Skip to content
About these ads

TUBA EUSTACHIUS, TELINGA BERDENGUNG

tubaeustachius2.psd_.psd_.jpg

TUBA EUSTACHIUS TELINGA BERDENGUNG, saluran telinga pada manusia yang sangat dipengaruhi batuk pilek. Tuba eustachius ini sangat penting bagi manusia.tuba eustachius

dok, saya batuk hampir 1 bulan. seminggu terakhir ini telinga saya (pertama kiri kemudian 2-3 hari kemudian kanan juga) berdengung, seperti penuh gt dok. saya sudah ke dokter umum, dan diberikan obat untuk menyembuhkan batuk+flu. batuk saya agak mendingan, meskipun belum sembuh total. seiring batuk yg membaik dengungan pun berkurang. nah, td pagi saya masuk keruangan ber ac dan dengungan telinga datang lagi. hal ini benar2 membuat saya stress karna saya harus bekerja. apakah berbahaya jika saya menutup hidung kemudian mengeluarkan napas dengan terpaksa, sehingga telinga saya terasa plong lagi? saya mencoba 1 kali, berhasil (dengungan hilang) dan sakit sekali.

dok,kemarin saya flu tp kok telinga saya sekarang mengalami gangguan,susah mendengar&seperti ada air tp tidak ada,kenapa ya dok?&bagaimana cara mengatasinya?

UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT, SAYA TAMPILKAN GAMBAR BERIKUT

tuba eustachius2.psd.psd

Penyebab telinga terasa berdengung atau telinga sulit mendengar adalah karena adanya perbedaan tekanan antara telinga bagian dalam dengan lingkungan luar. Penyebab adanya perbedaan tekanan ini adalah tersumbatnya saluran udara yang menghubungkan telinga dalam dengan lingkungan luar (hidung). Sumbatan saluran ini kebanyakan disebabkan oleh naiknya ingus/ lendir yang berasal dari hidung dari seseorang yang menderita batuk pilek beberapa hari sebelumnya.  Keluhan yang dirasakan penderita adalah telinga terasa penuh, telinga berdengung, pendengaran menurun, telinga bindeng.

Apabila gangguan ini dibiarkan maka lama kelamaan perbedaan tekanan ini akan mengakibatkan gendang telinga mengembung. Selain itu, sumbatan saluran ini akan memudahkan pertumbuhan kuman hingga timbul infeksi di dalam telinga. Akhirnya, karena tidak diobati dengan pengobatan yang adekuat, gendang telinga akan pecah diiringi dengan keluarnya nanah yang berasal dari infeksi telinga.

Mengapa menghembuskan nafas secara tiba-tiba dengan mulut dan hidung ditutup bisa menimbulkan rasa nyaman di telinga?

Udara mengalir dan keluar dari tuba eustachi saat menelan, menguap atau mengunyah. Selain itu, dapat dilakukan dengan valsava manuver. Valsava manuver adalah tarik napas dalam-dalam. Lalu, coba untuk membuang napas dengan mulut tertutup dan menjepit hidung. Dengan cara ini, kita dapat mendorong udara masuk ke dalam tuba eustachi dan saluran tuba eustachius ini akan terbuka seketika sehingga telinga akan terasa nyaman, namun setelah kita berhenti melakukan manuver ini, tuba eustachius ini kembali menutup dan keluhan akan kembali lagi.

Bagaimana mengobatinya?

  • Kadangkala, tidak ada pengobatan khusus yang dilakukan, karena tiga empat hari akan segera hilang sendiri dengan meredanya keluhan batuk pilek.
  • Obat-obatan antihistamin dan dekongestan. Obat antihistamin dan dekongestan seperti CTM biasanya sudah tergabung dari obat batuk pilek yang biasa diberikan oleh dokter. Antihistamin dan dekongestan terbukti membantu membersihkan dan menghilangkan sekresi dan sumbatan di sinonasal.
  • Antibiotik. Obat antibiotik diperlukan jika dicurigai ada gangguan tambahan seperti nyeri pada daerah telinga yang disertai dengan demam.
About these ads
124 buah komentar Post a comment
  1. Sahrul #

    Terima Kasih Infonya Dok
    Jazaa Kumullahu Khair.

    November 6, 2012
  2. masita mayangsari #

    Siank Doc,

    Saya Masita (22th) saya mw konsultasi.
    telinga saya yang sebelah kanan rasanya sakit bnget setelah dipukul dengan keras.itu dari semalam, rasanya saya jika mendengarkan suara keras rasa sakit bangetdikepala.saya ingin priksa tapi saya takut.doc tolong dijelaskan? Valsava manuver adalah tarik napas dalam-dalam. Lalu, coba untuk membuang napas dengan mulut tertutup dan menjepit hidung. saya melakukan itu tapi setelah itu saya merasakan ada udara yang kluar dari telinga saya..tapi setelah itu rasa sakit itu muncul kembali. Apakah itu tidah berbahaya?dan berapa hari akan sembuh doc???

    Rgds,

    Masita

    November 8, 2012
    • siang juga mbak, saya rasa hal ini tidak ada hubungannya dengan valsava manuver ibu, karena sumber gangguan adalah karena trauma pukulan (dari arah luar) bukan dari sebelah dalam karena rusaknya saluran telinga (dites dengan cara valsava manuver)

      Ada baiknya ibu berobat untuk memastikan gendang telinga ibu tidak ada masalah apa2, karena kebanyakan pukulan pada telinga biasanya akan disertai dengan robek pada gendang telinga, namun jika tidak ditemukan robekan gendang telinga, berarti penyebabnya berasal dari luar (kepala atau leher)

      berbahaya atau tidak tergantung banget dengan pemeriksaan dokter, bisa sembuh jika ibu masita berobat

      Have a great day
      dr. harry :)

      November 8, 2012
  3. natalia #

    nama saya natalia .
    malam doc, saya mau tanya donk ttng keluhan saya,
    saya berumur 16 tahun,
    telinga kiri saya berdengung pada saat berbicara di saat”tertentu terutama di skolah, dan di tempat” yg panas dan ramai.
    dan hal ini bisa hilang sementara jika saya tiduran, kepala vertikal kebawah, sengaja memberi sumbatan pada hidung, memakan makanan yg pedes panas, dan tangan menekan di daerah leher

    menekan daerah leher dan memberi sumbatan pada hidung hampir saya lakukan tiap hari, apa ini berbahaya dok?

    ini udah berlangsung selama 2 tahun lebih, sudah ke dokter 8 kali, dan pernah mencoba hyperbaric oxygen slama 4 kali. dan skrng telinga saya belum sembuh secara total.

    ini sangat mengganggu keseharian saya, dan membuat saya tidak bgtu berani bersosialisasi.
    saya harus bgamana lg dok? apa telinga saya masih bisa kembali normal?

    terima kasih dok,

    November 10, 2012
    • sore mbak natalia, jika sudah 8 kali ke dokter; yang ingin saya tanyakan adalah apa saja diagnosis penyakit yang dikatakan oleh dokter tersebut?

      November 11, 2012
  4. natalia #

    dokternya hanya bilang kemungkinan itu saluran eustachius dan telinga bagian dalam,
    sudah minum obat tp gak sembuh” dok,
    apa mungkin ini harus rongsen telinga bagian dalamnya dok?

    November 11, 2012
    • dokter anda mengatakan hal yang benar, kemungkinan besar ada gangguan pada saluran telinga dan mulut, rontgen telinga bagian dalam juga tidak ada gunanya, apakah ada dokter yang menyarankan untuk operasi?

      November 11, 2012
      • natalia #

        lalu apa yg harus saya lakukan? apa ini bakal terus berlanjut dan gak bisa sembuh?
        tidak ,dokternya tidak suruh operasi, memang hanya bisa dengan operasi dok?
        dan, klo saya tiap hari menekan daerah leher dan menyumbat hidung saya “hampir tiap hari” untuk menghilangankan dengungan itu sementara. apa bahaya dok?

        November 12, 2012
      • hal seperti ini akan berlangsung terlangsung terus dan cenderung akan menjadi kronis, namun melakukan valsava manuver seperti yg mbak lakukan tidaklah berbahaya sama sekali

        November 12, 2012
      • natalia #

        memng sudah tidak ada pengobatan lain dok?
        apa harus ada operasi?
        sebenernya apa sih penyebab nya?
        doter herry, dokter tht kan?

        November 12, 2012
      • saya bukan dokter tht mbak :)

        November 12, 2012
  5. bobi saputra #

    Dok.nama saya bobi umur 30 tahun. saya sudah hampir 3 tahun menderita telinga berdenging dan sakit dibagian kening dan daerah mata. Ini terjadi pada waktu saya pilek, saya terlalu kencang mengeluarkan ingus lewat hidung saya dengan menutup salah satu hidung dan mengeluarkannya, saya lakukan pada kedua hidung. lalu saya merasa ada angin yang menekan ke telinga saya dan pada saat itu telinga saya berdenging sampai sekarang. saya sudah berobat ke berbagai macam dokter THT dan dokter syaraf dan belum ada perubahan sampai sekarang. Pernah saya dulu berobat ke salah satu dokter di RS pusat THT jakarta, beliau menyarankan untuk hidung saya di operasi. pada waktu itu, saya belum percaya. Saya sudah MRI, CT Scan dan tidak ada masalah. Saya pun sudah terapi hiperbarik 10x. Menurut dokter apakah ada kemungkinan masalah di hidung atau rumah siput telinga saya ? saya rencananya mau endoskopi hidung dan jika ditemukan masalah saya juga akan operasi hidung. Karena saya sudah tidak tahan menahan sakit pada daerah atas mata saya terus menerus dan denging telinga ini dok. Apakah operasi hidung ini ada efek sampingnya dok ? Terima kasih dok atas bantuannya

    November 13, 2012
    • apa yang bapak bobi sampaikan sama dengan permasalahan yang disampaikan oleh mbak natalia yang sharing mengenai masalahnya di komentar sebelumnya. Permasalahannya adalah,
      (1) kelenjar hidung ada yang menutup saluran tuba eustachius, akibatnya saluran telinga tidak terbuka sempurna,
      (2) nyeri di kening dan mata menunjukkan kemungkinan ada infeksi pada rongga-rongga kepala yang biasa disebut sinusitis
      (3). Operasi seaman apapun tetap mempunyai komplikasi dan efek samping, namun biasanya efek sampingnya minimal sekali
      terima kasih

      November 13, 2012
  6. deddi #

    saya dedi,,,
    mau tanya dok,,telinga saya seperti menutup waktu di bersihkan pakai cotton buds,dan itu trjadi setiap kali menggunakannya,,kemudian seminggu setelah itu baru normal lagi,,tapi sekarang sudah seminggu lebih tapi masih menutup juga dok,sehingga pendengaran berkurang,saya sudah pakai obat tetes seperti yg di sarankan teman saya tapi tidak ada efeknya ,kenapa ya dok?

    November 16, 2012
    • periksa dulu pak deddi, bisa jadi ada kotoran menumpuk di dalam telinga bapak. karena penggunaan cotton bud sering malah mendorong kotoran jauh masuk ke dalam liang telinga

      November 16, 2012
  7. telinga sy kena tabokan dok,jadi setiap saya bernafas udara selalu keluar masuk dg kencang,jg kurang enak saat mdngar.

    November 20, 2012
  8. dok telinga sy kena tabokan ,jdi setiap saya bernafas udara selalu keluar masuk dg kencang,jg kurang enak saat mdngar.

    November 20, 2012
  9. Taufik #

    Pgi dok,,
    dok saya mau tanya telinga, saya kurang dengar , rasanya gatal,
    tpi kalau pipi saya di tari pendengaranya plong, tpi kalau pipi saya di lepas tidak dengar lagi,gemana itu dok,,,?

    November 26, 2012
    • rasa gatal itu bisaa disebabkan karena adanya jamur di dalam liang telinga. pipi ditarik terasa plong berarti sudah ada sumbatan di dalam telinga bapak taufik, saat ditarik, maka ada rongga udara yang memungkinkan gel. suara masuk,

      November 26, 2012
  10. owen #

    dok telinga saya rasanya seperti tertutup gitu,itu knpa ya???

    Desember 8, 2012
  11. aam #

    Terima kasih Dok.

    Desember 24, 2012
  12. agus #

    Malam dok, saya sering bersin2 saat subuh, dan sering terjadi susah buang ingus karena lengket, yg membuat sy paksa keluarin, sampai keluar udara dari telinga. Dan kemaren malam setelah melakukan itu lagi, tiba2 telinga saya jadi berdenging. Ga tau yang mana yg berdenging. Lalu sy ke dr. Tht dan beliau ngasih obat cairan yg ditetesin, serta obat flu sinus dll. Tapi kenapa dokter itu nyuruh netesinnya yg sebelah kanan saja ngga keduanya? Apa memang seperti itu langkahnya? Apa memang harus satu – satu? Terima kasih.

    Desember 28, 2012
    • iya agus, benar sekali, karena dokter tht bisa lihat langsung kondisi gendang telinga agus

      Desember 29, 2012
      • agus #

        Terima kasih informasinya dok.

        Desember 29, 2012
  13. agus #

    Sore dok, ada yg mau saya tanya lagi nih dok. Setelah 2 hari ditetes telinga, kotorannya keluar, tapi tidak bisa keambil, soalnya dicoba pake cotton bud sampai kerasa sakit, tapi belum kena kekotorannya. Ada cara lain ga dok? Soalnya pas saya tetes lagi obatnya jd keluar lg cairan obatnya. Terima kasih

    Desember 30, 2012
    • wahh.. harus ke dokter itu pak, soalnya kotoran itu harus segera dikeluarkan, dan kotoran telinga tidak bisa keluar hanya dengn obat tetes telinga

      Desember 30, 2012
  14. Salam dok,saya wawan mau curhat, ibu saya pernah terbentur beberapa tahun lalu, terus sekarang sering sakit telinganya dan berdengung sampai gak tahan. padahal ibu sudah berobat keTHT,ahli saraf tapi gak sembuh2 .dan ct SCAN pun gak ada apa2? kenapa yah Dok? terima kasih

    Desember 30, 2012
    • salam pak wawan, boleh tau apa pendapat dokter THT dan dokter Syarafnya? Apakah ada bagian tertentu yang terganggu?

      Desember 30, 2012
  15. amelia #

    assalamualaikum dok, saya amelia 20 th, keluhan saya itu hidung kanan tersumbat sama telinga kanan penuh, klo onset tersumbatnya sy kurang memerhatikan dok dari kapannya karena ga terlallu ganggu pernafasan jd ga terasa klo tersumbat, 3 minggu yang laluan kuping saya berdenging dok pas lagi dijalan, kualitasnya lumayan keras , ini terjadi 2 kali dok dlm 2 hari lamanya sekitar 30 detikan, setelah itu ada bbrp kali lagi tapi ga sekenceng 2 kali sebelumnya, terus kadang kadang juga telinga sakit dok ga setiap hari tapi. seminggu lalu ada sakit kepala bagian kiri (ada hubungannya ga ya dok?), terus ini saya kenapa ya? saya belum sempat kedokter hanya baru cari2 sendiri dari buku dan google tapi akhirnya cemas sendiri dok.. :_(

    Januari 1, 2013
    • waalaikumsalam ibu amelia.
      jawaban yang ibu cari sudah saya jelaskan di tulisan saya ini. Yang paling penting adalah menyetop batuk pileknya, karena gangguan telinga bersumber dari sumbatan cairan pilek yang berasal dari hidung, sakit kepala juga berasal dari gangguan telinga ini. Saran saya, segera berobat ke dokter tht, karena cairan yang ada di dalam telinga tersebut harus dikeluarkan (bisa dengan cara makan obat atau disedot menggunakan alat tht).

      Januari 2, 2013
      • Adhi #

        Dok alat tersebut dijual bebas atau tidak…??jika iya, apa namanya..??

        Januari 30, 2013
      • Adhi #

        Maksud saya alat penyedot angin untuk telinga……

        Januari 30, 2013
  16. ronal.diantry #

    Dok saya mw tanya
    kuping kiri saya 2tahun lalu tertusuk cotton bud, dan saya pergi ke dokter , dah dikasih obat tetes + antibiotik. dan alhamdulillah sembuh walaupun sering keluar udara dari kuping kalo olahraga.

    namun dok belakangan hari ini, kuping kiri saya keluar cairan namun tak bau tapi gatal dan terasa seperti ada yang ganjal kalo saya narik nafas membuang nya tanpa membuka mulut kuping kiri saya seperti mengeluarkan nafas / ataupun saya sedang ber olahraga saat saya bernafas pada tingkat lumayan sudah lelah kuping kiri saya akan seperti mengeluarkan udara.

    saya minta tlong adik saya melihat kuping kiri saya, kata dia ada putih – putih gitu dok dket dengan daun telinga, dan disitu pun saya merasakan ganjalan tersebut.

    kira-kira dari cerita saya diatas , saya kenapa dok?

    Januari 2, 2013
    • bisa jadi itu adalah jamur atau kotoran yang melekat ronal, sebaiknya berobat ke dokter tht yah

      Januari 3, 2013
      • ronal.diantry #

        kalau kuping ber air terus itu karna gendang telinga sudah bolong dok?

        Januari 3, 2013
      • kemungkinan besar iya, tapi nggak selalu, bisa jadi hanya infeksi kronis di daerah liang telinga dan belum sampai gendang telinga

        Januari 3, 2013
  17. ronal.diantry #

    apakah dibiarkan saja tidak apa” dok?
    soalnya dok kyk kumat-kumatan gitu dok

    kalo dia lagi pgn keluar keluar terus tuh air.
    kalo ga, dia ga keluar sampe berbulan” / hari”

    pendengaran saya masih bagus dok, seimbang kanan dan kiri.

    Januari 3, 2013
    • @ronal, coba anda periksakan sekali lagi ke dokter tht, jika ternyata gendang telinganya gak robek, berarti gak akan jadi masalah, namun jika ternyata gendang telinganya blong, ada baiknya berobat rutin

      Januari 4, 2013
      • ronal.diantry #

        ok dok terima kasih banyak.

        Januari 4, 2013
  18. Rauf ,13Thn #

    dok , kuping saya 4 hari yg lalu berdengung sebelah kiri . lalu sekarang telingan kanan saya yg sakit , awalnya hanya gatal ditalam . namun saya hanya menarik-narik daun telinga agar tidak gatal . namun 30 menit kemudiantelinga saya berdengung seperti 4 hari yg lalu . oiya, saya lupa bilang kalau tadi pagi saya mengeluargan ingus dengan kencang karena menyumbat hidung . solusinya gimana dok ? dan saya juga mempunyai obat tetes telinga yg mengandung chloramphenocol base , bisa mengobati gak dok ? plisssss jawabannya ,sakit nie dok

    Januari 4, 2013
    • solusinya, makan obat antibiotik ya, kebanyakan obat antibiotik tetes seperti chloramphenicol tidak membantu pada kasus sepert ini

      Januari 6, 2013
  19. Rauf ,13Thn #

    THX dok

    Januari 7, 2013
  20. Rico #

    dok,mau nanya.Kuping saya berdengung sejak 2 hari yang lalu.hari ini saya ke tht.saya di bilang kalo saya tersumbat karna saya minum air es.minum air es ada hubungan nya dengan sumbat gak yah?saya di kasih obat flu , antibiotik,dan obat alergi.
    Mhon jawaban nya dok..

    Januari 13, 2013
    • ada hubungannya, namun tidak secara langsung, minum es akan menyebabkan penyakit batuk pilek, penyakit batuk pilek itulah yang mengakibatkan sumbatan pada telinga

      Januari 14, 2013
      • Anonymous #

        Oh makasih banget ya dok

        Januari 14, 2013
  21. triana #

    Dok, anak saya 11 tahun, sering pilek dan banyak keluar dahak. Kadang2 sampai sesak nafas. Kata dokter ini gejalanya asma. Lalu akhir2 ini dia mengeluh matanya kalo melihat terang sakit dan kalau baca hurufnya seperti double. Kadang sedikit pusing dan telinga berdenging. Apakah ini ada kaitannya dengan pileknya? Apakah mata anak saya minus atau sakit apa ya dok? Mohon jawabannya dan terima kasih.

    Januari 15, 2013
  22. otto #

    dok, saya tiba-tiba mengalami pusing dan telinga berdengung..perut juga kurang enak dan seperti maag,lalu saya ke dokter ternyata dikasi obat maag dan dites bab, ketemu sejenis jamur albanica trus dikasi obat nistatin (anti jamur). saya dikasi juga probiotik dan obat maag. Akhir2 ini telinga saya sering berdengung dan kepala pusing. Ada sedikit gejala flu tp tidak begitu parah….kira-kira apa penyebab teling berdengung dan apakah menyebabkan sakit kepala

    Januari 15, 2013
    • ‘dites bab’ maksudnya tes apa itu pak otto?

      Januari 22, 2013
  23. dok saya mau tanya,telinga saya berdengung dan mengeluarkan cairan dok,nama obat di apotiknya apa yah dok ??

    Januari 17, 2013
    • @riza… hati2 menggunakan obat, harus tepat penggunaannya dulu, apalagi untuk telinga, harus dilihat dulu apa penyakitnya dan dimana rusaknya

      Januari 22, 2013
  24. Dok, saya mau tanya. Saya 17thn. Sudah hampir 2 thn (tiap harinya) telinga kanan saya terasa penuh, berdenging & kualitas pendengaran menurun. Beberapa hari yg lalu, gangguan telinga saya bertambah. Serasa ada sesuatu di telinga kanan sehingga saya seperti mendengar ‘letupan-letupan’ di telinga kanan. Saya belum ke dokter THT karna saya takut akan bertambah parah. Apa penyebab kondisi ini, Dok? Apakah bisa sembuh? Apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhkannya? Karena kondisi ini sangat mengganggu aktifitas saya setiap hari. Terima kasih, Dok.

    Januari 18, 2013
    • bisa jadi pnybabnya karena ada kotoran telinga yang menyumbat, pengobatannya adalah dengan mengeluarkan kotoran telinga tersebut

      Januari 22, 2013
  25. suminto #

    siang dok, nama suminto 42th, saya sudah 5 hari batuk pilek, dan terakhir saya batuk kencang dan tdk berhenti” selama kurang lebih 1 menit, dan tiba-tiba saya muntah dan isinya lendir dari batuk sepertinya, setelah itu saya seperti vertigo pusing,dan saya coba baringkan, dan keesokan harinya kuping sebelah kiri saya berdenging dan suara yg masuk agak kecil, saya biarkan selama 3 hari karena dipikir dari batuk kemarin, tapi setelah 3 hari pendengeran saya hilang dan kuping mulai berdenging, saya langsung ke dr THT ditest audiogram sama alat satu lagi saya lupa namanya yg mencetak hasilnys seperti grafik….saya di judge sama dokter pendengaran saya tdk akan pulih lagi…..saya kaget dan sedih…..dan saya dikasih obat”an lima macam, skrg masih berobat jalan dan fisioterapi kuping dipanasin ?? apakah saya kena tinnitus ?? saya sudah coba Valsava manuver tapi tdk berhasil karena udara yg keluar hanya dari kuping sebelah kanan saya, sedangkan kuping sebelah kiri seperti tertutup dari dalam…….mohon informasinya dokj….Terimakasih

    Januari 22, 2013
    • @bapak suminto
      dokter mempunyai cara pendiagnosis penyakit sendiri, menurut dokter bapak itu seperti ini, walaupun nantinya batuk pilek bapak berhenti namun pendengar tidak akan pulih kembali karena kemungkinan gangguan tersebut telah mengenai sistem persarafan pendengaran bapak

      Januari 22, 2013
  26. anggie #

    sore dok saya sdh dua minggu skt flu pilek trus kuping kanan saya mampet sampai skrng skitar dua minggu kok gak hilang2 YAA DOK,

    Januari 24, 2013
    • yaa.. sudah makan obat batuk pileknya belum?

      Januari 25, 2013
  27. Listadia #

    Siang dok,.. telinga saya sebelah kanan sdh 6 hari ini serasa tersumbat & mengganggu sekali. Saya ibu hamil 5 bulan, sblmnya saya sakit pilek tp lendir terasa mengental sekali yg akibatnya susah keluar dari mulut ataupun hidung. karena hamil sy tdk minum obat pilek dan hanya bedrest & minum vitamin. Hari ke lima pilek saya mendingan, karena telinga blm jg sembuh akhirnya saya ke dokter THT. Kata dokternya telinga saya bersih, hanya ada kotorannya sdkt & sdh disedot tp kenapa telinga sy blm pulih spt sediakala? Dokter THT jg tdk berani memberikan obat apapun kpd saya mengingat kondisi sy yg sdg hamil. Apakah ini bawaan bayi Dok? sy sdh pake cr tradisional spt diuapin, apakah ada cr lain? Ato saya harus ke dokter THT lain sbg second opinion? Terimakasih.

    Januari 30, 2013
  28. Malam dok,saya mau tanya 2 hari yang lalu saya terlalu keras dalam mengeluarkan ingus dan sepertinya memang betul ada cairan yang masuk ke telinga sampai menyebabkan telinga saya sakit sekali. Setelah saya ke dokter saya diberi antibiotik,memang sudah tidak sakit tetapi sekarang malah jadi berdenging dan seperti tersumbat angin. Apa yang harus dilakukan? telinga yang bermasalah adalah telinga kanan. Saya harus tidur menghadap kanan atau kiri untuk mengeluarkannya? Brapa batas waktu yang normal untuk sakit ini bisa hilang sendirinya? Trima kasih

    Januari 31, 2013
  29. suminto #

    Nama saya Suminto dan saya pernah post tgl 22 jan 2013, saya mau berbagi sedikit tentang masalah kuping saya sekarang sudah bisa kembali normal mendengar, seperti telah saya ceritakan diatas bahwa saya di judge tdk akan bisa mendengar lagi oleh dr. THT….. tapi saya dikasih tau ada dokter terkenal di Bandung yaitu : Prof.DR.Dr.Thaufiq Boesoirie,MSc. yg beralamat Jl.Belitung no.4 Bandung phone 022-4205465, setelah 5 hari saya berobat ke beliau, Kuping saya sudah bisa mendengar lagi, dan sekarang dalam masa penyembuhan menghilangkan denging yg lama kelamaan hampir Hilang, terakhir saya berkunjung ke Beliau tgl 29 jan dan skrg masih berobat jalan, dan kuping saya pendengarannya normal kembali ( obat yg dikasih adalah obat racikan )…..Bagi bapak-ibu silahkan tlp untuk bikin perjanjian soalnya pasiennya banyak sekali, dan beliau praktek dari jam 6 sore s/d jam 6 Pagi. Disini saya hanya mau berbagi….saya merasa tersiksa dengan kondisi keadaan saya kemarin, dan dgn petunjuk Tuhan saya telah menemukan Dokter yang tepat untuk menyembuhkan kuping saya……Mohon Maaf kepada Admin bila saya lancang…..tapi saya senang berbagi muda”an Prof.DR.Dr.Tahufiq bisa membantu Semuanya…..Terimakasih

    Februari 2, 2013
  30. fitya anistyanti #

    dok, saya flu udah hampir 2 minggu lebih, tpi gak sembuh” padahal sudah brobat 2x. karna ingus yg sering saya kluarkan telinga jdi berdengung, kenapa ya dok?
    akibat telinga yg berdengung saya sering mengalami sakit kepala sbelah. tlong infonya dok, thanks.

