Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

TANYA JAWAB: DEMAM BERDARAH PADA ANAK

dr. indah yunalda Pertanyaan seputar Demam Berdarah bersama: dr. Indah Yunalda, Dokter Umum Puskesmas Prabumulih Utara

Dok, gimana sih gejala-gejala penderita demam berdarah itu?

Biasanya anak tersebut demam tinggi mendadak disertai nyeri kepala dan terkadang anak mengeluh  terasa perih dan sakit di dalam bola matanya. Selain itu, setelah kita berikan obat penurun panas selama dua hari, tidak ditemukan adanya perubahan pada gejala panasnya.

Jika pada anak tersebut timbul mimisan, gusi berdarah dan bintik-bintik merah pada tubuh, maka kecurigaan kita bahwa anak itu menderita tersebut sangat besar.

Apa yang sebaiknya kami, orangtua lakukan jika telah timbul gejala-gejala perdarahan seperti itu dok?

Sebaiknya periksakan anak anda ke dokter atau sarana kesehatan yang dilengkapi dengan fasilitas laboratorium.

Apa yang dicari dari hasil laboratorium itu dok?

Yang pertama itu trombosit,  biasanya pada penderita demam berdarah, trombosit akan turun hingga kurang dari 150.000,

Kedua kita akan melihat kadar Hematokrit. Biasanya, pada pasien penderita demam berdarah akan disertai dengan peningkatan kadar Hematokrit tersebut. Nilai normal dari Hematokrit berkisar antara 40-45 pada pria dan 37-42 pada wanita.

Bagaimana jika hasil laboratorium anak saya trombositnya turun dan hematokritnya meningkat?

Hal tersebut menunjukkan bahwa anak anda positif terkena demam berdarah dan saran saya sebaiknya anak anda dirawat saja. Terapi cairan adalah yang paling utama pada penderita demam berdarah, karena yang paling ditakutkan pada penderita demam berdarah adalah terjadinya syok dan pengentalan darah atau disebut juga hemokonsentrasi.

Bisa terjadi syok? Syok itu apa sih dok?

Diperlukan tatalaksana khusus. Syok itu adalah keadaan dimana pasokan cairan tidak mencukupi sehingga perfusi jaringan terhambat, dan akibatnya terjadi kegagalan sirkulasi darah. Syok pada demam berdarah disebut Dengue Syok Syndrome, ditandai dengan tubuh anak terasa lemah, ujung tangan dan kaki terasa dingin (anak tidak demam lagi), nadi cepat dan halus dan terkadang disertai perdarahan terus menerus.

Wah, serem ya dok? Bagaimana caranya supaya anak kita tidak terkena demam berdarah?

Jaga kebersihan lingkungan, kenapa? Karena nyamuk aedes aegypti, penyebab penyakit ini, senang hidup di air yang bersih dan tergenang, jadi sebisa mungkin bak-bak air dan penampungan air ditutup agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Selain itu, lakukanlah 3M, Menutup, Menguras dan Mengubur.

Adakah langkah pencegahan demam berdarah pada anak lainnya selain 3M itu dok?

Ada!

  1. Biasakanlah mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang untuk anak anda. Gunakan lotion anti nyamuk untuk anak kita yang bersekolah, serta biasakan untuk memakaikan kaos kaki yang panjang.
  2. Usahakan agar ventilasi rumah kita dipasangi kawat nyamuk.
  3. Pasang obat nyamuk bakar, semprot maupun elektrik agar nyamuk tidak mendekat.

Wah, kenapa pemerintah tidak mengadakan vaksinasi demam berdarah?

Saat ini, tidak tersedia vaksin untuk demam berdarah disebabkan karena varian virus demam berdarah yang sangat banyak. Dalam rangka mencegah penyakit ini dan komplikasinya yang parah (demam berdarah), berbagai pendekatan telah diuji untuk mengembangkan vaksin yang dapat mengatasi keempat serotip virus dengue. Tetapi saat ini yang terpenting adalah untuk mencegah agar vektor nyamuk tidak berkembang.

SAAT ini pemerintah melalui Menteri Kesehatan masih menunggu rekomendasi dari para ahli kesehatan yang tergabung dalam Technical Advisory Group mengenai vaksin Demam Berdarah.
Jika vaksin Demam Berdarah terbukti aman, maka pemerintah akan memproduksinya secara massal. Hal ini dilakukan agar vaksin ini bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat, dan pemerintah akan memberikan subsidi, seperti halnya vaksin-vaksin yang lain. Itulah yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih.

Bagaimana dengan obat-obatan herbal untuk Demam Berdarah pada anak ini dok?

Ada banyak sekali obat herbal yang dikatakan mampu untuk mengatasi demam berdarah, beberapa diantaranya adalah dengan memakan kulit manggis atau jus yang terbuat dari kulit buah manggis, jus jambu klutuk/jambu biji, daun dewa  segar, daun sambiloto dan daun meniran dan banyak lagi. Tetapi sayangnya, belum ada literatur resmi yang menjadi patokan bagi dokter untuk meresepkan obat herbal ini.

Tentang iklan-iklan ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.812 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: