SHARING PENGALAMAN OPERASI GENDANG TELINGA

[klikharry] Comment: “OPERASI GENDANG TELINGA”
Sun, Jul 29, 2012 11:35 AM ICT

Dear Dok Harry dan rekan2 smua,
Sesuai janji saya kpd Dokter bahwa saya akan sharing lagi setelah operasi.
Dok, setelah tulisan saya di blog ini awal juni, ada bbrp “” sahabat yg ingin sembuh dari sakit telinga”” yg sms dan/atau email saya dan kami saling sharing.
Hari jumat kmarin 27 Juli 2012, disimpulkan oleh dokter saya bahwa lubang yg diharapkan dpt menutup sendiri 100% ternyata tidak bisa. Akhirnya hari yg sama saya dioperasi dgn cara mengambil sedikit lemak dari daun telinga. Lalu gendang yg bolong/lubang diluka’in sekelilingnya lalu lemak tadi dilekatkan di gendang yg bolong/terluka. Biayanya 400 ribu plus obat2an 200 ribu, total 600 ribu.
Dua minggu kedepan baru buka perban utk cek hasil operasi. Menurut dokter, di dekat gendang ada sedikit daging tumbuh/pembengkakan, yg mungkin menghambat peredaran darah utk penyembuhan nanti. Jadi bila tdk berhasil, akan dilakukan pembedahan/telinga dibelek, spy bgn yg bengkak dilakukan treatment agar peredaran darah sekitarnya lancar.
Hasil pemeriksaan paska operasi akan saya sharing lagi Dok.
Salam,
Kasmir

08 agustus 2012

Dok Harry,

Tambahan utk :

1. Org dewasa yg punya masalah telinga, saya sarankan agar pemeriksaan secara rutin sampai tau persis penyakit yg diderita dan pengobatannya (jgn hanya skali dua kali kalo blm sembuh).

2. Utk anak2 yg sering nangis karena telinga sakit. Anak saya 7 thn dulu sering mengalami hal yg sama, lalu saya cek dokter. Kata dokter anak ini nangis kesakitan karena ada kotoran yg mengeras di telinganya (seperti jawaban dr Harry kpd seorang Ibu penanya). Dokter saya tersebut meresepkan satu cairan yg diteteskan 3 kali sehari utk melunakan kotoran dan berhasil. Sekali kasih 4 tetes didiamkan beberapa menit lalu dikeluarkan dan 1-2 hari telinga anak dah bersih. Saat ini setiap kali nangis, saya liat pakai senter, begitu ada kotoran saya langsung tetes dan anak nyaman rasanya.

Oh iya utk informasi di RSCM, biaya administrasi kontrol telinga Rp. 65.000/datang plus kalo perlu pake alat yg ada cctv Rp. 90.000 – Rp.100.000 . Semua di luar obat ya

Salam Care
Kasmir

140 thoughts on “SHARING PENGALAMAN OPERASI GENDANG TELINGA”

  1. asalamu alaikum dok….
    maaf dok jika merepotkan dokter…sya penderita gendang telingga pecah…
    apabila gendang telinga pecah boleh buat kerja keras…
    tlong bls ya dok

  2. asalamu alaikum dok….
    maaf dok jika merepotkan dokter…sya penderita gendang telingga pecah…
    apabila gendang telinga pecah boleh buat kerja keras…
    tlong bls ya dok

    1. ke RS ssmedika Jakarta aja, tim dokter tht bedahnya under prof Helmi (suhunya dokter-dokter THT di Indo ) itu ahlinya pendengaran, saya sudah kemana mana, sembuhnya di sana operasi tambal gendang telinga

  3. mau nanya dok, kenapa ya telinga kiri saya gak bisa dengar padahal gendang telinga bagus dan tidak ada bolong sama sekali, kmarin aku berobat ke tht, tp dokternya gak tahu jawabanny, mohon jawbannya dok..

      1. tapi kadang bisa mendengar jelas dok, kadang setahun sekali, telingaku seperti terbuka gitu, tapi hanya sebentar saja bisa mendengar jelas, kenapa ya dok, mohon jawabannya ya dok..

  4. Ass Dok,saya zakia usia 20th. Dulu waktu umur saya 2th saat saya membersihkan telinga dengan cottoon bud telinga saya kecolok mengeluarkan darah,waktu smp telinga saya keluar cairan bening. Th 2011 saya berobat ke rcsm&dirontgen telinga tapi saya tidak menindak lanjuti karna keadaan,penah seminggu yang lalu telinga saya cairannya bercampur darah. Pertanyaan saya: apakah saya harus periksa dari awal/langsung menindak lanjuti dari hasil rontgenan itu,terima kasih dok wasalam.

    1. rontgen itu hanya bisa dipakai atau layak baca selama 6 bulan- 1 tahun, lebih dari itu, rontgen sudah tidak layak baca lagi. Terima kasih ^^ wassalamualaikum

  5. ass km
    Yth dokter herry
    sy irawan umur 27 thn dr malaysia
    sy skit telinga brmula rasa nyeri yg sngat hebat stlah sy periksa kdokter cma dikash obat tetes sj n skitny hilang tp stlah 1 minggu trasa ad air dlm telinga n daun telinga terasa gatal krn g tahan sy gosok daun tinga n trasa dlm telinga sakit n keluar cairan n 3 hr kmudian cairan brubah mnjdi sejenis cairan nanah setelah sy cek ke dokter gendang telinga sy sudah bolong 20% dekat samping
    apakah sy hrus oprasi n apa nama oprasiny
    sy skit telinga kanan pendengaran hilang getarn sj tpi bila sy bicara sura bnyak masuk ketelinga yg sakit knp y ap ad impeksi dlm telinga n kalu sy ngunyah tau nelan mkanan terdengar gendang bergek kuat
    krn sy seorang pendatang asing
    pengurusany sngt sulit skrng sy tunggu temujanji dgn dokter tht dah 2 bln sy tyggu tk ad pggln lg n apakh akn mnghbt penymbuhn tlinga sy
    sy mnghrpkn tnggpan dokter
    mf jk ad salah n silaf ass km.

  6. saya punya keponakan kasusnya adalah ada cairan kuning keluar dari telinga setiap hari….kalau mkan es akan lebih sering kapasitas keluar cairannya, namun ketika dia puasa bisa berhenti….itu terjadi sejak dia berusia 1 tahun hingga kini usia 6 th….dikasih obat tetes sudah….secara pendengaran baik, hasil dokter mengatakan bahwa keponakan saya mengalami gendang telinga yg pecahkira2 ada solusi obat apa ya…mungkin bisa dikirimkan….karna selama ditimika dokter memberi obat yang sama
    mohon solusi, untuk penanganannya seperti apa….karna libur semester baru saya rencana ke spesialis dokter tht….ada referensi khusus rumkit yg khusus tht, yang direkomendasikan….paling tidak yang di jawa….trimakasih…wass…

  7. Salam ..
    Dok saya mau tanya, kuping saya yg sebelah kiri prnah terjadi kecelakaan, saya pergi ke dokter THT ,ktnya awalnya hanya berdarah gendang saya masih utuh , tapi setelah 2 mnggu kmudian gendang telinga saya berlubang besar ,, saya merasakan kurang pendengaran dan kadang sakit jika bersendawa , tapi tidak mengeluarkan cairan dok .. apa gendang telinga saya bisa utuh kembali tanpa operasi dok ?
    mohon penjelasannya dan terimakasih dok .. wassalam ..

  8. Selamat pagi dok…
    saya punya pacar ada masalah dengan telinganya..dimana dia sudah bolak balik ke rscm untuk berobat dan hasilnya untuk di operasi..setalah beberapa lama ini sudah hampir setengah tahun masih bolak balik ke rscm namun belum dapat jadwal untuk operasi..kira-kira selain rscm yang dapat menangani untuk operasi telinga dimana ya yang menggunakan bpjs?
    setiap datang & telepon dokternya hanya menjawab nunggu aja nanti akan dihubungin karena sekarang lebih didahulukan yang parah..tapi semua penyakit akan lebih parah apabila tidak langsung ditanganin..apa solusinya ya..

  9. maaf dok saya ingin bertanya,
    saya penderita otitis media perforata, kedua telinga saya gendang telinganya bocor, tapi masih dapat mendengar normal. namun setelah berobat ke dokter, saya ngerasa masih ada cairan tapi dia gak keluar. dan ditelilnga yg satu lagi seperti ada ‘suara’ . yang mau saya tanyakan.
    apa kah saya harus kontrol lagi ?
    apakah cairan yg didalam telinga saya itu berbahaya?
    apakah tinitus saya disebabkan karena antibiotik, dan bagaimana caranya supaya sembuh?
    apakah gendang telinga saya bocor nya kecil ? dan apakah bisa sembuh?
    bagaimana mencegah supaya tidak terjadi komplikasi?
    apakah perlu dilakukan operasi?
    mohon bantuannya dok…

  10. Selamat malam dok,, saya may tanya saya punya anak umur 28 bulan ,, kemarin telinganya sya bersihkan dok terus malamnya mengeluh gatal ,, dan paginya keluar cairan kruh gitu .. apakah itu bahaya dok.. tapi tidak sampai sore sudah kering dan tidak keluar lagi cairannya … apa yang harus saya lakukan dok… terimakasih

  11. Dok saya mau nanya saya baru habis operasi berapa lama untuk proses penyembuhannya ? Biar bisa beraktivitas normal terema kasih

  12. Dear dr Harry, nama sy Victor usia 29 thn gendang telinga saya sobek saat menyelam scuba dan sedikit keluar darah, karena waktu saya mandi dan kemasukan air akhirnya infeksi dan keluar cairan kuning hingga 4 hari ini, sy sdh ke dr. THT dan hasilnya gendang telinga sy sobek kecil dan infeksi, dr. Hanya memberikan pengobatan dgn menetskn obat ke kapas dan menyumbatnya + obat untuk di minum. Telinga sy jd gatal tp hanya sebentr dan pendengrn jd berkurang…tlong penjelasanya ya dok, thanks

  13. Selamat malam dok, saya mau nanya…
    kenapa pas sya memakai headset akan keluar cairan kuning kentali kalau tidak memakainya tidak keluar cairan kental tersebut dok?
    Apakah ini juga pertanda adanya infeksi pada telinga saya?
    Infeksi telinga sudah pasti menyebabkan gendang telinga robek ya dok?

    mohon dijawab dokk

  14. Dok tgl 22-9-2015 kemaren sy mengalami percekcokan dgn tetangga sebelah rumah sy dan dia(laki2)menampar pipi sebelah kiri sy dan setelah ditampar itu telinga sy langsung gak bs dengar dan sy periksa kedokter tht dokternya menyatakan gendang telinga sy robek,yg mau sy tanyakan apakah gendang telinga sy bs normal lg seiringnya dgn waktu?mesti konsumsi obat apa ya dok biar sembuh,dan jika operasi apakah akan sembuh total ato ada efek samping dari operasi itu?dan berapa biaya operasi gendang telinga?terima kasih dok sebelumnya dan sy mohon dijwb pertanyan sy.

  15. Dok saya penderita otitismedia sejak sd atau 8 th an sampai sekarang umur saya 33 th masih belum sembuh juga,, sudah sering berobat ke tht tapi congeknya masih keluar dari kuping kiri saya.. Apakah saya juga harus di operasi. Karena kata dokter tht nya gendang telinga saya sudah bolong parah.. Apakah masih bisa normal lagi dok walaupun telah di operasi..

  16. Dok saya penderita otitismedia sejak sd atau 8 th an sampai sekarang umur saya 33 th masih belum sembuh juga,, sudah sering berobat ke tht tapi congeknya masih keluar dari kuping kiri saya.. Apakah saya juga harus di operasi. Karena kata dokter tht nya gendang telinga saya sudah bolong parah.. Apakah masih bisa normal lagi dok walaupun telah di operasi

    1. operasi hanya untuk menghentikan congeknya bisa pak, tapi untuk memulihkan pendengaran sangat kecil sekali kemungkinkan keberhasilannya

  17. dok sy mau tanya , telinga sya di kurek pakai tutup bulpen krna gatal trus klewat sampai nyeri … lama klamaan tumbuh daging dan kluar cairan nanah .. saya pakai obat herbal , daging tsbt mengecil …. apakah daging tsbt gendang telinga sy robek? mohon infonya

  18. Assalamualaikum, dokter. Saya bu nur hikmah. Dua hari yg lalu, 23 nov 2015, putri kami diina tsabitah mengeluh sakit pada telinganya. Telinganya berlubang besar serta mengeluarkan cairan nanah. Dokter menyarankan untuk operasi dengan kisaran biaya 15juta. Pertanyaan sy dapatkah biaya operasi ini ditanggung oleh askes/bpjs? Untuk wilayah surabaya, rumah sakit manakah yang melayani operasi ini?? Sekian, terima kasih. Wassalamualaikum.wr.wb.

  19. Assalamualaikum,
    Maaf pak, saya mau tanya operasi di rscm untuk gendang telinga yang sudah robek besar kira* berapa ya sekarang? Saya pernah periksa ke tht 5 kali, tapi seertinya belum ada perubahan yang signifikan. Telinga saya berair sejak 17th lalu. Sekarang usia saya 20 th. Kemarin sempat disarankan operasi, tp biaya nya 15-18 jt.
    Mohon sarannya,
    Terimakasih

  20. dok,kenapa setelah malamnya membersihkan telinga pake cotton but,paginya ketika mendengarkan orang berbicara seperti ada suara suling di telinga saya,setiap saya mendengarkan suara orang berbicara telinga kiri saya selalu seperti mendengar suara suling,kemungkinan ini penyakit apa ya dok?

  21. pak dokter… mau nanya kemarin saya bersihin telinga tiba2 gendang telinga saya ketusuk… sekarang ga bisa fungsi lagi telinga saya yg kanan… gimana ya??? dah saya obati pakai jelli gamat yg produksi malaisia itu… minta sarannya ya dok

  22. dok, kemarin saya sudah 4x periksa ke dokter tht. telinga sya trasa sakit dan kata dokter itu karena ada pembengkakan… tapi priksa yg trakhir, dikatakn klau telinga saya ada daging yg tumbuh dan prlu dioprasi. dok, yg sya tanyakn apakah proses oprasinya cepat atau sya perlu opname?
    yg kdua, klau sya tidak sgera oprasi stelah obatnya hbis, apakh daging yg tumbuh tdi bisa jadi sgt brbahaya??

  23. Assalamualaikum pak dokter
    Sya mau tanya sya mngalami kuping keluar nanah itu dri kecil kata ibuk sya itu krna sya pernah demam tinggi waktu balita
    Wkatu kecil nnah ny keluar terus tp semenjak remaja mulai berkurang kalau sekarang setiap sya demam atau merasa panas nnah itu akan keluar
    Dan lebih parah ny lagi sekarang mulai gatal di lubang telinga dan sekitar bawah dan belakang telinga
    Saya mau periksa karna gatal ny cukup menganggu kerja sya
    Kira” berpa biaya periksa dan kalau hrus operasi brp biaya ny
    Terima kasih

  24. Selamat sore pak dokter sy mau tanya dok….gendang telinga kanan sya bolong dok nyeri smpe ke kepala dok….tp nggak keluar cairan bru brpa hri ini sih dok, itu hru operasi ya dokter..trus klo operasinya itu proses penyembuhannya btuh wktu yg lama ya dok?

  25. Selamat siang

    Dok saya mau tanya, gendang telinga anak saya sebelah kiri sobek dan akibatnya pendengarannya kadang berdengung, pada saat ini usia anak saya 10 tahun, saya kepingin anak saya bisa menjalani operasi supaya pendengarannya bisa lebih bagus lagi, yang mau saya tanyakan pada usia berapa Dok anak saya bisa melakukan operasi gendang telinga tersebut
    mohon bantuannya Dok terima kasih.

  26. selamat sore Dok.

    saya mau tanya Dok gendang telinga anak saya bolong, usianya sekarang 10 tahun sekarang dalam perawatan Dokter THT. yang saya mau tanya apakah gendang telinga yang bolong itu bisa tertutup lagi dan selain obat dari Dokter apa ada Dok obat tambahan Herbal yang bisa membantu meregenerasi sel sel yang rusak, makasih Dok

  27. Dok , saya mau nanya . Telinga kanan saya itu berdengung terus dan mengeluarkan cairan sudah lama. Itu kenapa dan berbahaya kah ?

  28. Dok
    Usia saya sekarang 26th
    Dari kecil telinga saya suka keluar cairan.setelah dewasa kalo saya merasa pusing hebat pasti telinga saya langsung keluar cairan.sampe akhir’y saya sadar kalo telinga kanan saya sudag tidak bisa mendengar lg
    Setelah berapa lama saya terus merasakan pusing dan saya periksa ke THT hasil’y gendang telinga saya sudah bolong dan disarankan operasi
    Yang saya tanyakan apa ad obatnya selain dengan operasi.mohon saran’y dan obat’y y dok

  29. Pengalaman yang tak terlupakan saya habis operasi telinga (: Kesimpulannya jangan menunda2 segerkan periksa ke dokter tht..

  30. Assallamualaikum dok , saya mau menanyakan tentang gendang teliga saya dok , skrng umur sama 20thn , tapi saya sudah merasakan gendang telinga bocor itu sejak saya masih smp , tapi aneh nya waktu saya smp itu saya obati dengan tetes telinga sekitar seminggu udah sembuh tapi 2 tahun kemudiankemudian keluar lagi dok cairan kuning dan merah nya , dan setelah itu saya kasih lagi obat tetes akhir nya sembuh , dan sekarang ini gejalanya keluar lagi dok , saya mau konsultasi apakah saya harus mengoperasi telingan saya yang robek itu , jujur sih dok saya tidak suka kalo di operasi , apa dokter punya cara alternatif nya supaya cairan kuning dan merah nya hilang total ?

    Terimakasih dok , wassallamualaikum wr.wb

  31. pak dokter saya butuh pencerahan dan saran dari anda,
    telinga sebelah kanan saya tidak bisa mendengar total sejak kurang lebih 2 th ini, awalnya terkena gondong/mumps, saya merasakan sakit di belakang rahang bawah telinga dan seketika itu terdengar bunyi mendengung dan keesokan harinya tidak bisa mendengar total,saya periksakan ke dok tht katanya gendang telinga tidak apa” dan akan sembuh setelah 2 minggu, tapi sampai sekarang saya kehilangan pendengaran sebelah kanan. kira kira apakah bisa di sembukan atau tidak dok???

    terimakasih

  32. Maap dok saya hbis di oprasi telinggo kira2 brapa lama ya dok masa penyembuhan ya in sudah satu bulan..TPI msih keluar walaupun sedit2.mohon penjelasan dokter sbb saya bingung skrg tetesan sdah.obat rutin dok

  33. Maap Dr saya kan habis oprasi kira2 1 bulan inilah Ahmad mau tanya kira2 masa penyembuhan ya berapa lama ya dr.sbb telingga saya masih mengeluarkan cairan wlpun agk sedikit dn dak bau warna ya agk kekuniagan.tetesan sdah minum obat rutin..Ahmad mau tanya apakah lama masa penyembuhan ya ya Dr.
    TK Dr..

  34. dok mau tanya, umur saya 17 th gendang telinga saya yg kanan bolong parah, dan yg kiri kecill, dan yg kanan pendengaran pun kurang dari 80% , apakah masih bisa sembuh dgn sendirinya dok ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s