OPERASI GENDANG TELINGA

Maaf dok mau nnya
saya mengalami kurang pendengaran sejak kecil saat periksa selaput telinganya udh berlubangā€¦.jadi pertanyaan apakah masih bisa dioperasi ataukh tidakā€¦jika bisa brpakah biaya operasinya dan dimana bisa melakukan operasi (rumh sakit yg baik tuk dilakukan operasi telinga)..makasih dok

Terima kasih bapak Habaruddin.

Sebenarnya agak sulit untuk menjawab pertanyaan bapak, mengapa? Karena saya tidak bisa melihat secara langsung kondisi telinga bapak.

Baiklah, sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai anatomi telinga kepada bapak.

anatomi gendang telingaTelinga dibagi menjadi tiga bagian, telinga bagian luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam. Gendang telinga termasuk ke dalam bagian telinga tengah. Apabaila gendang telinga pecah, robek atau bolong, otomatis telinga bagian dalam yang didalamnya terdapat tulang-tulang pendengaran akan terpapar dunia luar dan sangat rentan terkena infeksi.  Karena itu, seseorang yang gendang telinganya tidak utuh lagi biasanya akan diikuti dengan kerusakan pada tulang-tulang pendengaran dan bisa jadi diikuti kerusakan pada saraf-saraf pendengaran.

Apakah masih bisa dioperasi?

Bisa atau tidak operasi sangat tergantung dari berat ringannya kerusakan pada telinga anda.

Jika kerusakan hanya di gendang telinga saja dan tulang pendengaran masih baik, maka kemungkinan untuk bisa mendengar lagi sangat besar. Namun bila kerusakan telah terlangsung lama, bisa saja fungsi mendengar tidak bisa kembali normal walau gendang telinganya telah diperbaiki lagi karena tulang-tulangnya telah rusak. Jika gendang diperbaiki dan tulang pendengaran diganti dengan yang buatan, tetap belum bisa menjamin bisa memulihkan pendengaran anda jika kerusakan tersebut mengenai serabut-serabut saraf pendengaran.

Saran:

Ada baiknya anda memeriksakan terlebih dahulu mengenai kondisi telinga anda ke dokter spesialis THT. Masih bisa dioperasi atau tidaknya, berapa biayanya, sangat tergantung dari diagnosa dan tingkat kerusakan telinga yang anda alami. Terakhir, mengenai tempat operasi, hampir seluruh rumah sakit, bisa melakukan operasi jenis ini, tetapi biasanya, dokter spesialis THT yang anda kunjungi nantinya itu akan memberikan pilihan-pilihan rumah sakit tersebut kepada anda.

Comments

comments