Skip to content
About these ads

JENIS UMPAN PANCING

memancingikan_thumb.jpg

JENIS UMPAN PANCING. Dalam usaha mendapatkan ikan, bukan hanya jenis pancing dan senar saja yang perlu perhatian. Jenis Umpan Pancing juga sangat mempengaruhi jenis dan hasil tangkapan kita. Umpan berfungsi untuk menarik perhatian ikan sasaran sehingga ikan tersebut terta rik untuk memakan umpan ini.

Ada dua jenis umpan: (1) Umpan Alami, (2). Umpan Buatan/ Sintetis

memancing ikan Dalam istilah barat, umpan alami ini disebut juga dengan bait  dan umpan buatan disebut dengan lure.

Umpan Alami (Bait)

Umpan jenis ini adalah umpan yang secara kimiawi mirip dengan makanan ikan di habitat aslinya. Makanan alami ini banyak macamnya; cacing, udang, ikan, cumi, belut, kodok dan lain sebagainya.

Umpan Buatan (Lure)

Umpan buatan adalah umpan khusus yang dibuat sedemikian rupa menyerupai bentuk umpan aslinya, bukan hanya bentuk namun juga gerakannya sangat menyerupai gerakan ikan asli. Beberapa jenis umpan ini adalah minnow, popper, metal jig, konahead, spoon, crankbait, stckbait, spinner, jig head, soft plastic lure, sabiki (kotrekan), feather jig,dll.

MODIFIKASI UMPAN

umpan ikan buatan Terkadang kita malas untuk membeli berbagai macam umpan, sehingga kreasi diperlukan untuk menekan harga pembelian umpan.

Beberapa umpan yang bisa kita kreasikan antaranya: pelet+sarden, pelet+semut kroto, pelet+sarden+semut kroto. Bahkan ada juga yang menggunakan snack anak-anak (Chiki Balls) dan roti yang biasa di jual dipasar. Teman saya bahkan meyakini dengan umpan keju+telur+susu bakal memberikan hasil berupa ikan-ikan yang besar.

Pilih umpan yang mana?

umpan pancing jangkrik Jika anda memancing di kolam pemancingan umum, maka jenis umpan pancing yang anda pilih bisa apa saja karena jenis ikan yang ada di kolam pemancingan sangat beraneka ragam. Lain halnya jika kita memancing di tempat yang lebih alami seperti di rawa, sungai dan danau. Penentuan jenis umpan sangat penting karena ikan-ikan di tempat tersebut hanya makan binatang tertentu saja. Seperti daerah rawa, maka umpan kodok bisa menjadi pilihan anda, sedangkan di daerah danau maupun sungai berair tenang, belut bisa digunakan. Namun yang paling baik adalah kita bertanya dulu dengan penduduk sekitar jenis ikan apa saja yang ada di sana dan umpan apa yang paling disukai oleh ikan-ikan disana :).

Untuk yang suka memancing di daerah laut, umpan buatan bisa dipilih karena mempunyai ketahanan yang lebih kuat dan sangat simpel dan tidak perlu takut kehilangan umpan saat sedang memancing karena umpan akan terikat dengan kuat oleh tali senar dan gumpalan kawat. Umpan buatan ada yang mirip berupa cumi cumi, udang, ikan, dan ada juga yang cuma berupa mata pancingan saja.

BACA JUGA

    teknik mancing ikan kakap merah.psd

About these ads
9 buah komentar Post a comment
  1. Dijual Umpan ikan Mas, Bawal, Mujaer, Nila, Lele, dan Patin.

    Umpan ikan mas yang mudah digunakan dengan harga terjangkau.
    Semua umpan dapat digunakan untuk ikan mas, bawal, mujaer, nila, lele, dan patin. Baik untuk lomba, galatama dan harian. Telah diuji coba di danau UI , danau Podomoro, dan kolam-kolam pancing Se-JABODETABEK dengan hasil yang memuaskan.

    Dicari agen luar kota se -indonesia ! ! ! ! !

    Harga Rp 3500/bungkus
    Diskon untuk agen dan pembelian banyak

    http: / / umpanikanmasjakarta.blogspot.com/

    CP: Jihan 0856 144 6866

    November 26, 2012
  2. Terimakasih atas petunjuknya, sukses tidaknya mancing memang tergantung dari bagus atau tidaknya umpan yang kita pakai.

    Maret 27, 2013
  3. Terimakasih atas petunjuknya, sukses tidaknya mancing memang tergantung dari bagus atau tidaknya umpan yang kita pakai.

    Maret 27, 2013
  4. Casting Toman #

    Terima kasih Kang Harry, atas kebaikannya berbagi informasi. Semoga makin berkenan di hati para pemancing mania di Indonesia.

    Desember 31, 2013

Trackbacks & Pingbacks

  1. TEKNIK MEMANCING IKAN LAUT « klikharry
  2. CARA MEMILIH JORAN TONGKAT PANCING « klikharry
  3. CARA MANCING IKAN KAKAP MERAH « klikharry
  4. TEKNIK MEMANCING DI SUNGAI ALIRAN DERAS « klikharry
  5. MACAM UMPAN PANCING BUATAN « klikharry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.564 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: