Skip to content
About these ads

AIR RADIATOR MENDIDIH DAN MENYEMBUR KELUAR

Hari ini bukan hari yang mengenakkan. Mobil yang selama 6 tahun lebih aku tunggangi mengalami masalah yang sangat merepotkan. Entah mengapa mobil selalu overheat, radiator selalu panas. Hal yang paling aku takutkan terjadi juga, dimana mobil mendadak mogok disebabkan overheating. Setelah aku coba membuka katup radator, air radiator yang mendidih menyembur keluar.

kerja radiatorMengapa bisa begini?? Kemungkinan penyebabnya ada banyak, dan inilah beberapa kemungkinannya

 

  1. Radiator Buntu/Kotor. Radiator yang berusia lanjut dan tidak menggunakan coolant sering mengakibatkan saluran radiator berkarat dan kotor yang mengakibatkan sirip-sirip pendingin saluran air radiator buntu, sehingga menyumbat sirkulasi dan pendinginan air tidak bisa maksimal walhasil temperatur naik dan overheat. Komentar: Sepertinya ini salah satu tersangka utama karena beberapa tahun ini radiatorku hanya minum air kran!! sehingga kerak karat dimana-mana.
  2. Kipas radiator. Kipas radiator jenis elektrik yang tidak berputar atau macet atau lainnya mengakibatkan pendinginan radiator kurang maksimal dan berakibat overheat. Komentar: Kipas radiator tetap berputar seperti biasa.air radiator menyembur
  3. Tutup Radiator. Biasanya terjadi pada pegas tutup radiator yang sudah lemah atau karet tutup radiator yang sudah kaku/mati. Apabila kinerja tutup radiator tidak berfungsi sesuai semestinya maka akan mengakibatkan air radiator habis, berakibat air radiator menyembur dan mendidih yang pertanda temperatur overheat.  Komentar: Selama ini tutup radiator memang udah ada rencana buat beli yang baru, karet tutup juga udah kaku, tapi kata roang bengkel: radiator yang walau tidak ada tutupnya saat mobil berjalan tetep aman saja kok selama air radiatornya masih banyak :)
  4. Termostat Macet. Termostat sistem pendingin yang macet mengakibatkan aliran air radiator ke mesin tersumbat, sehingga menimbulkan tekanan melebihi tekanan standar tutup radiator.  Komentar: Hmm… kalo yang ini aku kurang tau.
  5. Waterpump. Waterpump yang lamel/siripnya sudah habis tidak bisa mompa air akan menyebabkan sirkulasi air kurang lancar dan berakibat overheat. Komentar: aku kurang tau juga.
  6. Kompresi mesin bocor. Rasio kompresi yang terlalu tinggi dari spesifikasi mesin akan mengakibatkan mesin cepat panas. Kebocoran kompresi mesin menambah tekanan dalam sistem pendingin mesin yang tentunya mendorong air untuk menyembur keluar melalui tabung recevoir. Kebocoran pada pak dekselnya. Komentar: Semoga bukan yang ini penyebabnya :(((.

Baca juga:

 

About these ads
9 buah komentar Post a comment
  1. didik sulistyoadi #

    saya telah mengikuti beberapa tips tentang kondisi mobil yg overheat, mobil saya kijang lx 2002 mngalami masalah cepat panasnya radiator shg air membanjiri reservoir. sy sudah ganti fan clutch, waterpump, maupun tutup radiator, sy juga sdh bersihkan radiator di tukang servis, dan melepas termostat. tpi kondisi masih tetap. beberapa tanda kerusakan dalam mesin jga tidak terlihat krn mobil tidak berasap, oli mesin jga sdh sy cek tidak ada noda atau campuran air. air radiator tidak muncrat ketika mobil hidup lalu pedal gas ditekan dan tutup radiator dibuka, air radiator tidak berbau sangit/terbakar, jadi kira2 masalahnyya dimana ya? tolong dibantu solusinya

    Maret 4, 2014
    • coba mobil dihidupkan, trus di gas kuat2 trus dilepas, gas lagi lepas lagi slma lima menit, selama memainkan gas, tutup radiator dibuka dan dilihat, adakah keluar gelembung2 kecil dari dalam radiator

      Maret 4, 2014
      • didik sulistyoadi #

        air radiator lama-lama memenuhi radiator dan meluber keluar radiator (tidak muncrat tpi pelan-pelan keluar), kalo soal gelembung2 kecil ada sedikit om. mohon pencerahannya.Thx

        Maret 5, 2014
      • Harry Wahyudhy Utama #

        ok, klo udah ada gelembung udah jelas itu om, udara itu berasal dari ruang mesin yg seharusnya keluar menuju knalpot
        dengan kata lain, kompresi mesin udah ada kebocoran, biasanya pada silinder head kover alias pack deksel yang sudah auss. Baca di sini pak: http://klikharry.com/2013/04/19/pack-deksel-masalahnya/
        Kalo air radiator udah muncrat, atau ada campuran air dalam oli mesin. Itu yang udah parah alias terlambat, gejala mobil bapak ini masih ringan dan bisa diatasi dgn mengganti pack deksel. Jangan ditahan2 pak seblum kebocoran bertambah parah. Mobil bpak solar atw bensin?

        Maret 5, 2014
      • didik sulistyoadi #

        tima kasih masukannya pak hari, mobil saya bensin. berarti harus turun mesin ya pak? berapa kira2 estimasi biayanya? thx

        Maret 5, 2014
      • estimasi biaya bisa sekitar 1-2 juta rupiah, tergantung bengkelnya. Tapi biasanya kijang agak murah kok dibandingin mobil lain, karena bengkel2 biasanya udah biasa ngurusi mobil kijang turun mesin.
        Turun mesin itu seperti buah simalakama pak. Tidak turun mesin, resiko penyakit mobil selamanya gak bakal sembuh, bahkan cenderung merembet ke komponen lain. Jika turun mesin namun tidak baik pemasangan pack deksel maupun pembersihan silinder head, resiko kompresi mesin jadi hilang.
        Tapi bapak gak perlu terlalu cemas, resiko hilang kompresi itu kebanyakan pada mobil kijang berbhan bakar solar, karena kompresi mobil kijang solar jauh lebih besar dibanding dengan kompresi mobil kijang bensin. Malah kebanyakan mobil kijang bensin yang turun mesin malah justru performanya kembali muda lagi :D.

        TAPI, saran terbaik saya adalah: Tukar tambah aja pak… ganti mobil dengan tahun yang lebih muda. MObil yang berusia lebih dari >10 tahun biasanya penyakit2 yang timbul udah aneh2 dan biaya perawatannya pun tidak murah loh pak. Selesai masalah ini, biasnya akan menunggu penyakit2 yang lain, hehe *ini pengalaman pribadi saya loh pak

        Maret 5, 2014

Trackbacks & Pingbacks

  1. PACK DEKSEL MASALAHNYA? | klikharry.com
  2. PENYEBAB OVERHEAT MOBIL ANDA | klikharry.com
  3. RADIATOR OVERHEAT MOBIL MOGOK | klikharry.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.564 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: