Skip to content
About these ads

SEMUA TENTANG SIRKUMSISI Bagian I

SEMUA TENTANG SIRKUMSISI Bagian I
Tujuan utama dari bersunat adalah membersihkan diri dari berbagai kotoran serta penyebab penyakit yang mungkin melekat pada ujung penis yang masih ada kulit preputiumnya. Ketika bersunat, sebagian preputium yang menutupi jalan ke luar urin dibuang sehingga kemungkinan kotoran untuk menempel atau berkumpul di ujung penis jadi lebih kecil. Ini karena penis lebih mudah dibersihkan.
Sunat dapat menghindari timbulnya berbagai penyakit. Misalnya, fimosis, parafimosis, kandidiasis, serta tumor ganas dan pra ganas pada daerah alat kelamin laki-laki. Dan, terbukti pula, penis laki-laki yang disunat lebih higienis. Pria yang disirkumsisi dapat melindungi wanita pasangannya hingga 30% dari infeksi HIV,temuan para ahli. Hal ini disebabkan karena struktur yang dihilangkan saat sirkumsisi. Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 300 pasangan di Uganda dimana prianya yang menyebabkan infeksi terhadap pasangan wanitanya. Hasil yang didapatkan menjelaskan sejumlah 299 wanita yang terinfeksi HIV berasal dari pasangan yang tidak disirkumsisi dan hanya 44 wanita yang terinfeksi berasal berasal dari pasangan yang telah disirkumsisi. Dan, yang paling menarik, selain jadi lebih sensitif, tidak mudah lecet dan terkena iritasi, bersunat juga punya pengaruh terhadap kehidupan seksual laki-laki. Ia akan terhindar dari ejakulasi dini.
Di dalam dunia kedokteran, ada beberapa teknik menyunat:
• Cara kuno, menggunakan sebilah bambu tajam.
• Metode cincin yang dicetuskan oleh dr. Sofin, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dengan cara ujung kulit preputium dilebarkan, lalu ditahan agar tetap meregang dengan cara memasang semacam cincin dari karet. Biasanya, ujung kulit preputium akan menghitam dan terlepas dengan sendirinya. Proses sunat itu sendiri cukup singkat, sekitar 3-5 menit.

• Metode mangkuk dilakukan untuk balita atau anak yang memiliki pembuluh darah pada kulit preputium lebih kecil dari ukuran normal. Di sini, tidak dilakukan pemotongan kulit preputium. Ujung penis hanya diikat erat sehingga bentuknya mirip lonceng. Setelah itu, jaringan akan mati dan terlepas dengan sendirinya dari jaringan sehat. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar dua minggu. Alatnya diproduksi di beberapa negara Eropa, Amerika, dan Asia dengan nama Circumcision Cord Device.
electro cauter. Alat ini berfungsi untuk membakar pembuluh darah yang terpotong dengan cepat, sehingga perdarahan dapat diatasi dengan cepat. Alat ini terdiri dari dua jenis, yaitu bipolar dan monopolar. Pada tekniknya, alat ini hanya digunakan untuk hemostasis, sedangkan pemotongan prepusium terbaik digunakan memakai bistouri (pisau bedah). Alat ini lebih murah jika dibandingkan dengan laser CO2. Electo cauter ini sering disalah artikan oleh penduduk Indonesia sebagai sunat laser yang sesungguhnya.
Laser Sharpan SureTouch CO2, salah satu laser CO2 terbaik di dunia. Pembedahan menggunakan laser CO2 membuat perdarahan minimal, lebih singkat, penyembuhan lebih nyaman dan lebih cepat. Laser jenis inilah yang sebenarnya digunakan untuk khitan.
Pada prinsipnya, sirkumsisi adalah tindakan minor surgery dengan anesthesi lokal, termasuk pada neonatal. Ada dua model anesthesi lokal yang sering digunakan. Pertama dengan suntikan baik pada pangkal penis (DPNB) maupun preputium (ring-block). Kedua, menggunakan anesthesia topikal, biasanya berupa spray. Dalam literatur, metode suntikan lebih efektif, tetapi dalam praktek tergantung pada teknik sirkumsisi yang dipakai dan keterampilan dokternya. Rata-rata waktu yang diperlukan hanya sekitar 10-15 menit, selama tidak ada penyulit.
Beberapa hal yang diperhatikan paska sirkumsisi:
1. Perdarahan seharusnya segera berhenti. Bila perdarahan masih terus berlangsung, pastikan bahwa hanya proses alamiah dari pembekuan (pembentukan trombin-net) darah. Kadang keluar cairan tapi relatif bening, bukan lagi merah.
2. Bila terjadi pembengkakan berlebihan. Kadang terbentuk cairan jaringan di bekas luka, namun secara alamiah ini akan diserap tubuh.
3. Bila anak mengeluh nyeri sangat yang tidak bisa diatasi dengan pemberian analgetik, konsultasikan ke dokter. Mungkin terjadi masih ada pembuluh darah yang belum terligasi dengan sempurna, sehingga terjadi perdarahan di dalam dan menimbulkan nyeri.
Hampir semua komplikasi bersifat ringan. Berbagai laporan menyebut angka komplikasi akibat tindakan sirkumsisi sebesar 0,2 – 0,6%. Yang paling sering terjadi adalah perdarahan, kemungkinannya sekitar 0,1%, dan hampir semuanya bisa diatasi dengan tindakan lokal. Yang perlu perhatian, sampaikan sebelumnya bila ada tanda-tanda anak mengalami gangguan pembekuan darah. Misalnya perdarahan bila terluka tidak cepat berhenti, sering mimisan (epistaksis), bila sikat gigi mudah berdarah, bila bagian badan terbentur mudah terjadi lebam yang tidak cepat hilang atau sering timbul bintik-bintik perdarahan di bawah kulit. Karena bersifat minor, dengan prosedur yang steril luka paska operasi biasanya sembuh dengan cepat dan baik. Luka lebih baik segera dibiarkan terbuka, asal terjaga kebersihan dan gesekan dengan celana/kain popok (gunakan yang longgar). Rembesan urine yang biasanya menimbulkan nyeri dan risiko kontaminasi. Karena itu segera bersihkan dengan air hangat atau cairan antiseptik setiap kali selesai berkemih. (dari berbagai sumber)
wahyoe 01

