Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

TANDA GEJALA HAMIL

wanitahamil_thumb.jpg

TANDA GEJALA HAMIL. TANDA KEHAMILAN, KEHAMILAN WANITA. GEJALA KEHAMILAN, TANDA AWAL HAMIL. APA SAJA TANDA HAMIL. TANDA POSITIF HAMIL. GEJALA HAMIL MUDA. GEJALA KEHAMILAN MINGGU PERTAMA.

wanita hamil

TANDA KEHAMILAN ITU DIBAGI MENJADI TIGA

  • Tanda Dugaan Hamil
  • Tanda Mungkin Hamil
  • Tanda Kehamilan Pasti

Tanda Dugaan Hamil

  • Haid tidak datang seperti bulan sebelumnya (siklus menstruasi terlambat)
  • Perubahan pada payudara, dimana keluar air susu (Colostrum) dari payudara
  • Perubahan warna pada vagina –> Chadwick sign (adalah perubahan warna pada serviks, vagina dan labia menjadi lebih keungu-unguan atau lebih gelap dari biasanya. Penyebabnya adalah meningkatnya aliran darah ke area tersebut.
  • Timbul garis-garis merah pada daerah perut.payudara wanita hamil
  • keluar flex coklat.
  • Gangguan BAK.
  • Perasaan adanya gerakan anak.

Tanda Kemungkinan Hamil

  • Perubahan perut, perut menjadi lebih buncit dalam jangka waktu beberapa minggu dengan porsi dan pola makan yang sama
  • Kontraksi Braxton Hicks: Adalah kontraksi yang dirasakan oleh Ibu yang sebenarnya adalah kontraksi dari otot-otot uterus saja. Kontraksi ini berbeda dengan kontraksi ibu hamil yang akan melahirkan karena kontraksinya yang tidak teratur, tidak dapat diprediksi, lebih seperti tidak nyaman dibandingkan sakit, tidak meningkat baik intensitas maupun frekuensi, dan kontraksi ini perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya.
  • Test kehamilan –> TEST PACK Dengan dasar adanya HCG dalam serum & ekskresi urin.

Tanda Pasti Hamil

  • Terdengarnya denyut jantung janin menggunakan stetoskop/ Doppler (gel ultrasound) di minggu ke-17.
  • Ditemukan bentuk janin melalui USG.
  • Ada gerakan anak yang dirasakan oleh pemeriksa pada minggu 20.
  • Terabanya bagian-bagian janin (kepala, punggung dan kaki) saat dilakukan pemeriksaan pada perut.
Tentang iklan-iklan ini
99 buah komentar Post a comment
  1. Liza #

    Makasih dok. .atas info-y,kira2 ISK itu bisa sembuh sendiri dok?coz masih mpe skarang sering BAK nya. .semoga ini benar tanda2 aku hamil ya dok,amin. .amin ya robalallamin.

    Desember 9, 2012
    • ISK tidak bisa sembuh sendiri, Liza harus memakan obat antiboiotik agar bisa sembuh, dan itu bukan tanda-tanda hamil

      Desember 10, 2012
  2. leny rahmadi #

    Pagi dok, aq leny di palembang..
    Begini dok, saya terakhir dpt haid tgl 22 oktober, sampe tgl skrg belum haid juga.. Tp di tespack udah 3 kli
    Minggu pertm, minggu kedua.. Dan trakhir 10 desember ( hari ini )
    Tp msih negatif
    Seminggu lalu payudara saya nyeri
    :S, tp r hari kemudian nyerinya berkurang perlahan, knp ya dok??
    Skrg cm nyeri sedikt ga bgt sensitif
    Ya allah sy berharap ini kehamilan sy yg pertm,, sy sll berdoa allah memberikan kemudahan krn udah 1 thn nunggu..

    Desember 10, 2012
    • tetap ulangi pada minggu ke empat ya bu, terus minggu ke lima jika belum haid juga, coba segera USG ke dokter SpOG, nyeri payudara tidak termasuk dalam gejala hamil ibu,
      Aminnn, semoga doa ibu dikabulkan, ditunggu hasilnya ya buu :)

      Desember 10, 2012
  3. Nita #

    sore dok… sy nita usia 30 tahn mau tanya selepas lahiran anak ke 2 saya ikut kb suntik…12 juni…5 sept..dan harus nya yg ke 3 28 nov…tp saya baru inget 4 des…dari 28 nov sampai 4 des sy melakukan hubungan dengan suami 2x…begitu konsul ke dr sy disuruh balik lg setelah haid baru boleh di suntik lg karna takutnya saya hamil..lewat tanggal 4 sy tidak melalukan hubungan dgn suami sampe seminggu kedepannya….lalu sy tespek…hasilnya negatif…setelah itu pun sy melakukan hubungan dengan suami mr p nya suami ditarik sebelum ejakulasi…karna takut hamil setelah itu di tespek negatif juga…bukannya sy nolak dikasih rejeki lg berhubung si kecil masih usia 6 bulan…tp klo memang saya positif saya terima…tanggal 21 des sy keluar flek coklat dikit…tanggal 22 des keluar darah setetes…24 des flek coklat lg…setelah itu bersin…hari ini keluar flek coklat lg…sy bingung nentuin haid ato bukan? klo di cium dari bau nya sepertinya bukan flek coklat ketika awal haid..tp ketika keluar flek coklat itu sakit perutnya seperti akan datang haid…mohon penjelasannya dok…

    Desember 27, 2012
    • flex coklat tersbut adalah darah yang berasal dari tempat yang sama yaitu rahim, flex coklat adalah darah yang muncul di luar siklus menstruasi normal, dan ini darah haid juga, mengingat tempat sumbernya yang sama. Penyebab gangguan mensnya bisa karena penggunaan kb suntikan yang mengakibatkan gangguan siklus hormonal. Untuk menentukan siklus menstruasi normalnya, cukup sesuaikan dengn tanggal siklus menstruasi bulanan, biasanya itulah siklus menstruasi sebenarnya. JIka flek coklat masih terus menerus keluar, ada baiknya segera konsultasikan ke ahli kandungan

