Skip to content
About these ads

AIR RADIATOR DALAM MESIN

Masuknya air radiator ke dalam blok mesin adalah mimpi buruk bagi semua pengguna mobil, mengapa? Karena masuknya air radiator ke dalam blok mesin adalah tanda bahwa umur mesin mobil anda tinggal ‘menghitung hari.’ Lihatlah foto berikut ini, foto ini baru kuambil dari mobil chevrolet captiva bensin beberapa hari yang lalu.

radiator dalam mesin

Cairan lendir coklat kekuning-kuningan tersebut normalnya tidak boleh ada di dalam mesin dan tidak boleh bercampur dengan oli, itu hukum alamnya. Apakah cairan coklat itu dan darimana cairan ini berasal?
Cairan itu adalah cairan yang berasal radiator, warna kuning kecoklatan itu berasal dari proses pengendapan air yang bercampur dengan proses pembentukan karat di dalam radiator dan bisa saja berasal dari dalam mesin itu sendiri.

  1. Gejala lain yang biasanya menyertainya adalah asap mobil yang mengepul dan berwarna putih. Asap putih tersebut menunjukkan bahwa air radiator ikut terbakar akibat masuk ke dalam blok mesin.
  2. Selain itu, anda akan seringkali menambah air radiator dimana air yang terdapat di reservoir terus menerus habis dan harus terus diisi tiap kali anda berkendara.
  3. Power kendaraan sangat berkurang dan mesin mengaum.

Jika di dalam jarum indikator oli mobil anda telah menunjukkan warna seperti ini, maka yang harus anda lakukan adalah secepatnya membongkar mesin anda sebelum penyakit mobil anda bertambah parah.

Jika hal ini anda biarkan maka ini akibatnya:

  1. Suatu saat mobil anda bisa saja akan mengalami overheat tanpa anda sadari, akibatnya mobil anda akan mogok ditempat karena overheat dan saat dibuka, air akan menyembur keluar dari dalam radiator dan reservoir.
  2. Akibat overheat ini, cylinder head bisa mengalami kerusakan dimana silinder head akan melengkung dan tidak bisa digunakan lagi, mungkin bisa saja dibubut atau discrup ulang, namun kekuatan silinder tersebut tidak akan sekuat yang dulu.
  3. Rusaknya blok mesin (engine block), piston akan mengalami patah karena proses perlengketan yang disebabkan oleh karat ditambah oleh proses pemuaian mendadak karena overheat.
  4. Blok mesin yang rusak tidak dapat diperbaiki lagi dan ini artinya: mobil harus turun mesin dan nasib terburuk adalah; mobil anda harus ganti mesin atau beli mesin yang baru atau beli mobil yang baru.

Ingat! Walaupun foto ini saya ambil dari mobil chevrolet captiva bensin, bukan berarti chevrolet yang paling rentan terkena penyakit ini; tidak saudara-saudara! Hal ini bisa terjadi pada mobil siapa saja, termasuk mobil anda!! Justru yang paling rentan adalah :

  1. mobil bertenaga diesel
  2. mobil yang air radiatornya hanya diisi menggunakan air kran atau air sumur
  3. mobil yang radiatornya sering kering
  4. mobil bertenaga diesel, radiatornya sering kering, walau diisi, diisi dengan air kran dan tenaganya digeber dan dipaksa high power teruzz…

BACA JUGA NIHH…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.564 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: