electrical
Activity)
5. Bradycardi
6 Skill Station, disini kita akan diajari bermacam tekhik, mulai dari Airway management, bantuan
hidup dasar, membaca ECG, terapi electric (Defibrilasi)

nah….HAPALKAN SEMUA ALGORITME INI DI LUAR KEPALA, KARENA INILAH DASAR DARI UJIAN ACLS ANDA NANTI


Hari ke-2

1. Acute Pulmonary Edema, Hipotensi dan Shock
2. Tachycardia
3. Farmakologi (Hapalkan 3A, Adrenalin,Amiodarone,Atropin)
SEBAIKNYA HAPALKAN ALGORITME Tachycardia dan APE, Hipotensi, syok SEJAK sehari sebelumnya, KARENA HARI INI KITA AKAN LANGSUNG LATIHAN (SIMULASI) UJIAN MEGACODE
4. MEGACODE
sAAt inilah semua ilmu dan algoritme yang telah kita pelajari akan diacak-acak dan disambung-sambung. Saat itu kita baru akan mengerti jika sebenarnya algoritme-algoritme yang kita pelajari tersebut adalah algoritme kecil dari satu algoritme besar yaitu ACLS, dan kita dituntut untuk dapat melakukan semua algoritme semua diatas. Hapalkan apa-apa yang diinginkan oleh tiap pembimbing kita karena pembimbing kita adalah PENGUJI KITA esok harinya. Ingat, pembimbing kita punya prosedur tersendiri!!! Seperti diri saya yang tidak bisa apa-apa dan dimarahi habis-habisan oleh dr. Fahrial, “kamu semuanya gak bisa, sudah dikasih tau masih salah juga, kamu gak merhatikan ya?! kalo kayak gini kamu gak lulus besok” (maafkan saya dok, saya memang gak belajar.. ) 🙁

Pulang abis magrib 🙁

HAPALKAN MEGACODE HARI ITU, KARENA ITULAH YANG AKAN DIKELUARKANNNYA ESOK HARINYA, BILA PERLU CATATLAH SEMUA KASUS DAN TAHAPAN-TAHAPANNYA, BAHKAN YANG TERKECIL SEKALIPUN, JANGAN MENGANGGAP ANDA TELAH BISA KARENA YAKINLAH BESOK ANDA AKAN DITEMANI OLEH SI GUGUP DAN SI TAKUT

wwwsmsonet.jpg

Hari ke-3
Sebagian ada yang post test duluan atau Megacode duluan
1. POST TEST
HAJAR AJA CING!!! KAN UDAH BELAJAR SEMALEM
Lebih asik buat yang udah Megacode…..lebih tenang dan lebih paham mengerjakannya
2. MEGACODE
WELCOME TO HEAVEN or….WELCOME TO ****
tergantung penguji anda
karena ada penguji yang apabila anda tidak tahu akan meminta anda:
– bernyanyi lagu yang indah atau
– menghentikan tindakan anda yang masih setengah jalan (BELAJAR LAGI!!!!)

nah saya termasuk tim yang harus Belajar lagi….
-ok… setelah kasus pertama saya gagal, saya dan tim saya dipersilahkan keluar untuk belajar lagi
-masuk kembali dan diberikan kasus yang kedua, dan saya gagal lagi dan dipersilahkan belajar kembali
-yang ketiga akhirnya saya berhasil!!!!! mulai dari awal hingga akhir….

kita harus dapat melakukan algoritme setiap keluhan mulai dari penderita sadar dengan keluhan dada terasa panas, nyeri dada, sesak nafas, lemas dan keringat dingin, dan rasa tidak enak di dada
(VT stabil/unstable, SVT stabil/unstable, ACS, APE, bradikardi stabil/ block AV semua grade)
hingga algoritme setiap penderita yang tidak sadar, mulai dari ruangan, ugd maupun ICU ataupun ICCU
(VT/VF, Asistole, PEA)

Selain itu juga kita harus menguasai BLS, ECG dan teknik intubasi

itu saja yang harus anda ketahui tentang Pelatihan ACLS yang saya ikuti. Yang pastinya mesti belajar yang baik dan jangan permalukan almamater anda di depan almamater orang lain, malu donk…. 🙂

Loading...

11 Comments

  1. lagi blogwalking ketemu blog ttg kesehatan yang gampang dicerna seperti ini; eh dapet bonus pula ketemu adik ipar gue prima; pa kabar prim; for klikharry : issue sakazaki ini emang sensitif banget; jelas nggak ada ortu pengen anaknya sakit kan……..

  2. sebelum salam kenal dulu. saya perawat di curup.tertarik untuk mengikuti ACLS, mohon informasi tentang pendaftaran, pembiayaan dan fasilitas yang kita terima

  3. Seru dok ceritanya..
    Lebih kurang kayak aku acls bulan maret ne…
    Aku pas megacode jd bulan2an instruktur,, untung ujian amaan,, belajar gak tidur2 mikir ekg yg tak seberap itu…
    Tapi seruuu…. ^^
    Cerita yg atls donk… Rencana bln depan ikot…

  4. Hadehhhhh Cerifikat ACLS udah kadaluarsa, hrs pelatihan lagi..cape bingits..semua nurse d RS saya hrs ikut pelatihan. Teringat gimana diomelin ama penguji yg galk2 di megacode, tapi tnang gak lulus di kasih k penguji yg baek2 eh lulus … kalo postest ga usah kuatir kalo ga lulus her ngerjain rame2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*