PENYEBAB VERTIGO DAN GEJALA VERTIGO

PENYEBAB VERTIGO DAN GEJALA VERTIGO, asal muasal vertigo, mengapa bisa kena vertigo, terapi vertigo, PENYEBAB VERTIGO DAN GEJALA VERTIGO, asal muasal vertigo, mengapa bisa kena vertigo, terapi vertigo, vertigo, vestibuler, nonvestibuler vertigo, vestibuler, nonvestibuler, nukleus vestibularis, stroke, nistagmus,labirinth, saraf otak, meniere’s disease, vertigo posisional benigna.

BACA JUGA: Keluhan dan terapi vertigo

Vertigo adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan  yang mengakibatkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa ‘berputar’ ataupun melayang. Vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.  Vertigo dapat disebabkan karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, gangguan pada telinga juga bisa menyebabkan vertigo.

Definisi lain:

  • suatu ilusi dari gerakan tubuh atau sekitarnya (Lange)
  • Vertigo is defined as a conscious experience of spinning (Robert C.Collins)
  • Vertigo adalah perasaan dimana penderita merasa dirinya berputar atau ia merasa dunia sekitarnya / object are moving around him ( B. Chandra )

Beberapa penamaan vertigo oleh pasien : Puyeng, Sempoyongan, Mumet, Tujuh keliling, Tubuh rasa mengambang, Kepala rasa enteng, Dunia seperti terbalik, Seperti mabok kendaraan.

Empat kemungkinan diagnosa vertigo tersering

  1. gangguan pada cerebrum
  2. gangguan pada medulla spinalis
  3. gangguan pada telinga bagian dalam
  4. faktor psikis

Apa yang akan anda rasakan?

Vertigo Sensasi vertigo yang dapat dirasakan adalah kepala berputar, miring, berayun, atau oleng. Vertigo akut sering disertai gejala otonom (mual, muntah, keringat dingin, muka pucat pasi), ketidakseimbangan badan, dan nistagmus (sehingga penglihatan kabur). Vertigo menunjukkan gangguan sistem vestibular perifer atau sentral. Gangguan sistem vesti­bular perifer dapat merupakan tanda fisiologis (mabuk kendaraan), neuronitis vestibularis, vertigo posiosonal benigna, penyakit Meniere (hidrops endolimfatik), vertigo pasca­trauma, ketidakseimbangan labirin, dll. Gangguan sistem vestibular sentral bisa berupa iskemia batang otak, sklerosis multipel, tumor fosa posterior, migren basiler, dll.

o Sinkop atau pra-sinkop adalah perasaan seperti mau hilang kesadaran atau pingsan. Keluhan ini sering disertai keringat dingin, mual, muka pucat, dan penglihatan gelap sebentar pada kedua mata. Sinkop terjadi bila perfusi otak turun sampai di bawah tingkat yang dibutuhkan untuk menyuplai oksigen dan glukosa yang adekuat ke otak. Sinkop atau pra-sinkop umumnya menunjukkan adanya hipotensi, refleks otonom, atau disfungsi jantung dan memiliki implikasi yang sangat berbeda dari vertigo.

o Disekuilibrium adalah rasa tidak seimbang, rasa goyang atau sempoyongan, rasa mabuk tanpa adanya vertigo yang terjadi pada pasien yang mengalami gangguan sistem yang mengatur orientasi ruang. Pasien dengan gangguan sistem vestibular, proprioseptif, serebeler, visual, atau ekstrapiramidal seringkali mengeluhkan ketidakseimbangan tersebut sebagai pusing. Penyebabnya bisa.defisit sensorik multipel, disfungsi serebelum, malfungsi labirin; penyakit ekstrapiramidal, intoksikasi obat (antikonvulsan, alkohol, salisilat, kina/kuinidin, penenang minor, aminoglikosida), tumor fosa posterior (schwannoma, meningioma, tumor epidermoid), dll.

o Pusing yang sukar dilukiskan, umumnya dikeluhkan oleh pasien dengan berbagai gangguan emosional, termasuk sindrom hiperventilasi, neurosis cemas, neurosis histerik, dan depresi. Keluhan tersebut biasanya berupa kepala sangat ringan, melayang, atau takut jatuh yang sangat berbeda dari vertigo, sinkop atau prasinkop, dan disekuilibrium. Tetapi harus disadari bahwa semuajenis pusing dapat memicu kecemasan dan kecemasan bukan hanya milik pusing psikogenik.

CARA MENYEMBUHKAN VERTIGO

Comments

comments