SHARING PENGALAMAN OPERASI GENDANG TELINGA

[klikharry] Comment: “OPERASI GENDANG TELINGA”
Sun, Jul 29, 2012 11:35 AM ICT

Dear Dok Harry dan rekan2 smua,
Sesuai janji saya kpd Dokter bahwa saya akan sharing lagi setelah operasi.
Dok, setelah tulisan saya di blog ini awal juni, ada bbrp “” sahabat yg ingin sembuh dari sakit telinga”” yg sms dan/atau email saya dan kami saling sharing.
Hari jumat kmarin 27 Juli 2012, disimpulkan oleh dokter saya bahwa lubang yg diharapkan dpt menutup sendiri 100% ternyata tidak bisa. Akhirnya hari yg sama saya dioperasi dgn cara mengambil sedikit lemak dari daun telinga. Lalu gendang yg bolong/lubang diluka’in sekelilingnya lalu lemak tadi dilekatkan di gendang yg bolong/terluka. Biayanya 400 ribu plus obat2an 200 ribu, total 600 ribu.
Dua minggu kedepan baru buka perban utk cek hasil operasi. Menurut dokter, di dekat gendang ada sedikit daging tumbuh/pembengkakan, yg mungkin menghambat peredaran darah utk penyembuhan nanti. Jadi bila tdk berhasil, akan dilakukan pembedahan/telinga dibelek, spy bgn yg bengkak dilakukan treatment agar peredaran darah sekitarnya lancar.
Hasil pemeriksaan paska operasi akan saya sharing lagi Dok.
Salam,
Kasmir

08 agustus 2012

Dok Harry,

Tambahan utk :

1. Org dewasa yg punya masalah telinga, saya sarankan agar pemeriksaan secara rutin sampai tau persis penyakit yg diderita dan pengobatannya (jgn hanya skali dua kali kalo blm sembuh).

2. Utk anak2 yg sering nangis karena telinga sakit. Anak saya 7 thn dulu sering mengalami hal yg sama, lalu saya cek dokter. Kata dokter anak ini nangis kesakitan karena ada kotoran yg mengeras di telinganya (seperti jawaban dr Harry kpd seorang Ibu penanya). Dokter saya tersebut meresepkan satu cairan yg diteteskan 3 kali sehari utk melunakan kotoran dan berhasil. Sekali kasih 4 tetes didiamkan beberapa menit lalu dikeluarkan dan 1-2 hari telinga anak dah bersih. Saat ini setiap kali nangis, saya liat pakai senter, begitu ada kotoran saya langsung tetes dan anak nyaman rasanya.

Oh iya utk informasi di RSCM, biaya administrasi kontrol telinga Rp. 65.000/datang plus kalo perlu pake alat yg ada cctv Rp. 90.000 – Rp.100.000 . Semua di luar obat ya

Salam Care
Kasmir

About these ads

87 thoughts on “SHARING PENGALAMAN OPERASI GENDANG TELINGA

  1. Hari Senin 22 Oktober 2012, saya telah melakukan kontrol bulanan paska operasi dan hasilnya menggembirakan, gendang telinga saya sudah tertutup 100%.
    Dokter bilang sudah boleh berenang, sdh boleh langsung kramas (ga perlu ditutup kapas lagi)

    Pendengaran jauh lebih baik dari sebelum operasi.

    Rgd
    Kasmir

    • 2 hari lalu saya k dokter tanya sama dokter THT biaya operasi gendang telinga saya. dia bilang 10 juta, gimana itu pak hari??? klo memang biaya operasi gendang telinga robek di bawah 1 juta, di rumah sakit mana it?? tolong infonya,

      • saya kurang tahu juga pak… tapi biasanya dokter tidak akan langsung oprasi, terapi obat2an terlebih dahulu, namun bila tidak berhasil baru dioperasi

  2. Salam,,, adik saya beberapa bulan yg lalu operasi ada daging tumbuh di telinganya,, tapi setelah operasi selaput gendang telinganya belum di pasang,, kata dokternya tunggu kering baru di pasang,,, di suruh minum obat yg harganya lumayan mahal dan itu hampir satu tahun rutin mengkonsumsinya tapi resep dokter buat mengkeringkan bekas operasi tidak ada reaksi sama sekali ,mlah sekarang adik saya telinganya mengeluarkan cairan kental kuning kehijauan… mohon bantuannya

  3. Hi dok..kuping saya jg sakit seperti yang di derita kasmir,gendang telinga saya bolong/berlubang dr juli taon kmrn sampe skrg saya blm operasi dok soalNa biaya operasiNa sktr 7-10jt,saya menggunakan jamsoskes tp sampe skrg blm ada kbr dr rs kpn saya operasi. Tiap bln saya chec up ke dokter langganan saya trs kt dokterNa kuping saya sdh kering & sdh bs di operasi..yang ingin saya tanyakan apa bener biaya operasi di rscm cm 400rb ?

  4. Hallo selamat malam,saya senang dg mnemukanya blog ini,semoga ini petunjuk dari tuhan akan jaln masalah saya.
    Saya eza usia 23thn,saya tdk sadar kalo KUPING KANAN saya tidak mendengar secara sempurna malah mungkin sjak kcil,saya hanya sadar saat medikal mau kerja,dan hasil medikalnya gagal, KUPING KIRI saya masih normal,sy tidak pernah kecelakaan/kuping bernanah sampai sekarang.
    Sebagai gambaran perbedaan antara KUPING KANAN dan KUPING KIRI,saya mendengarkan music di mp3 hp dengan menggunakan hensfree,saat volume music itu saya set volume nya antara 40-50%,KUPING KIRI saya sudah tidak sanggup mendengar karna TERLALU KERAS,tp KUPING KANAN saya tdk mendengar sama sekali musik&kata2 dari lagu itu hanya SERASA MENDESIS,tp saat diset 100% barulah kuping kanan saya mendengar,”maaf”…3bln lalu sempet kotoran kuping kanan saya di cungkil sama dokter klinik dan kotoranyapun cukup banyak,hitam dan sudah mengeras,namun yang kiri tidak ada kotoranya saat diperiksa.
    Saya sempat ke RS untuk tes audio (tes mendengarkan bunyi bip) tp tetep saja saat dites dbagian yg KANAN,TIDAK MENDENGAR.saat dites DITULANG BELAKANG KUPING KANANPUN tetap tidak kedengaran,saya diberi obat selama 3 bulan yg cukup mhal dan kmudian di tes audio lg untuk yg kdua kalinya,tp ttp hasilnya sama.

    Dok,apakah saya harus oprasi,apakah biayanya mahal? Dokter klinik hanya menyarankan saya untuk dipasangin micro (maaf saya tdk lupa nama micronya) dalm kuping supaya bsa mendengar lg.harganya skitar 2jta.maaf saya tdk lupa nama micronya apa.
    Dan Apakah jika dipasangin mikro dlm kuping knan saya,saat saya dites audio saya akan mendengar bunyi bip itu??

    Jika saya bisa mengirimkan hasil tes audio itu ke bog ini,akan saya perlihatkan hasil tesnya,tp saya tdk tahu harus upload gambar hasil tesnya…

    Mohon pertolonganya,karna stiap saya medikal saat ingin bekerja,selalu unfit.padahal seluhruh badan saya sehat,kuping kiri saya sehat,hanya 1 kuping kanan saya yg jd hambatan..tolong banget.
    Terimakasih.
    Semoga dibls

    • begini rezza, kerusakan telinga kanan reza telah berlangsung lama sejak kecil, berarti sudah terjadi kerusakan di dalam gendang telinga. Namun, harus Rezza ketahui adalah, dengan penyakit yang berlangsung lama dan tidak diobati, bsia jadi telah terjadi kerusakan pada tulang-tulang pendengaran, jika tulang pendengaran sudah rusak, walaupun gendang telinga telah diperbaiki, maka rezza akan mengalami gangguan pendengaran. Selain itu, jika operasinya bukan hanya gendang namun juga tulang telinga ikut diganti, belum tntu rezza bisa mendengar, karena bisa jadi telah terjadi atropi atau hilangnya fungsi saraf telinga karena lama tidak digunakan

  5. Wah.apa separah itu ya….
    Maaf sya ingin bertanya lg,

    -Jika saya memakai alata bntu dengar yg dimasukan kedalam lubang kuping saya apa saya akan mendengar bunyi bip saat medikal tes?
    - jika tdk sembuh secara sempurna setelah berobat/stelah melakukan perawatan medis,apakah kuping kiri saya jg akan sama dg yg kanan? Berharap tidak!