    Februari 5, 2013
  31. nina #

    sjk bayi sy pny skt tht dok jd sdh 22thn, br sj sy k dktr tht krn telinga kanan sy skt lg kt dktr sblmx mmg kena alergi (debu, dingin, pedas, stres). stlh dlht tubax b’masalah td d sembur biar plong, dbr obt pelancr lendr n phlg nyeri stlh 5 hr kl gpp bs lnjt terapi alergi biasax terapi sprt apa?tp kl blm smbh hrz dtes apakh telinga tengahx b’mslh.

    Februari 6, 2013
  32. fany #

    dok, telinga saya kemasukan air udh 5 hari, tp 2 hari terakhir ini, telinga saya terasa full, udh dibantu pake air,biar air ditelinganya bisa keluar,jg ga mempan. malahan telinga sya terasa makin full, akhirnya saya d dr.THT diberi obat paracetamol, spiramycin, + obat tetes telinga. waktu sya pake obat telinganya,knp telinga sya jd terasa makin sakit dan nyut2an, sya smpe ga tahan sama sakitnya, lalu apa yg hrs sya lakukan dok? (keadaan telinga sya bengkak krm sempat sya korek pake cottonbud) tolong dibalas ya dok, makasi :)

    Februari 16, 2013
  33. mau nanya nih dok,

    saya sudah satu bulan mengalami telinga berdenging, dan akan di operasi.. apa efeknya jika stelah operasi, dan apakah benar2 akan pulih dari berdengingnya? tks dok.

    Februari 18, 2013
  34. soleh #

    dok saya berobat rs mery tp kata dokter tht nya telinga saya infeksi,,, jgn ngeroko katanya,,,, tapa ada dengungnya pa kah hasru di sedot dok,,, terkadang sakit dan tidak ada pendengaran

    Februari 18, 2013
  35. dok saya umur 18 tahun. saya terkena polip dan apa gitu yang membengkak di hidung. nah saya di ksh obat terus dan obat semprot hidung. sudah hampir 1 bulan pemakaian. mendadak kira2 2 hari yg lalu kuping kanan saya serasa berat atau tidak seperti biasanya. apa kah itu karna efek obat ? dan apakah bisa seperti sedia kala ? makasih dok.

    Februari 19, 2013
  36. Darken netral #

    ASalamualaikum Dok.
    Dok saya mau nanya kakak saya kemarin se telah cabut gigi telinganya terasa sakit dan ketika di korek dengan kapas kotoran telinga kok warnanya hitam sekali kenapa yah dok? Dan ketika di rumah sakit,KK saya di sedot kotorannya dari telinga. sepulangnya dari rumah sakit,ketika Kk saya menutup hidung dan mulut dia mampu mengeluarkan udara dari telinga kanan. apa ini bahaya dok?
    Wassalam..

    Februari 20, 2013
  37. M.ansori. #

    Good

    Februari 23, 2013
  38. bismillah
    dok saya mengalami denging telinga tanpa henti sejak 5 tahun yang lalu, awalnya dulu karena kaget waktu tidur hingga kebangun terus vertigo dan telinga berdenging hingga sekarang.sudah diperiksakan ke dokter THT,Saraf dan beberapa pengobatan alternatif namun tidak ada perubahan….malah rasanya semakin gak karuan.sampai-sampai bingung mau ikhtiar mencari kesembuhan dengan apalagi…gmn solusi dari dokter.
    jazakallahu khoir

    Februari 24, 2013
  39. ara #

    dok mau nanya kenapa kalo naik motor trus kena angin(angin dingin) telinga suka nyeri trus sampe bikin pusing juga kaya berasa sakit gigi? tapi memang ga ada yang kaya cairan apa gitu keluar dari telinga. padahal ga lagi sakit tapi kalo naik motor kena angin langsung nyeri

    Maret 9, 2013
  40. ara #

    dok mau nanya kenapa kalo naik motor trus kena angin(angin dingin) telinga suka nyeri trus sampe bikin pusing juga kaya berasa sakit gigi? tapi memang ga ada yang kaya cairan apa gitu keluar dari telinga. padahal ga lagi sakit tapi kalo naik motor kena angin langsung nyeri

    Maret 9, 2013
  41. angel #

    Awalnya saya flu Dan saya coba buang inGus terlalu keras sehingga sekarang telinga saya sakit Dan sekarang telinga berdenging terus Dan seperti bindeng, itu kenapa ya dok ?

    Maret 13, 2013
  42. angel #

    Awalnya saya flu Dan saya coba buang inGus terlalu keras sehingga sekarang telinga saya sakit Dan sekarang telinga berdenging terus Dan seperti bindeng, itu kenapa ya dok ?

    Maret 13, 2013
  43. rohim #

    dok.saya rohim umur 20 th.mau tanya.telinga udah satu bulan ini berdenging kenapa ya dok.saya belum sempet ke tht hanya ke klinik dan di kasih obat tetes tp gak sembuh cuma dengingannya gak sekeras dulu.di tempat kerjaku bising banget apa gara2 itu ya.apakah masih bisa di sembuhkan dok.makasih sebelumnya.

    Maret 21, 2013
  44. rohim #

    dok.saya rohim umur 20 th.mau tanya.telinga udah satu bulan ini berdenging kenapa ya dok.saya belum sempet ke tht hanya ke klinik dan di kasih obat tetes tp gak sembuh cuma dengingannya gak sekeras dulu.di tempat kerjaku bising banget apa gara2 itu ya.apakah masih bisa di sembuhkan dok.makasih sebelumnya.

    Maret 21, 2013
  45. wicaksono #

    dok, saya hampir setiap hari pilek terus itu kenapa ya? tapi kalau udh siang hilang, terus muncul lagi pas di dalem ruangan/ sore, dan sekarang saya kyk artikel yg si atas, cara nyembuhin cepetnya gimana dok?

    Maret 21, 2013
  46. wicaksono #

    dok, saya hampir setiap hari pilek terus itu kenapa ya? tapi kalau udh siang hilang, terus muncul lagi pas di dalem ruangan/ sore, dan sekarang saya kyk artikel yg si atas, cara nyembuhin cepetnya gimana dok?

    Maret 21, 2013
  47. Aristya Dwi Agustin #

    dok, saya mau tanya, kemarin saya tidur siang nah bangun2 telinga saya yang kanan tiba2 berdengung bindeng gitu sampai sekarang, dan sekarang rasanya itu telinga seperti ada yang menutupi padahal saya tidak flu atau batuk, cara penyembuhan cepatnya gimana dok?

    April 14, 2013
  48. Aristya Dwi Agustin #

    dok, saya mau tanya, kemarin saya tidur siang nah bangun2 telinga saya yang kanan tiba2 berdengung bindeng gitu sampai sekarang, dan sekarang rasanya itu telinga seperti ada yang menutupi padahal saya tidak flu atau batuk, cara penyembuhan cepatnya gimana dok?

    April 14, 2013
  49. rafly #

    apakah efeknya jika obat tetes telinga diberikan ke mata?

    April 26, 2013
  50. rafly #

    apakah efeknya jika obat tetes telinga diberikan ke mata?

    April 26, 2013
  51. setyo #

    dok, saya kesulitan mendengar dr tahun 2002 smpai skr. Saya menggunakan alat bantu dengar sebelah kanan tetapi sebelah kiri saya tidak memakai. setelah beberapa tahun pendengaran sebelah kanan sedikit naik krn alat bantu dengan tetapi sebelah kiri malah menurun pendengarannya. Bila kondisi saya kelelahan keduanya tidak bisa mendengar dan mendengung, Saya sempat malu krn hal ini. Sudah banyak dokter saya coba tetapi tidak ada perubahan. Kadang saya menguap supaya ada oksigen masuk ke telinga berbunyi krak spy nyaman dng telinga saya. Masalah telinga saya itu apa penyebabnya dok? Kata dokter syaraf telinga ada yang rusak, apakah tusuk jarum bisa mengobati syaraf telinga dok? Mohon bantuannya saya harus berobat dimana dok?

    April 28, 2013
  52. ASSALAMMU’ALAIKUM dok..
    . saya mw tanya nih dok, umur q 15thun..
    aq menderita telinga sblah kiri berdenging,dan ada bunyi letupan2x gitu dok.,tpy telinga sbelah kanan.a normal dok.
    aq kn sdg flu,dan demam.. setiap q mau ngeluarkn ingus.a pasti telinga q jadi ada bunyi letupan2x kecil seperti geluduk itu dok..
    terus, terasa sakit dok dan ada seperti tersumbat air gtu dok.
    nah, tpy aq blm periksa k’dokter dok.
    gmna cara nyembuhinya dok?..
    . thx dok,tlg d’jawab yah dok..

    Mei 12, 2013
  53. ASSALAMMU’ALAIKUM dok..
    . saya mw tanya nih dok, umur q 15thun..
    aq menderita telinga sblah kiri berdenging,dan ada bunyi letupan2x gitu dok.,tpy telinga sbelah kanan.a normal dok.
    aq kn sdg flu,dan demam.. setiap q mau ngeluarkn ingus.a pasti telinga q jadi ada bunyi letupan2x kecil seperti geluduk itu dok..
    terus, terasa sakit dok dan ada seperti tersumbat air gtu dok.
    nah, tpy aq blm periksa k’dokter dok.
    gmna cara nyembuhinya dok?..
    . thx dok,tlg d’jawab yah dok..

    Mei 12, 2013
  54. lisa fadisha #

    Malam dokter,saya lisa usia 35tahun,mau tanya,,kenapa setiap saya minum obat tablet apa saja,khususnya obat pelangsing Dan Pembersih Wajah Atau Parfume ,slalu pusing dan telinga seperti penuh,apa yg hrs saya lakukan? Berbahayakah? Krn ini sering skali terjadi.mohon Jawabanya Trimakasih

    Mei 25, 2013
  55. maria #

    siang dok,

    suami saya umur 29thn sdh 2thn telinga kanan ny berdeging.awal ny hanya kemasukan air lama2 jd sakit dan mengeluarkan nanah.dktr tht blg bahwa gendang telinga ny robek. dan di berikan vit n obat tetes sehingga tdk bernanah lagi.
    tp samapi skrg msh berdenging dan hidung jd mampet.br2 ini secara tak sengaja suami saya bersin dan keluar seperti daging serta darah dr hidung.saat itu juga hidung terasa plong.
    tp ga sampai 2jam terasa mampet lg dok.

    yg mau saya tanyakan apakah dengan operasi bs menyembuhkan telinga suami saya.paling tidak menghilangkan dengingan dan hidung mampet ny. trs dokter bs kash info kira2 rs tht mana yg bgs?
    dan untuk operasi kira2 brp biaya ny dok?hrs belasan juta kah?

    thx be4 ats info ny.

    Juli 22, 2013
  56. Andre #

    sore dok saya andre penderita telinga berdengung gi mana cara agar telinga saya tidak berdengung lagi
    moho konsultasinya dokkk

    Juli 28, 2013
  57. Andre #

    sore dok saya andre penderita telinga berdengung gi mana cara agar telinga saya tidak berdengung lagi
    moho konsultasinya dokkk

    Juli 28, 2013
  58. Erlangga #

    assalamualaikum dok

    saya ingin bertanya nama saya erlangga umur 20th saya ingin bertanya kok telinga saya kurang pendenganran nya seperti tersumbat sesuatu , tetapi apabila ditekan lalu dilepaskan normal kembali,selanjutnya kembali lagi tersumbat , itu kenapa ya dok. apakah jika di beri obat tetes telinga akan normal kembali ?”

    Oktober 21, 2013
  59. Vera #

    Dok…seminggu yang lalu saya mengalami kecelakaan dan terjatuh. Ketika terjatuh seingat saya, saya tidak mengalami benturan kepala. Tetapi sehari setelah terjatuh, telinga sebelah kanan saya berdengung seperti ada bunyi ngunggg…. Saya ke dr THT dan hasilnya gendang telinga saya bagus. Saya diberi obat untuk melancarkan darah, obat saraf dan vitamin. Setelah saya minum 2 hari, telinga saya sempat berhenti berdengung. Sehari setelahnya telinga saya kembali berdengung sampai sekarang. Boleh minta sarannya dok, apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

    Februari 12, 2014
    • Harry Wahyudhy Utama #

      Yth Ibu Vera, benar sekali, ada beberapa kemungkinan akibat dari benturan tersebut
      1. Gangguan pada gendang telinga
      2. Gangguan pada tulang pendengaran
      3. Gangguan pada persyarafan telinga

      Saran saya adalah: coba ibu periksakan telinga ibu sekali lagi ke dokter THT, namun saya sarankan juga untuk ke dokter THT yang berbeda supaya mendapatkan second opinion mengenai sakit telinga ibu. Tapi jika dokter THT yang kedua ini mempunyai pendapat yang sama dengan dokter THT yang pertama tadi, maka ada kemungkinan gangguannya adalah pada bagian persyarafan. Terima kasih

      Februari 14, 2014
  60. wita #

    Maaf dok mau tanya,telinga kanan saya selalu berdetak seperti jantung dok,kira2 setahun yg lalu saya pernah mengalami nya juga tapi tiba2 hilang dan sekarang timbul lagi dok,kira2 apa penyebab nya dan apa obat nya ya dok,terima kasih atas jawaban nya

    Februari 17, 2014
    • kepada yth ibu wita, penyebab gangguan tersebut bisa dibilang cukup aneh mengingat di area gendang telinga itu tidak ada pembuluh darah yang cukup besar untuk menimbulkan berbunyi berdetak seperti jantung. Untuk itu saya tidak bisa menganjurkan obat-obatan sampai jelas penyebabnya.
      Terima kasih

      Februari 18, 2014
  61. yp #

    dok saya pria 19th, 3 bulan yg lalu telinga saya terasa penuh, tp saya biarkan saya pikir kemasukan air tp tak kunjung sembuh.seminggu yg lalu saya konsul ke dktr THT, katanya saluran tuba eustachius saya tersumbat & saya terkena sinus dok. tp sya tidak merasakan gejala2 sinus dok. saya sudah diberi obat radang, antibakteri & satunya lg lupa. tp smp obatnya habis ga ada perubahan pada telinga saya dok. apa yg saya harus lakukan agar telinga saya tidak seperti tersumbat?

    Maret 3, 2014
    • coba ke dokter THT yang lain, obat anti radang sangat penting agar sumbatan di tuba segera berhenti
      dan juga coba untuk ke
      fisioterapi, biasanya ahli fisioterapi akan memberikan terapi hangat agar saluran tuba eustachiusnya membuka lagi

      Maret 4, 2014
  62. Dadan Heri S #

    Untuk obat tetes telinga rekomendasi dari Bapak merk apa ya ?
    saya sudah 3 hari mengalami dengung pada telinga. walaupun tidak merasakan sakit apa-apa, tapi itu cukup mengganggu juga

    Terima kasih sebelumnya

    Maret 25, 2014
  63. edy #

    Salam..dok..mao nanya telinga saya berbunyi krik krik tek.. tek gt dan suara tersebut bisa di dengar oleh org org yg duduk dkt dengan saya..ini sudah saya alami selama hampir 2 tahun. Sudah berobat ke dok tht di bbrp.. tempat hasilnya masih sama. Dan sudah operasi polip juga..katanya penyebabnya mungkin polip jd operasi n suaranya sampai sekarang masih ada .. di telinga kiri n kanan saya..apa lagi yang harus saya lakukan…n kemana ada saran dok..trims

    Maret 28, 2014
  64. natakang sandra #

    Saya Natakang, pada awalnya sy mengalami radang tenggorokan,amandel dan telinga berdenging. sdh ke THT dan diendoskopi,ternyata asam lambung tinggi jd menyebabkan radang tenggorokan. skr lambung dlm pengobatan ttp telinga saya msh berdenging,kdg di kiri atau kanan,terkadang kecil bunyinya terkadang besar. Apakah ada hubungan antara GERD dgn Tinnitus ? pendengaran tdk tergangu sm sekali (normal)

    April 15, 2014
    • bisa jadi pak, karena saluran telinga juga berakhir di tenggorokan, asam lambung juga mengeluarkan gas lambung yang kemungkinan bisa mengakibatkan meningkatnya tekanan pada kedua telinga, namun jika keluhannya hanya terjadi pada satu telinga saja, kanan atau kiri, boleh dipertimbangkan penyebab yang lain

      April 16, 2014
      • natakang sandra #

        berdengingnya kadang besar 2 hari lalu besoknya kecil 2 hr kemudian agak besar lg dst. apakah ini masalah saraf di telinga saya yah dok ? bunyinya spt aliran listrik soalnya sih. skr sy coba mkn obal lapibal utk saraf dan ining mencoba terapi oksigen hiperbarik. apakah bgs terapi oksigen ini utk tinnitus saya ini dok ?

        April 17, 2014
      • bagus atau tidaknya tergantung dari hasil pengobatannya pak, boleh dicoba namun harus ada advice dari dokter terlebih dahulu

        April 17, 2014
      • Anonymous #

        Sy kmr endoskopi telinga,ternyata liang telinga dlm dkt grndang telinga ada merah2 di sarafnya. Apa ini yg menyebabkan tinnitus sy spt aliran listrik dok ? Kt dokter thtnya,krn radang liang telinga ini dan liang telinga mrnjd sempit dan gendang telinga berubah bentuknya.

        Juli 27, 2014
  65. Hari Tri Asmoro #

    dokter saya mau bertanya. saat saya berolahraga kuping saya selalu bindeng. yg saya tau itu karena pernapasan yg tidak teratur. tapi apakah gendang telinga juga mengalami kerusakan nantinya atau infeksi? dan apakah bisa diobati?

    April 25, 2014
    • iya… jika tidak diobati maka telinga akan rusak,, obati secepatnya!

      April 25, 2014
  66. Setyawan #

    Dok saya umur 17 tahun
    dok knapa ya telinga saya yg sblh kanan terasa agak berkurang pendengaran,nya kya trsumbt gtu kalo buat ngmong terasa suara saya bendeng terdengar d dalam ? udh ke dok.tht katanya g ada kotorn d dlm lubang teling dn udah d ksh obt tapi ga smbuh2 sampe obt,nya habis?
    bgaimana ya dok solusinya apakah bisa normal kembali ya dok?
    terimakash . .

    Mei 23, 2014
  67. klikharry #

    @cabut gigi dan gangguan telinga tidak ada hubungannya. Warna hitam itu adalah kotoran telinga dan normal sekali itu adalah warna kotoran telinga. Untuk mengluarkan kotoran telinga yaitu dengan disedot. Saat pulang dari rumah, sebnarnya bukan mampu mengluarkan udara dari telinga, tapi kakak anda merasa lega dan lapang karna selama ini telinga tersebut tertutup kotoran telinga

    Maret 2, 2013
  68. klikharry #

    @cabut gigi dan gangguan telinga tidak ada hubungannya. Warna hitam itu adalah kotoran telinga dan normal sekali itu adalah warna kotoran telinga. Untuk mengluarkan kotoran telinga yaitu dengan disedot. Saat pulang dari rumah, sebnarnya bukan mampu mengluarkan udara dari telinga, tapi kakak anda merasa lega dan lapang karna selama ini telinga tersebut tertutup kotoran telinga

    Maret 2, 2013
  69. klikharry #

    @mitzy… ada baiknya kontrol ulang ke dokter tersebut, karena bisa saja cairan tersebut sebagian ada yang mengendap di dalam telinga

    Maret 2, 2013
  70. klikharry #

    @mitzy… ada baiknya kontrol ulang ke dokter tersebut, karena bisa saja cairan tersebut sebagian ada yang mengendap di dalam telinga

    Maret 2, 2013
  71. kurniawan #

    Pak Minto berapa lama telinga berdenging?
    terimakasih atas informasinya

    Maret 10, 2013
  72. kurniawan #

    Pak Minto berapa lama telinga berdenging?
    terimakasih atas informasinya

    Maret 10, 2013
  73. Lucy #

    Pak Suminto, Saya coba telp ke Prof. Thaufiq, tapi gak bisa2 yaa….selalu sibuk….. apakah ada no. lainnya? Terima kasih.