      Desember 28, 2012
  4. dokter yang baik….
    umur saya 24 . .
    HPHT saya 18 desember 2012
    sekarang saya sudah Test Pack ketika telat 3 hari..
    dan hasilnya 2 garis ungu . .
    payudara dan puting saya sakit..terus urat hijau nya kelihatan…
    tapi saya tidak mual muntah..
    apakah saya hamil ??
    Saya sempat dikuret 7 bulan lalu karena BO

    Januari 18, 2013
    • eka #

      Dok sy eka…
      Sy menikah tgl1nov12…tmn2 sy sdh pada hamil dok,tp sy blm…
      Sy sdh menghitung masa subur sy…tp sll sj dtg haid…kmrn sy tes tgl1 hasilnya pun negatif…gmn yaa dok biar sy cpt hamil…sy sdh minum susu anmum n vitE jg dok

      Februari 3, 2013
  5. Ria #

    Siang dokter,
    sy mau tanya..dulu saat khamilan ketiga,sy haid cm 2hari dok..
    Tgl 19maret (4hr)
    tgl 1april (4hr)
    tgl 13april (hanya 2hr)
    1mei, test pack positif.
    Dr anak ketiga lahir,ASI EKSLUSIVE tp sy ga kb dok..sy menggunakan senggama terputus (sperma dibuang diluar)
    sy baru dapat mens prtama :
    tgl 20okt (4hr)
    tgl 28nov (4hr)
    tgl 2jan (4hr)
    tgl 8feb (hanya 2hr)
    apakah sy hamil lg dok?1mg stelah mens 2hr itu,sy Mual2 dan perut kdg kontraksi kdg hlg sndiri seperti kontraksi palsu..
    Rasanya spt hamil ank ketiga dulu,tp sy blm TEST lg dok..kemarin sebelum ada mual..sy sempat TEST,dan negative..tp 3jam kemudian,ada 2garis samar dok..
    Apakah sy Hamil lg dok?sy udah 2x kebobolan dok..
    Ni kelahiran 3 anak sy :
    1.Refhi,6 april 2009
    2.Refha,23 maret 2010
    3.jan 2011 Hamil tp keguguran feb 2011
    4.Rafha,22 Des 2011
    sy takut hamil lg dok :(

    Februari 17, 2013
  6. Richa #

    Pagi dok,salam kenal
    sya sudah menikah hampir 9bln,setiap bulan sya sering haid tpi perut dan payudara sya membesar,dan nafas sya jga seperti orng abis olahraga,apakah sya hamil dok,,,?
    Mkasih dok,,,

    Februari 21, 2013
  7. rima #

    dok saya sudah menikah hampir 7 bulan dan belum memiliki keturunan. sejak nikah haid saya maju mundur tapi dlm 1 bulan pasti haid. akhir januari saya program ke dokter di beri regumen lalu tgl 15 feb saya haid sesuai perkiraan dokter,lalu saya di beri clovertil yang d minum hari ke 3 ssya haid selama 5 hari. haid saya kali ini tidak terasa sakit seperti haid2 saya sblmnya. lalu 1mnggu ini badan saya seperti mau sakit..mual tapi tdk parah,sering lelah padahal aktivitas tdk bnyak,cepat ngantuk,cpt lapar. lalu 3 hari ini puting payudara saya sakit jika di sentuh atau kena handuk,BAK sehari bisa 6x dlm 1hari. suka nyeri pinggang dan sakit perut kiri bawah jika di pakai jalan agak lama.suka pusing ringan tiap pagi dan tiba2 ga kuat jalan.,lemes.apakah saya hamil fok?

    Maret 4, 2013
    • klikharry #

      @rima, udah tes pack belum? gejala yang rima ceritakan, lebih berat ke arah infeksi saluran air kemih

      Maret 4, 2013
      • rima #

        belum dok.. karna belum telat haidnya.. bln kmrn tgl 15 feb.. tap saya kalo buang air kecil ga ada sakit dok..

        Maret 4, 2013
      • klikharry #

        ok.. tes pack aja dulu

        Maret 4, 2013
  8. rima #

    dok saya sudah menikah hampir 7 bulan dan belum memiliki keturunan. sejak nikah haid saya maju mundur tapi dlm 1 bulan pasti haid. akhir januari saya program ke dokter di beri regumen lalu tgl 15 feb saya haid sesuai perkiraan dokter,lalu saya di beri clovertil yang d minum hari ke 3 ssya haid selama 5 hari. haid saya kali ini tidak terasa sakit seperti haid2 saya sblmnya. lalu 1mnggu ini badan saya seperti mau sakit..mual tapi tdk parah,sering lelah padahal aktivitas tdk bnyak,cepat ngantuk,cpt lapar. lalu 3 hari ini puting payudara saya sakit jika di sentuh atau kena handuk,BAK sehari bisa 6x dlm 1hari. suka nyeri pinggang dan sakit perut kiri bawah jika di pakai jalan agak lama.suka pusing ringan tiap pagi dan tiba2 ga kuat jalan.,lemes.apakah saya hamil fok?

    Maret 4, 2013
    • klikharry #

      @rima, udah tes pack belum? gejala yang rima ceritakan, lebih berat ke arah infeksi saluran air kemih

      Maret 4, 2013
      • rima #

        belum dok.. karna belum telat haidnya.. bln kmrn tgl 15 feb.. tap saya kalo buang air kecil ga ada sakit dok..

        Maret 4, 2013
      • klikharry #

        ok.. tes pack aja dulu

        Maret 4, 2013
  9. Sore dok,sy nikah bln juni 2012 mau tanya,sy mens bln kmrn (bln januari 2013)tgl 28,rutin tgl sgtu klo g y maju 2 hari ato mundur 1 hari trus kmrn tgl 1maret sore sy kluar flek,g nempel dcelana si dikit bgt coklat muda warnany campur lendir,tgl 2 pagi ny flek lg tp kali ni coklat tua hmpir hitam agak byak,tgl 3 pagi jg sm,tp siangny sdh g kluar sm skali
    Ap itu mens ato bkn y? Tp perut bagian bwah sring ad kedut spt denyut,rasany jg kaku
    Td pagi tgl 6 maret ini sy tespek tp negatif
    Mohon masukannya..
    Trimaksasih

    Maret 6, 2013
  10. Sore dok,sy nikah bln juni 2012 mau tanya,sy mens bln kmrn (bln januari 2013)tgl 28,rutin tgl sgtu klo g y maju 2 hari ato mundur 1 hari trus kmrn tgl 1maret sore sy kluar flek,g nempel dcelana si dikit bgt coklat muda warnany campur lendir,tgl 2 pagi ny flek lg tp kali ni coklat tua hmpir hitam agak byak,tgl 3 pagi jg sm,tp siangny sdh g kluar sm skali
    Ap itu mens ato bkn y? Tp perut bagian bwah sring ad kedut spt denyut,rasany jg kaku
    Td pagi tgl 6 maret ini sy tespek tp negatif
    Mohon masukannya..
    Trimaksasih

    Maret 6, 2013
  11. HENI #

    MAU TANYA DOK…SAYA BIASANYA NORMAL MENSTRUASI DG SIKLUS 26-30 HR, TERAKHIR SAYA MENS TGL 9 JAN 13 SLSAI TGL 14 JAN 13…DAN HARI SELASA KEMARIN ADA KELUAR FLEK DARAH MERAH MUDA KYKNYA CAMPUR COKLAT SEDIKIT,KEMARIN SIANG KLUAR FLEK COKLAT TIPIS SDKT, DAN HR INI SIANG TD KLUAR LAGI FLEK CKLAT SEGARIS…MAU TANYA DOK SAYA BR PERTAMA KALI INI MENGALAMINYA. APAKAH ITU TANDA MAU HAMIL ATAU TANDA MENS DOK???TLG BNTUANNYA DOK, MAKASIH

    Maret 7, 2013
    • klikharry #

      @heni, kapan melakukan hubungannya>

      Maret 7, 2013
      • dian #

        dok sy ingin bertny,pd tgl 2 maret 13 sore sy keluar flek tdk bnyk,maaf dok stlh sy pake pembalut sampe skrng bersih,haid sy selalu teratur tiap blnnya,pernah maju 1 minggu.Haid bln kmrn tgl 13 feb 13 banyak sampe 8hr,skrng sy sdh telat haid 3hr.Sy testpack telat 1 hr kmrn negatif.Badan sy pegel2 semua terutama pinggang & punggung,payudara sdkt sakit,trs nafsu makan tmbh,tp sy tdk mual sm sekali.Apakah itu tanda hamil/hny flek biasa.Mohon penjelansannya dok,krn sy & suami lg menginginkan pny anak yg kedua.terima kasih dok…..

        Maret 16, 2013
      • syifa' #

        dok mau tanya , sya talat haid, terahir haid tggl 27 februari & sampek skrg q blum haid,,,, apa sya hamil….? tp tes pack 2x hasilnya negatif, apa krna urin sya sdkit wktu tes pack…..???

        April 1, 2013
  12. HENI #

    MAU TANYA DOK…SAYA BIASANYA NORMAL MENSTRUASI DG SIKLUS 26-30 HR, TERAKHIR SAYA MENS TGL 9 JAN 13 SLSAI TGL 14 JAN 13…DAN HARI SELASA KEMARIN ADA KELUAR FLEK DARAH MERAH MUDA KYKNYA CAMPUR COKLAT SEDIKIT,KEMARIN SIANG KLUAR FLEK COKLAT TIPIS SDKT, DAN HR INI SIANG TD KLUAR LAGI FLEK CKLAT SEGARIS…MAU TANYA DOK SAYA BR PERTAMA KALI INI MENGALAMINYA. APAKAH ITU TANDA MAU HAMIL ATAU TANDA MENS DOK???TLG BNTUANNYA DOK, MAKASIH

    Maret 7, 2013
    • klikharry #

      @heni, kapan melakukan hubungannya>

      Maret 7, 2013
      • dian #

        dok sy ingin bertny,pd tgl 2 maret 13 sore sy keluar flek tdk bnyk,maaf dok stlh sy pake pembalut sampe skrng bersih,haid sy selalu teratur tiap blnnya,pernah maju 1 minggu.Haid bln kmrn tgl 13 feb 13 banyak sampe 8hr,skrng sy sdh telat haid 3hr.Sy testpack telat 1 hr kmrn negatif.Badan sy pegel2 semua terutama pinggang & punggung,payudara sdkt sakit,trs nafsu makan tmbh,tp sy tdk mual sm sekali.Apakah itu tanda hamil/hny flek biasa.Mohon penjelansannya dok,krn sy & suami lg menginginkan pny anak yg kedua.terima kasih dok…..

        Maret 16, 2013
      • syifa' #

        dok mau tanya , sya talat haid, terahir haid tggl 27 februari & sampek skrg q blum haid,,,, apa sya hamil….? tp tes pack 2x hasilnya negatif, apa krna urin sya sdkit wktu tes pack…..???

        April 1, 2013
  13. ali #

    dok saya mau tanya..
    apakah mungkin jika pacar saya sudah mengalami haid tapi kami kami tidak berhubungan lagi dan sekarang dia telat -+ 10h
    sudah 3x di TP tapi syukurnya hasilnya (-) terus
    apa ada kemungkinan hamil??
    tolong di balas dok
    terima kasih ..

    Maret 11, 2013
  14. ali #

    dok saya mau tanya..
    apakah mungkin jika pacar saya sudah mengalami haid tapi kami kami tidak berhubungan lagi dan sekarang dia telat -+ 10h
    sudah 3x di TP tapi syukurnya hasilnya (-) terus
    apa ada kemungkinan hamil??
    tolong di balas dok
    terima kasih ..

    Maret 11, 2013
  15. nia #

    dok saya baru lepas iud pagi tgl 2 maret, malamnya saya langsung berhubungan dengan suami tanpa kb. skrang saya sdh telat mens selama satu minggu.apakah ada kemungkinan saya hamil dok, saya sudah TP selama 3x tp hsilnya negatif.mhon jawabannya dok

    Maret 13, 2013
  16. nia #

    dok saya baru lepas iud pagi tgl 2 maret, malamnya saya langsung berhubungan dengan suami tanpa kb. skrang saya sdh telat mens selama satu minggu.apakah ada kemungkinan saya hamil dok, saya sudah TP selama 3x tp hsilnya negatif.mhon jawabannya dok

    Maret 13, 2013
  17. hana #

    dok reply plsss :(

    Maret 16, 2013
    • gege #

      sekedar sharing.. tidak akan terjadi kehamilan jika pembuahan dilakukan diluar miss V.. karena tidak akan bertemu sperma dengan sel telur wanita.. tqu

      Maret 21, 2013
  18. hana #

    dok reply plsss :(

    Maret 16, 2013
    • gege #

      sekedar sharing.. tidak akan terjadi kehamilan jika pembuahan dilakukan diluar miss V.. karena tidak akan bertemu sperma dengan sel telur wanita.. tqu

      Maret 21, 2013
  19. dian #

    Pagi dok sy ingin bertny,pd tgl 2 maret’13 sore sy keluar flek tdk bnyk,stlh pake pembalut sampe skrng bersih.
    Haid sy teratur tiap blnnya,pernah maju 1 minggu.
    Haid bln kmrn tgl 13 feb’13 banyak sampe 8hr,skrng sy sdh telat haid 3hr.Sy testpack telat 1 hr kmrn negatif.Badan sy pegel2 semua terutama pinggang & punggung,payudara sdkt sakit,trs nafsu makan tmbh,tp sy tdk mual sm sekali.
    Trs sdh 5 hr ini sy keputihan,cairannya seperti putihh telur.
    Apakah itu tanda hamil/hny flek biasa.Mohon penjelansannya dok,krn sy & suami lg menginginkan pny anak yg kedua.terima kasih dok…..

    Maret 17, 2013
  20. dian #

    Pagi dok sy ingin bertny,pd tgl 2 maret’13 sore sy keluar flek tdk bnyk,stlh pake pembalut sampe skrng bersih.
    Haid sy teratur tiap blnnya,pernah maju 1 minggu.
    Haid bln kmrn tgl 13 feb’13 banyak sampe 8hr,skrng sy sdh telat haid 3hr.Sy testpack telat 1 hr kmrn negatif.Badan sy pegel2 semua terutama pinggang & punggung,payudara sdkt sakit,trs nafsu makan tmbh,tp sy tdk mual sm sekali.
    Trs sdh 5 hr ini sy keputihan,cairannya seperti putihh telur.
    Apakah itu tanda hamil/hny flek biasa.Mohon penjelansannya dok,krn sy & suami lg menginginkan pny anak yg kedua.terima kasih dok…..

    Maret 17, 2013
  21. ikkha #

    sore dok aku ingin nanya aku kan haidya bln lalu tgl 16 februari nah skrg udah tanggal 19 maret aku juga blom haid telat hari pertama aku tp tapi masih negatif,haidku juga tiap bulan lancar sekarang sy harus gimana dok apakah itu sudah masuk tanda kehamilan……

    Maret 19, 2013
  22. ikkha #

    sore dok aku ingin nanya aku kan haidya bln lalu tgl 16 februari nah skrg udah tanggal 19 maret aku juga blom haid telat hari pertama aku tp tapi masih negatif,haidku juga tiap bulan lancar sekarang sy harus gimana dok apakah itu sudah masuk tanda kehamilan……

    Maret 19, 2013
  23. mamasa #

    Dok, saya sudah telat 9 hari dari haid terakhir saya. Siklus saya teratur yakni 28 hari. Pada tgl 13 ( telat 2 hari ) saya test namun Negatif. Jd saya urung untuk test lg sampai sekarang. Terkadang badan suka tidak enak dan suka kram tiba2 di perut saya. Terkadang tiba2 mual dan cepat lelah. Waktu tes ke dokter umum tidak ada masalah dengan saluran kemih saya. Karena seminggu lalu saya terserang demam dan mual2. Katanya hanya demam saja. Saya harus bagaimana ya dok? Apakah ada kelainan dengan saya, tunggu berapa lama lg saya bisa test kehamilan lagi?

    Terima kasih atas jawabannya. Wass..

    Maret 20, 2013
  24. mamasa #

    Dok, saya sudah telat 9 hari dari haid terakhir saya. Siklus saya teratur yakni 28 hari. Pada tgl 13 ( telat 2 hari ) saya test namun Negatif. Jd saya urung untuk test lg sampai sekarang. Terkadang badan suka tidak enak dan suka kram tiba2 di perut saya. Terkadang tiba2 mual dan cepat lelah. Waktu tes ke dokter umum tidak ada masalah dengan saluran kemih saya. Karena seminggu lalu saya terserang demam dan mual2. Katanya hanya demam saja. Saya harus bagaimana ya dok? Apakah ada kelainan dengan saya, tunggu berapa lama lg saya bisa test kehamilan lagi?

    Terima kasih atas jawabannya. Wass..

    Maret 20, 2013
  25. soraya L #

    Dok, saya mau bertanya. Dulu 11 bulan yg lalu saya pernah menggugurkan kandungan saya berusia 6 minggu dengan minum obat pengugur kandungan “cytotec”. Namun saya tidak dikuret dan tidak memeriksakan lg ke dokter. KRn saya pikir sudah keluar semua. Setelah itu saya tetap mens tiap bulannya. Skrg saya ingin lg mempunyai anak. Kmrn sempat telat 10 hari, namun saya mens kembali. Apakah saya masih bs tetap hamil dok krn menggugurkan kandungan saya? Apakah efek dari minum obat cytotec itu saya blm hamil? Bagaimana sebaiknya dok?

    Mohon jawabannya, saya bingung sekali.

    Maret 21, 2013
  26. soraya L #

    Dok, saya mau bertanya. Dulu 11 bulan yg lalu saya pernah menggugurkan kandungan saya berusia 6 minggu dengan minum obat pengugur kandungan “cytotec”. Namun saya tidak dikuret dan tidak memeriksakan lg ke dokter. KRn saya pikir sudah keluar semua. Setelah itu saya tetap mens tiap bulannya. Skrg saya ingin lg mempunyai anak. Kmrn sempat telat 10 hari, namun saya mens kembali. Apakah saya masih bs tetap hamil dok krn menggugurkan kandungan saya? Apakah efek dari minum obat cytotec itu saya blm hamil? Bagaimana sebaiknya dok?

    Mohon jawabannya, saya bingung sekali.

    Maret 21, 2013
  27. Ida #

    salam dokter,
    Saya mau nnya, usia 24 menikah bulan september 2012, jd sudah terhitung 6 bulan sy menikah.

    sy prnh telah haid 3 hari tp trnyata abis itu haid, dl SMA siklusnya cpt bgt hny 15 hari, jd sbulan bs 2 kali haid.
    4 bulan prtama nikah siklusnya udah jd 24 hari, 2 bln ini dah tratur 27 hari.
    10 hari yg llu sy brhbngn dgn suami, dan mnurt hitungan sy itu pas hri sy lg masa subur.
    Nah skrng sy meriang2 trus dan flu, ada sakit di bwah perut bagian tengah. knp yah dok? Apa mgkn sy hamil?

    Maret 28, 2013
  28. Ida #

    salam dokter,
    Saya mau nnya, usia 24 menikah bulan september 2012, jd sudah terhitung 6 bulan sy menikah.

    sy prnh telah haid 3 hari tp trnyata abis itu haid, dl SMA siklusnya cpt bgt hny 15 hari, jd sbulan bs 2 kali haid.
    4 bulan prtama nikah siklusnya udah jd 24 hari, 2 bln ini dah tratur 27 hari.
    10 hari yg llu sy brhbngn dgn suami, dan mnurt hitungan sy itu pas hri sy lg masa subur.
    Nah skrng sy meriang2 trus dan flu, ada sakit di bwah perut bagian tengah. knp yah dok? Apa mgkn sy hamil?

    Maret 28, 2013
  29. Rury #

    sore dOk,
    saya mau konsultasi dgn dokter, mohon jawabannya,
    tgl 10 februari kemarin sy melakukan ksalahan dgn pcar sy utk yg prtama kalinya, dia masukin mr. p nya ke mrs. v sy, tp gak sepenuhnya masuk smua, bisa dibilang cuma seruas jari, lalu dia mengeluarkan sperma d luar mrs. v sy, tp sy gak tau apakah ada sebagian spermanya masuk ke mrs. v sy, tanggal 20 februari sy haid selama 6 hari, lalu d awal maret sekitar tgl 8 maret, sy sakit dan dokter bilang kalau sy infeksi saluran kencing, sekitar 2 minggu sy mgkonsumsi obat2an dari dokter yg brbeda, krn obat dr dokter prtama habis, jd sy coba konsumsi obat pmberian dr dokter lain,
    sebelumnya sy was2 dok, krn takut hamil..
    biasanya siklus haid sy berada d tgl 20-23, tp sekarang udah tgl 30 sy belum haid jg, sy kemarin udah melakukan TP selama 4 kali, hasilnya negatif.
    sy tumben d bulan ini telat datang haid, selama ini biasanya haid sy selalu lncar, apa yg menyebabkan sy telat dtg haid dok?
    apa mungkin sy hamil walaupun mr. p gak spenuhnya masuk d mrs. v sy, dan sy pun sama sekali tidak mgalami orgasme..
    mohon pencerahannya dokter..

    Maret 30, 2013
  30. Rury #

    sore dOk,
    saya mau konsultasi dgn dokter, mohon jawabannya,
    tgl 10 februari kemarin sy melakukan ksalahan dgn pcar sy utk yg prtama kalinya, dia masukin mr. p nya ke mrs. v sy, tp gak sepenuhnya masuk smua, bisa dibilang cuma seruas jari, lalu dia mengeluarkan sperma d luar mrs. v sy, tp sy gak tau apakah ada sebagian spermanya masuk ke mrs. v sy, tanggal 20 februari sy haid selama 6 hari, lalu d awal maret sekitar tgl 8 maret, sy sakit dan dokter bilang kalau sy infeksi saluran kencing, sekitar 2 minggu sy mgkonsumsi obat2an dari dokter yg brbeda, krn obat dr dokter prtama habis, jd sy coba konsumsi obat pmberian dr dokter lain,
    sebelumnya sy was2 dok, krn takut hamil..
    biasanya siklus haid sy berada d tgl 20-23, tp sekarang udah tgl 30 sy belum haid jg, sy kemarin udah melakukan TP selama 4 kali, hasilnya negatif.
    sy tumben d bulan ini telat datang haid, selama ini biasanya haid sy selalu lncar, apa yg menyebabkan sy telat dtg haid dok?
    apa mungkin sy hamil walaupun mr. p gak spenuhnya masuk d mrs. v sy, dan sy pun sama sekali tidak mgalami orgasme..
    mohon pencerahannya dokter..

    Maret 30, 2013
  31. syifa' #

    dok mau tanya , sya talat haid, terahir haid tggl 27 februari & sampek skrg q blum haid,,,, apa sya hamil….? tp tes pack 2x hasilnya negatif, apa krna urin sya sdkit wktu tes pack…..???

    April 1, 2013
  32. syifa' #

    dok mau tanya , sya talat haid, terahir haid tggl 27 februari & sampek skrg q blum haid,,,, apa sya hamil….? tp tes pack 2x hasilnya negatif, apa krna urin sya sdkit wktu tes pack…..???

    April 1, 2013
  33. Salam dok..
    Saya menikah 2 januari dan haid tanggal 28 januari tapi 26 februari saya haidnya hanya coklat saja dan sampai sekarang belum haid lagi, perut terasa lebih tebal dan kadang terasa ada benjolan. Payudara nyeri dan nafsu makan bertambah selama bulan maret..
    Tadi pagi Saya tespact negatif..
    Menurut dokter bagaimana ?

    April 1, 2013
  34. Salam dok..
    Saya menikah 2 januari dan haid tanggal 28 januari tapi 26 februari saya haidnya hanya coklat saja dan sampai sekarang belum haid lagi, perut terasa lebih tebal dan kadang terasa ada benjolan. Payudara nyeri dan nafsu makan bertambah selama bulan maret..
    Tadi pagi Saya tespact negatif..
    Menurut dokter bagaimana ?

    April 1, 2013
  35. dewi #

    Sere Dok, nama saya dewi. Saya mau tanya, terakhir mens tgl 18 maret 13 dan skrng ada beberapa gejala kehamilan pas saya tes tgl 31 maret 13 dengan tespek ada dua garis merah tapi yang satu berjauhan, apa hamil. saya ikut program hamil dari tanggal 12 feb 13 dengan 3 macam obat yang di minum secara berkala. sebelumnya haid saya tidak teratur dan banyak. setelah di kasih obat seperti pil KB yang 28 butir, beberapa hari saya mens cuman 4 hari. Apa besar kemungkinan hamil yah dok?

    April 2, 2013
  36. dewi #

    Sere Dok, nama saya dewi. Saya mau tanya, terakhir mens tgl 18 maret 13 dan skrng ada beberapa gejala kehamilan pas saya tes tgl 31 maret 13 dengan tespek ada dua garis merah tapi yang satu berjauhan, apa hamil. saya ikut program hamil dari tanggal 12 feb 13 dengan 3 macam obat yang di minum secara berkala. sebelumnya haid saya tidak teratur dan banyak. setelah di kasih obat seperti pil KB yang 28 butir, beberapa hari saya mens cuman 4 hari. Apa besar kemungkinan hamil yah dok?

    April 2, 2013
  37. wiwid #

    Dok sya da nikah 5 th dn blm berputra.2 yh llu sy smpat kgguguran dn di kuret.10 des 2012 aq mens, bln januari aq tdk mens,tgl 10 feb 2013 aq flek smpe 2 minggu trus d tp hsilnya 2 gris smar llu d usg hasilnya cuma uterus membesar dn aq d bri premaston dn fleknya lngsung berenti.bln maret aq tdk mens,tgl 7 april’13 aq tp hsilnya 1 gris/ ngtif.tgl 9 kluar flek merah muda.dok prut sya jga agak buncit dan uterus teraba tegang,dok sbnarnya yg kualami tnda kegguran to kehamilan,akhir2 ni sring buang air kcil dn sring mnddk pusing.mhon bntuanya

    April 10, 2013
  38. wiwid #

    Dok sya da nikah 5 th dn blm berputra.2 yh llu sy smpat kgguguran dn di kuret.10 des 2012 aq mens, bln januari aq tdk mens,tgl 10 feb 2013 aq flek smpe 2 minggu trus d tp hsilnya 2 gris smar llu d usg hasilnya cuma uterus membesar dn aq d bri premaston dn fleknya lngsung berenti.bln maret aq tdk mens,tgl 7 april’13 aq tp hsilnya 1 gris/ ngtif.tgl 9 kluar flek merah muda.dok prut sya jga agak buncit dan uterus teraba tegang,dok sbnarnya yg kualami tnda kegguran to kehamilan,akhir2 ni sring buang air kcil dn sring mnddk pusing.mhon bntuanya

    April 10, 2013
  39. Anggi #

    malem dok… saya wanita dgn 1 ank usia 2.5 th. mw tanya dkt, 2 hari setelah saya bersih haid, saya sempat berhubungan intim. dan lusanya saya baru sempat suntik KB cyclofem ( dari umur anak 1th ). apakah ada kemungkinan hamil dok?! di tunggu jawabannya. trims.

    April 11, 2013
  40. Anggi #

    malem dok… saya wanita dgn 1 ank usia 2.5 th. mw tanya dkt, 2 hari setelah saya bersih haid, saya sempat berhubungan intim. dan lusanya saya baru sempat suntik KB cyclofem ( dari umur anak 1th ). apakah ada kemungkinan hamil dok?! di tunggu jawabannya. trims.

    April 11, 2013
  41. Anggi #

    malem dok… mau ty, stlh 2 hari bersih dari haid saaya smpat berhubungan. dan lusanya baru sempat suntik KB cyclofem. apakah ada kemungkinan bisa hamil?

    April 11, 2013
  42. Zulfa #

    Mlm dok, mf gnggu dok mlm2

    sya mw konsultasi dok,,
    saya pnya siklus haid yg tdk tratur, sya mnkh juli 2012 dpt mens 28okt, 25nov,mens lgi tgl 15mrt13,, nah, kmrn udh hmpr smnggu prt bwh sblh kiri nyeri+dSelang sma demam,flu,sdkt batuk, smpai skrg,, apakah itu gjla hamil dok,, sya brhbgn sma suami stiap weekend dok (suami dines plg jmt)

    mhn sharenya y dok
    mksh

    April 11, 2013
  43. Zulfa #

    Mlm dok, mf gnggu dok mlm2

    sya mw konsultasi dok,,
    saya pnya siklus haid yg tdk tratur, sya mnkh juli 2012 dpt mens 28okt, 25nov,mens lgi tgl 15mrt13,, nah, kmrn udh hmpr smnggu prt bwh sblh kiri nyeri+dSelang sma demam,flu,sdkt batuk, smpai skrg,, apakah itu gjla hamil dok,, sya brhbgn sma suami stiap weekend dok (suami dines plg jmt)

    mhn sharenya y dok
    mksh

    April 11, 2013
  44. nova #

    dok
    q nova
    q mau tnya , q uda nikah 6 bln lalu
    knp ya dok di prt sblah kanan atas rasa@ kram gtu dok , da gtu sring pndah2 dok
    apa q hamil ya dok

    April 13, 2013
  45. arum #

    Dok,saya usia 27 tahun.Baru menikah 9 bln. Saya sudah telat 2 hari’kemarin saya test pack hasilnya negatif. Tp perut saya bagian bawah suka sakit klo habis angkat yg berat atau klo naik motor di jalan yang rusak. Apakah saya hamil dok?

    Mei 10, 2013
  46. arum #

    Dok,saya usia 27 tahun.Baru menikah 9 bln. Saya sudah telat 2 hari’kemarin saya test pack hasilnya negatif. Tp perut saya bagian bawah suka sakit klo habis angkat yg berat atau klo naik motor di jalan yang rusak. Apakah saya hamil dok?

    Mei 10, 2013
  47. Kristie #

    Slm kenal dok, sy ibu dr 2 ank, usia sy 39 th, 4 hari lalu sy mens dihari ke 2 sdh selesai ( biasanya 5 hari ) hari ini keluar cairan bening dari payudara sy, mmg sdh smg ini sy merasa mual,demam,,,dan ada flek coklat sedikit disertai nyeri perut spt mau dtg mens, mgknkah sy hml dok ? Ato efek sy minum obat hypertensi ya dok, thx dok…. Salam Kristie

    Mei 15, 2013
  48. Kristie #

    Slm kenal dok, sy ibu dr 2 ank, usia sy 39 th, 4 hari lalu sy mens dihari ke 2 sdh selesai ( biasanya 5 hari ) hari ini keluar cairan bening dari payudara sy, mmg sdh smg ini sy merasa mual,demam,,,dan ada flek coklat sedikit disertai nyeri perut spt mau dtg mens, mgknkah sy hml dok ? Ato efek sy minum obat hypertensi ya dok, thx dok…. Salam Kristie

    Mei 15, 2013
  49. esti #

    saya mw tanya….hampir seminggunan perut saya rasanya kayak mw haid…tp ga keluar,memang blm terlambat haidnya….cuma biasanya ga kayak gini…puting saya jg sakit…kl malam ga bs tidur…sempat saya tes cm hasilnya -…kira2 apa saya mgkin hamil…

    Mei 27, 2013
  50. esti #

    saya mw tanya….hampir seminggunan perut saya rasanya kayak mw haid…tp ga keluar,memang blm terlambat haidnya….cuma biasanya ga kayak gini…puting saya jg sakit…kl malam ga bs tidur…sempat saya tes cm hasilnya -…kira2 apa saya mgkin hamil…

    Mei 27, 2013
  51. Rini #

    slm knl dok…Sy rini mw tanya dok sy nikah sdh berjalan 2 thn trus kegalauan sy mulai ada, lalu sy periksa k dok dan saat di periksa kt dokter ada kista tp kt dok tidak bahaya saya minta obatnya malah di kasih obat penambah hormon di minum pas saat masa subur setelah sy minum sy bln depannya telat head 2 minggu sebelumnya sy blum pernah telat head dan tidak merasakan nyeri di saat head dan siklus head sy lancar 28 hari harinya maju skitar 2 sampai 3 hari, yg jadi pertanyaan sy dok knapa stelah sy di kasih obat yg di minum pas masa subur sy bulan yg depannya sy g head dan telat 2 minggu sy cek tp negatif ,dan kluar flek coklat 2 hari ,setelah sy usg tidak kelihatan ada kantung janinnya,kt dok flek coklatnya darah head , dok tp kepala sy masih pusing2 sampai sekarang yg saya rasakan dan puting PD sy terasa gatal2 dok apa sy hamil apa blm ?,,,Trims dok..

    Mei 28, 2013
    • Rini #

      dok udah 3 hari flek coklat sy kluar tp g banyak ,knp y dok ?

      Mei 29, 2013
  52. Rini #

    slm knl dok…Sy rini mw tanya dok sy nikah sdh berjalan 2 thn trus kegalauan sy mulai ada, lalu sy periksa k dok dan saat di periksa kt dokter ada kista tp kt dok tidak bahaya saya minta obatnya malah di kasih obat penambah hormon di minum pas saat masa subur setelah sy minum sy bln depannya telat head 2 minggu sebelumnya sy blum pernah telat head dan tidak merasakan nyeri di saat head dan siklus head sy lancar 28 hari harinya maju skitar 2 sampai 3 hari, yg jadi pertanyaan sy dok knapa stelah sy di kasih obat yg di minum pas masa subur sy bulan yg depannya sy g head dan telat 2 minggu sy cek tp negatif ,dan kluar flek coklat 2 hari ,setelah sy usg tidak kelihatan ada kantung janinnya,kt dok flek coklatnya darah head , dok tp kepala sy masih pusing2 sampai sekarang yg saya rasakan dan puting PD sy terasa gatal2 dok apa sy hamil apa blm ?,,,Trims dok..

    Mei 28, 2013
    • Rini #

      dok udah 3 hari flek coklat sy kluar tp g banyak ,knp y dok ?

      Mei 29, 2013
  53. mutia #

    Dok saya selalu mens normal siklusnya 28hari, setiap bulan selalu maju 2 hari, terakhir mens saya tanggal 24 april 2013, tapi sampai awal juni saya belum juga mens. Terakhir berhubungan tgl 16 mei 2013. Saya masih ada kontrak kerja untuk tidak hamil sampai desember tahun ini dok. Saya dan suami memang tidak kb, kami menggunakan segama terputus dok(sperma di keluarkan keluar). Tapi untuk tanda2 kehamilan sy tidak merasakan apa2 dok. Apa saya hamil dok? Tolong di jawab yaa dok

    Juni 1, 2013
    • fany #

      ya mb mutia bs sj mb mutia hamil ni sy jg bgtu mb mdh2an hml ud telat 5 hr mdh2an hamil amin

      September 9, 2013
  54. mutia #

    Dok saya selalu mens normal siklusnya 28hari, setiap bulan selalu maju 2 hari, terakhir mens saya tanggal 24 april 2013, tapi sampai awal juni saya belum juga mens. Terakhir berhubungan tgl 16 mei 2013. Saya masih ada kontrak kerja untuk tidak hamil sampai desember tahun ini dok. Saya dan suami memang tidak kb, kami menggunakan segama terputus dok(sperma di keluarkan keluar). Tapi untuk tanda2 kehamilan sy tidak merasakan apa2 dok. Apa saya hamil dok? Tolong di jawab yaa dok

    Juni 1, 2013
    • fany #

      ya mb mutia bs sj mb mutia hamil ni sy jg bgtu mb mdh2an hml ud telat 5 hr mdh2an hamil amin

      September 9, 2013
  55. ree #

    Slmt pagi Dok… Dok ini kmren hr jumat sy cek ke Rs krn muncul flek sdkit hr rabu kamisnya entah mau haid atau apa.stlh di Usg trs Dokternya bilang rahim berkabut dan melebar 7cm .setelah itu hr sabtu – selasa brtambah banyak kluar spt haid dan payudara pun msh sakit klo dipegang.itu kenapa dok?mhon info dan solusi.trmksh,

    Juni 25, 2013
  56. rully #

    dok,sebelumnya saya mengalami skt kepala hebat setelah terlambat menstruasi,saya di beri obt penghilang nyeri.stelah konsumsi obat trsbt.vagina saya sering keluar flek coklat tua.. hampir 1 minggu. . mhon infonya.

    Juni 25, 2013
  57. rully #

    dok,sebelumnya saya mengalami skt kepala hebat setelah terlambat menstruasi,saya di beri obt penghilang nyeri.stelah konsumsi obat trsbt.vagina saya sering keluar flek coklat tua.. hampir 1 minggu. . mhon infonya.

    Juni 25, 2013
  58. Susi Mariana #

    Siang dok,, saya Susi umur 28thn mau nanya dok,,
    Saya udh 18bulan hbs nikah tp ˚ßέļõõõ♏ hamil sampe skrng,,haid sya sAat ini gakk teratur,bulan Januari siklus sy 28hr sya coba minum Kb tp sy minum cmn 10 biji karna suami yg datang 3hr kemudian sy haid siklus sy cm 24hr mugkin krn pngaruh KB tp bulan ini sy seharusx haid tgl 12 bulan kermrn 16 biasax sy mundur 3 ato 4hr tp buln ini sya haid tgl 17 tp cm drh cmpur keputihan tgl 18 br Å∂a̲̅ drh segar tgl 20 sudah bersih tanpak flek2 .. Knp ya dok apakah saya hamil ato cuma perubahan siklu.. Tolong penjelasanx ya dok maksih..

    Maret 23, 2014
    • wahh… wajar saja mbak susi, pil kb itu adalah obat hormonal, walaupun campur dengan suami cuma beberapa hari saja, namun pil kb itu harus siamakan selama satu siklus, makan separuh2 bisa berakibat timbulnya gangguan siklus, flek2 itu tanda terjadi gangguan hormon menstruasi

      Maret 23, 2014
  59. ayoparamitha #

    Selamat siang dok ..
    Saya mau nanya dok ..
    Saya mens tanggal 14 july ..
    Selesai mens tanggal 20 july ..

    Saya berhubunggan sama suami saya tanggal 25 july 5 hari selesai mens sebanyak 2 kali berhubungan ..
    terus saya langsung meminum pil kb andalan berwarna kuning 2 butir perhari selama 30 hari ..
    Jujur saya pertama kali meminum pil kb sebelum nya tidak pernah ..

    Setelah setelah saya berhenti pil kb tanggal 25 agustus ..
    Tanggal 29 agustus saya mendapat flek bewarna coklat ke hitaman 3 butir di CD saya bercampur darah itu hanya 1 hari saja ..
    Yang saya bingung kan darah nya keluar sedikit” ..

    1- Pil kb andalan apa bisa mencegah setelah berhubungan langsung meminum nya ??

    2- Apakah saya hamil atau tidak keluar flek coklat bercampur darah dan saya pun tidak tau itu mens apa bukan ??

    Agustus 30, 2014
    • 1. tidak bisa bu….
      2. flek coklat itu bukan pertanda hamil, ada baiknya ibu memastikan hal tersebut dgn USG

      September 1, 2014
  60. Anonymous #

    Saya tanggal tiga seharusnya mens tpi kok keluarnya flek campur darah ya apa saya hamil

    September 4, 2014
  61. Dok saya mau tanya tadi pagi saya munta hijau campur dahak trus muntah saya itu pahit bngt dan saya hamil bru 2 blan,,

    Oktober 2, 2014
  62. friska #

    Pagi dok…sy br sebulan menikah,saat ini sy sdh telat haid 1 minggu,di tespek hasil negatif,kmudian di hr ke 7 telat haid sy keluar flek coklat,sy pikir mau haid tp bsknya sudah ga ada,apa ada kmungkinan sy hamil dok?

    Oktober 7, 2014
  63. Ayu Afsheen #

    Dok, saya ingin bertanya awal pertama sya haid tanggal 12 juli selesai haid tggl 18 juli kmudian sya tlat haid 1 bln. bln september sya skt prut dan pinggang kya mau haid tp tdk haid tdk kluar jd 2 bln sya tlat haid.sya kira sya mau haid. d blan oktober x sya keputihan brwarna coklat biasa, dan bercampur darah sdikit. kira kira berbahaya gak dok ?…

    Oktober 11, 2014
  64. Ayu Afsheen #

    Dok, nama saya ayu. ingin bertanya awal pertama sya haid tanggal 12 juli selesai haid tggl 18 juli kmudian sya tlat haid 1 bln. bln september sya skt prut dan pinggang kya mau haid tp tdk haid tdk kluar jd 2 bln sya tlat haid.sya kira sya mau haid. d blan oktober x sya keputihan brwarna coklat biasa, dan bercampur darah sdikit. kira kira berbahaya gak dok ?…

    Oktober 11, 2014
  65. wulandari #

    dok saya mau tannya saya kan KB udh 3 bln tpi setelah itu sya
    lepas tpi udh 6bln saya ga head” yh tpi sya sering ngeluarin darah seperti ornh head tpi ga teratur dok .
    dan saya udh periksa ke puskesmas katanya saya hamil
    dan bulan ke 2 saya periksa lagi tpi ko ga pernah kedngeran detak jantung nya yh dok apa ada penyakit dirahim saya dok tpo dipuskesmas saya udh tes kencing dan tes darah . tpi pas saya USG janin saya blum kliahatn dok .. tolong dibls yh dok

    Oktober 16, 2014
  66. klikharry #

    @ibu icha… ada baiknya ibu melakukan test pack dulu yaa

    Maret 2, 2013
  67. klikharry #

    @ibu icha… ada baiknya ibu melakukan test pack dulu yaa

    Maret 2, 2013

Trackbacks & Pingbacks

  1. MENGAPA BISA HAMIL « klikharry.com
  2. TIDAK MENSTRUASI BELUM TENTU HAMIL « klikharry.com
  3. HAMIL DI LUAR RAHIM « klikharry.com
  4. FERTILITAS DAN KESUBURAN « klikharry.com
  5. TES PACK POSITIF SAMAR, APAKAH HAMIL? | klikharry.com
  6. TES PACK POSITIF SAMAR, APAKAH HAMIL? | klikharry.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.471 pengikut lainnya.