  6. pak dokter saya mau mennayakan dimana tempat prakteknya dikarenakan istri saya kedapatan gendang telinga sebelah kiri sobek dan rencan akan dioperasi mohon dibantu dok untuk permasalahan ini

  7. slmt sore dok, telinga kiri saya keluar cairan,wktu SD sy telinga kiri prnh mngalami keluar cairan jg,skrng usia sy 27th, kmrn dokter tht bilang gendang telinga kiri saya robek besar dan ad infeksi di bagian telinga tengah..sy dksh obat tetes tarivid ofloxacin, antibiotik, sm Loratadine.. Pd hri ke3 telinga kiri saya sprti ketutup nanah, jd wktu ditetes obat kira2 obat tetesnya smpe ke tmpt infeksinya ga dok?
    Gendang telinga kiri yg sdh robek bsar bsa smbuh sndiri ga dok? Ap harus operasi?
    Mohon petunjuknya dok, terima kasih

  8. Salam Sehat selalu,

    Dok anak saya dua tahun lalu juga mengalami peradangan telinga hingga mengeluarkan cairan, kata dokter ada lubang digendang telinganya, setelah diberikan resep obat ,cairan tersebut tidak lagi keluar sampai dengan 3 tahun terakhir ini. Nah saat ini cairan tersebut keluar lagi saat anak saya itu mengalami demam panas. dan menurut dokter juga ada lubang di gendang telinga. saat ini sedang minum obat. alhamdullah cairan tersebut mulai berkurang.
    Yang mau saya tanyakan apakah hal ini akan terus berlangsung dan jika di oprasi bagaimana. dan bagian mana yang di oprasi, bisa dibantu jelaskan proses oprasi tersebut.

    Terima kasih atas penjelsannya.

    Salam Yiyit

    • membaca komentar pak yiyit, kemungkinan besar belum perlu dioperasi, karena waktu kambuh gangguan telinga anak bapak itu lumayan lama (3 tahun), keluar cairan dari dalam telinga jika berbarengan dengan demam batuk pilek itu banyak terjadi pada anak-anak dan terkadang gendang telinga menjadi berlubang karena besrnya tekanan dari telinga bagian dalam akibat batuk pilek. Untuk mengetahui apakah gendang telinga anak bapak perlu operasi atau tidak harus dilihat dulu gendang telinga anak bapak masih berlubang atau tidak saat anak bapak sehat atau tidak ada gejala, karena kebanyakan kasus anak dengan batuk pilek dan keluar cairan dari telinga; gendang telinga akan menutup dengan sendirinya setelah batuk pileknya berhenti (dengan syarat jika diobati dengan baik)

  9. maf dok kebetulan saya juga punya masalah yang sama. telinga saya terkadang keluar nanah seingat saya dari sd kelas 1samapai kelas 5 sd. namun setela sekitar ada 10 thun kemudian penyakit saya kambuh lagi telinga saya keluar nanah lagi saya biarkan saja begitu tidak kedokter karna kata saya akan sembuh juga nantinya. dan memang benar sembuh lagi sekitar 3 tahun kumat lagi sampai saat ini masi sering keluar hanya bedanya sekarang terkadang 1 atau 3 bulan kambu lagi keluar nanah ditelinga saya cuma 3sampai 4 hari berenti lagi dan begitu seterusnya sampai sekarang”
    mohon jawabannya dok apa saya harus operasi….

    • jawaban saya sama seperti dokter sebelumnya, Operasi bisa, namun itu tidak menjamin bapak bisa mendengar lagi, karena kerusakan dari anak-anak biasany telah merusak tulang-tulang pendengaran dan persarafan telinga

  10. dok klu setelah operasi gendang telinga 5hari yang lalu, dan jahitannya belum dibuka. apakah boleh naik pesawat sebelum gendang telinga dibuka??dan wktu buka jahitan boleh gk lebih dari 1 minggu ru dibuka. terima kasih dok

  11. assalamualaikum Dok.
    saya mira. skrng umur 20 thun. saya mengalamu gangguan pndengaran pada telinga knan krna gendang telinga saya sudh robek. itu terjdi ketika usia saya msh 11 thun. waktu itu saya sdh memerikskn ke dokter krna keterusan kontrol dan tidak ad perkembangan akhirnya kontrol d hentikan. kemudian tahun kmrin saya smpat memeriksa k dkter lagi katana sobeknya sudh besar dan sdng infeksi. apakh mash bs untuk d lakukan operasi?
    makasih dok…

      • Assalamu’alaykum,Dok,saya juga puny robek gendang telinga sdah 85%,,jika tdak di operasi,,apakah tdak akn merusak bagian yg lainy dr telinga trus merembet k otak?
        Dan juga mohon pencerahanya dok,jika operasi bgaimana,jika tdak bgaimana,,trimakasih d0k,,

      • biasanya akan disarankan opersi, namun sekali lagi operasi ini hanyalah untuk memperbaiki bentuk dan kondisi semula dan mencegah kerusakan yang lebih parah seperti yang novrida sebutkan itu, tapi yg harus novri ingat, dengan operasi belum tentu pendengaran novri akan baik kembali

  12. maaf dok,, numpang tanya.
    udah 3hari ini saya sakit batuk flu dan dibarengi dengan sakit ditelinga (seperti penuh dan berair) saking gk nyamannya tadi telinga saya saya tekan pake tangan tapi setelah itu malah keluar cairan dari telinga samapi sekarang,
    apakah ini nanti akan sembuh kalo batuk flu saya sembuh? mohon jawabannya terima kasih

  13. Ass..
    Dear dr Harry
    Saya mw nanya..sejak 2009 telinga z berair, kemudian 2012 tepatx Mei z lakukan operasi karena gendang telinga pecah+ada jaringan y jg menyebabkan keluarnya nanah..setelah operasi, ada jaringan y sisa dan tetap kontrol sambil kikis jaringan..tp dua bulan kemarin z nggak pernah kontrl krn nunggu kartu jamsostek..pas z dtg kontrol lagi, katax jaringanx muncul lagi dan tetap mngeluarkan nanah..gimana dgn hal ini. Dok?? Apkh jaringan bs hilang tanpa operasi?? Makasih dok

    • wass.. jaringan tersebut tergantung dari besar kecilnya ukuran jarinagn tersebut, jika jaringannya sangat kecil, biasanya cukup dgn terapi obat oral dan pembersihan telinga oleh dokter tht saja, namun jika jaringan tersebut ukurannya besar maka harus dioperasi

  14. Dear dr Harry
    Saya Pramono usia 23 tahun saat ini.
    Saya memiliki pendengaran yg normal dan tidak pernah mengetahui kalau ternyata gendang telinga saya sobek. saya mengetahuinya saat saya gagal di kesehatan tes TNI. setelah saya konsultasi ke dokter THT di RS. xxx kota tempat saya tinggal kata beliau harus diadakan operasi, yang membuat saya terkejut dokter mengatakan biaya operasi saja Rp.35jt ( padahal sobekan tidaklah besar dan saya lihat juga di monitor sang dokter saat di cek ).
    Yang jadi pertanyaan saya apakah semahal itu biaya operasi gendang telinga. Soalnya jauh sekali perbedaannya dengan sharing di atas. Thank before.

    NB : Pendengaran baik, telinga tidak berair, tidak pernah terasa nyeri. Soalnya mau sekola Pilot Dok biar MedEx dapat bagus harus tambal selaput..

    • @dear bapak pramono.
      biaya operasi gendang telinga sangat tergantung dari taraf kerusakannya, pada mereka yang mengetahui penyebab bolong telingannya dan cepat diobati atau dioperasi, biasanya biaya jauh lebih rendah dibandingkan kasus bapak, mengapa?
      karena pada mereka yang baru mengalami trauma, semakin cepat diobati, semakin cepat pula kesembuhannya dan semakin bagus pula hasilnya. Namun pada beberapa kasus walaupun traumanya cepat diobati namun telah mengenai tulang-tulang pendengaran dan persyarafan, walau secepat apapun kesembuhannya, bukan berarti pendengaran seseorang bisa pulih cepat seperti sedia kala.

      Nah, untuk kasus bapak, bapak sendiri tidak tahu telinga bapak bermasalah dan sejak kapan, hal ini menunjukkan bisa saja telinga bolong itu sudah sejak lamaaaa sekali sehingga bukan hanya gendang telinganya saja yang robek namun sudah sampai ke tulang-tulan pendengaran, dan sekali lagi, walau dioperasi, memang gendang telinga akan bagus seperti sedia kala namun bukan berarti pendengaran bapak akan pulih kembali, karena jika kerusakan telah sampai ke dalam persyarafan telinga, maka kemampuan untuk bisa mendengar akan kecil sekali

  15. pak ko telinga kanan sya sering ngeluarin cairan warnanya bening kya air biasa,tpi klo udah kering jadi kerak …itu bagaimana pak???

    terimakasih…

  16. Dokter harry saya mau tanya, gendang telinga kiri saya bolong dan sdh 1 bln bolak balik ke tht di 3 rmh sakit. diagnosa sy omsk as dan harus dibedah. Yg saya tanyakan bagaimana cara menghentikan cairan kuning kehijauan spt lendir dan gatal yg menempel pada lubang telinga.sm Dokter P,, sy kasi obat tarivid tetes, apakah tarivid ini bs mengeringkan cairan tsbt dok? Krn pas sya kedokter spesialis lain, beliau prof Z. Ad, tidak usah pakai tarivid, stop. Terus telinga sy di sumpal sm semacam kapas halus didalam 2hr. cairan berhenti. Telinga kering. Tp setelah 2mggu kambuh lg berair. Menurut dokter sy harus bagaimana baiknya? Sy bingung pernah jg sy ke tht proklamasi, dokter N teliti membersihkan telinga saya. ktanya telinga sya sdh gak brjamur. Dia ga ks obat apa? Cm diolesin salep.. Bsk nya telinga sya malah gatal dan ber air spt yg sy blg sebelumnya dan sdh 2x sedot minggu ini sama dokter P dan dikasi tarivid. Bagaimana ya dok spy cairan ini kering.. Ditetesi tarivid rsany tambah gatal. Mana hsl rontgen blm jd, dan ms banyak sederet prosedur sblm operasi di rs.persahabatan krn klo di swasta sya gak mampu dok biayanya. Mohon bantuannya.. Maaf curhat sya panjang.. Makasii dok sebelumnya…

  17. dok, saya kemarin naik pesawat. pas mau landing telinga kanan saya sakit, tapi telinga kiri tidak. Telinga kanan saya ini memang ada kotoran yang sudah mengeras. Yang saya takutkan karena kotoran ini menyebabkan tekanan udara yg naik susah keluar dan menyebabkan gendang telinga robek. apa karena perbedaan tekanan bisa menyebabkan robek dok? dan kalau robek apa bisa sembuh sendiri tanpa perlu operasi? karena setelah mendarat kuping saya masih bisa mendengar tpi tidak seperti sebelumnya. Terima kasih dok

  18. Dok saya mau nanya soal operasi gendang telinga.
    Telinga kanan saya didiagnosa bolong (terlihat di monitor) dan tulang2 sudah rusak, juga tumbuh polip (?). Memang saya diberitahu orang tua telinga kanan saya sejak kecil sudah bolong.
    Sejauh ini telinga kanan saya masih bisa mendengar, meski tidak sejelas telinga kiri.
    Pertanyaannya apakah harus operasi ? Kalau dibiarkan tidak operasi apa akibatnya.

  19. hai dok, saya Latifah
    saya mau tanya nih dok, telinga bagian kanan saya mengalami penurunan dalam pendengaran , pertama terjadi ada cairan dalam telinga kanan, saya pergi ke klinik dan disedot kotoran yang ada didalam, dan saya rasa tidak ada perubahan, dan sekarang tetap sama dengan pendengaran saya masih tarasa kurang jelas,
    saya harus bagaimana , dan kalau saya periksa ke rumah sakit kira kira memakan waktu berapa lama ? dan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk itu, mohon penjelasannya dokter
    thankyou

  20. hai dok, saya Latifah
    saya mau tanya nih dok, telinga bagian kanan saya mengalami penurunan dalam pendengaran , pertama terjadi ada cairan dalam telinga kanan, saya pergi ke klinik dan disedot kotoran yang ada didalam, dan saya rasa tidak ada perubahan, dan sekarang tetap sama dengan pendengaran saya masih tarasa kurang jelas,
    saya harus bagaimana , dan kalau saya periksa ke rumah sakit kira kira memakan waktu berapa lama ? dan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk itu, mohon penjelasannya dokter
    thankyou

  21. dok kemana saya pergi klo saya ingin bertemu dengan dokter..mohon alamat prakteknya dok..apakah bisa berlama-lama bila berkonsultasi dengan anda..karean kebanyakan dokter THT paling ga maau klo di tanyain lebih banyak dan biasanya maunya cepat-cepat saja…mphon info nya ya dok..

  22. dok kemana saya pergi klo saya ingin bertemu dengan dokter..mohon alamat prakteknya dok..apakah bisa berlama-lama bila berkonsultasi dengan anda..karean kebanyakan dokter THT paling ga maau klo di tanyain lebih banyak dan biasanya maunya cepat-cepat saja…mphon info nya ya dok..

  23. Pagi dokter

    Nama saya erna….
    dokter saya punya pacar ada masalah dengan pendengarannya..setelah dicek ke dokter tht, ada masalah dengan gendang telingannya karena ada robek untuk telinga kiri & kanan….
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah hanya dengan cara operasi gendang telinga itu bisa di tutup??? walaupun harus di operasi berapa biayanya dokter.
    2. Apakah tidak ada pengobatan lainnya ??
    Atas jawaban yang dokter berikan saya ucapkan terimakasih
    Erna

  24. Pagi dokter

    Nama saya erna….
    dokter saya punya pacar ada masalah dengan pendengarannya..setelah dicek ke dokter tht, ada masalah dengan gendang telingannya karena ada robek untuk telinga kiri & kanan….
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah hanya dengan cara operasi gendang telinga itu bisa di tutup??? walaupun harus di operasi berapa biayanya dokter.
    2. Apakah tidak ada pengobatan lainnya ??
    Atas jawaban yang dokter berikan saya ucapkan terimakasih
    Erna

  25. dok saya mau tanya,telinga saya sebelah kiri berdengung sangat keras dan tidak pernah berhenti dan sering membuat kepala saya sakit,
    apakah dengung saya bisa dihilangkan dok?walaupun saya tidak bisa mendengar lagi asalkan dengung saya hilang bisa tidak dok?

  26. dok saya mau tanya,telinga saya sebelah kiri berdengung sangat keras dan tidak pernah berhenti dan sering membuat kepala saya sakit,
    apakah dengung saya bisa dihilangkan dok?walaupun saya tidak bisa mendengar lagi asalkan dengung saya hilang bisa tidak dok?

  27. mau sharing mengenai operasi gendang telinga.
    umur saya 26thn, gendang telinga saya sdh bolong dr sd, batu tahun kemaren saya rutin untk melakukan checkup, dan baru akhir maret 2013 sayamelakukan operasi genfang telinga. saya melakukan operasi d rs proklamasi (khusus tht). biaya untk klas 3 sktr 20jt,klas 2 25jt, dan kelas 1 30jt.
    3 hari sblm operasi, checkup dulu, baik test darah, rongten dada dan telinga dan cek pendengaran, kira2 habis 1.2jt.
    skrng saya sedang pemulihan, telinga masi diperban dan alhamduliah tidak terlalu berasa sakit.
    mohon doanya untuk kesembuhan ini, dan mudah2an hasilnya bagus.

  28. mau sharing mengenai operasi gendang telinga.
    umur saya 26thn, gendang telinga saya sdh bolong dr sd, batu tahun kemaren saya rutin untk melakukan checkup, dan baru akhir maret 2013 sayamelakukan operasi genfang telinga. saya melakukan operasi d rs proklamasi (khusus tht). biaya untk klas 3 sktr 20jt,klas 2 25jt, dan kelas 1 30jt.
    3 hari sblm operasi, checkup dulu, baik test darah, rongten dada dan telinga dan cek pendengaran, kira2 habis 1.2jt.
    skrng saya sedang pemulihan, telinga masi diperban dan alhamduliah tidak terlalu berasa sakit.
    mohon doanya untuk kesembuhan ini, dan mudah2an hasilnya bagus.

  29. Nama Saya Suparman, Umur Masih 19 Tahun.
    Saya punya masalah pendengaran dok, mulai dari sd sampai lulus sma pendengaranku masih belum sembuh dok, dan parahnya lagi mulai dari sd juga kuping kanan kiriku mengeluarkan cairan yg bau dok. Kadang2 merasakan sakit bergantian kiri dan kanan dok.
    apa penyakit kuping ini bisa di perbaiki tanpa operasi dok??
    aku takut sampai tua yg jadi kurang pendengaran dok.
    Mohon di jawab dok.
    terima kasih

  30. Nama Saya Suparman, Umur Masih 19 Tahun.
    Saya punya masalah pendengaran dok, mulai dari sd sampai lulus sma pendengaranku masih belum sembuh dok, dan parahnya lagi mulai dari sd juga kuping kanan kiriku mengeluarkan cairan yg bau dok. Kadang2 merasakan sakit bergantian kiri dan kanan dok.
    apa penyakit kuping ini bisa di perbaiki tanpa operasi dok??
    aku takut sampai tua yg jadi kurang pendengaran dok.
    Mohon di jawab dok.
    terima kasih

  31. dr harry tlnga saya kanan dn kiri berlubang sejak kcil dn d anjurkan untk operasi wkt thn 2009,tp sya dn klrg tkt ahrx d biaRkn dn hanya di beri obat wkt saat kntrol, dn skrg ga kontrol lg,tp 2mggu yg lalu tlnga saya klr cairan kuning ijo gto dtnga kiri stlah brhenti tlnga sya mkin sulit mendengar. kalo pke alat dengar aja bsa ga?jd ga hruz operasi.

  32. dr harry tlnga saya kanan dn kiri berlubang sejak kcil dn d anjurkan untk operasi wkt thn 2009,tp sya dn klrg tkt ahrx d biaRkn dn hanya di beri obat wkt saat kntrol, dn skrg ga kontrol lg,tp 2mggu yg lalu tlnga saya klr cairan kuning ijo gto dtnga kiri stlah brhenti tlnga sya mkin sulit mendengar. kalo pke alat dengar aja bsa ga?jd ga hruz operasi.

  33. Sy Lanny usia 50 thn. Dokter, gendang telinga Sy robek dibagian pinggir + dibagian belakang gendang telinga Sy ada jaringan yg menumpuk namanya “Coloustrum” (maaf ya Dokter kalo salah) + sering ada cairan bening yg bikin kuping kanan Sy serasa gatal. Apakah perlu dilaksanaan operasi ? Apa termsk operasi bsr/berat ? Apa bs gagal yg berefek pd si Pasien pasca operasi kuping, andai ada, apa efek terburuknya Dok ? (Misalnya Cacat or apa gt). Dmkn Dokter, keterangan dan pertanyaan dr Sy, tksh.

  34. Sy Lanny usia 50 thn. Dokter, gendang telinga Sy robek dibagian pinggir + dibagian belakang gendang telinga Sy ada jaringan yg menumpuk namanya “Coloustrum” (maaf ya Dokter kalo salah) + sering ada cairan bening yg bikin kuping kanan Sy serasa gatal. Apakah perlu dilaksanaan operasi ? Apa termsk operasi bsr/berat ? Apa bs gagal yg berefek pd si Pasien pasca operasi kuping, andai ada, apa efek terburuknya Dok ? (Misalnya Cacat or apa gt). Dmkn Dokter, keterangan dan pertanyaan dr Sy, tksh.

