Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

CIRI CABE-CABEAN ITU APA SIH?

Di Jakarta sedang tren istilah “cabe-cabean“. Tapi, apa sih cabe-cabean itu? Cabe-cabean itu ditujukan bagi cewek-cewek usia muda yang suka balap liar. Tapi, ada juga yang mengartikan bahwa cabe-cabean sebagai ABG, yang bersikap centil dengan makna negatif. Kata “cabe-cabean” setidaknya menambah kosakata baru bagi bahasa alay anak di ibu kota.

anak cabe-cabeanCabe-cabean ini sebenarnya hanya merujuk pada gadis belia usia SMP dan SMA yang senang keluyuran di malam dan nongkrong di dunia balap liar. Kelakukan para `cabe-cabean` ini sudah bikin prihatin karena si gadis belia seperti memaksakan tren yang tak patut.

Fenomena Cabe-cabean pastinya sekarang melanda gadis belia di Ibukota. Sebenarnya, apa yang dicari gadis belia dengan mengikuti tren Cabe-cabean?

Berikut ciri anak Cabe-cabean menurut Rapper muda bernama Young Lex (21 tahun) seperti yang diliput oleh Liputan6.com,

1. Behel buat gaya

“Cabe-cabean itu biasanya cewek, yang pakai behel, mending giginya kenapa. Dia cuma buat gaya doang karena pasang behel nggak bener. Pasang behel itu harusnya di tempat dokter gigi, ini malah pasang behel di ahli gigi. Girl please!,” ujar YoungLex.

2. Malam Minggu pakai makeup

“Biasanya cabe-cabean malam minggu dia makeup. Orang mau makeup itu kalau mau kondangan atau ke mal, cabe-cabean malah makeup ujung-ujungnya beli babel. Please deh, beli babel nggak usah makeup. Kalau makeup, itu tuh pakai dres yang rapi, ini beli babel”.

cabe-cabean3. Bonceng tiga atau empat

“Biasanya cabe-cabean itu bukan cewek kece. Sudah pasti dia bonceng tiga. Malah pernah saya lihat cabe-cabean berempat dempet-dempetan kayak rantang. Jangan ditiru,” katanya.

4. Cabe-cabean suka kebut-kebutan

Cabe-cabean biasanya naik motor kebut-kebutan, tapi kakinya busikan. “Biasanya muka lebih putih dari lehernya,” kata YoungLex.

5. Segala sesuatu di update dan pake rok di atas perut

Menurutnya, cabe-cabean memakai rok sekolah hingga di atas puser untuk menonjolkan payudaranya.”Di sekolah, peraturan pakai rok itu sepinggang. Tapi ini sekolah kok pakai roknya segini,” kata Young Lex sambil menunjukkan tangan di atas pinggang.

6. Cabe teriak cabe

“Kalau zaman dulu, maling teriak maling. Ini cabean-cabean teriak cabe juga. Jadi siapa sebenarnya cabe. Jadi cabe lawan cabe. Mungkin mereka galau,” katanya.

7. Malam mingguan di pasar malam

“Biasanya cabe-cabean pakai high heels, dress. Kita pikir mau kondangan atau clubbing. Ini malah malam mingguan di pasar malam”.

8. Pacaran di fly over

“Cabe-cabean pacaran malam minggu di jembatan fly over,” ujarnya.

9. Nggak terima dengan keadaan

Biasanya cabe-cabean pendekatan (pedekate) ke cowok dengan menunjukkan foto yang menipu sehingga terlihat indah (cantik) padahal aslinya kebalikan. Ini membuat pertemanan berubah setelah bertemu langsung. “Cabe-cabean semakin banyak karena efek 360 (efek kamera), yang bikin momen jadi indah,” ujarnya.

10. Baju ketat, celana pendek, naik motor

“Cewek cabe-cabean bajunya ketat, celananya pendek, naik motor berdua atau bertiga yang di tengah ketawa-ketawa atau main HP,” katanya.

 

Untitled-1

Gofar Hilman atau biasa disebut pakar cabe-cabean di Twitter, menyebut ada tiga kategori cabe-cabean

ada cabe-cabeanTiga kategori itu adalah:

  1. Cabe ijo. Menurut pria berkacamata yang dijuluki sebagai pakar Cabe-cabean oleh para followersnya di Twitter, Cabe Ijo ini merupakan tipe dari para Cabe-cabean yang tergolong kelas atas. Biasanya, Cabe-cabean ini berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) gaul di Jakarta. “Nongkrongnya di tempat yang lagi hits banget. Dandanannya dress up parah. Kalau pergi ke mall misalnya, sudah kayak mau ke kondangan,” tulis Gofar melalui surat elektronik. Dilanjutkan Gofar, cabe-cabean tipe satu ini sangat ingin sekali dibilang dewasa.
  2. Cabe merah. Untuk tipe yang satu ini, biasanya para cabe-cabean ini memilih untuk kongkow di club yang ada di sekitaran Kemang, Jakarta Selatan. “Sebelum masuk ke club, nongkrong dulu di salah satu swalayan (nyebut merek), nunggu guestlist. Hidup gratisan!,” tulis Gofar lagi.
  3. Cabe oranye. Tipe cabe oranye adalah tipe cabe di jalanan. Dikatakan Gofur, biasanya tipe ini nongkrongnya sambil ngelihatin orang balapan liar. Ketika sore, para cabe-cabean ini senang sekali naik motor bonceng tiga, dan tidak pake helm. “Biasanya sambil cekikikan, sambil mainin hape, dan pakai behel Rp 200 ribuan,” tulis Gofar lagi.

 

Tentang iklan-iklan ini
2 buah komentar Post a comment
  1. ternyata cirinya ada di sini mas :D

    Desember 26, 2013
  2. Dasar cabe cabean, sukanya cari perhatian/caper -_-

    Mei 6, 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.746 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: