Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Posts tagged ‘pengobatan kepala berputar’

PENYEBAB VERTIGO

PENYEBAB VERTIGO. Meski banyak artikel atau milis membahas penyebab vertigo, pengobatan vertigo, terapi vertigo, penyakit vertigo penulis tak kuasa menahan hasrat untuk menulisnya lagi.
Mari kita simak beberapa contoh keluhan penderita vertigo, khususnya di praktek sehari-hari.  gangguan vertigo

· Seorang ibu-ibu tiba-tiba merasa berputar, kemudian jatuh dan muntah ketika sedang enak-enaknya memilih buah di supermarket. ketika dilakukan pemeriksaan CT Scan, periksa macam-macam, tidak ditemukan kelainan apapun. Semuanya normal. Jutaan rupiah sudah melayang, tetapi masih juga belum diketahui penyebabnya

· Seorang pria tak kuasa bangun dan takut membuka mata karena setiap membuka mata, benda sekelilingnya berputar, disertai mual dan muntah. Badan lemas, keluar keringat dingin.

“kepala saya pernah serasa bergoyang, saya harus dipegangin hanya untuk sekedar tegak. segala pemeriksaan medis sampe kepala saya di CT SCAN, tapi gak ditemukan apa2…ternyata hasilnya…stress yang berlebihan…”

“Saya pernah mengalaminya, kalo habis baca buku ato bawa laptop keenakan ngetik trus pas berdiri langsung pusing sampe nggliyeng2, termasuk kah itu kedalam vertigo?”

“Wah, saya beberapa kali mengalami pusing ngga jelas itu. Lagi jalan kok tiba-tiba miring sampai hampir jatuh. Sedang berdiri lalu tiba-tiba goyah seperti pijakan bergoyang. Biasanya lalu badan ini diajak tidur saja langsung hilang gejalanya.”

“Dulu temen satu kontrakanku gak tau napa tiba2 ngerasa pusing, gak bisa tegak, muntah2, dibawa ke IGD RS Sardjito,) diagnosa dokter katanya Vertigo,.. dulu sempet bengong beberapa saat “Hah? Vertigo? gak salah yah dok? ky judul lagu aja” dan gak terlalu ngeh juga apa yang diomongin dokter kala itu hehehe,..”

“sudah 2 kali ini saya mengalami vertigo… sekeliling rasanya berputar2, dan kl mo jalan, jalannya sempoyongan kayak orang mabok, and pegangan tembok.”

“Ya kadang sampai dirawat kalo muntah hebat dan lemas. Yang penting pada pemeriksaan THT dan neurologi (syaraf) tidak ada kelainan.”

“saya kuliah, biasanya saya tidur dan esok harinya pulih.kemudian”

“Ketika bangun tidur saya melihat plafon kamar berputar.Kira2 dua jam setelah itu saya muntah. Setelah minum teh manis saya baikan. Empat bulan kemudian ketika sedang memilih barang di supermarket saya agak pusing dan agak limbung perasaan seperti mau jatuh lalu saya berusaha sampai di mobil. Saya kemudian istirahat 3 menit dan setelah merasa puliah saya segera pulang dengan mengemudi mobil sendiri.”

“10 hari ini merasakan ketidaknyaman dikepala saya. dibilang berputar tidak terlalu. mungkin lebih tepatnya perasaan hanyut jika melakukan gerakan kebelakang kepala. kalau menunduk tidak terasa ketika kembali tegak baru terasa. intinya kalau gerakan kepala kearah belakang. Atau tiba-tiba kalau mata terbuka penglihatan seperti goyang dan saya akui akhir-akhir ini saya sedang dilanda kecemasan karena tanggungjawab yang besar dirumah maupun di kantor.”

“saya pernah terserang vertigo hingga tak bisa gerak sama sekali, dipapah ke rumah sakit, 3 hari ngga bisa buka mata dan 2 minggu leher ga bisa digerakkan. Sampai sekarang saya sehat, ngga pernah kena vertigo lagi, paling2 hanya pusing2 biasa.”

Dua contoh di atas menggambarkan sedikit diantara beragamnya keluhan vertigo. Adakah pembaca atau kerabat atau teman yang mengalami gambaran mirip di atas? apa itu vertigo

B a t a s a n :
Vertigo adalah penyakit dengan gangguan keseimbangan yang ditandai dengan: perasaan berputar, dunia serasa bergoyang, benda sekeliling berputar, rasa mau jatuh bahkan adakalanya jatuh beneran, disertai dengan mual, muntah, telinga berdenging, keringat dingin, dan badan terasa lemas. Terkadang merasa lebih baik saat menutup mata tetapi berulang saat mata dibuka.
Vertigo dapat pula terjadi ketika berganti posisi, misalnya dari berbaring lalu duduk, dari duduk lalu berdiri dan sebaliknya.

Berbagai penyebab gangguan keseimbangan

Penyebab gangguan keseimbangan (yang mengakibatkan vertigo) sangat beragam.

1. Gangguan telinga:
Sekitar 50% kasus vertigo berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam.

2. Gangguan otak:
Sekitar 5 % diperkirakan berhubungan dengan kelainan di otak, misalnya: stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak (multiple sclerosis), penyakit Parkinson dan tumor.

3. Kondisi tubuh:
Diperkirakan 5 % vertigo berhubungan dengan kondisi tubuh, misalnya: tekanan darah rendah (hipotensi), hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan gula darah (hipoglikemia), gangguan jantung. Obat-obat tertentu yang memiliki efek samping terhadap keseimbangan (ototoksik), dapat juga menjadi penyebab vertigo. masalah vertigo

4. Faktor lain:
Vertigo dapat disebabkan berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, misalnya: faktor stress, cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, marijuana dan sejenisnya. Berada dalam ruangan tertutup yang terlalu panas, bisa juga menjadi penyebab vertigo.

PEMERIKSAAN
Mengingat penyebab vertigo adalah akibat dari adanya gangguan keseimbangan yang melibatkan banyak faktor, maka perlu pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan tekanan darah, dan lain-lain. Tak kalah penting adalah mencari faktor penyebab vertigo mulai dari pemeriksaan telinga atau test pendengaran, laboratorium bahkan rekam otak (elektro ensefalografi), pemeriksaan aliran darah ke otak (angiografi) maupun CT-scan.
Mengapa kita melakukan pemeriksaan CT scan? Karena dua keuntungan, jika ditemukan kelainan di otak, dapat dilakukan pengobatan dini untuk mengatasinya, sedangkan jika tidak ada kelainan dapat membuat lega penderita bahwa otaknya tidak bermasalah, walau demikian, tidak semua vertigo lantas diperiksa CT-scan.

PENGOBATAN

Pada dasarnya, pengobatan tergantung kepada penyebab vertigonya.
Dapat juga diberikan pengobatan untuk meredakan gejala vertigo (asimptomatis).
Jika penyebab vertigonya berasal dari infeksi telinga bagian dalam, maka diberikan antibiotika yang sesuai. Kadang penderita vertigo perlu opname jika berhubungan dengan penyakit serius, namun dapat juga penderita terpaksa opname karena kondisi lemah akibat muntah yang hebat.
Obat-obat yang lazim diberikan untuk meredakan vertigo antara lain:

  • · Dimenhidrinat 50 mg (antimo, dramamine, dramasine)
  • · Prometazin 25 mg (avopreg)
  • · Sinarizin 25 mg (perifas, vertizine )
  • · Betahistin 8 mg (merislon, mertigo)

Obat lain:

  • · Obat anti cemas (penenang)
  • · Obat golongan skopolamin
  • · Dan lain-lain

Adakalanya obat-obat di atas diberikan secara kombinasi.

 

Disadur ulang dari blognya cakmoki86.wordpress.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.672 pengikut lainnya.