Menstruasi menggumpal dan tidak teratur karena alat penggetar perut

menstruasi berwarna coklatDok, saya mau tanya, umur saya 17 thn, 6 bulan yg lalu mens saya sangat teratur dan lancar, sampai akhirnya saya memakai alat penggetar perut untuk menghilangkan lemak. Setelah itu, saya hanya mengeluarkan darah 2 b ulan sekali. Bulan pertama darah biasa, bulan selanjutnya mens saya berwarna coklat disertai gumpalan hitam, dan begitu seterusnya hingga sekarang sudah 7 bulan. Siklusnya pun berubah kadang terlalu cepat seminggu, atau terlambat seminggu.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa rahim saya rusak karena alat penggetar perut tsb? Gumpalan hitam itu apa? Apakah daging atau darah? Terima kasih..

Terima kasih atas pertanyaannya Lala. Sebelum saya menjawab pertanyaan ini saya akan bercerita sedikit mengenai siklus menstruasi. Siklus menstruasi sebenarnya adalah siklus hormonal yang biasanya bervariasi tergantung individu masing-masing.  Walau bervariasi, siklus ini akan berlangsung teratur dalam jangka waktu yang teratur, pula.  Gangguan dari siklus menstruasi ini kita sebut metrorrhagia. Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan gangguan ini;

  1. Gangguan fungsi hormonal yang berkaitan erat dengan fungsi otak.
  2. Gangguan Sistemik, misalnya sedang menderita penyakit tertentu, misalnya penyakit dengan gejala demam. 
  3. Stress psikologis, karena kesal atau menahan beban emosional yang terus menerus.
  4. Gangguan pada ovarium (tempat penghasil telur pada wanita).

Nah, menjawab pertanyaan Lala mengenai alat penggetar perut tersebut, saya masih ragu jika alat ini menjadi penyebab gangguan menstruasi tersebut, karena gangguan menstruasi sangat sering terjadi pada orang-orang seumuran anda, tetapi bisa saja disebabkan oleh keempat poin yang telah saya jelaskan sebelumnya. Tidak perlu takut, rahim anda tidak akan rusak hanya dengan alat penggetar perut dan gumpalan hitam tersebut adalah darah yang sudah membeku.

Saran:

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter SpOG. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) untuk memastikan kondisi rahim anda dan bila tidak ditemukan adanya kelainan, bisa saja anda akan diberikan obat dengan tujuan menormalkan kembali siklus anda. Terima kasih :)

About these ads

63 thoughts on “Menstruasi menggumpal dan tidak teratur karena alat penggetar perut

  1. Pingback: FLEX COKLAT DAN MENSTRUASI « klikharry

  2. Pingback: SIKLUS MENSTRUASI WANITA « klikharry

  3. Dok saya mau tanya apakah umur 29 tahun masi bisa punya anak .soalnya aku punya keputihan ,dan haid tidak lanjar hanya 1 bulan ,2 hari saja biasanya 3 hari apa penyebabnya tolong berikan saran dok.

  4. Dokter, saya mau tanya, kenapa sudah 5 bln ini haid saya tidak lancar. pada hari pertama haid keluar darah sedikit setelah itu tidak keluar lagi hingga di hari ke-3 or ke-4 barulah haid saya keluar banyak. siklus haidnya sih tetap teratur, 28 hari, tp dengan kondisi haid seperti ini haid saya bisa berlangsung hingga 10 hari. selama haid sih tidak terasa nyeri perut. apa yang menyebabkan hal ini??terima kasih jawabannya

  5. Dokter saya mau tanya,siklus haid saya setiap bulannya hanya brlangsung 2-3 hari saja dan waktunya kadang maju dan mundur 2 hari tiap bulannya.apakah ini yg menyebabkan saya susah hamil dok?..mohon referensinya ya dok bagaimana supaya saya bisa segera brhasil hamil..makasih dok sebelumnya

  6. slmat siang,
    saya mw tanya nie .
    sayang sudah menikah 2 bln. belakangan ini sayang sering sekali merasakan pegal d pinggag saya, trus saya sering buang air kecil trus ..apa itu tanda saya hamil yea? ?? tapi knpa hari ini tgl 8november saya halangan yea

    bulan kmaren, saya trakhir halangan tgl 13 bln oktober, ..saya pernah baca, , tanda2 kehamilan.
    kt nya megeluarkan plek seperti halangan ..tapi bukn halangan …
    yg mau saya tanya lagi ..
    plek yg kluar seperti halangan itu ..
    yg menunjuk kan kita hamil.
    datang nya, , sebelum atw sesudah, , tgl halangan kita d bulan kemari ???

    trimakasih …

  7. Dok umur saya 16 thun saya sering haid terlamat 2 bulan sekali saya haid
    Tapi baru dlam 1 bulan ini saya haid dan m.ngeluarkan gumpalan darah hitam
    tolong ya dok solusix?

  8. selamat sore dokter,
    Dok saya berumur 23 tahun belum menikah.setiap kali mens saya mengalami flek 2 hari sebelum dan sesudahnya.apa itu tidak apa-apa dok.
    Apakah tidak mengganggu kesuburan rahim saya.
    Terimakasih dokter

  9. Hari pertama haid pas udh keluar flek 2hr bsoknya mens norml suka mules gitu dok.hanya 1 hari itu aja.besoknya enggak.apa tidak apa-apa dok?
    Apa itu tidak mengganggu kesuburan saya dok?terimakasih.

      • terus bercak coklat itu apa ya dok?
        Apa tidak mengganggu kesuburan saya dok?
        Oh iya dok untuk mengetahui kesuburan itu bagaimana dok?

      • jika ibu mengalami menstruasi, berarti ibu subur, subur maksud saya disini adalah ada sel telur (ovum). Mengapa? karena pada wanita yang telah kehabisan telur biasanya tidak akan bisa menstruasi lagi (menopause) yg akan dialami oleh wanita > 50 tahun. Nah, selama ibu mempunyai sel telur, maka ibu akan terus menstruasi dan artinya ibu tetap bisa mempunyai keturunan.
        mengenai menstruasi yang hanya keluar flek tersebut, biasanya itu hal yang biasa terjadi pada wanita, tapi jika gangguan ini berlangsung lebih dari 3 siklus menstruasi, ada baiknay ibu berobat ke dokter spesialis

  10. dok , saya menstruasi terakhir berakhir tanggal 27 November tapi tanggal 8 desember kemarin keluar darah gumpalan merah campur hitam. menstruasi terakhir berlangsung 2 minggu tepat . apakah ini mentruasi ? siklusnyakan minimal 14 hari sedangkan ini hanya 11 hari . saya berumur 15 tahun

  11. Mau tanya, saya slama ini haid teratur tgl hingga akhrny telat haid menjadi tgl 25 bln kmrn dan da flek coklat berlangsung 3 hari dan bln ni haidnya ngaco jd tgl 18. Sya sudah periksa ktanya hamil tapi binggung dgn ada haid yg kacau ini. Apa artinya?

  12. Malam ibuk,, mau nanya bu, saya sudah 3 th menikah, umur sy 25 th, selama 2 tahun ini saya mens hanya 2 kali, sekarang pinggang sy sakit, perut tegang, sering buang air kecil,, rasa” ada yg mau keluar, tapi tersendat di perut bagian bwah. Apakah yg sya derita buk, mhon jawaban nya. Makasee

  13. Dok,z umur 28 thn,z dah menikah 4 thn tp blm ada ank,yg z mau tny siklus haid z tdk teratur dokter siklus z rata2 pnjng,klo dah haid kdng2 hny flek aja yg keluar sering disertai darah sdkt atw tdk sm sekali.z dah b”obat tp ktx dlm rahim z semuax baik.z pengen tny dokter apa ada dampakx klo flek aja yg keluar n dampak apa klo sering mnm obat pelncar haid mksh dokter

  14. sy mau tny dok.. mens sy sdh 3hr. hr pertama kluarny normal. tp hr k2 dan k3 ini darahnya banyak bgt dan gumpalan nya besar2 sekali kluar pembalut ny langsung full.. hr prtma itu 6pembalut full dgn mens.. memang sudah 6bln terakhir sk kyk gt. tp hanya berlangsung 1hr dlm tiap periodenya. tp ini sdh 2hr darahnya banyak banget.. sy sdh menikah dan punya ank 2.. kira2 ini ada mslh apa ya..

    • jika sudah punya anak berarti rahim ibu sbenarnya tidak bermasalah, hanya saja sumber perdarhan terus menerus tersebut harus dicari tahu dari mana penyebabanya, untuk bisa mengetahuinya, ada baiknya ibu konsultasikan hal ini k DSOG karena ditakutkan nanti ibu akan kehilangan banyak darah

  15. dok saya umur 19 thn,saya sering mengalami mens hari pertama merasa sakit di bagian bawah perut?apa itu berbahaya?
    saya juga sering mengalami keputihan apabila selesai mens keputihanya berwarna putih susu kental tapi tidak berbau dan tidak gatal cuma rasanya tidak nyaman dan kadang2 vagina saya meraskan rasa sakit tapi rasa sakit itu kadang2 sakit dan hilang dengan sendirinya?apa penyakit yang saya derita dok?apa itu gejala kanker?mohon jawabanya…terima kasih

  16. dokter…. saya mau tanya
    umur saya 1 bulan lg 23 tahun dan saya belum menikah, saya ingin menanyakan masalah mens saya
    pertama kali mens SMP siklusnya lancar 2 bulan sekali dan hanya 4 hari sampai saya berumur 20 tahun…
    setelah itu mens saya jadi tidak lancar, kadang 2 bulan kadang juga sampai 3 bulan lebih…
    nah, sudah 1 tahun ini mens saya semakin tidak karuan dokter, kadang 2 bulan sampai 3 bulan saya tidak mens, ketika mens yang keluar hanya flek2 coklat menggumpal dan sedikit, apa penyebabnya ya dokter.. ??
    terimakasih, saya tunggu jawabannya :D

  17. dokter…. saya mau tanya
    umur saya 1 bulan lg 23 tahun dan saya belum menikah, saya ingin menanyakan masalah mens saya
    pertama kali mens SMP siklusnya lancar 2 bulan sekali dan hanya 4 hari sampai saya berumur 20 tahun…
    setelah itu mens saya jadi tidak lancar, kadang 2 bulan kadang juga sampai 3 bulan lebih…
    nah, sudah 1 tahun ini mens saya semakin tidak karuan dokter, kadang 2 bulan sampai 3 bulan saya tidak mens, ketika mens yang keluar hanya flek2 coklat menggumpal dan sedikit, apa penyebabnya ya dokter.. ??
    terimakasih, saya tunggu jawabannya :D

  18. Siang dok.
    nama sya tya, umur 20thn.
    Dok saya menstruasi nya merasa
    janggal karena baru kali ini saya
    menstruasi berbeda dengan
    bulan sebelum nya.
    Saya menstruasi 6 hari yg lalu,
    tpi menstruasi saya tidak
    lancar, di pembalut hanya
    sedikit dan darah berwarna
    merah muda dan sedikit coklat.
    tpi di saat buang air kecil baru
    segumpalan darah dan darah
    bnyak keluar, tidak di hari
    pertama saja, sampai 3 hari
    seperti itu.
    dikarenakan kenapa iya dok?
    saya takut.
    tolong dijelaskan dok.
    terimakasih.

  19. dok mau tanya,dari awal menstruasi saya jarang sekali menstruasi bahkan dulu hampir 7 bulan tidak mentruasi,tetapi 7 bulan terakhir ini lancar namun darah yang keluar hanya flek hitam saja tiap bulannya,dan hanya 1-2 hari saja.kadang ada darah haid tapi volumenya cuman sedikit berbeda dengan haid dulu saya yang banyak,apa itu bahaya dok?

  20. dok mau tanya,dari awal menstruasi saya jarang sekali menstruasi bahkan dulu hampir 7 bulan tidak mentruasi,tetapi 7 bulan terakhir ini lancar namun darah yang keluar hanya flek hitam saja tiap bulannya,dan hanya 1-2 hari saja.kadang ada darah haid tapi volumenya cuman sedikit berbeda dengan haid dulu saya yang banyak,apa itu bahaya dok?

  21. Dok saya ingin nanya
    saya telat haid sudah 4 hari dan diatas pusar saya sebelah kiri ada yang berdetak2 tapi saya tidak mengalami perubahan seperti orang hamil,Apakah saya hamil?
    Saat Ml saya menggunakan kondom

  22. Dok saya ingin nanya
    saya telat haid sudah 4 hari dan diatas pusar saya sebelah kiri ada yang berdetak2 tapi saya tidak mengalami perubahan seperti orang hamil,Apakah saya hamil?
    Saat Ml saya menggunakan kondom

  23. sore dok,
    saya ida usia saya 21thn, blm mnikah, saya terlambat haid hampir 4,5 bln, padawaktu itu saya minum jeruk nipis sama madu,. terus keluar haidnya, tapi keluarnya berwarna coklat kehitaman, itu knp ya dok,.terus baru 2 hari haidnya berhentii. knp dok mohon infonya,. mohon infonya terimaksih.,

  24. Dokter ..
    Mau tanaya nih ..
    Waktu itu halangannya tanggal 19 des dan habisnya tanggal 26 des dan darah haid normal tetapai 4 hari kemudian saya halangan lagi dan darahnya itu merah setelah itu coklat dan menghitan dan menjadi menggumpal ..
    Gimana itu dokter ?
    Takut saya terkena penyakit pula ?

  25. Umur saya masi 15 tahun dan saya pastinya belum menikah ..
    Biasanya ini terjadi pada saat tanda2 mau halangan saja ..
    Tetapi ini berkelanjutan sampai sekarang ..
    Karena saya mengalami sekarang dan baru pertama kali nya ..

  26. Cara ngebalasnya gimana dokter ..
    Saya gak ngerti ..
    Dari komen ini saja ya dokter ..

    Umur say 15 tahun ..
    Dan belum menikah ..
    Ini sama sekali belum pernah terjadi ..

    • ika tenang saja, gangguan siklus menstruasi yang dialami ika itu normal saja kok, hal itu disebabkan karena adanya gangguan pada siklus hormonal harian saja, dan biasanya akan normal kembali dalam beberapa bulan ke depan

  27. Mau tanyak ni ..
    Umur 15 tahun dan belum menikah ..
    Gini dok ..
    Kenapaya kalo duduk lama tulang ekor/bagian punggung kayak di tusuk/di tekan kuat2 dan timbulnya secara tiba2 ..
    Jadi terasa sakit ..
    Dan hilang nya jugak cepat ..
    Bagaimana itu dokter ?

  28. siang dok. saya sasa usia saya 22thn
    gini dok, ketika saya haid sehari mengeluarkan dua kali semacam gumpalan tetapi gumpalan itu bukan seperti gumpan darah yg berwarna merah atau kecoklatan tetapi gumpan yg berwarna putih seperti lemak pda daging ayam dan kelurnya tidak bnyak akan tetapi saya khawatir. mohon solisinya. terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s