Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

UMPAN MANCING IKAN MAS

Bagi kompasianer yang punya hobi mancing di empang, tentu tidak asing lagi dengan umpan ikan mas yang sering disebut oleh kalangan pemancing sebagai Umpan Putih. Disebut umpan putih karena berbahan dasar susu dan telor. Sebenarnya umpan putih ini banyak dijual di setiap toko pancing yang ada di daerah saya tinggal, umpan sudah jadi tinggal ditambahkan sedikit pengeras (kinoy). Namun kadang ketika digunakan untuk umpan hasilnya kurang memuaskan. Ikan mas yang didapat tidak seperti yang diharapkan. Karenanya setelah mencuri dengar dan sedikit diskusi dengan teman-teman pemancing didapat kesimpulan bahwa setiap pemancing sebenarnya mempunyai resep rahasia untuk membuat umpan. Bahan dasar sama, susu dan telor, akan tetapi campuran apa saja yang dipakai jarang para pemancing yang juara (mendapat ikan banyak) membeberkan bahan-bahan dan cara membuatnya.

Di internet banyak bertebaran resep-resep umpan mancing, tinggal ketik “umpan jitu” di mesin pencarian, maka akan bermunculan resep-resepnya. Namun setelah saya amati, jarang sekali yang menurut saya simple dan praktis. Artinya bahan-bahan yang dibutuhkan terlalu banyak dan menurut saya sedikit membingungkan, apalagi bagi pemula yang belum pernah membuat umpan ikan.

Belajar dari pengalaman memancing selama ini, saya akan membeberkan sedikit rahasia yang selalu saya gunakan untuk memancing ikan mas di empang. Hasil racikan saya jarang sekali tidak mendapatkan ikan. Yang penting di empang ada ikannya, kalau tidak maka jangan harap ha..ha….:))

BAHAN-BAHAN

Untuk membuat umpan ikan mas yang praktis, ekonomis, kinyis-kinyis inilah bahan-bahan yang harus anda siapkan. Monggo dipirsani gambarnya. :)

1354249671970967598

bahan lengkap.foto pribadi

Dari gambar di atas bahannya adalah sbb:

- Telor ayam 2 butir,

- Susu bubuk 1 sanchet

- Kroto (telor semut rang-rang) seharga 5 ribu perak

- Santen kelapa kara 1 bungkus

- Keju wisman seharga 2 ribu perak

- Essen Tengiri, biasa dijual juga di toko roti seharaga 5 ribu perak

- Daun pandan 2 helai

- Pengeras umpan /kinoy wangi

Total rupiah untuk membeli bahannya cuma Rp. 19.000,- Tidak terlalu mahal menurutku. Nah sekarang tinggal bagaimana meracik umpan ini secara pas, berikut saya jelaskan urutan langkahnya :

1. Adonan Dasar

Siapkan tempat meracik/mangkuk yang bersih. Pecahkan 2 telor, masukan isinya ke dalam mangkuk tadi, baru kemudian susu bubuknya, kemudian santannya. Lihat gambar ini :

1354250772713621740

adonan1.foto pribadi

Aduk perlahan-lahan sampai semua encer tercampur. Pastikan tidak ada susu bubuk yang mbrendel atau beku, setelah itu baru masukan kroto (telor semut), aduk lagi sampai rata. Setelah semuanya rata tinggal bagian yang paling penting dan menentukan, karena sebenarnya disini letak rahasianya, yaitu essen. Ternyata essen membuat aroma umpan menjadi semakin menggoda selera. Baunya benar-benar khas. Inilah yang disukai ikan mas. Hanya saja penggunaanya tidak boleh terlalu banyak. Untuk jelasnyua lihat gambar di bawah ini :

13542513441822633461

essen tengiri.foto pribadi

Essen ini baunya sangat menyengat, jadi kalau berlebihan ikan malah pada kabur tidak mau menyantap umpan kita. Ikan mas ternyata sensi banget, gampang tersinggungan, terlalu menyengat malah kaboor..he..he….:) Ingat ya, maksimal cukup 1 tutup botol. Jadi 1 botol essen kecil ini bisa dipakai untuk 3x untuk pembuatan umpan yang sama.

2. Adonan Siap Masak

Setelah semua bahan diaduk (kecuali kinoy) merata termasuk essennya, sekarang tinggal kita siapkan plastik pembungkus ukuran 1kg. Kalau bisa didobel. Masukan dua helai daun pandan yang sudah dikrewes-krewes (remas-remas) ke dalam plastik ini. Tujuannya adalah agar umpan berasa wangi, meresap. Jadi rasa tidak saja gurih, manis, tapi juga wangi. Disamping itu penggunaan daun pandan memperpanjang aroma tetap terjaga. Setelah itu baru kemudian tuangkan adonan cair semuanya ke dalam plastik dan ujungnya diikat/tutup. Lihat gambar ini:

13542521241461584190

adonan siap masak.fotopribadi

3. Masak Umpan

Masaklah umpan dengan api yang tidak terlalu besar. Panci tidak usah ditutup, biarkan airnya mendidih dan sampai adonan terasa matang. Jangan terlalu lama hingga adonan menjadi keras apalagi gosong, ikan mas nggak bakalan mau makan yang gosong…apalagi saya..he..he…:) Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10 menit, dihitung setelah air mendidih. Jadi matengnya merata, kenyal.

13542528102137749208

masak umpan.fotopribadi

Setelah matang angkatlah plastik adonan, siapkan tempat untuk mengaduk umpan. Hancurkan, ratakan hingga menjadi adonan yang kenyal tapi lembut. Gunakan 1 bungkus kinoy wangi untuk membantu adonan menjadi kenyal. Jika dirasa masih terlalu lembek, tambahkan kemabli sedikit demi sedikit kinoynya. Pokoknya sambil dicoba dengan membuat bulatan-bulatan kecil seujung jari, apabila dirasa sudah pas maka umpan siap dipakai. Semua ukuran dan takaran umpan di atas biasanya hanya berlaku cuma untuk mancing setengah hari. Jika anda memancing satu hari penuh dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore maka sebaiknya anda membuat 2 kantong plastik.

Demikianlah cara membuat umpan putih untuk memancing ikan mas, dengan sedikit rahasia yang saya dapatkan dari pemancing harian/lomba yang ada di sekitar wilayah Limo Depok dan sekitarnya.  Silakan bagi yang mau mencoba mancing ikan mas, di wilayah tempat tinggal kami banyak bertebaran empang-empang yang selalu penuh di hari Sabtu dan Minggu. Salah satu cara mengusir kepenatan setelah bekerja sekaligus menyalurkan hobi.

Selamat mancing…selamat berahir pekan..!

Copied from: http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/11/30/rahasia-umpan-putih-mancing-ikan-mas-512327.html

Tentang iklan-iklan ini
No comments yet

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.718 pengikut lainnya.