FERTILITAS DAN KESUBURAN

fertilitas dan kesuburan, subur, fertil, infertil, infertilitas, permasalahan kesuburan, hamil subur, fertilitas dan kesuburan, gangguan kehamilan

fertilitas dan kesuburan Fertil adalah istilah kedokteran untuk seseorang yang memiliki kesuburan dalam hal keturunan. Seseorang disebut fertil jika ia bisa hamil dan mengandung anak dari benih tubuh mereka sendiri. Fertilitas adalah sebutan untuk menunjukkan tingkat atau derajat kesuburan seseorang. Istilah fertilitas dan kesuburan ini tidak terbatas hanya pada wanita yang bisa hamil saja, tapi juga laki-laki. Seseorang laki-laki disebut fertil atau subur jika ia bisa menghasilkan sperma dengan jumlah dan kualitas yang telah ditentukan sebelumnya. Begitupula wanita, wanita disebut subur jika ia bisa menghasilkan sel-sel telur dari sel induk atau peranakannya sendiri.

Sebaliknya, laki-laki disebut infertil jika hanya menghasilkan sperma dalam jumlah terbatas dan dengan kualitas yang kurang atau tidak menghasilkan sperma sama sekali. Wanita disebut infertil jika tidak menghasilkan sel telur dan biasanya wanita lebih mudah diketahui karena wanita yang tidak subur atau infertil biasanya tidak mengalami menstruasi. (Disebut juga infertilitas primer)

Fertil, fertilitas dan kesuburan maupun infertilitas pada kasus laki-laki harus dibedakan dengan impotensi karena pria yang mengalami infertilitas atau tidak subur belum tentu impoten. Begitupun sebaliknya, lelaki yang impoten belum tentu tidak subur.

Pada wanita, ketidaksuburan biasanya berkaitan langsung dengan gangguan menstruasi. Terkadang, ketidaksuburan pada wanita bisa benar disebabkan oleh tidak adanya telur di dalam indung telur atau peranakannya.

Penyebab lain infertilitas pada wanita disebabkan oleh gangguan hormonal di tingkat hipofisis. Penyebab ketidaksuburan berikutnya adalah tersumbatnya saluran keluar sel-sel sperma dan sel-sel telur karena adanya riwayat trauma, infeksi dan terkadang trauma pembedahan. Faktor keganasan (tumor, kanker) juga bisa menjadi penyebabnya. (Disebut juga infertilitas sekunder)

About these ads

9 thoughts on “FERTILITAS DAN KESUBURAN

  1. dok umur saya 24 tahun. baru dikuret bulan juni krn BO. tp mengapa ketika menjelang mw menstruasi perut kiri bawah selalu terasa linu…kyk di sayat sayat….tidak sakit…tp linu mengganggu. biasanya disertai flek coklat bening selama 2 hari kemudian mens seperti bbiasa.
    apa penyebab linu2 itu dok ?
    bulan kmarin saya konsultasi dan usg…tp rahim saya baik..tidak ada miom atau kista.
    tp linu2 dan ngilu itu penyebab nya apa dok ?
    saya tidak KB…
    saya belum hamil lagi semenjak dikuret.
    tp haid teratur..tp dengan gejala haid tsb.

  2. siang dok,mf dok mau tanya.
    Usia sy 24,suami 26 qt da nikah dr agustus 2012,tp smpe skarang blm hamil.bln kmren sy haid tgl 22,tp maret ni sy blm haid.sy coba test pack hasilnya negative.apa yg trjadi dg sy yah dok?thanks

  3. siang dok,mf dok mau tanya.
    Usia sy 24,suami 26 qt da nikah dr agustus 2012,tp smpe skarang blm hamil.bln kmren sy haid tgl 22,tp maret ni sy blm haid.sy coba test pack hasilnya negative.apa yg trjadi dg sy yah dok?thanks

  4. Selamat siang dok,,,
    Keadaan saya sm seperti echa, menikah agustus 2012, umur saya dan suami 27th,terakhir saya mens 2 februari 2013 sampe sekarang saya belum mens sampai sekarang.2 minggu lalu saya terakhir TP hasilna(-) dan belum ª∂a̲̅ merasakan tanda2 hamil.♏αu cek ke dokter takut kecewa klo hasilnya tidak hamil.karna sebelumnya saya sudah TP berkali2 hasil ttp (-),mohon penjelasannya dok,dan apa yang harus saya lakukan,,karena saya sudah kepingin sekali punya anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s