About these ads
32 buah komentar Post a comment
  1. ttg sunat ya?

    *saya kasih tau ke anung dulu, dia sepertinya belum*

    Maret 27, 2007
  2. hemmm dapat pengetahuan baru lagi nih dari blognya para ahli. Matur nuwun mas…

    Maret 27, 2007
  3. @antobilang
    emang kamu sudah to? he..he..

    @helgeduelbek
    ya bagi-bagi ilmu walau cuma sedikit, he..he..

    Maret 28, 2007
  4. oo jadi sirkumsisi itu artinya sunat?? saya kira sirkumsisi itu circumstance :D

    Maret 29, 2007
  5. @lintang
    affieorihierhgjergekgrekgv :)
    skrang udah tau kan,he..he..

    Maret 29, 2007
  6. paling seneng lihat sirkumsisi massal he…he…he…. soalnya yang disirkumsisi pada cengar-cengir

    Maret 29, 2007
  7. @peyek
    itu di daerah mana yek?
    perasaan kl anak-anak yang disirkumsisi pada nangis, bukan cengar-cengir…
    he..he.. :)

    Maret 30, 2007
  8. tak pikir sirkumsisi itu apa, ternyata sunat tho, weleh-weleh, bingung aku, makanya dulu aku gak mau masuk kedoteran solanya goblok terlalu banyak istilah menbingungkan

    lam kenal mas

    Maret 30, 2007
  9. lam kenal untuk yang kedua kalinya juga,he..he.. :)

    Maret 31, 2007
  10. Keren…

    Kak, saya andre anak PDU FK-06

    Nah kita sekarang lagi dapet skenario diskusi tentang Hemofilia…
    seorang anak meninggal setelah disirkumsisi…

    Masalahnya, saya harus cari tahu masalah perdarahan yang umum terjadi pada proses sirkumsisi…
    Emmm, maksudnya itu dari segi anatomis vaskulerisasinya…

    Need a hand please !

    April 3, 2007
  11. yang pastinya dre, yang harus kamu cari asal perdarahan yang dapat terjadi
    yang biasa terjadi biasanya
    1.perdarahan karena trauma glans penis,
    2. perdarahan karena trauma yang mengenai corpora cavernosa dan corpora spongiosa akibat injeksi anestesi yang terlalu dalam
    3. akibat trauma pada vena dorsalis penis bagian dalam atau arteri dorsali penis
    untuk nomor 1 2,dan 3 ini, baik seseorang itu menderita hemofili atau tidak biasanya tetap kan terjadi perdarahan hebat.
    4. perdarahan akibat pemotongan kulit glans penis, disebabkan terputusnya anastomose-anastome kecil atau arteriole di sekitar kulit dan mukosa dari permukaan glans penis.. pada orang normal, perdarahan ini dapat berhenti sendiri, walau lebih sering dilakukan pengikatan pembuluh darah untuk menghentikan perdarahan.

    nah, pada penderita hemofili, walaupun telah dilakukan pengikatan pembuluh darah pada trauma bekas operasi ini, darah masih tetap merembes keluar ikatan karena tidak adanya faktor pembekuan darah..

    karena itu, waktu kakak liat dr Roni Saleh, SpBP di RSMH melakukan operasi terhadap pasien hemofili, yang berhasil kakak tangkap ialah
    -pasien hemofili harus disirkumsisi dalam ruang operasi, jadi tidak boleh di tempat praktek biasa
    -pasien itu juga harus menyiapkan darah yang siap ditransfusikan apabila terjadi perdarahan
    -sirkumsisi pada pasien ini mempunyai cara tersendiri, menggunakan elektro kauter untuk menutup aliran dari pembuluh darah kecil, dan harus teliti, bahkan pembuluh yang sangat halus sekalipun
    -setelah operasi, pasien itu pun harus diobservasi.

    so, bila ada hemofili, kalo kamu bukan spesialis bedah, jangan coba-coba…

    April 6, 2007
  12. syifa #

    rodo ra mudeng, but kayaknya blog ni bisa banyak bantu saya, dari pada saya terus2an gangguin n ngerepotin temen saya (akhwat KU UGM) tuk tanya macam2.

    “insya allah kalo bisa dibantu”

    April 7, 2007
  13. etha #

    aslm, hi….. piye kabare, dab?
    dimulai dg perkenalan dulu ya…. aku etha tinggal di jkt skrng gi di purwokerto
    kan katanya klo ga kenal ga sayang.

    to the point aja ya
    aku mau minta tolong cariin gambar2 alat2nya…ringnya..
    coz aku ra nemu gambarnya..

    dulu aku udah liat langsung alatnya & bertemu langsung dg penemunya dlm seminar sirkumsisi di matraman. Dan aku dapat buku makalahnya tapi dibuku itu ngga ada gambarnya. aku butuh bwt bhn referat. Lumayan blm ada yg ngajuin…hihihi
    kirim yo klo dapat ke emailku

    klo bisa tolong dicariin secepatnya coz udah mgg ke 5 nie….
    mohon bantuannya…matur nuwun yo mas.

    NB: LIHAT DENGAR RASAKAN— kaya lagunya sheila on pitu


    “sekarang, gambar yang perlu yang mana?”

    April 22, 2007
  14. litha #

    Kalo sirkumsisi atau sunat pada wanita ??? Apanya yg dipotong dan apa manfaatnya ?? Menurut orang tua saya, saya nggak dikhitan waktu kecil karena nggak wajib buat perempuan. Tapi sekarang pacar saya bilang perempuan muslimah kalo belum dikhitan belum sah muslim. jadi saya harus bagaimana ??


    “waduh…maaf nih, tapi pacar kamu baca di ayat al-qur’an yang mana, atau di hadist yang mana?
    sebenarnya pada wanita tidak dikhitan dalam artian yang sebenarnya, tetapi hanya dilakukan pembersihan pada daerah kelamin dalam wanita segera setelah lahir terutama pada daerah klitorisnya (klitoris pada wanita sama fungsinya dengan glans penis pada laki-laki)”

    April 28, 2007
  15. rino #

    klo aku bermasalah dengan fimosis ini. jadi bener kan fimosis itu lubang kulit atas kecil? ada cara pengobatannya ga dok? atau klo seumpama aku sunat pada umurku yang udah 20an ini tidak akan berakhibat apa2?
    trimakasih klo diberi saran soalnya saya ini terkadang ada rasa malu klo seumpama nanti pacar saya tau.. oya satu lagi apa klo menderita fimosis mempengaruhi hhubunganintim? apakah akubisa berhubunganintim dengan normal?
    makasih lagi

    Juli 22, 2007
  16. 1.kalo mau sunat, ya gak papa, gak jadi masalah, sama kayak sunat biasa, tapi disaranin yang tempatnya punya peralatan sunat lengkap
    2.hubungan intim? jelas pengaruh dong :)
    maksudnya bagian kepala (glands penis) itu salah satu yang mempengaruhi hubungan intim kamu. akan terasa kurang nikmat bila glansnya tetap tertutup kulit karena disanalah pusatnya
    gimana mau terasa, keluar aja susah…
    he..he…

    Juli 22, 2007
  17. Jadi kepingin malu #

    iya, saya juga mo sunat dewasa tapi malu masak udah umur segini baru mo di sunat,
    ad yg punya edvice u/ sunat dewasa wilayah tangerang/jakarta…..?
    thx bro………….

    Juni 13, 2008
  18. @jadi kepingin malu
    mending ker rumah sakit aja deh…
    karena khitan dewasa beda dengan khitan anak kecil

    Juni 15, 2008
  19. sarahsan #

    o…begitu ya…

    Mas, oleh minta data2 yang lebih ga buat peelitian…

    Referensi yang falid tentang komplikasi sirkum…..koz ane penelitiannya tentang sirkumsisi… komplikasinya terutama..

    Juni 30, 2008
  20. @sarahsan
    gak ada sannnn…
    maff ya… :)

    Juli 3, 2008
  21. leny #

    dua putra bungsu(usia 8&5th) saya belum lama ini sirkumsisi. susahnya, keduanya punya riwayat alregi yg menyebabkan luka berair terus dan sulit kering. biasanya tuh ngga apa2, lha kok habis sunat ini si bungsu jadi parah banget alerginya. jahitan mbrodhol semua(udah pada maen sapedah pas sepekan setelah sunat) terus luka ngga ngering2. akhirnya si bungsu sirkumsisi part 2,kesian banget deh,walau anaknya ngga ngeluh blass. akhirnya terpaksa minggu2 ini kami protek banget makanan yg dia makan untuk mencegah alerginya timbul lagi. walau sebenarnya kami juga tidak tahu pasti zat2 apa aja yg menyebabkan alerginya.

    Juli 4, 2008
  22. iwan #

    apakah ada cara atau tekhnik untuk mengurangi rembesan plasma dari bekas luka,apabila kita hendak merawat luka sirkumsisi secara terbuka?

    Juli 30, 2008
  23. @iwan
    tetapi wan, bukankah rembesan plsma adalah respon fisiologi normal terhadap adanya bagian tubuh yang cedera dan didalamnya banyak terdapat zat-zat antibodi

    Juli 31, 2008
  24. ratih #

    maaf mas, aku mo tanya buku2 apa aja yang bisa ta pake bwt referensi penelitian tntg sirkumsisi????
    Ya judul2nya gt mas, tar byr aku cb cari, tp jgn yang sulit2 dcari yah????
    Please,,,,,bantuin aku.
    GBU

    September 14, 2008
  25. Banyak alat khitan listrik beredar di Indonesia, banyak pula yang telah mencoba mempergunakannya. Namun tidak banyak yang menyadari betapa besar bahaya yang dapat mengancam keselamatannya. Luka bakar dan bahaya sengatan listrik jika terjadi kebocoran alat.

    Namun anda jangan risau, karena kini telah diperkenalkan alat baru bernama FLASHCUTTER Easy Release DC107 dari Uniceff Corporation. Mata pisaunya yang halus dan tajam dapat mempercepat proses dan menghidari terjadinya luka bakar, tanpa pendarahan. Hebatnya lagi alat ini bertenaga baterai, sehingga terbebas dari bahaya listrik dan alat sangat mudah dipakai serta dapat dibawa kemana saja dan kapan saja.

    Baterai Flashcutter dapat di cass (charging), dan langsung dapat digunakan sampai 100X sekali charging. Begitu seterusnya sampai bertahun-tahun, menghitan ratusan orang tanpa harus ganti baterai.

    Jika dibandingkan dengan kelebihannya, harga FLASHCUTTER tergolong sangat murah dan terjangkau, sekitar 1,5 jutaan untuk yang type standard. 2,5 jutaan untuk type turbo yang dilengkapi alat bantu diagnosa (stethoscope elektronik dll). Jika rusak ada garansinya 1 tahun.
    Selengkapnya di: http://uniceffcorporation.com

    September 25, 2008
  26. Wardi #

    Assalamualaikum wr wb.
    Mau Nanya dok, apa pengertian perawatan isolasi?
    Apa kriteria pasien harus dimasukkan ruang isolasi?
    Terima kasih atas bantuannya

    September 27, 2008
  27. jss #

    jadi kepingin malu; kalo bisa dibuka dan dibersihkan kepala penisnya,tidak perlu sunat,krn kulit penis tsb bisa meningkatkan kenikmatan wkt berhub intim juga bagi ci perempuan lebih lembut wkt berhub.semua ciptaan tuhan ada manfaatnya.

    September 27, 2008
  28. Yahya #

    Dimana bisa dapat Flashcutter didaerah saya? Merauke. Trims bantuannya.

    September 28, 2008
  29. Dania #

    Dok, ni dania.. Menurut dania infonya bagus.But, cr pemotongan prepusiumnya knp g dijelasin jg. Biar lbh jelas gt. Trus, gambar2nya jg blh tu dsertai. Biar lbh mudh dipahami lg.

    November 10, 2008
  30. fajar #

    knp sie kebanyakan sirkumsisi itu ditolong oleh mantri(perawat) bukan oleh dokter??
    thx

    Desember 27, 2008
  31. salam ….
    waw… thanks infonya…. btw ada lho beberapa anak yang perlu diperiksa sblm dsirkum… apa dia hernia? apa dia hemofilia? apa dia demam… terkadang ada juga yang fimosis dan parafimosis…
    tapi apa umur anak yang akan disirkum mempengaruhi beberapa hal lainnya?

    Maret 23, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.564 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: