Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Bagian-Bagian Otak

Otak, Bagian-bagian Otak, Otak depan, otak belakang, serebrum, serebellum

otak

a.Otak Depan

1) Serebrum (otak besar)

Permukaan otak besar berlipat-lipat sehingga permukaan otak menjadi sangat luas. Di otak besar terdapat juga lekukan (celah) dalam, disebut celah serebelum longitudinal yang membagi otak besar menjadi 2 belahan, yaitu otak bagian depan (lobus frontalis) dan otak bagian belakang (lobus parietalis). Selain itu terdapat juga otak.

Bagian samping (lobus temporalis) dan otak bagian atas (lobus oksipital). Lobus frontalis merupakan pusat kepandaian dan daerah motoris (area motorik) yang berperan merespons rangsang yang sampai ke otak melalui informasi yang dikirim ke efektor, misalnya otot dan kelenjar. Lobus-lobus lainnya merupakan daerah sensoris yaitu daerah yang berperan untuk penerimaan rangsang dari organ penerima (reseptor) yang terdapat di indera. Misalnya, pada lobus parietalis terdapat pusat penglihatan dan lobus oksipital terkenal sebagai pusat rasa. selain daerah motorik dan daerah sensorik terdapat juga daerah yang menghubungkan antara area motorik dan area sensorik yaifu area asosiasi. Area asosiasi memegang peranan penting dalam proses belajar, misalnya berpikir, menyimpan ingatan, membuat suatu kesimpulan atau keputusan dan lain-lain. Area asosiasi terdiri atas serat-serat saraf.

2. Thalamus dan hypothalamus

Thalamus berfungsi menterjemahkan, menyeleksi, dan menyalurkan berbagai impuls ke pusat-pusat sensoris. Hypothalamus berfungsi mengatur suhu tubuh, tidur, makan, emosi, keseimbangan air, watak kekelaminan, kadar gula dalam darah, dan tekanan darah Thalamus dan hypothalamus terletak & belakang atau di bawah otak besar.

b. Otak tengah

otak tengah antara lain berperan dalam mengendalikan reflek mata, juga berhubungan dengan tonus otot dan posisi tubuh.

c. Otak Belakang

1) Otak kecil (serebelum)

Otak kecil berperan mengatur perangsangan motoris, terutama gerakan otot pada seluruh alat juga keseimbangun dun posisi iubuh.

2) Medula oblongata (samsum lanjutan)

Merupakan penghubung antara otak dengan sumsum. Medula oblongata merupakan batang otak. Medula oblongata natara lain berperan pula mengatur denyut jantung, menyempitkan pembuluh darah, bersin, batuk dsb.

Tentang iklan-iklan ini
No comments yet

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.651 pengikut lainnya.