    Mei 27, 2013
  74. Lucy #

    Pak Suminto, Saya coba telp ke Prof. Thaufiq, tapi gak bisa2 yaa….selalu sibuk….. apakah ada no. lainnya? Terima kasih.

    Mei 27, 2013
  75. arif arohman #

    asalammualaikum Dok.
    slamat malam dok.maaf seblumnya dok sy mau tanya dok,
    awal mula sy terkena flu Dok, dan wktu paginya tiba2 telinga sy sakit, dan selang waktu brapa jam di dalam telinga bunyi suara gitu dok, sy gag tahan dngan rasa sakit di kanan kiri telinga sy, sy lngsng ke dokter umum, dan dikasi antibiotik, serta dikasi obat anti radang sm nyeri, hbs itu telinga saya agag berkurang sakitnya, tp sy masih budeg di telinga kanan sy dok. nah sy langsung ke dokter THT,krn sy kawatir dngan telinga sy Dok kmudian sy di kasi obat
    cefadroxil, sm dexa. tp knp telinga kanan sy masih budek ky kmasukan air y dok udah 1mingguan disertai suara berdenging Tanpa rasa sakit.tp flu sy sudah smbuh. ap telinga kanan sy akan kmbali normal lagi dok?? SAYA TAKUT terjadi apa2 Dok. tolong Dok.

    Maret 22, 2013
  76. arif arohman #

    asalammualaikum Dok.
    slamat malam dok.maaf seblumnya dok sy mau tanya dok,
    awal mula sy terkena flu Dok, dan wktu paginya tiba2 telinga sy sakit, dan selang waktu brapa jam di dalam telinga bunyi suara gitu dok, sy gag tahan dngan rasa sakit di kanan kiri telinga sy, sy lngsng ke dokter umum, dan dikasi antibiotik, serta dikasi obat anti radang sm nyeri, hbs itu telinga saya agag berkurang sakitnya, tp sy masih budeg di telinga kanan sy dok. nah sy langsung ke dokter THT,krn sy kawatir dngan telinga sy Dok kmudian sy di kasi obat
    cefadroxil, sm dexa. tp knp telinga kanan sy masih budek ky kmasukan air y dok udah 1mingguan disertai suara berdenging Tanpa rasa sakit.tp flu sy sudah smbuh. ap telinga kanan sy akan kmbali normal lagi dok?? SAYA TAKUT terjadi apa2 Dok. tolong Dok.

    Maret 22, 2013
  77. arif arohman #

    asalammualaikum Dok.
    slamat malam dok.maaf seblumnya dok sy mau tanya dok,
    awal mula sy terkena flu Dok, dan wktu paginya tiba2 telinga sy sakit, dan selang waktu brapa jam di dalam telinga bunyi suara gitu dok, sy gag tahan dngan rasa sakit di kanan kiri telinga sy, sy lngsng ke dokter umum, dan dikasi antibiotik, serta dikasi obat anti radang sm nyeri, hbs itu telinga saya agag berkurang sakitnya, tp sy masih budeg di telinga kanan sy dok. nah sy langsung ke dokter THT,krn sy kawatir dngan telinga sy Dok kmudian sy di kasi obat
    cefadroxil, sm dexa. tp knp telinga kanan sy masih budek ky kmasukan air y dok udah 1mingguan disertai suara berdenging Tanpa rasa sakit.tp flu sy sudah smbuh. ap telinga kanan sy akan kmbali normal lagi dok?? SAYA TAKUT terjadi apa2 Dok. tolong Dok.

    Maret 22, 2013
  78. arif arohman #

    asalammualaikum Dok.
    slamat malam dok.maaf seblumnya dok sy mau tanya dok,
    awal mula sy terkena flu Dok, dan wktu paginya tiba2 telinga sy sakit, dan selang waktu brapa jam di dalam telinga bunyi suara gitu dok, sy gag tahan dngan rasa sakit di kanan kiri telinga sy, sy lngsng ke dokter umum, dan dikasi antibiotik, serta dikasi obat anti radang sm nyeri, hbs itu telinga saya agag berkurang sakitnya, tp sy masih budeg di telinga kanan sy dok. nah sy langsung ke dokter THT,krn sy kawatir dngan telinga sy Dok kmudian sy di kasi obat
    cefadroxil, sm dexa. tp knp telinga kanan sy masih budek ky kmasukan air y dok udah 1mingguan disertai suara berdenging Tanpa rasa sakit.tp flu sy sudah smbuh. ap telinga kanan sy akan kmbali normal lagi dok?? SAYA TAKUT terjadi apa2 Dok. tolong Dok.

    Maret 22, 2013
  79. nurlaela #

    Dok hampir 1 minggu telinga saya seperti tertutup mendengar tapi tidak jelas.awalnya saya sakit batuk pilek.batuk perasaan dalam tenggorokan banyak dahak tapi tidak bisa kelur dan pelan pelan telinga saya seperti ter penuhi air.saya coba obati dengan tetes telinga merk FORUMEN tapi ga ada hasilnya teta saja masih ga bisa jelas mendengar suara,dan kalau saya bekerja apa saja agak cape kadang dalam telinga saya seperti ada suara berdetak kadang pelan kadang cepat

    Mei 17, 2013
  80. nurlaela #

    Dok hampir 1 minggu telinga saya seperti tertutup mendengar tapi tidak jelas.awalnya saya sakit batuk pilek.batuk perasaan dalam tenggorokan banyak dahak tapi tidak bisa kelur dan pelan pelan telinga saya seperti ter penuhi air.saya coba obati dengan tetes telinga merk FORUMEN tapi ga ada hasilnya teta saja masih ga bisa jelas mendengar suara,dan kalau saya bekerja apa saja agak cape kadang dalam telinga saya seperti ada suara berdetak kadang pelan kadang cepat

    Mei 17, 2013
  81. nurlaela #

    dok saya mohon saran dan obat apa untuk telinga saya supaya pendengaran saya normal kembali terima kasih sebelum dan sesudahnya dok

    Mei 17, 2013
  82. nurlaela #

    dok saya mohon saran dan obat apa untuk telinga saya supaya pendengaran saya normal kembali terima kasih sebelum dan sesudahnya dok

    Mei 17, 2013
  83. sulaiman #

    gejala yg mbk natalia rasakan mirip dengan gejala saya,trus sekarang telinga mbk udah normal kembali kah??pengobatan apa yg dilakukan mbk.trims atas infonya n salam kenal

    Agustus 18, 2013
  84. sulaiman #

    gejala yg mbk natalia rasakan mirip dengan gejala saya,trus sekarang telinga mbk udah normal kembali kah??pengobatan apa yg dilakukan mbk.trims atas infonya n salam kenal

    Agustus 18, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.564 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: