AIR RADIATOR MENDIDIH DAN MENYEMBUR KELUAR

Hari ini bukan hari yang mengenakkan. Mobil yang selama 6 tahun lebih aku tunggangi mengalami masalah yang sangat merepotkan. Entah mengapa mobil selalu overheat, radiator selalu panas. Hal yang paling aku takutkan terjadi juga, dimana mobil mendadak mogok disebabkan overheating. Setelah aku coba membuka katup radator, air radiator yang mendidih menyembur keluar.

kerja radiatorMengapa bisa begini?? Kemungkinan penyebabnya ada banyak, dan inilah beberapa kemungkinannya

 

  1. Radiator Buntu/Kotor. Radiator yang berusia lanjut dan tidak menggunakan coolant sering mengakibatkan saluran radiator berkarat dan kotor yang mengakibatkan sirip-sirip pendingin saluran air radiator buntu, sehingga menyumbat sirkulasi dan pendinginan air tidak bisa maksimal walhasil temperatur naik dan overheat. Komentar: Sepertinya ini salah satu tersangka utama karena beberapa tahun ini radiatorku hanya minum air kran!! sehingga kerak karat dimana-mana.
  2. Kipas radiator. Kipas radiator jenis elektrik yang tidak berputar atau macet atau lainnya mengakibatkan pendinginan radiator kurang maksimal dan berakibat overheat. Komentar: Kipas radiator tetap berputar seperti biasa.air radiator menyembur
  3. Tutup Radiator. Biasanya terjadi pada pegas tutup radiator yang sudah lemah atau karet tutup radiator yang sudah kaku/mati. Apabila kinerja tutup radiator tidak berfungsi sesuai semestinya maka akan mengakibatkan air radiator habis, berakibat air radiator menyembur dan mendidih yang pertanda temperatur overheat.  Komentar: Selama ini tutup radiator memang udah ada rencana buat beli yang baru, karet tutup juga udah kaku, tapi kata roang bengkel: radiator yang walau tidak ada tutupnya saat mobil berjalan tetep aman saja kok selama air radiatornya masih banyak :)
  4. Termostat Macet. Termostat sistem pendingin yang macet mengakibatkan aliran air radiator ke mesin tersumbat, sehingga menimbulkan tekanan melebihi tekanan standar tutup radiator.  Komentar: Hmm… kalo yang ini aku kurang tau.
  5. Waterpump. Waterpump yang lamel/siripnya sudah habis tidak bisa mompa air akan menyebabkan sirkulasi air kurang lancar dan berakibat overheat. Komentar: aku kurang tau juga.
  6. Kompresi mesin bocor. Rasio kompresi yang terlalu tinggi dari spesifikasi mesin akan mengakibatkan mesin cepat panas. Kebocoran kompresi mesin menambah tekanan dalam sistem pendingin mesin yang tentunya mendorong air untuk menyembur keluar melalui tabung recevoir. Kebocoran pada pak dekselnya. Komentar: Semoga bukan yang ini penyebabnya :(((.

Baca juga:

 

42 Comments on AIR RADIATOR MENDIDIH DAN MENYEMBUR KELUAR

  1. didik sulistyoadi // March 4, 2014 at 8:23 pm // Reply

    saya telah mengikuti beberapa tips tentang kondisi mobil yg overheat, mobil saya kijang lx 2002 mngalami masalah cepat panasnya radiator shg air membanjiri reservoir. sy sudah ganti fan clutch, waterpump, maupun tutup radiator, sy juga sdh bersihkan radiator di tukang servis, dan melepas termostat. tpi kondisi masih tetap. beberapa tanda kerusakan dalam mesin jga tidak terlihat krn mobil tidak berasap, oli mesin jga sdh sy cek tidak ada noda atau campuran air. air radiator tidak muncrat ketika mobil hidup lalu pedal gas ditekan dan tutup radiator dibuka, air radiator tidak berbau sangit/terbakar, jadi kira2 masalahnyya dimana ya? tolong dibantu solusinya

    • coba mobil dihidupkan, trus di gas kuat2 trus dilepas, gas lagi lepas lagi slma lima menit, selama memainkan gas, tutup radiator dibuka dan dilihat, adakah keluar gelembung2 kecil dari dalam radiator

      • didik sulistyoadi // March 5, 2014 at 6:41 pm // Reply

        air radiator lama-lama memenuhi radiator dan meluber keluar radiator (tidak muncrat tpi pelan-pelan keluar), kalo soal gelembung2 kecil ada sedikit om. mohon pencerahannya.Thx

        • Harry Wahyudhy Utama // March 5, 2014 at 6:43 pm // Reply

          ok, klo udah ada gelembung udah jelas itu om, udara itu berasal dari ruang mesin yg seharusnya keluar menuju knalpot
          dengan kata lain, kompresi mesin udah ada kebocoran, biasanya pada silinder head kover alias pack deksel yang sudah auss. Baca di sini pak: http://klikharry.com/2013/04/19/pack-deksel-masalahnya/
          Kalo air radiator udah muncrat, atau ada campuran air dalam oli mesin. Itu yang udah parah alias terlambat, gejala mobil bapak ini masih ringan dan bisa diatasi dgn mengganti pack deksel. Jangan ditahan2 pak seblum kebocoran bertambah parah. Mobil bpak solar atw bensin?

      • didik sulistyoadi // March 5, 2014 at 7:34 pm // Reply

        tima kasih masukannya pak hari, mobil saya bensin. berarti harus turun mesin ya pak? berapa kira2 estimasi biayanya? thx

        • estimasi biaya bisa sekitar 1-2 juta rupiah, tergantung bengkelnya. Tapi biasanya kijang agak murah kok dibandingin mobil lain, karena bengkel2 biasanya udah biasa ngurusi mobil kijang turun mesin.
          Turun mesin itu seperti buah simalakama pak. Tidak turun mesin, resiko penyakit mobil selamanya gak bakal sembuh, bahkan cenderung merembet ke komponen lain. Jika turun mesin namun tidak baik pemasangan pack deksel maupun pembersihan silinder head, resiko kompresi mesin jadi hilang.
          Tapi bapak gak perlu terlalu cemas, resiko hilang kompresi itu kebanyakan pada mobil kijang berbhan bakar solar, karena kompresi mobil kijang solar jauh lebih besar dibanding dengan kompresi mobil kijang bensin. Malah kebanyakan mobil kijang bensin yang turun mesin malah justru performanya kembali muda lagi :D.

          TAPI, saran terbaik saya adalah: Tukar tambah aja pak… ganti mobil dengan tahun yang lebih muda. MObil yang berusia lebih dari >10 tahun biasanya penyakit2 yang timbul udah aneh2 dan biaya perawatannya pun tidak murah loh pak. Selesai masalah ini, biasnya akan menunggu penyakit2 yang lain, hehe *ini pengalaman pribadi saya loh pak

  2. jhonxena fransisco // November 15, 2014 at 2:18 am // Reply

    Salam kenal pak, ni ada masalah pd mobil grand max, paking heat baru, radiator bagus, water pump baru, tapi setelah mesin hidup sekitar 10 menit amper panas naik trus dan air radiator muncrat lewat penampungan air radiator, mohon petunjuknya pak!!!…. Pak jhon.

  3. Jika air radiator selalu keluar trus hidup pertama smpai panas pun tetap keluar trus bahkan sampai nyembur.. Radiator baru,termostat baru , selang radiator baru , slinder het baru. Water pam baru. Smua komponen yg brhubungan dengan air sudah d ganti baru dn barang orisinil pabrik. Tp tetap ja air msih kluar.

  4. Mas, kalo starter pertama anteng aja, sedikit riak karena getaran mesin aja saya kira, tidak ada gelembung udara cuman lama-kelamaan tumpah keluar kenapa ya? kalo digas tidak nyembr juga cuma tumpah lagi cuma tidak banyak. Kalo buat jalan suhu normal, air radiator tidak pernah berkurang… yg bikin tumpah itu apa yaa? thanks

  5. Bisa dijelasin mas, aliran air radiator yg normal yg spt apa ya, kalo punya saya, distarter airnya anteng, lama kelamaan tumpah keluar tapi gak banyak. setelah thermostat membuka ditandai dg panasnya selang radiator bawah/ke arah mesin air mulai panas mendidih, jika digas air tumpah lagi. Apa seharusnya tidak tumpah?

  6. accord th 99 Mas… lebih 10 thn, tidak pnh overheat, coolant ga pnh habis… semuanya stabil, jalan 100 kpj tetep anteng…

    • kapan terakhir kali servis radiator? pernah cuci radiator belum? mending check up seluruh deh.. mulai dari radiator, waterpump, termostat sampai selangnya

      • radiator & selang2 malah baru, thermostat sama waterpump yg belom pnh cek sama sekali, taruhlah troble pada thermostat spt nutup terus sdh pasti overheat dar dulu2, kalo mbuka terus seharusnya malah lebih lancar khan aliran air radiator. jika waterpump lemah pasti ada tetesan air dibawah. bgmn Om?

        • tidak langsung seperti itu juga om, gejala tidak selalu sama untuk setiap kendaraan, apalagi thermotstat sama waterpump belum pernah diganti, karena cuma itu saja kemungkinannya,

  7. mobil saya grand mex pic up.punca pertama stang piston bengkok 1 bh.
    kerna lagi jalan terkena banjir dan mesin menjadi lengket ga bisa mutar mesin nya.
    setelah di perbaiki,mesin suara normal
    cuman amper panas melebihi naik..
    mobil baru 20 bulan.mohon solusi nya?????

    • susah pak, soalnya sudah kena piston mesin, mesin akan cepat panas karena pernah berkarat di dalam, bisa normal tapi tidak akan pernah bisa pulih seeperti sedia kala pak, kecuali bapak ketemu orang yg benar2 ahli atau bapak ganti mesin

  8. Mau tanya om…mobil saya avanza 2004,kemaren overheat,udah service radiator,ganti thermostat,ganti selang(ini penyebabnya overheat kemaren,selangnya bocor/pecah),ganti tutup radiator. Permasalahanya,saat jalan kecepatan 40 sd 60 km/jam,ac nyala,indikator suhu mesin normal,tpi kalo di geber sampai 100 km/jam atau lebih,walaupun tanpa dinyalain ac,indikator suhu mesin perlahan2 naik,sampe ke H.dan pabila jalan pelan lagi,perlahan2 turun. Waktu indikator suhu sampai H,mobil saya pinggirkan,mesin tetap nyala,ac saya nyalain,kap mobil saya buka,tpi hawa/udara dri mesin tdk begitu panas,dan saya lihat indikator suhu mesin perlahan2 mulai turun sampai akhirnya normal.

    Kira2 kenapa ya om?terimakasih

    • ngisi air radiator berapa kali dalam sebulan?

      • lupa lagi om, kira2 2 kali, ditambahin aja sih…

      • Waterpumpnya belum diganti om, kata orang bengkel gak rusak, soalnya kalo waterpump rusak, ada air yg netes dari waterpumpnya. udah saya saranin utk diliat waterpumpnya, tpi yaaa, itu kata org bengkel, kalo gak ada air yg netes berarti masih bagus..skrg ini, sama org bengkel, thermostatnya dicabut, gimana om ya pengaruhnya?terimakasih

        • wahh.. termostat dicabut itu solusi singkat om. Memang dengan dicabutnya termostat maka air radiator yg mengalir lebih cepat karena dianggap mesin panas terus, tapi itu tidak menghilangkan penyebab loh…
          sudah pernah cuci mesin belum dicarbon clean, bisa jadi cepet panasnya karna gesekan piston di dalam mesin

  9. om hary minta saran dong om…..mobil ane great corolla maatic 94…kalau dah jalan lama sering mati sendiri tapi klo langsung di stater hidup lagi..kaya nya see over heat soalnya pas buka kap mesin panasnya ampun dah,,,, tapi herannya jarum temperatur cuma setengah om..alias gak lebih dr setengah…yg udah ane kerjain :
    1. ganti delco + coil nya
    2. kuras radiator
    3. ganti tutup radiator
    emang see…ane cek tabung reservoir cepet abis…airnya ..trus keliatannya air radiator gak muter…ketika mesin hidup trus tutup radiator dibuka ..air dlm radiator luber ke luar dan gak sampe muncrat klo di gas…
    yg bikin ane heran klo emang mobil mati mendadak karena overheat…knp jarum temeratur gak naek ya posisnya cuma di setengah….

    • jarum temperatur yang cuma naik setengah itu banyak penyebabnya, salah satu faktor kerusakan pada jarum ukur itu sendiri pak, soalnya banyak kok yang ketipu, jangankan cuma jarum temperatur, jarum bahan bakar pun kadang bensin sudah habis, ehh.. jarumnya masih full terus

  10. kasus yg terjadi dgn pak dedi sama tuh dgn saya, avanza saya thn 2005…gimana hasilnya pak dedi skrng? apa di engine flush bisa normal lg?

  11. salam pak harry,mohon izin minta pencerahan. mobil saya grand livina matic 2007 tidak ada kebocoran dibawah. kalo di gas saat tutup radiator dibuka,air perlahan2 akan luber keluar. saat termostat mulai main,air agak masuk sebentar lalu keluar lagi seirama dgn interval termostat.
    pernah Overheat otomatis air radiator dan reservoir kurang dan walaupun tidak overheat (lampu indikator overheat tidak menyala) tapi sekali isi bisa 4-5 botol aqua ukuran tanggung/sedang.
    belum pernah cek waterpump,kipas,termostat.
    sejak 2 atau 3 bulan tidak pake coolant, krn dipinjam saudara dan dia isi kadang dgn air mineral kadang air keran.
    bbrp bulan lalu pernah korok radiator.
    saat ini oli sudah encer, sudah harus ganti oli.
    warna oli tidak kecoklatan/putih.
    di knalpot ada air yg saya bingung air apa itu? ada saya baca bhwa hal tsb bagus, ada juga saya baca bhwa hal tsb berarti kompresi bocor, air radiator bocor ke knalpot.
    kira2 kenapa ya pak?
    terimakasih banyak.

  12. Ane punya corolla all new thn 2000..air suka luber stlah jlan 1 km…smua dkerjain d bengkl,water pump,pack deksel,selang baru smua..deksel baru skrap,radiator baru,cap raditor baru 0,9..electric fan oke..air pake toyota genuine…masih juga luber…mohon pencerahan

  13. Sekedar nambahin..thermostat dari dulu udh ga pake,dulu ga da msalah…kata org bengkelnya mesin udh tua dn hrs d gnti…padahal deksel ga da retak..permukaan blok rata…deksel baru sekrap..

  14. mbl saya kijang deasel 97 mobil saya setelah turun mesin mesin jadi cepat panas suara berisik dan air radiator panas mengalir keluar sudah ganti selang tutu dan dikuras tetap aja air keluar dan keluar suara keras di bawah mesin sepeti ada gesekan metal kenapa ya mohon pencerahannya?

  15. koreksi tentang air yg perlahan tumpah ketika tutup radiator dibuka itu normal kali air perlahan tumpah krn mengembang krn panas mesin disitulah fungsi tutup radiator akan membuang tumpahan ke reservoir dan akan mengembalikan lg ke radiator ketika udah dingin, jd bukan krn pompa lemah lah, betul itu kata bengkel klo pompa belum netes ya blm rusak atau dilihat ada aliran derad dlm radiator berarti pompa masih bagus,

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. PACK DEKSEL MASALAHNYA? | klikharry.com
  2. PENYEBAB OVERHEAT MOBIL ANDA | klikharry.com
  3. RADIATOR OVERHEAT MOBIL MOGOK | klikharry.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

*