Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

TIDAK MENSTRUASI BELUM TENTU HAMIL

tidakmenstruasi_thumb.jpg

TIDAK MENSTRUASI BELUM TENTU HAMIL. Saya Tina dok, 27 tahun, sudah menikah selama 1,5 tahun. Saya TIDAK MENSTRUASI selama dua bulan, selama ini menstruasi saya teratur, setiap satu bulan (28-30 hari). Saya sudah test pack pada minggu ke-2, ke-3 setelah mens terakhir saya, tapi hasilnya negatif. Apakah saya hamil dok? Terima kasih.

tidak menstruasi Terima kasih untuk pertanyaannya Ibu Tina.  Sebelum menjawab pertanyaan ibu mengenai tidak menstruasi ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu bahwa ada beberapa tanda gejala hamil yang harus diketahui. Test pack hanya salah satu cara untuk mengetahui tanda kehamilan, namun yang harus ibu ketahui  adalah test pack negatif maupun positif bukanlah diagnosis pasti jika ibu hamil ataupun tidak hamil.

  • Test pack bisa menunjukkan hasil positif pada mereka dengan hamil anggur, sebaliknya
  • test pack bisa menunjukkan hasil negatif karena penggunaan yang salah.

Selain test pack, ada banyak gejala dan tanda lain yang mengindikasikan ibu hamil atau tidak dan yang paling pasti adalah menggunakan USG (ultrasonografi).

Jika dari hasil USG tidak terlihat ada perubahan apapun pada rahim, maka kemungkinan besar ibu mengalami siklus menstruasi yang tidak normal yang disebut siklus amenorrhea atau biasa disebut siklus tanpa telur yang berbeda dengan siklus menstruasi normal.

Amenorrhea ada dua macam

  • Amenorrhea Primer. Amenorrhea jenis ini dapat disebabkan oleh abnormalitas-abnormalitas anatomis; disfungsi hipotalamus, pituitari, atau kelenjar endokrin lainnya; kegagalan ovarium; atau defek genetik. American College of Obstetrician and Gynaeologists (ACOG) merekomendasikan seorang wanita muda untuk berkonsultasi pada dokternya bila dia tidak juga mengalami menstruasi sampai pada usia 16 tahun, dan/atau bila dia belum juga mengalami pembesaran payudara, rambut pubis, atau rambut ketiak pada usia 13 atau 14 tahun.
  • Amenorrhea Sekunder. Amenorrhea jenis ini bisa dikarenakan pemasangan atau pemakaian kontrasepsi, suntik KB, masa menyusui, stres, sedang melakukan pengobatan tertentu, olahraga yang berlebihan. Penyebab hormonal bisa karena disfungsi aksis hipotalamus-pituitari-ovarium (HPO). Timbul penyakit lain yang mengganggu aksis hormonal di otak seperti adanya tumor.

Tidak menstruasi setelah masa pubertas adalah amenorrhea sekunder. Karena itu apa yang ibu alami sudah pasti adalah Amenorrhea sekunder. Seorang dokter biasanya lebih akan menganggap gangguan amenorrhea ibu ini lebih disebabkan karena stress dan aktifitas fisik yang berat daripada menganggap ada tumor di dalam otak.

Untuk ibu yang tidak menstruasi selama beberapa bulan ini, dokter akan menormalkan kembali siklus ibu, biasanya dokter akan memberikan obat hormonal yang tujuannya menaikkan kadar hormon sehingga merangsang sel telur untuk keluar dari dalam ovarium (indung telur). Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan hormonal yang tujuannya untuk melihat apakah memang benar ada penurunan dari kerja hormon-hormon di dalam tubuh. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya adalah hormon  TSH, LH&FSH, Prolaktin dan Progesteron.

Biasanya obat tersebut memang digunakan terus menerus selama beberapa bulan untuk mengembalikan keseimbangan hormon reproduksi di dalam tubuh. Lamanya penggunaan obat tersebut akan disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala anda dan respon yang diberikan oleh tubuh anda terhadap obat tersebut. Lakukanlah pemeriksaan secara teratur ke dokter anda untuk mengetahui keefektifan kerja obat tersebut dalam tubuh anda. Jangan menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anda.

Penggunaan obat tersebut tidak menyebabkan gangguan kesuburan. Obat tersebut justru diberikan untuk mengembalikan kesuburan yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal.

  Selain itu, ingatlah pesan sehat berikut:

  • Lakukan diet dan olahraga hingga mencapai berat badan ideal
  • Imbangi kerja keras dengan istirahat dan rekreasi
  • Hindari stres dan konflik di dalam hidup
  • Waspada dengan perubahan siklus haid: catat tanggal mulai haid, tanggal selesai haid, dan bila ada gejala yang menganggu.
Tentang iklan-iklan ini
52 buah komentar Post a comment
  1. ocha #

    Mau tanya , saya kan pake suntik Kb yg 3 bln 1 x
    Trus saya berhenti kb ,dan slama 8 bln saya tidak brhbngn suami istri ,
    Dan di bln k 9 sya brhubungan suami istri lgi

    Itu gmn ‎​Ɣå媪 dok ? Bakalan mnimbulkan hamil/tidak
    Soalnya di tespack hsil nya negatif

    Desember 14, 2012
  2. achy #

    dok z mau tax suntik sblum wktux n stelah it haid lg tp sdkit,it bsa hamil lg ya dok???mksh dok.

    Desember 16, 2012
  3. assalamu’alaikum dokter.Saya Ibu 1 anak, usia 33 tahun. sepertinya ini masalah saya. semenjak kelahiran anak pertama haid saya tidak teratur. dan sekarang anak saya sudah 6 tahun. setiap konsul ke dokter SpOG tidak pernah mendapat jawaban yang memuaskan, yg diperoleh hanya resep obat hormonal untuk ‘memancing’ menstruasi. begitulah sampai saya konsul dgn 5 dokter SpOG, begitu pula resepnya. Setelag berhenti minum obat 5-7 hari kemudian menstruasi. setelah menstruasi lagi-lagi saya tidak mens bisa sampe 7 bulan dengan hasil USG dan testpack negatif. lagi-lagi saya harus minum obat pemancing haid. Dok, adakah yang bisa menormalkan siklus haid saya ? terima kasih.

    Desember 23, 2012
    • jika ibu pernah hamil, dan punya anak, hal itu menunjukkan bahwa ibu ‘subur’, subur disini maksudnya mempunyai rahim atau peranakan yang sehat. Yang jadi masalah hanyalah siklus menstruasi yang abnormal saja, benar sekali, menstruasi itu adalah tanda bahwa ada sel telur yang keluar dan siap dibuahi , namun jika tidak mens, berarti ibu mengalami siklus tanda telur, obat yang diberikan oleh dokter adalah dokter perangsang keluarnya telur yang diakhiri dengan menstruasi,

      saran saya: tetap rajin konsultasi ke spog, namun ada baiknya ibu fokus ke satu dokter saja, sehingga program hamillnya bisa fokus, jika ibu berganti2 dokter,maka terapi program hamilnya akan ikut kacau

      Desember 24, 2012
  4. Anonymous #

    dok saya amel saya mau bertanya ?
    saya belum mens dok bulan januari ini
    bulan desember kemaren saya mulai mens tanggal 21 desember berarti seharusnya saya mens bulan januari ini tanggal 21 tetapi ini belum berarti saya udah telat 5 hari kan dok .
    saya udah tespect 2 kali tetapi hasilnya negatif, terakhir saya berbuhungan seks dengan suami saya tanggal 17 januari ini terus apakah ada kemungkinan saya hamil ? terus kenapa ya dok perut saya kembung, mohon bantuannya .. makasih dok :)

    Januari 25, 2013
    • ulangi tes pack satu minggu lagi, jika masih negatif maka kemungkinan besar ibu tidak hamil

      Januari 25, 2013
  5. Anonymous #

    dok ternyata saya mens. saya mw bertanya lagi dok, adakajh orang yang mens bisa hamil ?

    Januari 30, 2013
  6. klikharry #

    tanggal 21 adalah masa subur vina,, coba test pack yaa, kenapa harus bingung, seharusnya bahagia dong jika benar hamil

    Maret 5, 2013
    • vina #

      Biasanya kalo minum2 sperti itu haid dok
      Tapi skr engga
      Sy takut hamil dok :(

      Maret 5, 2013
      • klikharry #

        tes pack 1 minggu lagi, jika masih negatif, ada baikny segera usg ke dokter ya

        Maret 5, 2013
      • reza #

        jika 1 garis besar dan satunya lagi agak smar2 apkh bsa d nytkan hamil dok

        Maret 27, 2013
  7. klikharry #

    tanggal 21 adalah masa subur vina,, coba test pack yaa, kenapa harus bingung, seharusnya bahagia dong jika benar hamil

    Maret 5, 2013
    • vina #

      Biasanya kalo minum2 sperti itu haid dok
      Tapi skr engga
      Sy takut hamil dok :(

      Maret 5, 2013
      • klikharry #

        tes pack 1 minggu lagi, jika masih negatif, ada baikny segera usg ke dokter ya

        Maret 5, 2013
      • reza #

        jika 1 garis besar dan satunya lagi agak smar2 apkh bsa d nytkan hamil dok

        Maret 27, 2013
  8. restiani #

    Assalamualaikum….
    Dok kemarin pagi dokter menyarankan saya untuk mengulangi tespeck 1 minggu lagi, namun siang harinya saat bekerja, vagina saya mengeluarkan lendir berwarna cokelat, disertai keram perut, sakit sekali & tidak seperti biasanya. Selanjutnya keluar banyak darah seperti menstruasi, sampai pembalut saya penuh. td pagi saat bangun tidur, saya lihat pembalut saya penuh, dan barusan sepulang kerja saya lihat pembalut saya penuh juga dengan darah, tp yg saya rasa darah2 tersebut keluarnya sedikit2, tidak seperti biasanya, biasanya saya kalau menstruasi itu darahnya keluar deras2 dari vagina saya. Apakah saya menstruasi dok? tp kok gak seperti biasanya yah, apakah karena saya kecapean atau stress sehingga mempengaruhi hal trsebut? Mohon penjelasannya dokter, terimakasih.

    Maret 6, 2013
    • klikharry #

      waalaikumsalam,, iya ibu, ibu mengalami menstruasi, variasi siklus ini kemungkinan disebabkan karena gangguan siklus hormonal. gangguan siklus hormonal ini terjadi karena kecapean atau stress yang ibu alami

      Maret 6, 2013
  9. restiani #

    Assalamualaikum….
    Dok kemarin pagi dokter menyarankan saya untuk mengulangi tespeck 1 minggu lagi, namun siang harinya saat bekerja, vagina saya mengeluarkan lendir berwarna cokelat, disertai keram perut, sakit sekali & tidak seperti biasanya. Selanjutnya keluar banyak darah seperti menstruasi, sampai pembalut saya penuh. td pagi saat bangun tidur, saya lihat pembalut saya penuh, dan barusan sepulang kerja saya lihat pembalut saya penuh juga dengan darah, tp yg saya rasa darah2 tersebut keluarnya sedikit2, tidak seperti biasanya, biasanya saya kalau menstruasi itu darahnya keluar deras2 dari vagina saya. Apakah saya menstruasi dok? tp kok gak seperti biasanya yah, apakah karena saya kecapean atau stress sehingga mempengaruhi hal trsebut? Mohon penjelasannya dokter, terimakasih.

    Maret 6, 2013
    • klikharry #

      waalaikumsalam,, iya ibu, ibu mengalami menstruasi, variasi siklus ini kemungkinan disebabkan karena gangguan siklus hormonal. gangguan siklus hormonal ini terjadi karena kecapean atau stress yang ibu alami

      Maret 6, 2013
  10. restiani #

    Oh begitu ya dok….
    Pagi ini saat bangun tidur saya lihat pembalut saya penuh…..
    Payudara saya sakitnya berkurang, jika disentuh atau diraba itu tidak terasa apa2 dok. Tp saya merasa payudara saya sepertinya membesar, ada benjolan di dalamnya, jika dipijit benjolannya terasa dan sakit dan payudara sebelah kanan masih mengeluarkan cairan seperti air susu.
    Menurut dokter apakah ada kemungkinan saya hamil atau karena ada hal lain yg memperngaruhi? Saya bingung dok, ingin memeriksakan diri tp belum ada waktu, saya dan suami sangat sibuk dengan pekerjaan. Mohon bantuannya ya dok ;)

    Maret 7, 2013
    • klikharry #

      menstruasi, payudara ditekan keluar cairan adalah salah satu bukti hormon reproduksi ibu masih bekerja

      Maret 7, 2013
  11. restiani #

    Oh begitu ya dok….
    Pagi ini saat bangun tidur saya lihat pembalut saya penuh…..
    Payudara saya sakitnya berkurang, jika disentuh atau diraba itu tidak terasa apa2 dok. Tp saya merasa payudara saya sepertinya membesar, ada benjolan di dalamnya, jika dipijit benjolannya terasa dan sakit dan payudara sebelah kanan masih mengeluarkan cairan seperti air susu.
    Menurut dokter apakah ada kemungkinan saya hamil atau karena ada hal lain yg memperngaruhi? Saya bingung dok, ingin memeriksakan diri tp belum ada waktu, saya dan suami sangat sibuk dengan pekerjaan. Mohon bantuannya ya dok ;)

    Maret 7, 2013
    • klikharry #

      menstruasi, payudara ditekan keluar cairan adalah salah satu bukti hormon reproduksi ibu masih bekerja

      Maret 7, 2013
  12. restiani #

    Baik dok,
    Terimakasih banyak atas penjelasannya, ini sangat membantu sekali.
    Wassalam ;)

    Maret 7, 2013
  13. restiani #

    Baik dok,
    Terimakasih banyak atas penjelasannya, ini sangat membantu sekali.
    Wassalam ;)

    Maret 7, 2013
  14. Charis #

    Dok, maaf saya mau tanya…
    Sy Charis 28 tahun, istri 26 tahun. Skrng istri sedang menyusui anak pertama, usia 15 bulan. Mens terakhir 23 Januari. Sampe skrng belum mens lagi. memang sie selama menyusui siklus haid tdk teratur, tp belum pernah sampai selama ini. Test Pack juga agak samar, garis pertama jelas, garis keduanya samar.

    Kami visit ke spog, dikasih regumen. Katanya utk mastiin hamil atau tidak minum regumen dulu selama 7 hari (2x sehari). Kalo keluar mens ya berarti tdk hamil.

    Yg jadi pertanyaan:

    1) Kalo mmng istri sy hamil (skrng belum diketahui), bukankah Regumen kontraindikasi utk ibu Hamil? Bahkan golongan X. Sy sangat takut nanti janin lahir cacat.

    2) Sy lihat brand lain utk norethisterone, obat ini juga dikontraindikasikan saat laktasi, padahal anak pertama saya skrng masih aktif menyusui.

    Mohon pendapat dan saran dokter.
    Trm kasih, Charis.

    Maret 13, 2013
  15. Charis #

    Dok, maaf saya mau tanya…
    Sy Charis 28 tahun, istri 26 tahun. Skrng istri sedang menyusui anak pertama, usia 15 bulan. Mens terakhir 23 Januari. Sampe skrng belum mens lagi. memang sie selama menyusui siklus haid tdk teratur, tp belum pernah sampai selama ini. Test Pack juga agak samar, garis pertama jelas, garis keduanya samar.

    Kami visit ke spog, dikasih regumen. Katanya utk mastiin hamil atau tidak minum regumen dulu selama 7 hari (2x sehari). Kalo keluar mens ya berarti tdk hamil.

    Yg jadi pertanyaan:

    1) Kalo mmng istri sy hamil (skrng belum diketahui), bukankah Regumen kontraindikasi utk ibu Hamil? Bahkan golongan X. Sy sangat takut nanti janin lahir cacat.

    2) Sy lihat brand lain utk norethisterone, obat ini juga dikontraindikasikan saat laktasi, padahal anak pertama saya skrng masih aktif menyusui.

    Mohon pendapat dan saran dokter.
    Trm kasih, Charis.

    Maret 13, 2013
  16. julie #

    dok,saya sudah menikah 1 tahun dan belum dikaruniai anak, siklus mens saya sktr 33 hari. yang mau saya tanyakan saya kdg telat haid dan ketika saya pakai bt nerhubungan dng suami ko trs selang sehari langsung keluar mens nya ya dok, sudah beberapa kali sy mengalami seperti itu, saat sy telat sy test negatif dan saya pakai berhubungan langsung selang sehari keluar mens, normalkah saya dok????

    Maret 13, 2013
  17. julie #

    dok,saya sudah menikah 1 tahun dan belum dikaruniai anak, siklus mens saya sktr 33 hari. yang mau saya tanyakan saya kdg telat haid dan ketika saya pakai bt nerhubungan dng suami ko trs selang sehari langsung keluar mens nya ya dok, sudah beberapa kali sy mengalami seperti itu, saat sy telat sy test negatif dan saya pakai berhubungan langsung selang sehari keluar mens, normalkah saya dok????

    Maret 13, 2013
  18. Dokter,, saya ikut program hamil,. Tgl 8 februari saya haid, lalu tgl 10 maret kluar bercak coklat,, siangny kluar darah yg lumayan bnyk,. Mlm ny berkurang,. Siangny malah berhenti total, g ad darah,. Darah yg cm sehari itu, darah haid atw tnda kehamilan? Klu it darah haid, sblmny sy g prnah haid sesingkat it,. Apakah haid seaingkat it mmungkin kan kehamilan dokter? Tlg pnjlsnny,. Trimakasi,.

    Maret 14, 2013
  19. Dokter,, saya ikut program hamil,. Tgl 8 februari saya haid, lalu tgl 10 maret kluar bercak coklat,, siangny kluar darah yg lumayan bnyk,. Mlm ny berkurang,. Siangny malah berhenti total, g ad darah,. Darah yg cm sehari itu, darah haid atw tnda kehamilan? Klu it darah haid, sblmny sy g prnah haid sesingkat it,. Apakah haid seaingkat it mmungkin kan kehamilan dokter? Tlg pnjlsnny,. Trimakasi,.

    Maret 14, 2013
  20. iis patimah #

    Ass,dok saya ibu rumah tangga, umur 32 tahun,sudah menggunakan KB suntik 3 bulan dari usia anak saya lahir, sekarang anak saya berumur 4 tahun.karena saya ingin program anak kedua,maka KB pun sya stop dari bulan november 2012.nah bagaimana caranya mengembalikan kesuburan kembali setelah dari november hingga maret 2013 ini sya pun belum mendapatkan mens..terima kasih

    Maret 19, 2013
  21. iis patimah #

    Ass,dok saya ibu rumah tangga, umur 32 tahun,sudah menggunakan KB suntik 3 bulan dari usia anak saya lahir, sekarang anak saya berumur 4 tahun.karena saya ingin program anak kedua,maka KB pun sya stop dari bulan november 2012.nah bagaimana caranya mengembalikan kesuburan kembali setelah dari november hingga maret 2013 ini sya pun belum mendapatkan mens..terima kasih

    Maret 19, 2013
  22. julianna #

    Dok,sya sdh hampir 2th mnikah.Dari siklus 28 hari haid saya hanya telat 2x itupun hanya 5 dan 2 hari.Tp dari tg 6 Feb kmarin sya haid slama 4 hari dan sampai sekarang 30 maret belum haid.Sudah tes urin 2x selalu negatif.Yg saya rasakan BAK smakin sering dan nafsu makan bertambah karena sering lapar.Tapi payudara tidak sakit.Pernah mual2 setelah haid Feb kmarin tp kata dokter hanya magh.Apakah saya bisa dikatakan hamil Dok?Karena saya sangat brharap klw ini trmasuk tanda2 kehamilan.
    O iya,sampai sekarang saya masih brhubungan dg suami.

    Maret 30, 2013
  23. julianna #

    Dok,sya sdh hampir 2th mnikah.Dari siklus 28 hari haid saya hanya telat 2x itupun hanya 5 dan 2 hari.Tp dari tg 6 Feb kmarin sya haid slama 4 hari dan sampai sekarang 30 maret belum haid.Sudah tes urin 2x selalu negatif.Yg saya rasakan BAK smakin sering dan nafsu makan bertambah karena sering lapar.Tapi payudara tidak sakit.Pernah mual2 setelah haid Feb kmarin tp kata dokter hanya magh.Apakah saya bisa dikatakan hamil Dok?Karena saya sangat brharap klw ini trmasuk tanda2 kehamilan.
    O iya,sampai sekarang saya masih brhubungan dg suami.

    Maret 30, 2013
  24. Riani #

    Dok umur saya 20taun, tgl 22maret smpe tgl 26maret saya sering melakukan petting berat dg pacar saya..dan beberapa kali mr.p pacar saya ditempel dan digesek2an di ms,v saya,prnah 2x smpe trtkan ke bibir ms.v saya,kdg jika saya yg menekan saya diatas kdg jg mr.p pacar saya trtkan di ms.v saya tp tdak prnah smpe masuk krna saya gak pgn khlgn keperawanan saya.. Saya terakhir mens tgl 21feb,tp smpe hari ini saya blum mens lagi,siklus mens saya antara 28hri-34hari.. Saya takut ketika petting kemarin ada cairan bening dia keluar,krna saya gak tau wktu ktekan kmren cairan bening dia bru keluar atau gak.. Apa saya hamil dok?mohon jawabannya,trmakasih

    Maret 31, 2013
  25. Riani #

    Dok umur saya 20taun, tgl 22maret smpe tgl 26maret saya sering melakukan petting berat dg pacar saya..dan beberapa kali mr.p pacar saya ditempel dan digesek2an di ms,v saya,prnah 2x smpe trtkan ke bibir ms.v saya,kdg jika saya yg menekan saya diatas kdg jg mr.p pacar saya trtkan di ms.v saya tp tdak prnah smpe masuk krna saya gak pgn khlgn keperawanan saya.. Saya terakhir mens tgl 21feb,tp smpe hari ini saya blum mens lagi,siklus mens saya antara 28hri-34hari.. Saya takut ketika petting kemarin ada cairan bening dia keluar,krna saya gak tau wktu ktekan kmren cairan bening dia bru keluar atau gak.. Apa saya hamil dok?mohon jawabannya,trmakasih

    Maret 31, 2013
  26. wiwid #

    Dear dokter..
    Umur saya 33thn, dan saat ini saya masih menyusui anak saya yg berumur 2thn 9bln.
    Saya mengalami siklus mens yg tidak teratur. Pada februari 2011 saya mulai menggunakan kb suntik yg sebulan sekali, dan selama setahun mens saya lancar dan teratur. Namun sejak Mei 2012 saya tidak mens lagi dan saya berhenti menggunakan kb suntik 1bln sekali sampai sekarang, dan sampai akhirnya november 2012 saya kembali mens. Dan teratur sampai februari 2013. Namun sejak Maret 2013 sampai sekarang (April 2013) saya tidak mens lagi. Tapi pada pertengahan maret, saya merasakan gejala seperti mau mens (kram perut, payudara nyeri)
    Yang jadi pertanyaan saya, apakah karena saya masih tetap menyusui anak saya yg sudah berumur 2thn 9bln menyebabkan siklus mens saya jadi tidak teratur, dok?
    Terima kasih atas penjelasan dokter..
    Wassalam..

    April 25, 2013
  27. wiwid #

    Dear dokter..
    Umur saya 33thn, dan saat ini saya masih menyusui anak saya yg berumur 2thn 9bln.
    Saya mengalami siklus mens yg tidak teratur. Pada februari 2011 saya mulai menggunakan kb suntik yg sebulan sekali, dan selama setahun mens saya lancar dan teratur. Namun sejak Mei 2012 saya tidak mens lagi dan saya berhenti menggunakan kb suntik 1bln sekali sampai sekarang, dan sampai akhirnya november 2012 saya kembali mens. Dan teratur sampai februari 2013. Namun sejak Maret 2013 sampai sekarang (April 2013) saya tidak mens lagi. Tapi pada pertengahan maret, saya merasakan gejala seperti mau mens (kram perut, payudara nyeri)
    Yang jadi pertanyaan saya, apakah karena saya masih tetap menyusui anak saya yg sudah berumur 2thn 9bln menyebabkan siklus mens saya jadi tidak teratur, dok?
    Terima kasih atas penjelasan dokter..
    Wassalam..

    April 25, 2013
  28. Ridwan #

    Assalamualaikum dok..

    Saya berhubungan dengan istri saya, tapi dia sudah 2 kali mendapatkan menstuasi apakah masih dapat dikatakan hamil dok..?

    tapi ada kelainan dengan dirinya berat badannya naik draktis hingga 10 kg dok…

    tolong berikan jawabannya ke saya dok.

    Mei 5, 2013
  29. Ridwan #

    Assalamualaikum dok..

    Saya berhubungan dengan istri saya, tapi dia sudah 2 kali mendapatkan menstuasi apakah masih dapat dikatakan hamil dok..?

    tapi ada kelainan dengan dirinya berat badannya naik draktis hingga 10 kg dok…

    tolong berikan jawabannya ke saya dok.

    Mei 5, 2013
  30. retha #

    dok skrg ini aku msh menyusui anakku …
    tapi sudah 1 bln aku blm haid ..
    aku blm test pack ..
    mungkinkah aku hamil?
    thanks

    Mei 20, 2013
  31. retha #

    dok skrg ini aku msh menyusui anakku …
    tapi sudah 1 bln aku blm haid ..
    aku blm test pack ..
    mungkinkah aku hamil?
    thanks

    Mei 20, 2013
  32. kenza #

    Dear dokter,,

    mw tanya dok, apakah bercak coklat bisa dikatakan atau terhitung hari pertama mensturasi? karna saya mengalami bercak 2 smp 3 hari bahkan lebih. kemudian darah keluar dengan deras biasanya bbrp hari bercak tersebut, namun saya ragu untuk menghitung siklus haid terutama awal haid terhitung diawal bercak atau ketika darah sudah mengalir deras? mohon infonya dok. terima kasih :)

    Mei 30, 2013
  33. kenza #

    Dear dokter,,

    mw tanya dok, apakah bercak coklat bisa dikatakan atau terhitung hari pertama mensturasi? karna saya mengalami bercak 2 smp 3 hari bahkan lebih. kemudian darah keluar dengan deras biasanya bbrp hari bercak tersebut, namun saya ragu untuk menghitung siklus haid terutama awal haid terhitung diawal bercak atau ketika darah sudah mengalir deras? mohon infonya dok. terima kasih :)

    Mei 30, 2013
  34. Fia #

    Selamat pagi Dok..

    Mau sharing dan tanya2 ya Dok.. Saya menikah pada bulan Januari 2013 kemarin. Siklus haid saya 28 hari dan selama ini lancar. Haid terakhir saya adalah tanggal 10 Juni dan sampai sekarang tanggal 10 Juli saya belum haid juga, karena penasaran saya TP tadi pagi dan hasilnya negatif. Sebelum nya saya merasakan gejala seperti akan haid, sakit pinggang, migrain, payudara sakit ketika di sentuh serta mood saya yg selalu jelek jika menjelang haid.

    Pertanyaan saya adakah kemungkinan saya hamil dok, mengingat belakangan ini saya sering merasakan mual dan muntah tidak hanya dipagi hari tapi siang dan malam pun sama?

    Terima kasih dok, maaf kepanjangan.. :)

    Juli 10, 2013
  35. Fia #

    Selamat pagi Dok..

    Mau sharing dan tanya2 ya Dok.. Saya menikah pada bulan Januari 2013 kemarin. Siklus haid saya 28 hari dan selama ini lancar. Haid terakhir saya adalah tanggal 10 Juni dan sampai sekarang tanggal 10 Juli saya belum haid juga, karena penasaran saya TP tadi pagi dan hasilnya negatif. Sebelum nya saya merasakan gejala seperti akan haid, sakit pinggang, migrain, payudara sakit ketika di sentuh serta mood saya yg selalu jelek jika menjelang haid.

    Pertanyaan saya adakah kemungkinan saya hamil dok, mengingat belakangan ini saya sering merasakan mual dan muntah tidak hanya dipagi hari tapi siang dan malam pun sama?

    Terima kasih dok, maaf kepanjangan.. :)

    Juli 10, 2013
  36. dessy #

    Slamat pg dok. Mau sharing nih. siklus haid saya pendek umur sy uda 41 tahun anak sy sudah 9 th. sy pengen punya anak. tgl 3 juni 2013 haid terakhir saya dan sampai skrng saya blom haid lg. sy sdh testpack tp hslnya negatif. perut saya kadang2 kembung dan terasa mual tp ga sering. Apakah saya hamil dok?trimakasih

    Juli 23, 2013
  37. dessy #

    Slamat pg dok. Mau sharing nih. siklus haid saya pendek umur sy uda 41 tahun anak sy sudah 9 th. sy pengen punya anak. tgl 3 juni 2013 haid terakhir saya dan sampai skrng saya blom haid lg. sy sdh testpack tp hslnya negatif. perut saya kadang2 kembung dan terasa mual tp ga sering. Apakah saya hamil dok?trimakasih

    Juli 23, 2013
  38. Nuri #

    . sore dok
    sya nuri umur sya 18 thn dok sya mau tnya sudah hampir 3 blan sya tdk mngalami mens pdhal sya blum prnah melakukan hub intim. knpa ya dok ?
    Apakah ada obat untk memancing mens ???
    sya khawatir dok tkt trjadi apa”
    tlng djwab
    mksh

    Agustus 27, 2014

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.714 pengikut lainnya.