Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

GENDANG TELINGA PECAH (RUPTUR MEMBRAN TYMPANI)

Oleh: Liese Margaretha Alfhn1469365128_38a, S.ked

Gendang telinga adalah suatu membran yang terdapat diantara telinga luar dan tengah. Fungsi dari gendang telinga ini berhubungan dengan proses mendengar kita. Sangat bisa dibayangkan bagaimana jadinya bila selaput ini robek, pastilah akan terjadi penurunan kemampuan mendengar kita, karena pada dasarnya selaput ini yang akan meneruskan impuls suara dari telinga luar ke tulang-tulang pendengaran selanjutnya  akan diteruskan ke syaraf pendengaran kita.
Banyak hal yang bisa menyebabkan perforasi membran timpani. Misalnya infeksi dan trauma.
Pada anak-anak perforasi ini sangat berkaitan dengan infeksi yang terjadi, seperti infeksi yang diawali dari saluran nafas, seperti batuk dan pilek. Kuman yang ada di hidung bisa sampai ke telinga kita melalui saluran eustachius. Jadilah ketika anak pilek dan batuk yanglama atau pengobatan yang inadekuat, maka akan timbul pula infeksi pada telinga, yang kita sebut sebagai otitis media, yang berlanjut menjadi otitis media supuratif kronik, istilah awamnya congekan. Lama kelamaan, bakteri yang menginfeksi akan menyebabkan robeknya membran timpani selain juga karena adanya perbedaan tekanan karena udara tidak mampu keluar dari  saluran eustachius yang meradang. Penderita biasanya akan demam pada kondisi infeksi ini, nyeri telinga yang hebat.
Selain infeksi, trauma juga pada telinga tengah juga menyebabkan pecahnya gendang telinga. Yang paling sering akibat cutton bud alias pembersih telinga. Sering kita terlalu asik membersihkan telinga hingga kedalaman yang akhirnya akan merobek gendang telinga. Atau juga pada korban bom. Telinga kita punta batasan desibel untuk suara. Kita hanya mampu menerima suara di bawah 80 desibel, di atas 80 itu sudah termasuk kebisingan. Dan gendang telinga bisa pecah pada desibel di atas 120. Hati-hati ya bagi kalian yang sering ke diskotik. Kebisingan diskotik itu mencapai 100-110 desibel. Lama kelamaan akan mempengaruhi pendengaran anda.
Lalu, gimana antisipasinya bila gendang telinga kita pecah?
Pertama, tahu dulu tanda-tandanya.
Bila punya keluhan pada telinga, seperti telinga berdenyut sakit, demam atau keluar darah dari telinga atau cairan, jangan sungkan-sungkan ke dokter. Untuk lebih memastikan apa yang terjadi pada telinga kita, dokter akan melihat dengan alat yang namanya otoskop. Aatu bila perlu, akan dilakukan tes audiometri untuk mengetahui fungsi pendengaran kita.
Selanjutnya bila telah dipastikan, dokter biasanya akan menasehati untuk tidak berenang  dan menjaga telinga kita supaya tidak kemasukan air. Ini berkaitan dengan infeksi. Dokter akan mengevaluasi dan kita harus kontrol untuk ini selama 2 hingga 4 minggu, apakah terjadi perbaikan dari perforasi ini. Biasanya pada trauma, akan terjadi penutupan perforasi selama 2 minggu pasca robek. Dan bila setelah dievaluasi tidak ada kemungkinan perbaikan, dokter akan menyarankan dilakukannya timpanoplasi atau miringoplasti.
Miringoplasti ini dilakukan oleh dokter ahli THT, dimana akan dilakukan proses pembedahan, bisa dilakukan dengan anestesi lokal (bius lokal) biasanya dengan metode transkanal cangkok lemak.
Dan pengobatan dengan cara ini cukup berhasil mengembalikan fungsi membran timpani.
Yang paling penting dari semuanya tetaplah menjaga kesehatan telinga kita. Bersihkan telinga secara lege artis, jangan takut telinga gak bersih akhirnya malah merusak.
Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca ini: Anatomi Gendang Telinga

Tentang iklan-iklan ini
28 buah komentar Post a comment
  1. susi #

    terima kasih atas infonya.
    2 hari yang lalu saya dipukul suami, karena kerasnya hingga telinga sebelah kiri saya agak sedikit terganggu dalam mendengar, setelah 2 hari tidak kunjung sembuh, akhirnya saya pergi ke dokter THT, ternyata gendang telinga saya pecah. saya berharap bisa kembali sembuh seperti semula.

    Agustus 20, 2010
  2. semoga lekas sembuh ibu^^

    Agustus 20, 2010
  3. Emi endayani #

    Saya dari kecil sudah menderita conge’an.hingga umur saya skrg 29 thn pendengaran jd budeg.teman ngomong biasa tp saya ga dengar.gendang telinga saya pecah kanan dan kiri kata dokter tht.berapa biaya operasi untuk 2 telinga dok.saya ga pede apalagi dengan suami dan susah cari kerjaan.mohon jawabannya dok.

    September 12, 2010
  4. desi #

    Anak saya 4 tahun, 3 bln yang lalu anak saya conge’an..saya priksa ke dokter THT tnyata gendang telinga yg kanan sudah pecah, bagaimana cara membersihkan telinga pada anak kecil? Trimakasih

    November 3, 2010
  5. Fathur #

    Saya sudah menderita c0nge’an pd telinga kiri saat usia mash bayi karna sering jatuh dr ayunan bayi. Kini umur saya hmpir 19 thn tp belum smbuh2 juga, pd hal sudah bnyak cara peng0batan yg sya lakukan, apa telinga saya msih bs sembuh d0k,?
    Trimakasih.

    Desember 11, 2010
  6. adim #

    gini dok,,,
    telinga saya kaya congean gt,,,,,
    trus di periksa ke tht kata doter gendang telinganya bolong di karnakan infeksi…
    sudah b’obat 4 hari b’jalan g ada cairanya,,,
    pas hari ke 5,6,7 cairan itu ada lg….
    padahal waktu saya mandi dll lubang telinga saya suka di tutup dok
    kenapa dok ya….

    Februari 1, 2011
  7. azah #

    dok, ahad lepas sya mngalami msalah selsema…brikutnya sakit tekak,,,dan keesokan harinya saya demam….setelah demam reda sya mngalami batuk yang agak kuat…smpai kahak saya brwrna hijau…sudah 4 hari btuk sya brlnjutan….pg tadi sya tiba2 tlinga sya brdnyut…dnutannya agak lju…smpaikan wktu solat zohor tdi sya mngalami kesulitan untuk rukuk dan sujud…seakan2 gegendang sya mhu keluar….smpai skrg dnyutan itu msih tiada tnda2 tuk brhnti apakh pnca sakit sya itu dok???

    Februari 10, 2011
  8. dian #

    mau tanya dok,anak saya usia 2thn mnglami pecah gendang telinga dan trs brdarah,apkh masi bs dsembuhkn?& bth wkt brp lm?

    Juni 8, 2011
  9. Dok brapa biaya bwt operasi 1 gendang telinga??

    September 3, 2011
  10. fitya chilla #

    Dok…q mmpunyai ank usia 2,5 thun.kuping dua2nya kluar cairan bewarna kuning,berbau,dan sring mengeluh sakit..kt dokter sih gendang telinganya lobang,krn dsni gk ad spesialis tht.yg mau sy tnykan apkah mgkin gejala itu mmng gendang tlinganya lobang dan apakah bs smbuh total smpai ntr besar.makasih dok dtunggu jwbnnya

    Februari 1, 2012
  11. ratna #

    malam dok,,,,bagaimana dengan penyakit inveksi B

    Agustus 3, 2012
    • Hepatitis B adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus Dan menyerang pada organ hati, tentu saja berbahaya,walau demikian tidak selamanya berbahaya karena pada orang yng mempunyai daya tahan tubuh yang kuat maka penyakit ini tidak akan bisa bermanifestasi

      Agustus 3, 2012
  12. Rizka #

    Dok, saya mau tanya, belum lama ini gendang telinga sebelah kanan adik saya pecah. Apakah masih ada kemungkinan untuk disembuhkan? Dampaknya apa saja ya dok selain hilang pendengaran? Soalnya adik saya sering mengeluh sakit kepala

    Terima kasih sebelumnya

    November 8, 2012
  13. Kikie #

    Ank sya 13 bulan.
    Dok telinga ank sya mengeluarkan darah sehabis sya membersikan telinganya,krna ank sya tiba2 bergerak gk sengaja K’tusuk agk
    dlam tiba2 ank sya menangis kesakitan trus pas sya cek telinganya mengeluarkn darah.. Apakah itu dpat membuat ank mengalami gangguan pndengaran dok/tuli ??

    Desember 18, 2012
    • iya ibu, bisa menyebabkan gangguan pendengaran jika tidak diobati, namun jika telinga anak ibu berdarah, itu tandanya yang terluka itu bukan gendang telinga, tapi liang telinganya saja, karena gendang telinga yang tertusuk itu tidk mengeluarkn darah

      Desember 19, 2012
  14. Annisa #

    Saya sedang mengalami Pecah gendang telinga, rasanya sakit gak karuan dok.
    saat ini saya sedang dalam tahap penyembuhan, sungguh mengerikan Demam tinggi dan Flu yang berat bisa membuat telinga saya bermasalah.
    minta solusinya dok agar cepat sembuh, karena saya merasa tidak nyaman dengan salah satu telinga saya yang bermasalah.

    Januari 15, 2013
    • solusinya:
      1. Istirahat yang banyak
      2. jangan terlalu sering keluar telinga, jikapun ingin kluar tutup telinga yang bermasalah dengan kapas atau apapun sehingga debu tidak bisa masuk ke dalam gendang telinga
      3. jangan menghembuskan ingus kuat-kuat atau terlalu kuat
      4. hindari mendengar suara frekuensi tinggi atau yang terlalu besar
      5. makan obat yang telah diberikan oleh dokter
      dan kontrol teratur

      Januari 15, 2013
  15. Selamat siang Dok,
    Anak saya laki2 umur 13 bulan.
    Dok telinga anak saya mengeluarkan darah sehabis isteri saya membersihkan telinganya setelah sya cek telinganya mengeluarkn darah. Kami bw k dokter THT trus kami liat d layar komputer koq ada selaput yang robek (apakah gendang telinga anak saya robek Dok)bisakah gendang telinga anak saya bisa menutup lagi, terima kasih Dok ??

    Agustus 3, 2013
  16. Selamat siang Dok,
    Anak saya laki2 umur 13 bulan.
    Dok telinga anak saya mengeluarkan darah sehabis isteri saya membersihkan telinganya setelah sya cek telinganya mengeluarkn darah. Kami bw k dokter THT trus kami liat d layar komputer koq ada selaput yang robek (apakah gendang telinga anak saya robek Dok)bisakah gendang telinga anak saya bisa menutup lagi, terima kasih Dok ??

    Agustus 3, 2013
  17. Anne #

    beberapa waktu yang lalu, telinga saya sempat kemasukan serangga. keesokan harinya saya ke salah satu rumah sakit daerah di sekitar tempat tinggal saya. saya datangi klinik bagian ‘yang katanya’ ahli THT. okey, dibersihkanlah telinga saya dengan menyemprotkan air hangat dengan tekanan cukup tinggi ke dalam telinga saya, setelah diyakini serangga sudah keluar bersamaan dengan air yang juga keluar. akhirnya telinga saya di lihat kembali. kemudian dimasukan satu alat -semacam pembersih telinga dari besi- ke dalam telinga saya. dikorek oleh orang ‘yang katanya’ ahli itu. tetapi sepulang saya dari rs tsb terdapat banyak darah di jilbab saya. telinga saya saat itu terasa pegal dan sakit sekali. karna cemas bukan main, kemudian saya datangi dokter spesialis THT yang lain, beliau mengatakan kalau gendang telinga saya robek. saya takut menjadi wanita cacat. hampir 1 minggu pendarahan tidak berhenti. namun setelah 1 minggu lebih menjalani perawatan *rawat jalan alhamdulillah, dokter bilang membran timpani saya sudah menutup kembali.
    “sekedar berbagi cerita. hehe
    trimakasih atas info yang dokter berikan, sangat bermanfaat sekali :)

    April 21, 2014
  18. Aris Susanto #

    Dok, telinga saya kemaren gatel trus aku korek pake kuku dok, gatelnya tu malah nambah lagi jadi aku korek aja trus tiba tiba pendengaranku sekarang mnurun, kadang berdengun, itu solusinya gmna dok??

    Oktober 6, 2014

Trackbacks & Pingbacks

  1. Akibat manusia menembus kecepatan suara « V-bee's Blog
  2. GENDANG TELINGA
  3. NYERI GENDANG TELINGA
  4. GOOGLE SANDBOX « klikharry

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.718 pengikut lainnya.