  35. Sore dokter..saya santy mau tanya..ke2 gendang telinga saya sudah pecah sjak usia 5 thn,skrg usia saya 30thn.apakah bisa dioperasi?biayay mhl ga Dokter?pk jamsostek bisa ga?trima kasih dokter..by santy cileungsi bogor

  36. Sore dokter..saya santy mau tanya..ke2 gendang telinga saya sudah pecah sjak usia 5 thn,skrg usia saya 30thn.apakah bisa dioperasi?biayay mhl ga Dokter?pk jamsostek bisa ga?trima kasih dokter..by santy cileungsi bogor

  37. Assalamualaikum Pak Dokter…gendang telinga sy berlobang sdh 7 tahun dgn diameter kurang lebih 2mm, sy sdh 3 kali melakukan paper pach tapi gagal terus. berdasarkan hasil ronsen terahhir dokter menyatakan bahwa lobang gendang telinga sy dalam posisi tdk berbahaya dan syaraf tdk mengenai tulang gendang telinga. dokter menyatakan bahwa bisa menutup dgn sendirinya dgn syarat tidak keluar cairan dan saluran tuba saya tidak mengkerut.
    pertanyaan saya:
    1. adakah obat atau cara agar supaya saluran tuba sy bisa terbuka.
    2. kalaupun operasi apa yg pas buat kondisi seperti ini
    3. apakah konsekwensinya kalau sy operasi sedangkan saluran tuba saya belum terbuka

  38. Assalamualaikum Pak Dokter…gendang telinga sy berlobang sdh 7 tahun dgn diameter kurang lebih 2mm, sy sdh 3 kali melakukan paper pach tapi gagal terus. berdasarkan hasil ronsen terahhir dokter menyatakan bahwa lobang gendang telinga sy dalam posisi tdk berbahaya dan syaraf tdk mengenai tulang gendang telinga. dokter menyatakan bahwa bisa menutup dgn sendirinya dgn syarat tidak keluar cairan dan saluran tuba saya tidak mengkerut.
    pertanyaan saya:
    1. adakah obat atau cara agar supaya saluran tuba sy bisa terbuka.
    2. kalaupun operasi apa yg pas buat kondisi seperti ini
    3. apakah konsekwensinya kalau sy operasi sedangkan saluran tuba saya belum terbuka

  39. asalamu alaikum dok….
    maaf dok jika merepotkan dokter…sya penderita gendang telingga pecah…
    apabila gendang telinga pecah boleh buat kerja keras…
    tlong bls ya dok

  40. asalamu alaikum dok….
    maaf dok jika merepotkan dokter…sya penderita gendang telingga pecah…
    apabila gendang telinga pecah boleh buat kerja keras…
    tlong bls ya dok

  41. mau nanya dok, kenapa ya telinga kiri saya gak bisa dengar padahal gendang telinga bagus dan tidak ada bolong sama sekali, kmarin aku berobat ke tht, tp dokternya gak tahu jawabanny, mohon jawbannya dok..

  42. jika tidak mengganggu dan tidak keluar cairan berbau dari telinga tersebut.. dan tidak menghambat pekerjaan… tidak mesti dioperasi

  43. jika tidak mengganggu dan tidak keluar cairan berbau dari telinga tersebut.. dan tidak menghambat pekerjaan… tidak mesti dioperasi

  44. terima kasih Dok atas tanggapannya…
    akhir-akhir ini memang saya mengalami gangguan. telinga kanan saya masih terasa ada cairan (dulu sesekali saja dan dalam beberapa hari kembali “normal”)…
    pertanyaannya saya sekarang, kalau operasi (tulang, gendang dsb); apakah bisa mengganggu saraf pendengaran ?
    Saat ini saya masih merasa bisa mendengar dengan telinga kanan, kuatirnya setelah operasi malah menurun pendengaran telinga saya. Sekalil lagi terimakasih atas tanggapannya.

  45. terima kasih Dok atas tanggapannya…
    akhir-akhir ini memang saya mengalami gangguan. telinga kanan saya masih terasa ada cairan (dulu sesekali saja dan dalam beberapa hari kembali “normal”)…
    pertanyaannya saya sekarang, kalau operasi (tulang, gendang dsb); apakah bisa mengganggu saraf pendengaran ?
    Saat ini saya masih merasa bisa mendengar dengan telinga kanan, kuatirnya setelah operasi malah menurun pendengaran telinga saya. Sekalil lagi terimakasih atas tanggapannya.

  46. operasi bisa saja anda lakukan, namun tidak menjamin meningkatnya kualitas pendengaran anda, dan kemungkinan terburuk, bisa saja pendengaran anda justru menurun setelah operasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s